10 Buah yang dapat Menutrisi Kulit

Kurnia amelia

Memiliki kulit yang sehat, bersih dan terbebas masalah kulit lainnya adalah impian saya, mungkin tidak hanya saya saja tapi semua orang. Jujur saja masalah kulit yang saya hadapi kini yaitu on of nya jerawat dan bekas jerawat, ini semua membuat saya tidak percaya diri. Dulu, saya tidak mau yang namanya foto close up wajah, tapi sekarang Alhamdulillah sudah menjadi sedikit percaya diri karena masalah kulit kusam, banyak jerawat mulai menghilang.

Alhamdulillah, wajah saya bisa dibilang jauh lebih baik dari beberapa tahun lalu. Hal ini tidak didapatkan dengan mudah, butuh perjuangan dan tekad untuk berubah. Saya yang dulu tidak pernah sama sekali memakai skin care sekarang mulai mengenai skincare. Memang bisa dibilang agak telat ya karena di usia 30 plus baru mengenal skincare dan melakukan berbagai perawatan di rumah.

Awalnya agak ragu menyisihkan uang untuk membeli skincare dan melakukan perawatan tapi karena saya ingin berubah dan ingin memiliki kulit wajah tidak kusam, cerah dan sehat saya rela menyisihkan untuk membeli skincare. Awal memakai skincare agak merasa aneh karena selama ini wajah saya benar-benar polos . Iya anek karena merasa ada yang agak lengket dan kurang nyaman namun setelah beberapa bulan jadi terbiasa. Perawatan diri untuk menjadi lebih baik banyak sekali godaanya dan godaan terbesar yaitu rasa malas.

Saat ini terhitung kurang lebih 1 th saya mengenal skincare akhirnya terbiasa dengan berbagai perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Kecantikan dari luar dan dalam itu penting. Yups, saya menyakini kita tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja tapi juga dari dalam.

Keseimbangan perawatan dan memberikan nutrisi dari dalam itu agar hasilnya maksimal. Perawatan dari luar mungkin bisa menggunaka  skincare dan treatment lainnya dan kalau dari dalam bisa mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit mengenai buah-buahan yang mudah ditemukan , ternyata khasiatnya mampu menutrisi kulit dan Alhamdulillah 10 buah ini saya suka semua dan menjadi buah favorit keluarga.

10 Buah Yang Dapat Menutrisi Kulit 


Manfaat teh hijau dan lemon untuk kecantikan

1. Lemon

Vitamin C merupakan salah satu senyawa yang bisa mencerahkan dan menyamarkan noda pada kulit. Rajin mengkonsumsi air perasan lemon sendiri dikenal sebagai cara yang mujarab dalam menurunkan berat badan serta membuang toksin-toksin yang ada pada dalam tubuh sehingga terhindar dari masalah hiperpigmentasi.

Saya mengkonsumsi lemon yang sudah dicampur ke dalam teh hijau hangat tanpa gula. Kulit dalam perasan lemon biasanya saya gosokan dengan halus ke wajah lalu didiamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air. Hasilnya kulit wajah lebih segar dan bekas jerawat juga cepat memudar.

Untuk lemon sendiri saya memilih lemon lokal karena harganya lebih murah dibandingkan lemon impor meski ukurannya lebih kecil. Bagi saya yang penting sama saja kan manfaatnya hehe, 

2. Alpukat

Sejak lama alpukat memang dikenal sebagai buah kaya manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Oleh karena itu jangan heran jika banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan ekstrak Alpukat dalam produknya.

Tingginya kandungan antioksidan yang diperkaya dengan beragam vitamin didalamnya membuat buah ini menjadi primadona. Bagaimana tidak, alpukat telah terbukti mampu dalam menjaga elastisitas kulit dan mengurangi inflamasi dan gatal.

Dalam dunia kecantikan sendiri masker alpukat memang dikenal karena kemampuannya yang dapat melindungi dari radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini jika rajin dikonsumsi.

3. Delima

Jika kamu termasuk orang yang aktif di luar ruangan sehingga mudah terpapar polusi dan sinar mungkin buah delima bisa menjadi pilihan yang cocok. Buah delima dipercaya mampu meregenerasi kulit dan melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Buah delima atau pomegranate ini kaya antioksidan, vitamin C , tak hanya untuk menutrisi kulit saja tetapi juga  mampu membunuh kanker payudara lho. Saat ini sudah banyak minuman kecantikan dari sari pomegranate.

