Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia


"Mama besok jadi ke Bogor? Emang aku ga boleh ikut?", tanya Kezia sebelum tidur Selasa malam.

"Ya jadi dong, kan Mama sudah bilang dari lama, ga boleh ikut lah kan Kezia sekolah hehe", mencoba jelaskan ke Kezia yang memang belakangan ini lagi manja banget. 

Yups, selasa malam itu menjadi pillow talk panjang bersama Shakila dan Kezia, saat itu saya kembali menjelaskan pengalaman saya saat mengunjungi Pabrik Susu SGM yang berada di Yogjakarta.

Alhamdulillah Rabu 12 Februari 2020 saya pun berkesempatan mengunjungi salah satu Pabrik Danone Specialized Nutrition di daerah Citeureup Bogor sekaligus menghadiri Peluncuran Laporan Keberlanjutan periode 1 Januari 2017-31 Desember 2018 Danone Specialized Nutrition Indonesia.


Danone Specialized Nutrition Indonesia 


Sebelum saya ceritakan ngapain aja sih disana? Yuk kenalan dulu sama Danone Specialized Nutrition Indonesia.

Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia dan beroperasi sebanyak 160 negara.

Danone SN memiliki tujuan untuk membawa perubahan positif pada kesehatan dan kesejahteraan manusia pada masa-masa penting kehidupan melalui inovasi produk yang inovatif dan berbasis ilmiah.

Danone SN terdiri dari PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) dan PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) . Nutricia berdiri sejak tahun 1987 dan Sarihusada sejak tahun 1954.


Yups itu tadi sekilas tentang Danone SN, untuk menuju kawasan salah satu pabrik Danone SN di Daerah Citeureup Bogor juga tidak membutuhkan waktu lama dari Jakarta sekitar 1 jam lah lewat jalan tol.

Sebelum keliling pabrik dan menyaksikan peluncuran laporan berkelanjutan kita semua mengunjungi PAUD Cerdas yang masih berada di kawasan Pabrik  Danone SN Indonesia.

Kita semua disambut tarian merak adik-adik yang lucu ini, gemasss banget deh. PAUD Cerdas merupakan PAUD Binaan dari Danone sebagai bentuk kepedulian Danone terhadap lingkungan.



PAUD Cerdas sudah berdiri sejak tahun 2012 dan sampai saat ini sudah meluluskan 7 angkatan. Di PAUD Cerdas ini ada juga lho karyawan dari Danonen yang mengajar disini

Danoen Indonesia sangat peduli terhadap isu-isu gizi, pendidikan dan kesehatan makanya Danone mendirikan PAUD Cerdas sebagai sarana edukasi kepada anak Indonesia.



Yups anak-anak PAUD disini tak hanya diberikan pengajaran akademik saja tapi juga pengenalan tentang gizi dan pengenalan salah satu progran dari Danone yaitu ISI PIRINGKU  dimana anak-anak setiap harinya membawa bekal makanan lengkap ISI PIRINGKU.

Saya pun berkesempatan gimana anak-anak menyantap bekalnya. Sebelum makan anak-anak dibiaskaan mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun di wastafle sekolah.



Setelah melihat anak-anak makan lahap saya pun berkesempatan lihat-lihat PAUD Cerdas. Kelasnya cukup nyaman dan penuh warna banget.

Di sana banyak mural-mural yang mengedukasi anak-anak mengenai gizi dan manfaat buah sayur.



Untuk pencahayaannya juga cukup banyak karena dominan kaca jadi bisa dibilang hemat energi juga sih ya kalau siang tidak harus pakai pencahayaan dari lampu.

Tak hanya itu saja disana dipajang juga banyak piala prestasi anak-anak PAUD Cerdas. Yups cukup bersih, nyaman dan colorfull banget deh.


Menurut saya dengan adanya mural-mural edukasi ini anak-anak mudah paham pentingnya asupan makanan kaya nutrisi, jadi suka buah dan sayur. Anak-anak PAUD Cerdas juga rutin di pantau tumbuh kembangnya misalnya saja mengukur tinggi badan dan berat badan.

