Penguatan Pengawasan Parsitipatif Bawaslu Kepulauan Seribu



Pemilu yang berjalan lancar dan damai, ya ini lah yang diharapkan oleh seluruh masyarakat termasuk saya sendiri. Kalau dilingkungan saya kemarin Alhamdulillah aman-aman saja dan tidak ada desas desus yang kaya gimana paling hanya kerusakan surat suara karena di TPS juga ada saksi-saksi dari berbagai pihak. 


Namun jujur pemilu 2019 kemarin itu membuat saya sendiri bingung karena digabung pemilihannya yaitu pemilihan Presiden dan juga pemilihan perwakilan yang maju ke Parlemen. Iya bingung karena banyak kandidat yang tidak saya tahu. 

Dilingkungan saya sih Alhamdulillah aman dan damain , tapi tak bisa di pungkiri kalau melihat berita dan timeline sosial media ada banyak pelanggaran yang terjadi. Wilayah saya mungkin seperti Kepualauan Seribu dimana di sana juga Pemilu berjalan dengan damai dan aman, Bawaslu sendiri juga tidak menerima adanya laporan pelanggaran disana. 


Hadir juga Ketua Bawaslu Kep. Seribu mengatakan bahwa Acara Penguatan Pengawasan Parsitipatif Bawaslu Kabupaten Administrasu Kepulauan Seribu merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Bawaslu DKI. 

Acara ini diadakan dalam rangka selesainya Pemilu pada tahun 2019. Penguatan pengawasan parsitipatif sangat perlu mengapa demikian? Yups meskipun saat pemilu tidak ada pelanggaran namun perlu sekali agar kedepannya nanti dalam pengawasan kita bersama mengawasi apa yang selama ini sudah terlaksana bisa lebih baik lagi. 

Seperti halnya Kepulauan Seribu dimana Demokrasi yang ada disana sukses berkat semua masyarakat makanya saat pemilu disana berjalan aman dan damai. Dari tahun 2014 sampai saat ini tidak ada pelanggaran di Kepulauan Seribu.


Pak Ketua Bawaslu Kepulauan Seribu berharap nanti kedepannya pada pemilu 2024 masyarakat dan stekholder lainya bersama-sama mengawasi pemilu yang akan datang. 

Jika masyarakat mengetahuƬ adanya pelanggaran sebaiknya langsung melaporkan pelanggaran pemilu tersebut kepada Bawaslu. Untuk menggiatkan parsitipasi masyarakat agar lebih aktif lagi Bawaslu meluncurkan aplikasi Gowaslu yang bisa kita unduh dan pantau berjalannya pemilu. 

Masyarakat tentunya bersyukur dengan adanya aplikasi Gowaslu ini karena semua bisa ikut mengawasi serta pantau perjalanan pemilu yang akan datang. Hal ini juga sebagai bentuk keterbukaan Bawaslu yang kapan pun menerima laporan aneka pelanggaran selama pemilu. 

Sebagai salah satu masyarakat kecil saya berharap juga semoga suksesnya demokrasi di berbagai daerah bisa seperti Kepulauan Seribu dimana bisa berjalan dengan lancar, damai sesuai harapan. 



18 komentar

  1. Mantap, aplikasi gowaslu mengajak partisipasi aktif masyarakat mengenai pemilu. Great idea

    BalasHapus
  2. Bener bangeettt Mba
    Bawaslu bersama2 dgn masyarakat umum bisa banget berkontribusi untuk hadirnya Pemilu/Pilkada yg aman dan damai ya

    BalasHapus
  3. Semoga dgn adanya app tsb pelaksanaan pemilu bisa lebih transparan, bisa dikawal oleh masyarakat dan nggak bikin menduga2 saat terjadi hal yg mencurigakan

    BalasHapus
  4. Th ini ada Pilkada di kota kami. Dan sungguh sangat berharap pemilunya benar2 aman dan damai. Aamiin..

    BalasHapus
  5. Semoga dengan partisipasi dari banyak pihak seperti ini, bisa membantu menertibkan dan mengawasi jalannya pilkada di seluruh daerah Indonesia, sehingga minim drama lagi :)

    BalasHapus
  6. Semoga terwujud harapannya ya mbak. Aku setuju kalau ada pengawasan dari warga juga. Secara transparan.

    BalasHapus
  7. Moga2 adanya aplikasi ini bisa membuat pesta demokrasi berjalan lebih damai ya mbak. Yang penting masyarakat mau berproses dan partisipasi aktif juga.

    BalasHapus
  8. Pemilu itu pesta rakyat. Kalau ada yang melanggar aturan pesta ya meski di laporkan agar pesta ini bisa di nikmati oleh semua warga indonesia.

    BalasHapus
  9. Lega ya Mbak pemilu di daerahnya kemarin berjalan lancar dan damai, semoga yang terpilih bisa menjalankan amanah dengan baik dan pemilu selanjutnya bisa lebih baik lagi pelaksanaannya. :)

    BalasHapus
  10. Wahh keren banget nih kak. Pemilu emang banyak banget harus diperhatiin. Biar pesta rakyatnya berjalan lancar. Smeoga ke depan depannya makin kece nih pemilu kita

    BalasHapus
  11. Mantap sekali kegiatan seperti ini mba. Sosialisasi demi ssosialisasi seperti ini yang perlu kita lakukan bersama Bawaslu ya

    BalasHapus
  12. Semoga ke depan masyarakat Indoensia dimana pun berada bs lbh cerdas dan berperan aktif menjaga momen pemilu ini..

    BalasHapus
  13. Aplikasi Gowaslu baru saya tahu nih. Saat pemilihan umum nanti semoga semakin banyak masyarakat yang cerdas dan memanfaatkan fitur digital ini demi pemilu yang luber dan jurdil ya

    BalasHapus
  14. Aku baru tau ada aplikasi gowaslu ini tapi baguslah jadi fungsi pengawasan semakin maksimal

    BalasHapus
  15. Sekarang semua pakai aplikasi ya mba..jadi lebih praktis dan mempermudah pengawasan oleh publik

    BalasHapus
  16. Huwaaa kalo baca cerita soal bawaslu jadi ingat kemarin mau daftar panwascam, nggak jadi gegara kepala sekolahku ke Jakarta jadi nggak dapet ttd. Ah pengalaman seru banget ini kak Amel, aku belum pernah ke pulau seribu.

    BalasHapus
  17. Semakin mempermudah masyarakat ya Dengan hadirnya aplikasi dari Bawaslu ini semoga kedepannya aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik

    BalasHapus
  18. Tulisan"nya sangat menginspirasi sekali.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya šŸ˜‰