Peran Penting Ibu Untuk Generasi Maju

by - December 25, 2019



"Kalau jadi perempuan itu harus kuat, sabar. Jangan lupa nabung untuk masa depan. Jangan malu kalau jualan es di Sekolah karena buat kamu juga. Jadi ibu tuh ga ada sekolahnya jadi terus belajar. Inget mama seperti ini tuh buat kamu" , sebagian wejangan alm. Mama yang masih saya ingat sampai saat ini.

Ya meski hidup bersama alm. Mama sampai usia 11 tahun saya masih ingat betul apa yang mama ajarkan untuk saya dulu. Alm. Mama merupakan seorang guru SD dia sangat tegas, penyayang namun yang paling pakem banget diajarkan yaitu kemandirian dan kerja keras yang sering beliau kasih ke kami anak-anaknya.

Inget banget dulu waktu masih kelas 1 SD saya selalu bawa termos isi es loli yang dititipin di warung sekolah. Awalnya memang malu tapi mama bilang "ini buat kamu juga nanti, ga perlu malu selama mencari uang halal". Karena terus -terusan bilang seperti itu akhirnya saya tidak malu. Mama memperlihatkan ke kami juga kalau beliau kerja keras, meski seorang PNS dia tetap jualan aneka barang seperti kain-kain, baju, dan lainnya.



Alm. Mama juga selalu mengajarkan kami anak-anaknya mandiri dan sangat disiplin. Dulu, di rumah kami ada yang bantu-bantu namun mama tetap menyuruh kita kalau habis makan itu cuci piring sendiri jangan mengandalkan orang lain. Saat masih kecil dulu saya sempat berfikir kenapa mama seperti itu? Padahal anak-anak lain dimanja dibebas tugaskan dari mencuci piring atau beresin tempat tidur sendiri.

Tapi seiring berjalannya waktu pas alm. Mama meninggal saya baru sadar kalau semua sikap mama ke kami sebagai bentuk sayang beliau, jadi setelah mama meninggal saya tidak kaget dalam mengurus urusan rumah tangga dan adik.

Yups, peran mama dalam memberikan kasih sayangnya selama 11 tahun bersama juga sudah membentuk saya seperti sekarang ini seorang ibu yang kuat dan pekerja keras berjuang untuk anak-anaknya.

Melihat hal itu semua saya sadar betul kalau peran seorang ibu itu sangat besar, namun yang masih menjadi pertanyaan apakah peran saya sebagai bunda sudah sesuai atau maksimal untuk tumbuh kembang si Kecil? Atau saya harus apalagi agar mereka bisa tumbuh secara optimal.



Alhamdulillah semua pertanyaan itu terjawab saat saya menghadiri acara Mombassador SGM Eksplor dalam rangka memperingati Hari Ibu dengan tema Indonesia Maju dimulai dari Bunda. 

Acara berlangsung di Aston at Kuningan Suites dengan narasumber Psikolog , Firesta Farizal M.Psi. Menurut beliau peran bunda  sangat besar karena Bunda adalah caregiver utama anak, pengasuh utama anak. Jadi yang paling kenal anak dari awal yaitu Bunda.



Peran Bunda Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil 


  • Bunda adalah Primary caregiver

Penelitian juga mengatakan antara Ibu dan anak itu ada hubungan atau connection yang susah dijelaskan dan susah untuk digantikan. Maka dari itu peran bunda itu sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil.


  • Kelekatan Bunda dan si Kecil yang baik mempengaruhi tumbuh kembang.

Lalu jika attachment atau kelekatan antara bunda dan anak terbentuk dengan baik itu mempengaruhi banyak sekali. Ketika si Kecil merasa aman dan nyaman dengan Bunda maka si Kecil bisa membangun hubungan yang aman dan nyaman dengan orang-orang disekitarnya.


  • Menjalin hubungan yang positif dengan anak

Selanjutnya menjalin hubungan yang positif dengan anak maka si Kecil akan berkembang dengan baik seperti lebih supel, lebih mudah berinteraksi dengan orang , lebih percaya diri dan mudah mengutarakan pendapat yang positif. 



Yups, attachment yang dan hubungan yang positif adalah dasar yang paling kuat untuk membentuk rasa percaya diri dan merasa aman terhadap lingkungannya, anak juga lebih mandiri. Yups, peran ibu sangat besar untuk tumbuh kembang si Kecil untuk menjadi generasi maju.

Lalu tugas Bunda yang paling utama dalam mengasuh anak adalah harus be mindfull atau sepenuh hati, sepenuh pikiran, right here - right now jadi misalnya saja kalau berbicara dengan anak sebisa mungkin matanya, telinganya, rasanya, perasaanya dihadirkan sepenuhnya buat anak jadi jangan sambil main hand phone ya.