Setelah puas di PAUD Cerdas kita semua hijrah ke Pabrik Plant Danone yang hanya beberapa ratus meter saja dari PAUD. Untuk masuk kawasan pabrik cukup ketat mulai menuliskan identitas, foto, dan KTP mungkin semua pabrik menerapkan prosedur-prosedur seperti ini juga. Sesampainya di Pabrik kita tidak langsung menjelajah tapi menghadiri acara Danone SN Luncurkan Laporan Keberlanjutan periode pelaporan 1 Januari 2017- 31 Desember 2018.

Danone SN Indonesia Luncurkan Laporan Keberlanjutan periode 1 Januari 2017- 31 Desember 2018




Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia "  Kami berkomitmen untuk menjalanjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi lingkungan. Danone berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan berkontribusi pada kesehatan secara jangka panjang, karena percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat sesuai misi Danone ' One Planet One Health".

Peluncuran Laporan Berkelanjutan Danone SN Indonesia dalam bentuk buku ini adalah sebagai komit,en transparansi untuk mengomunikasikan keberlangsungan bisnis serta dampak sosial perusahaan.

Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia telah disusun mengikuti pedoman Pelaporan Keberlanjutan Standar ( GRI ) Globar Reporting Initiative opsi core.  Standar GRI adalah standar global pertama untuk pelaporan keberlanjutan. Standar ini menampilkam struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan dan sosial.



Danone SN Indonesia fokus kepada kesehatan ibu dan anak serta berbagai aspek terkait. Danone SN Indonesia telah menjaga keberlanjutan dalam 6 pilar utama.

6 Pilar Utama Danone Specialized Nutrition Indonesia 


  • Riset dan inovasi


Danone SN menerapkan perbaikna berkelanjutan dalam semua kegiatan penelitian dan inovasinya juga berdasarkan pada sains, teknologi dan keahlian lokal untuk Indonesia lebih sehat dengan tujua  untuk meningkatkan prngembangan produk secara lokal
  • Rantai Nilai Nutrisi
Danone SN menyediakan nutrisi berkelanjutan melalui rantai nilai  jadi rantainya itu dimulai dari penelitian dan pengembangan, pengadaan bahan, penyimpanan dan transportasi, Blending/ Formulasi, Pengemasan, Pelabelan, Penyimpanandan trasnportasi, Toko dan terakhir adalah Pelanggan.
  • Alam dan Lingkungan
Sesuai dengan misi Danone One Planet One Health yang berarti kesehatan manusia dan bumi itu saling berhubungan. Salah satunya ya melalui alam dan lingkungan ini dengan mewujudkan pembangunan keberlanjutan dengan alam dan lingkungan. Upaya Danone mewujudkan bisnis dengan Sustainable Development Goals ( SDGs), ada yang namanya gerakan Preserve and Renew The Planet Resources. Gerakan ini memberikan dampak positif bagi dunia. 

Ada banyak kerja nyata yang sudah dilakukan oleh Danone SN serta investasi untuk mengendalikan dan menangani dampak lingkungan, misalnya saja untuk menangani limbah, mengurangi emisi, mencegah dampak lingkungan negatif serta menagemen lingkungan di unit bisnis.
  • Pengembangan Karyawan 
Danone SN Indonesia memiliki komitmen untuk meningkatkan kinerja para karyawan dengan mengembangkan program pelatihan yang baik bagi karyawan dalam mengembangkan kemampuan dan karir mereka. Di kantor -kantor Danone disediakan fasilitas olahraga, ruang laktasi, klinik kesehatan untuk karyawan dan Danone SN Indonesia juga mendukung orang tua baru dengan memberikan cuti melahirkan kepada karyawan wanita selama 6 bulan dan 10 hari bagi karyawan laki-laki.
  • Kepatuhan bisnis
Danone SN Indonesia menerapkan nilai-nilai Good Corporate Governance (GCG), menjalankan kebijakan anti korupsi dan lainnya. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh dunia tempat Danone beroperasi. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk memberikan panduan kepada semua karyawan Danone untuk menjalankan tugasnya dengan integritas tinggi dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 
  • Pemberdayaan Masyarakat
Danone SN memiliki komitmen menjalankan misi ganda perusahaan dengan menjalankan bisnis yang sejalan dengan kemajuan sosial masyarakat dimanapun Danone beroperasi. Melalui berbagai program Danone meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar. Ada beberapa program dengan pertimbangan Sustainable Development Goals ( SDG) salah satunya yaitu quality education, memberikan edukasi seputar gizi seimbang kepada orang tua, anak-anak dan guru.

