Sunday, November 3, 2019

Pentingnya Pencahayaan EyeComfort Untuk Kesehatan Mata


Philips LED MyCare


"Mata adalah jendela dunia", istilah yang sudah tidak asing lagi didengar namun memang benar dengan istilah tersebut karena sebanyak 80% informasi tubuh didapat dari mata. 

Sebenarnya semua anggota tubuh kita memiliki peran penting tapi memang tak bisa dipungkiri kalau segala informasi tubuh lebih banyak didapat dari mata maka itu sebaiknya mata ini harus dirawa dan dijaga. Jujur saja dulu saya tidak terlalu memikirkan kesehatan mata makanya sejak beberapa tahun terakhir mata saya minus dan perlu kaca mata sebagai pelengkap membantu untuk menangkap jelas apa yang saya lihat. Sedih memang tapi mau gimana lagi ya kan karena sudah terjadi. 

Jujur juga menggunakan kacamata ini tidak lah nyaman karena tulang hidung terasa pegal. Dengan pengalaman saya yang pakai kacamata ini saya berharap sekali kalau anak-anak saya tidak seperti saya pakai kacamata, tapi tahu ga sih kalau ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mata kita ini dan itu saya temukan saat saya menghadiri acara World Sight Day 2019 bersama Signify beberapa waktu lalu.



Sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan Signify melahirkan komitmennya untuk menghadirkan lampu Philips LED yang nyaman dimata dan mendorong konsumen Indonesia senantiasa menjaga kesehatan mata masyarakat Indonesia. Bersamaan dengan world sight day 2019 dengan tema Vision First yang merupakan kampanye bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap masalah kesehatan mata seperti kebutaan dan juga gangguan penglihatan. 

Dengan mengedepankan kenyamanan mata Signify menetapkan lampu LED dengan kriteria EyeComfort yang berkualitas tinggi dan nyaman dimata , lalu meningkatkan produktivitas kita disiang dan malam hari tanpa membuat mata lelah. 

Pentingnya kesehatan mata dan mendukung SDM hebat ini lah yang dibahas diacara kali ini. Tahu kah kamu kalau sering kali kita menyadari bahwa pentingnya kesehatan mata itu setelah mengalami masalah penglihatan, yups saya aku itu karena saya begitu. Setelah penglihatan terganggu baru deh pergi ke dokter mata untuk periksa kesehatan mata.



Perawatan mata yang baik maka kita dapat menikmati setiap momen yang berharga dan meraih banyak hal dalam hidup karena mata sehat mendukung SDM Hebat. Lalu apa hubungannya? tak bisa dipungkiri saat ini tidak sedikit ada persyaratan tertentu pada kesehatan mata saat melamar pekerjaan, dimana yang pakai kacamata itu ada penilaian tersendiri. 

Melihat pentingnya kesehatan mata bagi kehidupan sejak tahun lalu Signify menghadirkan lampu Philips LED EyeComfort yang nyaman dimata untuk mendukung kesehatan mata dalam jangka waktu panjang dan mendukung kita meraih impian.

Terinspirasi dari biji bunga matahari, Philips MyCare LED dengan teknologi Interlaced Optics yang menyebarkan dan memantulkan cahaya semakin nyaman di mata. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Interlaced Optics bisa baca postingan saya disini. Tahun ini Philips MyCare LED ada beberapa macam saja tidak hanya bulp atau bohlam dan berikut adalah macam-macam dari Philips MyCare LED dengan teknologi Interlaced Optics.

Varian Philips MyCare LED baru : 



  • Philips MyCare LED Stick 
Lampu dengan cahaya berkualitas tinggi dalam desain optik yang ringkas dan dioptimalkan. Lampu ini sangat cocok untuk aplikasi pencahayaan umum baik di rumah , di toko atau restoran. Lampu ini tidak ada kedip yang terlihat, keamanan fotobiologis dan tahan hingga 15 tahun. Tak hanya itu saja lampu ini juga ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri dan jejak karbon rendah. Ada 2 pilihan warna untuk Philips MyCare LED Stick yaitu warna putih ( cool daylight) dan kuning ( warm white) dengan daya mulai 5,5W hingga 9,5W.
  • Philips LED downlight Meson
Lampu ini berbentuk bundar dan pesergi, sedangkan varian yang dipasang di permukaaan tersedia dalam bentuk bundar dan bingkai ramping yang dirancang khusus dengan penyebar sangat besar menghasilkan cahaya terang dengan distribusi seragam untuk ruangan yang ada. Tersedia dalam warna putih dengan daya mulai 3,5W sampai 24W, lampu ini juga memiliki berbagai ukuran yang sesuai dengan ruang dan design interior secara keseluruhan. 

Lampu-lampu diatas merupakan lampu yang termasuk EyeComfort dan perlu diketahui nih kalau ada beberapa kriteria EyeComfort yang perlu kita ketahui.