4. Semangka

Buah semangka bukan hanya bisa membuat segar tubuh saat dimakan tetapi juga bisa menjaga kulitmu loh. Flavonoid, dan lycopene dalam semangka berfungsi mencegah kerusakan pada kulit. Semua kandungan inilah yang menjadikan buah semangka memiliki khasiat untuk anda yang memiliki kulit berminyak serta rentan terkena jerawat.

5. Papaya

Manfaat pepaya


Pepaya, nah ini dia buah favorit keluarga terutama anak-anak saya. Bisanya 1 buah pepaya ukuran sedang itu bisa langsung habis sekali makan lho hehe. Rasanya yang manis dan baik untuk pencernaan ini juga berkhasiat menutrisi kulit.

Belakangan viral mengenai sabun pepaya yang diklaim dapat memutihkan kulit. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan klaim tersebut. Pepaya memang dikenal sebagai buah yang kaya mineral vitamin. Kandungan Enzim papain dan antioksidan didalamnya terbukti mampu menjaga kulit. Biasanya pepaya akan diolah menjadi smoothie dan dicampur dengan sari lemon sehingga keuntungan yang didapat semakin baik.


6. Kiwi

Ada baiknya kamu mulai sering memakan buah kiwi jika seringkali mengalami susah tidur dan menyebabkan timbulnya "Mata Panda". Ya, jika seseorang sering begadang, maka mata akan menjadi merah serta kantung mata menjadi hitam. Kebiasaan itu harus anda tinggalkan dan mulai untuk mengkonsumsi buah kiwi.

Kandungan dalam buah ini berupa tinggi akan vitamin C mampu melindungi kulit agar tidak merusak DNA akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat mencegah keriput dan mampu melancarkan sintesis kolagen.

7. Pisang

Ingin Kulit bersih tetapi gak mau ribet cari buah tertentu? Mungkin pisang bisa jadi solusi. Buah yang identik dengan warna kuning ini juga sering dimasukkan dalam list cara merawat wajah karena terbukti ampuh melembabkan kulit secara serta membantu menyamarkan bekas jerawat.

Buah pisang tak hanya bagus buat diet saja tapi bagus untuk kulit. Kalau saudara saya sendiri kulit dalam pisang sering beliau gosokkan ke wajah secara perlahan gitu. 

8. Timun

Kandungan air yang tinggi pada timun tentu menjadi nilai lebih karena bisa membantu menghidrasi kulit. Masker timun seringkali menjadi pilihan ketika kulit wajah sedang meradang karena bisa menyegarkan dan mendinginkan wajah.

Harga timun yang murah bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin memiliki kulit sehat dan untuk masker timun juga sangat mudah dibuat tinggal potong-potong tempelkan ke wajah. Yups, selain dimakan timun juga bagus untuk masker wajah. 

9. Nanas

Manfaat buah nanas untuk kecantikan


Nanas diperkaya dengan enzim bromelain didalamnya. Nah, sejumlah studi membuktikan bahwa enzim ini mampu membersihkan sel kulit mati dan menyembuhkan luka. Oleh karena itu mengoleskan masker nanas dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka bekas jerawat.

Saya sendiri suka dengan nanas yang manis dan kalau untuk konsumsi selain dimakan potongan langsung biasanya saya jus saja hehe lebih praktis, tapi tetap ya tanpa gula. 

10. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang juga memiliki banyak kandungan serat dan vitamin didalamnya. Kandungan vitamin C membantu dalam merawat kulit sementara flavonoid yang kaya akan antioksidan cocok dalam menjaga kulit dari kerusakan.

Buah mangga salah satu buah paling favorit aku biasanya di jus atau kalau mangga muda dibuat rujak hehe. Untuk makan mangga tidak pernah banyak-banyak sih soale kandungan gula nya cukup banyak.



Yups, itulah beberapa buah yang dapat jadikan rujukan untuk merawat serta menutrisi kulit agar lebih segar dan sehat. Buah-buah diatas bisa di aplikasikan menjadi masker wajah dan juga dikonsumsi langsung. Kalau saya sih jujur saja lebih baik langsung karena buah-buah diatas selain memberikan nutrisi pada kulit juga bermanfaat untuk tubuh karena kaya akan nutrisi.

