Cara Memulai Investasi Saham

by - March 01, 2020


"Seorang laki-laki memberikan mahar pernikahan 450 lembar saham kepada istrinya"



Apakah ada yang pernah mendengar berita ini? Saya sendiri pernah mendengar dan bahkan ditunjukan fotonya saat sang pria atau calon suami menjadikan saham sebagai mahar pernikahan pada tahun 2017 lalu. 

Tak hanya itu saja belum lama ada seorang kekasih memberika  saham sebagai hadiah kepada pacarnya yang wisuda. Yups, bisa dibayangkan kan? Kalau dulu mahar itu hanya berbentuk benda seperti cincin, emas, perlengkapan sholat dll tapi saat ini saham bisa dijadikan mahar karena memiliki nilai investasi yang menjanjikan untuk masa depan. 

Sejarah juga menunjukkan bahwa berinvestasi dalam saham adalah salah satu cara paling menguntungkan untuk membangun kekayaan dalam jangka panjang. Hampir setiap anggota daftar Forbes 400 dari orang Amerika terkaya sampai di sana karena mereka memiliki blok besar investasi saham di perusahaan publik atau swasta. 

Belajar berinvestasi dengan bijak dan dengan kesabaran seumur hidup dapat menghasilkan portofolio yang jauh melebihi pendapatan yang paling sederhana.

Bagian investasi saham kadang-kadang disebut keamanan atau ekuitas adalah kepemilikan sah dalam bisnis. Perusahaan mengeluarkan stok untuk mengumpulkan uang dan itu datang dalam dua jenis umum atau disukai. 

Saham biasa memberikan hak kepada pemegang saham atas bagian proporsional dari keuntungan atau kerugian perusahaan. Saham preferen, sementara itu, dilengkapi dengan pembayaran dividen yang telah ditentukan. Masih ada lagi yang membedakan dua jenis stok.


Cara Menghasilkan Uang dari Berinvestasi dalam Saham

Peningkatan harga saham dan dividen adalah dua cara untuk mendapat untung dari memiliki dan berinvestasi dalam saham. Karena ini menumpuk dari waktu ke waktu, hanya satu tahun investasi di perusahaan yang tepat jika dimiliki selama 30 tahun dapat menghasilkan pengembalian yang solid. 

"Uang nyata dalam berinvestasi harus diperoleh karena sebagian besar terjadi di masa lalu bukan karena membeli dan menjual, tetapi karena memiliki dan memegang sekuritas, menerima bunga dan dividen, dan mendapatkan keuntungan dari kenaikan jangka panjangnya. dalam nilai. " kata Benjamin Graham. Praktek ini telah menciptakan jutawan.

Melihat banyaknya yang sukses investasi saham saya pun tertarik dan belum lama hadir di acara sharing session mengenai saham. Dan saat ini baru mulai investasi saham. 

Yups tahun ini investasi saya Alhamdulillah bertambah jadi hanya mengumpulkan Logam Mulia, tabungan emas, deposito , reksadana dan yang baru-baru ini adalah saham. 

Pemilihan saham sebagai investasi tak hanya tergiur dengan nilai investasinya yang cukup menjanjikan , tapi karena memang saat ini banyak edukasi mengenai investasi saham dan juga kemudahan kita dalam membeli saham.


Cara Membeli Saham

Saat ini kita dengan mudah memiliki saham karena banyak aplikasi trading saham hanya dalam genggaman saja kita bisa membeli atau menjual saham misalnya saja aplikasi MOST Mandiri Sekuritas dimana aplikasi ini sangat mudah dimengerti bagi pemula yang ingin berinvestasi saham. 

Ada beberapa langkah yang bisa lakukan untuk membuka rekening efek. 

  • Memilih sekuritas, yups kita memilih perusahaan sekuritas yang disebut juga dengan pialang atau broker. Pilih sekuritas yang kredible ya guys misalnya saja menggunakan mandiri sekuritas. 
  • Siapkan dokumen pribadi untuk membuka rekening efek yaitu kartu identitas KTP/Paspor, cover buku tabungan, foto diri dan NPWP.
  • Buka www.most.co.id 
  • Klik menu register sisi atas website dan klik.
  • Isi data diri
  • Upload file berupa dokumen pribadi
  • Klik media buat melakukan video call dan klik submit.

Setelah sukses maka dalam waktu 1x24 jam akan aktif rekening efek kita. Untuk membeli saham cukup mudah, pertama adalah setor dana ke rekening saham kita, transaksi saham deh. Untuk memilih saham sebaiknya kita harus melihat portofolio perusahaan tersebut dan biasanya saya membeli saham perusahaan yang biasa saya pakai sehari-hari. 

Saya sendiri memilih investasi saham yaitu investasi jangka panjang karena bisa dibilang sangat menjanjikan. Sampai saat ini pun saya masih dalam tahap belajar mengenai saham ini, sambil belajar saya pun sudah mulai investasi saham. 

So, sekian dulu sekilas tentang saham, semoga sedikit membantu ya. Btw apakah kalian sudah memiliki saham? Yuk share dikomentar 😉

You May Also Like

0 komentar

Total Pageviews