Kriteria EyeComfort :

  • Flicker and strobe : Tidak terlihat kedip dan kurangnya silau.
  • Dimmable : kemampuan untuk mengubah terang lampu.
  • Tuneable : kemampuan untuk mengubah temperatur warna.
  • Rendering warna : kemampuan untuk menampilkan warna yang dihasilkan dibandingkan dengan sumber referensi warna, biasanya di bawah sinar matahari.
  • Efek Stroboskopik : Kemampuan untuk  menghilangkan distorsi dalam persepsi gerak.
  • Kemanan fotobiologi : Keamanan cahaya biru.
  • Noise : Tidak ada suara yang dapat didengar.

Masalah Kesehatan Mata dan Tips Menjaga Kesehatan Mata 

Kesehatan mata

Masalah kesehatan mata itu sebenarnya mudah ditangani tentu saja kita menyadari ada masalah tersebut. Lalu kenapa harus segera ditangani? karena gangguan penglihatan mata ini bisa mengakibatkan terjadinya kebutaan dan untungnya penyebab kebutaan itu bisa ditangani atau dicegah , direhabilitasi atau tidak bertambah parah. Di Indonesia secara global , masalah penglihatan mata adalah katarak . Penyebab katarak ini juga sebagian besar dari usia, gangguan refraksi yang tidak terkoreksi , glaukoma, renopati diabetik, AMD (degenerasi makula akibat usia lanjut) dan kebutaan anak.

Gangguan pada penglihatan mata ini dibagi 2 definisi yaitu Gangguan Low Vission dan Blindness.

Low Vision : Tajam penglihatan dengan koreksi 6/18 hingga 3 meter hitung jari.
Blindness : Tajam penglihatan mata terbaik dengan koreksi kurang dari 3 meter hitung jari. 

Periksa mata
Pemeriksaan kesehatan mata



Di Indonesia sendiri untuk mengatasi masalah mata ini agak sulit karena beberapa hal yaitu keterbatasan sarana dan sumber daya manusia, lalu masyarakat sendiri tidak sadar atau tidak mau memeriksakan matanya. Saat ini juga sering dijumpai orang tua dari pasien anak-anak, anaknya sudah bilang kalau sudah bisa melihat papan tulis namun orang tua sering bilang " ah kamu mah cuma pengen pakai kacamata saja " . Yups kurangnya awarness kesehatan mata ini juga termasuk sulit mengatasi masalah mata.

Lalu sebaiknya kapan sebaiknya periksa mata ? :


  • Sebelum usia 40 tahun , setiap 2 sampai 4 tahun sekali.
  • Dari usia 40-54 tahun, setiap 1 sampai 3 tahun sekali.
  • Di atas usia 65 tahun, setiap enam sampai 12 bulan sekali.
  • Siapapun dengan faktor risiko tinggi harus diuji setiap 1 atau 2 tahun sekali setelah usia 35 tahun.

Blogger cantik
Konsultasi hasil pemeriksaan kesehatan mata


Kenapa pemeriksaan mata itu penting ? karena deteksi sejak dini melalui pemeriksaan mata secara teratur dan lengkap adalah kunci untuk melindungi penglihatan kita. Jangan sampai jika sudah ada gangguan penglihatan baru periksa dan tahu ga sih kalau ternyata faktanya masalah mata seperti minus itu tidak bisa turun atau sembuh oleh apapun kecuali dengan operasi, maka dari itu sebaiknya kita menjaga mata kita sejak dini untuk mencegah terjadinya masalah pada mata. 

Tips Menjaga Kesehatan Mata :


  • Anak-anak : Perlu pencahayaan yang baik terutama saat membaca dan belajar. Anak-anak juga harus melakukan kegiatan outdoor setiap hari untuk mencegah miopia.
  • Orang dewasa: Untuk orang dewasa terutama usia > 40 tahun perlu pencahayaan yang baik  untuk kegiatan setiap harinya terutama membaca.
  • Stop : Hindari paparan UV-B , rokok dan kemungkinan cedera saat kerja dengan pelindung mata.



Tips tersebut jika dilakukan maka insya Allah kesehatan mata kita tetap terjaga lalu perhatikan asupan nutrisi yang baik untuk mata dengan perbanyak makan sayuran dan buah dengan warna cerah, asupan protein yang cukup. Lalu pencahyaan saat belajar atau dirumah juga diperhatikan karena berpengaruh terhadap kesehatan mata.

So, catatan banget nih  buat saya sendiri, mumpung anak-anak saat ini tidak pakai kacamata jadi menjaga kesehatan mata ini lebih baik karena kalian tahu sendiri lah yang pakai kacamata seperti saya ini huhu ga enak banget. 

