Wednesday, December 4, 2019

Membangkitkan Rasa Patriotis dan Nasionalis Dengan Nonton Bareng Battle of Surabaya





"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya", untaian kalimat yang sering kita dengar dan tidak asing lagi, namun ada juga Jas Merah ( jangan sekali-sekali melupakan sejarah) .


Yups, sejarah, entahlah saat ini saya merasa banyak yang tidak sadar pentingnya sebuah sejarah apalagi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bagaimana tidak Museum-museum tak selalu ramai dikunjungi lalu belum lama ini saya mengunjungi ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia).

ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia) padahal tempat ini merupakan tempat bersejarah karena banyak bukti-bukti sejarah disini. Selama ini saya sering ke tempat bersejarah seperti museum nasional, musem 10 November di Surabaya dan banyak lagi, tapi baru kali ini saya menginjakkan kaki disini.



Cukup lengkap dan terbilang modern namun entah kenapa waktu saya kesana kok ya sepi banget. Lalu bagaimana sih cara agar generasi milenial kini bisa tahu mengenai sejarah selain pergi ke tempat Museum atau ANRI agar mereka lebih menghargai sejarah?.

Salah satu jawaban diatas yaitu dengan cara nobar ( nonton bareng) dengan generasi muda yang dikemas secara menyenangkan dan digital.

Nah belum lama tepat tanggal 23 November 2019 Sinar Mas Land kembali lagi berkolaborasi dengan MSV studio menyelenggarakan nonton film animasi karya anak bangsa dengan judul Battle of  Surabaya .

Kegiatan nonton bareng ini dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November.

Film Battle of Surabaya bercerita tentang sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia yang berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia.

Nonton bareng Film Battle of Surabaya kali ini dihadiri oleh ratusan siswa -siswi sekolah SMA IPEKA Plus BSD, SMA Cikal Jarapab dan SMA Negeri 12 Tangerang Selatan.

Mungkin banyak yang bertanya kenapa harus siswa-siswi SMA yang diajak nobar? Karena ini lah salah satu cara membangkitkan kembali semangat anak-anak muda sebagai generasi penerus perjuangan.

Tak hanya itu saja hal ini juga sebagai moment memperkenalkan industri animasi di Indonesia yang semakin maju karena film animasi Battle of Surabaya ini adalah karya anak bangsa.



Panji Himawan, Corporate Communications &Publics Affair Division Head Sinar Mas Land " Melalui film atau kisah ini, diharapkan dapat memunculkan semangat pattiotis dan nasionalis anak-anak muda Indonesia sebagai penerus bangsa".

Di era globalisasi dan digital saat ini  sikap patriotis dan nasionalis dapat diwujudkan melalui beragam tindakan positif salah satunya dengan berprestasi dikompetisi nasional dan internasional.

Pwelu diketahui juga nih kalau Sinar Mas Lans juga terus memotivasi generasi muda dalam mengembangkan bakat di industri digital dan kreatif melalui sekolah  non formal digital serta animasi yang telah hadir di kawasan Digital Hub.

Digital Hub yang dibangun diatas lahan seluas 26.85 hektar ini terdapat sejumlah tenant yang berfokus pada kemajuan industri kreatif seperti Apple Developer Academy, Creative Nest,NXL E-Sport Academy , Purwadhika Starup & Coding school, Binar Academy dan Technopolitan.

Kebayang ga sih sama kawasan ketje ini? Kalau anak-anak generasi penerus bangsa bisa mengembangkan bakatnya disini, optimis banget deh Indonesia bisa levih maju lagi dengan industri kreatif dan digital.

Terakhir, sebagai ibu dari dua orang puteri ini saya ingin bilang bahwa semua lapisan masyarakat ini memiliki peran dan cara masing-masing dalam berjuang terus membela negara serta menjaga rasa patriotis dan nasionalis. Hal ini merupakan salah satu tindakan untuk menghargai jasa para pahlawan yang sudah gugur demi kemerdekaan.

Jadi, jika ingin Indonesia maju dikancah dunia yuk sama-sama berjuang dengan cara masing-masing dan selalu ingat Jas Merah ( jangan sekali-kali melupakan sejarah.




22 comments:

  1. Film ini aku udah nonton sih, keren banget sumpah! Ngga kalah sama anime-anime Jepang hehehe

    ReplyDelete
  2. Museum ANRI mestinya jadi tempat generasi muda untuk belajar mengenal akar sejarah mereka karena cara itu bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rasa berharga sebagar warga negara Indonesia.
    Semoga ke depannya tidak sepi lagi dan selalu diadakan acara yang pas untuk generasi muda.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun, saya pikir di Surabaya hehehe
    Kayak di musium Tugu Pahlawan soalnya.
    Kemarin banyak banget acara pas 10 November, saat nggak sempat liat, padahal asyik acaranya apalagi kalau ajak anak.