Fyi, percayalah memiliki kulit sehat dan bersih itu tidak instan, semua butuh waktu. So buat kamu pejuang kulit sehat tetap semangat ya dan jangan lupa untuk tetap berfikir positif dan kelola stres dengan baik karena pikiran dan stres itu dapat mempengaruhi kulit juga yes 😉


40 komentar

  1. Hehehe aku nih yang kulitnya mulai menua, mulai ada flek, dan pori-porinya aduh gak nahan. Ternyata buah-buahan juga dapat bernutrisi kulit ya.Next saat makan Pisang kulitnya tak coba oles ah ke wajah.

    BalasHapus
  2. Daku nggak menyangka sama buah delima, ternyata banyak khasiatnya untuk kulit. Eh iya buah manggis juga deh mbak, bagus untuk kecantikan

    BalasHapus
  3. Saya di rumah, paling sering disediakan Pepaya. Hm.. berarti saya harus rajin makannya nih, biasanya malas 😅

    BalasHapus
  4. hampir sebagian besar buah buahan ditas mudah ditemui ya di negara kita, beruntung banget kita tinggal di negara yang kaya akan sumber daya alam yang sangat banyak termasuk bahan bahan untuk menutrisi kulit

    BalasHapus
  5. Dari kesepuluh buah di atas mungkin delima yang menurutku tidak familiar dan ditemui ya mbak....aku juga kurang bgtu suka rasanya. Tapi 9 buah di atas sih semua favorite aku

    BalasHapus
  6. Itu mentimun termasuk buah juga ya? Kalau saya sih condong nya ke lalapan hahaha...
    Tapi mentimun khasiatnya emang banyak. Ga hanya dimakan, dioles saja itu getahnya bagus di wajah

    BalasHapus
  7. Membaca ini, saya membayangkana kalau bisa tiap hari selama sepuluh hari berturut-turut makan buah-buahan ini, in syaa Allah kulit kinclong ....

    BalasHapus
  8. Duh tambah cantik aja nih. Huhu kapan y ketemuan lagi? Anyway aq suka makan berbagai buah2an di atas

    BalasHapus
  9. Sekarang udah musim mangga belum, ya? Cuma buah ini yang paling saya suka banget hehehe. Saya juga suka tuh kulit perasaan lemon dikasih ke kulit wajah. Seger ya, Mel

    BalasHapus
  10. Saya pun tim makan alias mengonsumsi buah2an langsung Mbaa ketimbang harus diproses dulu. Kalau masker pilih yg udah jadi aja tinggal tempel hehe.
    Btw, saya jerawatan sih enggak, to mulai ada flek hitam :(
    Moga2 dg makin rajin makna buah2an d atas, flek hitam ini bisa menghilang :)

    BalasHapus
  11. Edukasi seperti ini penting bukan hanya untuk para kaum hawa saja, kaum pria juga musti menjaga kuliat dengan memakan buah segar setiap hari :)

    BalasHapus
  12. aaah semuanya buah-buah favoritku, besok langsung belanja stok buah ah biar kulit wajahku alami natural terjaga dari dalam yaa, karena setiap perempuan pasti pengen terlihat awet muda dan glowing

    BalasHapus
  13. Delima udah susah dicari, paling olahannya :(
    Biasanya tiap hari minum seduhan air lemon buat imun :))

    BalasHapus
  14. 10 buah yang amel tulis diatas kesukaan aku semua hihi, tapi delima dan kiwi jarang sih aku konsumsi soalnya jarang nemu dan kalau nemu harganya lumayan :D

    BalasHapus
  15. Saya suka semua nih buahnya, selain Delima dan Nanas. Enak semua rasanya, segar euy. Apalagi buah pepaya. Selain segar, pastinya paling ampuh melancarkan pencernaan.

    BalasHapus
  16. Ternyata banyak ya jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk kulit, kalau saya paling pakai lemon, mba amel, soalnya paling mudah ditemukan juga di pasar

    BalasHapus
  17. Saya suka 10 buah itu, Mbak Amel. Selain enak rasanya, juga bermanfaat untuk nutrisi kulit ya, Mbak. Jadi sangat alami juga. Terus, mudah didapat.

    BalasHapus
  18. aku pencinta buah-buahan paling enak memang makan buah apalagi bagus buat kulit ya. Pada dasarnya aku suka sih semua buah tapi sekarang alergi sama kiwi suka ssak nafas jadinya

    BalasHapus
  19. Aku suka buaah...
    Semuanya.
    Apalagi durian, hehe..gak disebutin yaa...?!?

    Konsumsi buah bikin kulit dan mood aku selalu happy.
    Seger soalnya.