Misalnya apa? Ya yang tadi seperti di PAUD Cerdas yaitu ISI PIRINGKU yang merupakan salah satu programnya dimana para PAUD binaan Danone SN ini diberikan buku ISI Piringku. Sedikit info ya program  ISI PIRINGKU merupakan program pendidikan yang bertujuan untuk memerangi stunting di Indonesia dengan mempromosikan konsumsi makanan yang sehat.



Buku ISI PIRINGKU ini cukup lengkap isinya ada story book dan alat pengukur tinggi, food model dan flash card juga lho dan melalui ISI PIRINGKU para orang tua, anak-anak serta guru PAUD dan TK teredukasi dan anak-anak juga sejak dini tahu tentang gizi seimbang dan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Anak-anak juga tampaknya belajar dan cepat tangkap mengenai isi dari buku ISI PIRINGKU karena memang di design sesuai dengan prinsip belajar anak usia dini.

Yups itu tadi adalah 6 pilar utama Danone SN Indonesia dan buat kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai laporan berkelanjutan ini jangan khawatir ya karena bisa di unduh di website www.sarihusada.co.id dan www.nutricia.co.id

Okay setelah menyaksikan peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia periode 1 Januari 2017 -31 Desember 2018 kita semua tour ke Pabrik Danone di Citeureup. Untuk tour keliling kita harus memakai rompi hijau dan sepatu khusus.

Meski tidak boleh foto-foto saya cukup happy karena saya bisa melihat langsung bagaimana prosesnya. Pabriknya ramah lingkungan, bersih dan hampir 100 % dilakukan oleh mesin. Setelah melihat keliling pabrik dan laporan keberlanjutan Danone saya berharap semoga program-program pemberdayaan masyarakat terus berjalan dan ada program baru demi Indonesia maju.




44 komentar

  1. Aku langsung jatuh cinta sama PAUD Cerdas, lihat bangunannya yang bagus dan nyaman untuk belajar karena full support dari Danone

    BalasHapus
  2. Enak yah ngeliat PAUD CERDAS...bersih, apik, tertata dan isi dindingnya itu lhooo benar2 mengedukasi lewat gambar2 yg menarik

    BalasHapus
  3. Ini semacam program CSRnya Danone kali ya. Senang sekali ada keberlanjutan jadi programnya nggak putus

    BalasHapus
  4. DANONE selalu memberikan programnya yang kece , PAUD CERDAS binaannya kece, semoga berkan dan bermanfaat buat semuanya ya mel.

    BalasHapus
  5. Lalu aku pun terinspirasi sama PAUD Cerdas nya. Suasana kelasnya kece. Salut sama DANONE. Nggak berhenti di satu titik melainkan ada program2 lanjutannya. Sukses terus untuk Danone. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak kelasnya ketje dan banyak mural edukasi gitu.

      Hapus
  6. bahagiannya disaat banyak perusahaan termasuk Danone yang concern terhadap masalah pendidikan, terutama PAUD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya bahagia banget semoga makin banyak perusahaan yang mencontoh ini ya.

      Hapus
  7. Wuikss DANONE keren bangett yaa
    Kontribusi dan concern untuk tumbuh kembang anak Indonesia, sungguh luarrrr biasa!

    BalasHapus
  8. it is good to know that this company is consistently working and sharing all the best to the community. Semoga bisa banyak membantu komunitas yang membutuhkan

    BalasHapus
  9. Ternyata Danone punya PAUD binaan juga. Yang menjadi murid-muridnya apakah khusus anak-anak dari karyawan Danone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak punya hehe dan muridnya masyarakat sekitar kak.