    ReplyDelete
  4. Belum lama pernah kesini, memang museum ini tempatnya kece banget, dibilang sudah modern. Tapi sayangnya memang sepi, entah kenapa ya. Dan bagus juga acaranya nih memgundang siswa2 untuk nobar, agar mereka lebih mengenal adanya ANRI

    ReplyDelete
  5. Anak-anak SMA sekarang sudah gak terlalu banyak lagi yang hobi membaca jadi paling tahu sejarah pas pelajaran di sekolah aja. Bagus nnih idenya, mengedukasi lewat animasi. Pasti bakalan disukai anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Batle Of Surabaya, salah satu film animasi terbaik yang diprosuksi dalam negeri. Sayang banget neh, waktu tayang reguler nggak bertahan lama di bioskop karena pemerintah diem-diem bae

    ReplyDelete
  7. aku pernah nonton. tapi lupa nonton dimana.
    kok kayak halu ya pas nginget-nginget. soalnya lupa banget nontonnya pas kapan. apa di tv ya

    dan emang keren banget sih battle of sby ini

    ReplyDelete
  8. aduh kok aku ketinggalan ya noton battle of surabaya,emang sekarang udah jarang nonton TV ama nonton bioskop

    ReplyDelete
  9. Aku kira Arsip Nasional cuma menyimpan berkas nasional saja. Ternyata banyak tempat sejarah seperti museum yang bisa kita kunjungi dan menambah banyak wawasan

    ReplyDelete
  10. Apakah informasi acara kurang gencar dipromosikan ya mba Amel? Padahal bagus ya animasi anak negeri ini.

    ReplyDelete
  11. Menonton film sejarah sangat bagus sekali untuk ditonton para generasi milenial sekarang ini, agar mereka menghargai apapun yang telah diperjuangkan pahlawan untuk merdeka.
    Dan memaknai tanggal 10 November dengan penuh syukur.
    Nobar bareng anak-anak sekolah film Battle of Surabaya ide yang bagus.
    Agar mereka mengenal dan mengetahui sejarah perjuangan tempo dulu

    ReplyDelete
  12. Aku makin penasaran sama film battle of Surabaya ini apalagi aku ayahku orang surabaya..biasanya cuma di ceritain ajaa...

    ReplyDelete
  13. Aku tu dari awal ni film trailernya keluar udah pengen banget nontooon. Animenya kereeen banget loh. Tapi sayang kok nggak booming ya? Padahal bagus ini. Ngenalin sejarah bangsa dengan jalan lebih menyenangkan ke anak-anak lon

    ReplyDelete
  14. Keren ini,, film animasi tentang perjuangan. Ini yg namanya mendekatkan sejarah ke anak-anak muda dengan funway. Mungkin media yang tepat bukan bioskop lg, entah YT Channel, Viu, Neltflix, Iflix, atau dijual di Playstore. Nice share Mbak

    ReplyDelete
  15. Nah, itu dia, Mbak Amel. Museum itu tempat yang keren dan wajib untuk dikunjungi. Banyak pengetahuan yang berhubungan dengan sejarah bangsa. Tapi kok.. museum selalu sepi?

    Makanya ini keren, Mbak. Jadi harus diupayakan caranya, agar generasi muda tertarik untuk ke museum. Dan saya optimis selalu ada caranya. Salah satunya dengan mengajak nonton film animasi perjuangan.

    ReplyDelete
  16. Loalah saya pikir di Surabaya, kota Pahlawan. Asik nih kalo ada safari filmnya keliling Indonesia, biar kita di kota lain juga bisa menikmati karya anak bangsa. Kira2 bakal ada jadwal ke Surabaya gak ya?

    ReplyDelete
  17. Kids zaman now emang sesekali perlu diajak nonton ginian ya? Kalau zaman kita dulu kan kenyang ngapalin butir2 Pancasila, GBHN dll haha. Anak skrng kalau lewat tontonan kyk film ini lebih "masuk" utk menanamkan rasa lbh cinta tanah air hehe

    ReplyDelete
  18. Saya selalu ingin ke Anri, Mbak, dan belum keturutan. Mungkin memang harus diagendakan ke sana. Semoga segera.

    Saya belum nonton film The Battle of Surabaya. Jadi pengen cari filmnya dan tonton bersama anak di rumah.
    Makasih ya, sharing dan ceritanya

    ReplyDelete
  19. Battle of surabaya bagus lho. Aku udah nonton sama anak2. Mereka menikmati bgt

    ReplyDelete
  20. Penasaran nih pengen Battle of Surabaya. Sering dengar cerita teman-teman katanya ini film animasi terbaik yang pernah dia tonton.

    ReplyDelete
  21. Belum nonton fil Battle of Surabaya saya...jadi penasaran deh.
    Salut buat Sinar Mas Land dengan program nobar yang ngajakin anak SMA untuk Jas Merah. Memang jadi tugas kita semua untuk menumbuhkan sifat patriotisme pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

    ReplyDelete
  22. Wah aku juga baru tau nih . Jadi penasaran mau nobar barenh sinar mas land nih aku .

    ReplyDelete