Ada satu hal lagi yang perlu bunda ketahui dan kita lupa adalah bahwa hal kecil yang kita ucapkan, kita lakukan itu berdampak untuk si Kecil. Jadi kita bisa memilih dampak positif atau dampak negatif nih, yups makanya sebisa mungkin ucapan dan tingkah laku kita itu selalu positif karena akan berdampak untuk si Kecil. Yups, Bunda adalah role-model because anak adalah peniru yang ulung.

Stimulasi Yang Dapat Dilakukan Bunda Kepada si Kecil agar tumbuh kembang si Kecil Baik


  • Berfikir Kreatif 


Bunda memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang anak. Nah untuk menstimulasi Bunda bisa mengajak main si Kecil, bisa main puzzle, bermain teka-teki atau bikin sesuatu yang merangsang daya pikir dan berimajinasi dalam memecahkan masalah tersebut.

Anak yang berfikir kreatif biasanya dapat menemukan solusi-solusi apa saja yang akan dia lakukan dalam memecahkan masalah tersebut.


  • Bantu Tumbuh Kembang 


Untuk membantu tumbuh kembang si Kecil bisa dengan bermain bola atau berenang misalnya, kenapa? Karena anak butuh bergerak , otot-ototnya butuh dilatih. Dengan bergerak juga si Kecil dapat belajar banyak hal mulai belajar koordinasi, belajar keseimbangan dan semuanya mempengaruhi sensor motorik juga. So, jangan dilarang ketika anak bermain di luar.

  • Mandiri


Ketika sebagai bunda kita harus mencintai dan sayang anak kita segitu besarnya namun mencintai dan menyayangi si Kecil segitu besarnya itu mampu menjadikan dia menjadi individu yang mandiri. 

Yups, berikan kesempatan anak mencoba hal yang menjadikan dia menjadi individu mandiri, misalnya saja dia mencoba untuk makan sendiri , biarkan dia lakukan sendiri meski berantakan. Dengan mandiri akan timbul rasa percaya diri.

  • Percaya diri


Percaya diri lekat dengan mandiri, yups dengan si Kecil mandiri maka akan timbul rasa percaya diri dalam dirinya. Percaya diri adalah yakin bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu dan percaya diri ga selalu harus selalu tampil ya.

  • Supel

Agar anak supel maka biasakan mengajak anak untuk bersosialisasi , jadi kasih pengalaman sosial yang luas untuk si Kecil, kasih kesempatan si Kecil bermain dengan teman sebayanya. 



Yups stimulasi itu sangat penting dan untuk menstimulasi si Kecil usia dibawah 6 ini berikan stimulasi semuanya dengan bermain, kenapa? Karena kita harus percaya dengan bermain anak belajar banyak hal dan stimulasi paling mudah diberikan saat si Kecil merasa fun. Dalam memberikan stimulasi juga yang terpenting adalah adanya interaksi juga nih agar maksimal.


Pentingnya Stimulasi dan Nutrisi Untuk Generasi Maju 



Stimulasi memang penting namun jangan lupa nih pemberian nutrisi seimbang untuk tumbuh kembangnya. Untuk pemberian nutrisi sendiri biasanya saya sebisa mungkin menyajikan makanan dengan gizi seimbang menghadirkan makanan sayur dan kadang buah.


Untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya juga anak-anak biasa minum susu SGM Eksplor 2 kali setiap hari , sebelum berangkat sekolah dan sebelum tidur. Tapi kalau siang pulang sekolah anak-anak mau minum susu ya saya kasih.



Alhamdulillah nutrisi dan stimulasi sudah saya berikan sejak mereka lahir terutama saat golden age. Hal ini saya lakukan karena saya percaya bahwa jika ingin Indonesia Maju maka dibutuhkan generasi maju juga yaitu anak-anak kita. Maka dari itu sebagai Ibu kita harus paham betul kalau peran kita itu sangat penting dalam mewujudkannya.

Saya berharap semoga saya bisa terus memberikan yang terbaik untuk si Kecil agar mereka bisa tumbuh menjadi generasi maju , bahagia lahir dan batin.



Rasa syukur dan terimakasih yang tak terhingga untuk alm. Mama karena berkat beliau saya menjadi ibu yang terus belajar dan berusaha memberikan yang terbaik.