      Hapus
  10. Jadi penasaran sama PAUDnya. Keren Danone ini. Aku tuh sama PAUD lihatnya banyak yang biasa, ya standar. Mau lihat yang bener-bener ramah anak. Jadi orang tua pun tenang

    BalasHapus
  11. Menarik banget ya programnya Danone ini. Programnya pun dibuat berkelanjutan. Jadi emang terlihat banget concernnya kesana. Salut!

    BalasHapus
  12. Aku beberapa kali ke SGM tapi yg di Jogja. Selalu kagum dg program2 CSR mereka yg beragam & tepat sasaran. Yang penting lagi program mereka tidak hanya sekali jadi tapi selalu ada kelanjutannya.

    BalasHapus
  13. Enam pilar utama yang dipegang Danone bagus ya. Khususnya pemberdayaan masyarakat dan ini artinya mereka care

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak care terhadap lingkungan masyarakat juga.

      Hapus
  14. Kepedulian Danone kepada generasi muda memang patut diacungi jempol, apalagi dengan adanya PAUD Cerdas! Keren sekali!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak dan masih banyak lagi lho programnya.

      Hapus
  15. Kalau minta pihak Danone ngasih materi tentang piring sehatku ke posyandu di daerah saya bisa gak ya? Gimana caranya atau hubungi siapa ya?

    BalasHapus
  16. Mulai sejak PAUD penting ya dikenalkan dengan ISI Piringku. Keren ya Danone dengan menyiapkan PAUD CERDAS dan ada juga karyawannya yang menjadi tenaga pengajar. Tentunya pengalaman berharga bisa ikut menjadi Mombassador jadi bertambah ya dengan trip di pabrik yang di Bogor ini

    BalasHapus
  17. Jadi tahu nih 6 pilar utama Danone dan ternyata Danone udah punya Paud juga. Memang ya perusahaan Danone ini keren banget dan konsen banget mereka dengan kegiatan inspiratif yang perlu ditiru perusahaan lain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups semoga aja ya banyak yang mengikuti jejak Danone ini.

      Hapus
  18. Danone mah selalu memberikan kontribusi terbaik dan peduli anak nutrisi anak bangsa ya, hingga tumbuh kembangnya melalui paud binaan dan banyak program-program lainnya :)

    BalasHapus
  19. Wah keren ya Danone, dari dulu Dewi suka produknya. Dan ternyata benar-benar memperhatikan nutrisi generasi bangsa, terbukti dari inovasinya dan memiliki paud cerdas.

    BalasHapus
  20. Di sambut sama tarian yang dibawakan adik kecil . walaupun masih kecil tapi lincah menari karena terpenuhi asupan nutrisi gizi nya.

    BalasHapus
  21. Wah seru banget kegiatan ke Pabrik dan ke PAUD Cerdas Danone. Coba semua PAUD yang ada di Indonesia bisa seperti itu ya hehehe. Mendapatkan kesempatan mengunjungi pabrik Danone gimana Mba? Apa Mba jadi salah satu peserta Danone Blogger Academy? hehehe. Tahun lalu aku ikut daftar juga, tapi sayang belum lolos hehehe

    BalasHapus
  22. Wah acaranya seru ya mba..jalan2 asyik hehe..sayang wktnya bentrok dgn sekolah anak kalau weekend asyik tuh bs sekalian jalan2 bareng Kenzi..eh blh bawa anak ga sih..xixixi

    BalasHapus
  23. Dikasi bukunya juga gak kak Amel?
    Wah bagus nih kalau ada penerbitan buku laporan pertanggungjawaban seperti ini, jadinya pihak stakeholder bisa baca ya mabk dan mungkin akan ada proyek kempen selanjutnya utk membantu masyarakat yang membutuhkan

    BalasHapus
  24. Danone begitu peduli dengan kesejahteraan anak Indonesia ya. Dibuktikan dengan adanya PAUD Binaan dari Danone sebagai bentuk kepedulian Danone terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  25. 6 pilar yang dilakukan Danone sangat membantu dan menginspirasi yaa...
    Jadi walau sudah perusahaan besar, tetap harus bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

    BalasHapus
  26. asik banget mba acaranya hehe. kerenn

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