    BalasHapus
  20. semua buah yang dilisting di sini aku sukaa mbaaa...gantian aja makanny ayang mana dulu Jeruk yang selalu ada di rumaaah

    BalasHapus
  21. Buah-buahan tuh favorit di rumahku, Mel. Terutama pepaya, mangga, nanas, melon, eh kok semua ya, hihiii. Kalo jeruk, aku pakai nipis atau lemon lokal yang ada di pot depan rumah. Kalo kiwi tuh jarang banget beli karena harganya mahal, mending anggur yang jadi favorit anakku

    BalasHapus
  22. buah kesukaanku semuaa, cuma kalo semangka aku rawan batuk haha. paling suka lemon sih trus campur jahe, madu, dan daun mint. segeeer banget :D

    BalasHapus
  23. Kalau aku paling suka konsumsi pisang dan pepaya karena harganya yg murah. Trus kulitnya suka iseng aj sih dioles oles dulu ke muka sblm dibuang. Lumayanlah facial alami haha

    BalasHapus
  24. kurang delima aja nih yang jarang dimakan soalnya mahal :))
    sisanya rajin kumakan bahkan kadang coldpress sekalian detokx :')

    BalasHapus
  25. Sebenarnya alam sudah menyediakan semuanya ya mba, cuman kadang kitanya mau yg praktis langsung konsumsi. Klo aku siy yg simpel aja minum teh tawar hangat pake perasan lemon

    BalasHapus
  26. hampir semuanya saya konsumsi buah-buah di atas, palingan nanas aja yang jarang saya makan, karena selain susah ngupasnya tidak di semua tempat ada dna pagi ga boleh makan nanas, lainnya suka dan konsumsi hampir tiap hari

    BalasHapus
  27. Dari 10 buah-buahan yang dapat menutrisi kulit di atas, saya jarang dapet buah kiwi Mba Amel... kl yg lain seriing hehe... thanks yaa

    BalasHapus
  28. Termasuk gampang semua ya buahnya untuk didapatkan, kecuali delima. Pepaya mah udah sehari-hari, tiap kali belanja ga lupa beli buah yang satu ini. Praktis, murah dan banyak khasiatnya.

    BalasHapus
  29. waaa terima kasih info dan sharingnya bermanfaat banget, jadi inget kalo akhir akhir ini lagi jarang makan buah, mau dirajinin lagi ah makan buahnya hihihi

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah aku suka buah2an. Ternyata bagus ya buat kulit cuzz makan buah lagi ah.

    BalasHapus
  31. Ternyata 10 buah itu mudah di dpt ya, tinggal kita aja mau kreatif atau tdk manfaat kan apa yg ada di sekitar

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah aku pemakan buah-buahan apa aja, tergantung musim biar lebih ekonomis. Buah delima yang kata orang udah mulai langka pun di tempatku masih banyak :)

    BalasHapus
  33. Wah delima tuh sueger walaupun harus usaha dulu yah ngeburainya,tapi seger,eh bener kan delim yang buahnya besR isinyabkecil2? Ternyata pepaya sama nanas juga bisa bikin kulit mulus yak.

    BalasHapus
  34. Kalau pepaya kek nya daku nggak tega buat dijadikan masker, pengennya buat langsung disantap saja, haha..

    BalasHapus
  35. Aku juga suka pake kulit lemon atau jeruk nipis bekas perasaan minuman, memang agak perih di kulit tapi lumayan jerawat udah mulai gak bandel lagi. Termasuk nanas itu bagus buat pencernaan, jadi kaya kebawa aja seger ke kulit

    BalasHapus
  36. Aku pakai lemon atau jeruk nipis buat ngilangin jerawat di wajah. iya nih, aku juga telat kenal skincare

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah sekarang lebih banyak makan buah jadi muka lebih bersih, permasalahan aq dulu gaya hidupnya ga teratur hahaha

    BalasHapus
  38. 10 buah ini adalah buah2an yang banyak dijumpai disekitar kita yah kak. Ternyata bagus banget untuk menutrisi kulit. Lha kalau aku berpikir nya cuma asal makan buah aja hehehe. Mulai sekarang diperbanyak ah biar kulit makin segar dan kencang terjaga.

    BalasHapus
  39. Wah banyak juga pilihan buahnya ya...bentar lagi musim mangga nih...bisa puas-puasin makan manggga biar kulit makin sehat..

    BalasHapus
  40. Saya biasa pake lemon buat dijadiin masker, Mbak. Kalau kulit lagi kebakar gitu cepet regenerasinya.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