Untuk SGM Eksplor terimakasih banyak atas acara yang luar biasa kali ini, saya bisa belajar lagi pentingnya peran ibu untuk Indonesia Maju dan huhuhu lewat acara yang penuh kejutan ini nangis haru serta bahagia mengingat semua apa yang alm. Mama berikan kepada kami anak-anaknya.











































You May Also Like

19 komentar

  1. Masya Allah. Kesempatan bersama ibunda hanya 11 tahun tapi pesan beliau nelekat erat ya, Mbak. Begitu pula ya dalam ajaran Islam, bahwa peran ibu sangatlah penting. Beruntung Mbak Amel bisa hadiri acara Mombassador. Jadi nambah wawasan.

    ReplyDelete
  2. Peluk jauh mbak. Ibu salah satu malaikat tak bersayap yang selalu memberikan dedikasi tinggi bagi anaknya. Selamat hari ibu.

    ReplyDelete
  3. Foto alm mama mirip banget sama amel. Sifatny yg ga malu kerja apa aja juga ditiru amel. Semoga amel selalu dilimpahi kasih sayang dari duo sipit ya, aamiin 🤗

    ReplyDelete
  4. Wah alm. ibu cantik sekali kak. Menjadi ibu itu memang pembelajaran seumur hidup ya. Malaikat tak bersayap yang pernah ada. Selamat hari ibu kak :)

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah kalau udh inget ibu, apa yg ibu ajarkan sangat berkesan dan harapan2 beliau moga bisa kita wujudkan. Aamiin ☺️

    ReplyDelete
  6. Waduh mbak cantik sekali ibunya. Btw kita berdua sama nasibnya, ibu saya sudah meninggal juga, hiks

    ReplyDelete
  7. Masyaallah ajaran ibunya mba memang benar sekali, pasti tetap akan menempel terus di memori karena memang suatu saat akan berguna buat anak cucu kelak

    ReplyDelete
  8. Peran seorang ibu sangat berperan penting untuk membentuk karakter generasi muda. Generasi yang jadi penentu kemajuan sebuah bangsa.

    ReplyDelete
  9. Banyak banget ya nilai nilai kehidupan yang telah ditanamkan oleh seorang Ibu kepada anak anaknya yang hingga sampai saat ini masih terus kita ingat dan bahkan kita gunakan dalam membesarkan anak anak.. virtual hug untuk mbak amel

    ReplyDelete
  10. huhuhu bikin baper nih, jadi kangen mama :(
    Btw, menjalin hubungan positif dengan anak tuh selalu saya usahakan dan segerakan.
    Semoga nantinya anak tumbuh besar dengan rekaman masa kecil yang bahagia bersama saya, aamiin :)

    ReplyDelete
  11. Baca ini dalam perjalanan pulang kampung nemuin ibu. Hehehe.

    Ibu emang slalu mengajkrkn byk hal terutama kekuatan sekaligus kelembutan dalam satu waktu.. Luar biasa

    ReplyDelete
  12. Kebersamaan yg singkat tapi melekat erat apa yg diajarkannya kepada kita..mantaps mba..btw asyik n seru nih acaranya

    ReplyDelete
  13. Pantaslah kalau Amel setangguh ini ternyata didikan dari kecil yang dikasih mama . Pastilah malu ya awalnya tapi kalau dipikir lagi berguna banget ya apa yg dikasih mama dulu

    ReplyDelete
  14. Peranan ibu memang tak tergantikan ya. Selain kedekatan batin, contoh perilaku yang diberikan juga mempengaruhi kecerdasan emosional dan spiritual. Yang tak boleh dilupakan adalah pemberian gizi yang cukup kepada anak agar dia tumbuh menjadi anak yang sehat dan berhati mulia.

    ReplyDelete
  15. Foto almarhumah mama cantik banget, kecantikan itu menurun pada Teh Amalia. Salut sebagai mama beliau tegas dan disiplin sehingga hasilnya terasa sebagai penerus untuk melahirkan Generasi maju.
    Palung juga dulunya pakai sufor SGM.

    ReplyDelete
  16. Wow mamamu mirip sekali denganmu mbak, pekerja keras yaaa :D
    Pantes sifatnya nurun ke anak2nya hehe
    Setuju banget, anak tuh gak bisa belajar sendiri, butuh peran ibu untuk menstimulasinya menjadi pribadi sesuai harapan ya mbak :D

    ReplyDelete
  17. Kak Amel mirip banget dengan Mamanya ya dan didikan mama ternyata bisa jadi bekal bagi kita untuk didik anak-anak. Senang baca tulisannya. Jadi tambah ilmu baru juga betapa pentingnya peran ibu dalam tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  18. Beruntung banget Mbak, sudah bisa mandiri sejak kecil. Saya dulu kalo disuruh jualan, apa aja pasti malu. Nolak, akhirnya setelah dewasa nyesel karena banyak hal yang bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  19. Tulisan"nya sangat menginspirasi sekali, hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi

    ReplyDelete

Total Pageviews