23 comments:

  1. Tipsnya boleh banget nih Mbak. Apalagi sebagai pengguna kacamata saya kudu lebih memperhatikan kondisi mata.

    ReplyDelete
  2. Mata gw juga mines. Ini karna kebanyakan kerja depan komputer jadi kena cahaya komputer terus. Akhirnya pake kacamata deh

    ReplyDelete
  3. Iya, nih. Aku juga minus matanya sejak kecil. Nyesel, sih. Makanya aku juga perhatian soal kesehatan mata dan penerangan

    ReplyDelete
  4. Setelah 40 kondisi mata emang menurun ya. Sekarang nggak kuat lagi ngetik lama2 n begadang

    ReplyDelete
  5. anak2 jaman now udah mulai kacamataan sejak kecil2 ya Mba
    Memang diperlukan lampu yg bikin nyaman mata.
    Juga kurangi gadget-an sih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Aku juga dirumah pakai Philips led selain awet memang cahaya nya memang eye comfort

    ReplyDelete
  7. Wah iya, harus rutin memeriksakan mata tiap tahun ya. Mataku udah mulai agak2 kabur, efek umur dan juga kebanyakan di depan laptop.

    ReplyDelete
  8. Sejujurnya aku juga cape pake kacamat emang pegel mba wkwkwk apalagi dalam 1 tahun ini kacamataku wes 4 dipatahin anak bungsu duh capeknya ga kelar2 :D

    mantap nih philips ya berinovasi menyesuaikan kebutuhan cus ah beli

    ReplyDelete
  9. Pencahayaan yang cukup sangat berpengaruh kepada kemampuan mata kita untuk menangkap bayangan. Saya memiliki mata minus sejak SMP, itu karena saat di Tasikmalaya, di rumah nenek penerangan kurang. Maklum di kampung, pakai bohlam masih lampu pijar lima Watt. Sementara saya gila baca. Hasilnya ya mata ini rusak deh...

    ReplyDelete
  10. Philips memang gak sekadar lampu yang membantu penerangan, ya. Diperhatiin banget kualitasnya. Jangan sampai malah merusak mata

    ReplyDelete
  11. Kayaknya enak banget nih buat mata. Apalagi mata yg udah nggak muda lagi ini kalau temaram dikit dah nggak kelihatan, harus terang benderang tapi nggak menyilaukan.

    ReplyDelete
  12. Setuju mbak. Cahaya yang nggak Bagus mikir mata cepet capek. Apalagi klo di kamar. Haduhh.. Alhamdulillah mata masih normal juga..

    ReplyDelete
  13. Tetegur nih mbak karena saya belum pernah meriksakan mata ke dokter. Padahal beberapa kali juga merasakan perih dengan pencahayaan yang kurang.

    ReplyDelete
  14. Mata memang harus dijaga dengan baik ya mba .. jangan main - main dengan kesehatannya

    ReplyDelete
  15. Saya baru dua tahun ini pakai kaca mata, bukan minus sih, tapi plus. Ketauan umurnya ya, hihihi
    Tapi memang mata harus dijaga dengan baik, kalau udah harus pakai kaca mata rasanya gak nyaman.

    ReplyDelete
  16. Ternyata ada aturannya ya periksa mata setiap satu atau tiga tahun sekali kalo udah usia di atas 45 tahun. Aku lampu untuk baca udah pakai LED yang nyaman untuk mata

    ReplyDelete
  17. Iya banget, Eye Comfort sudah pasti nyaman dan aman di mata ya. Makin cinta deh sama lampu Philips. Inovasinya semakin keren. Udah awet, bikin sehat juga di mata kita.

    ReplyDelete
  18. oohh iyaa yaa,, pantesan ini aku udah merasa kurang fit gitu pmataku,. aku belum pernah memeriksakan mataku.. habis ini ak mau agendakan untuk ketemu dokter mata ah biar bisa tahu mataku ini kenapa

    ReplyDelete
  19. Aku kita tadi siapa eh ternyata ka amel tah.. duh pangling deh liatnya pakai kacamata gini.. eh tapi kalo matanya sehat sih better ngga pakai kacamata deh.. nah pakai philips LED Eyecomfort nih supaya mata ngga sakit apalagi sampai minus huhu

    ReplyDelete
  20. Aku kan suka banget baca buku ya di rumah, pokoknya tiap ada waktu senggang dan malam sebelum tidur, pasti baca buku. Itu makanya penerangan di rumah tuh mesti terang biar matanya tak cepat capek. Dan sejak dulu, emang udah pakai Philip karena selain terang, hemat listrik juga

    ReplyDelete
  21. Menjaga selalu lebih baik daripada mengobati, bener banget mba apalagi aku suka nonton drakor sambil tiduran duh duh gak paham sama paparan dan betapa lelahnya mata deh selama ini

    ReplyDelete
  22. Aku periksanya tiap tahun, Mbak.. Soalnya minusnya tiap tahun suka nambah. Hiks.. Bahkan setahun ini ada silindernya juga. :(

    ReplyDelete
  23. iya sih bener. pencahayaaan yang kurang atau berlebihan keduanya bisa bikin mata lelah dan akhirnya malah terganggu saraf matanya.

    ReplyDelete

Kamar keluarga Solusi Memulai Bisnis Properti

"Tujuan hidup kamu itu apa sih?", terlintas tanya kadang menghantui saya yang kini masih gamang  untuk menjawabnya. Meski be...