Sosok Inspiratif Laura Aurelia Dinda Atlet Para Renang Nasional

Mom blogger



"It's ok meminta bantuan orang lain karena kita sama-sama punya masalah #AyoMajuBersama " Laura Aurelia-Atlet Nasional


Kalimat terakhir IG Live Laura Aurelia diacara Fun Talk bersama @homecredit beberapa waktu lalu. Kalimat terakhir ada makna tersendiri buat saya, iya kadang kita merasa tidak butuh bantuan orang lain padahal sebenarnya kita butuh mereka. Ya, saat IG Live bersama Laura Aurelia atlet nasional beberapa waktu lalu saya mendapatkan banyak wejangan hidup atau cara pandang hidup yang mungkin bisa diterapkan masa pandemi saat ini.

Jujur saja resolusi 2020 sebagian yang sudah saya susun bisa dibilang ambyar hehe iya karena semua berubah. Ada beberapa pekerjaan dicancel pada awal pandemi, keuangan pun agak goyang dan beruntung masih ada dana darurat. Semua pasti syok karena tidak menyangka akan mengalami pandemi, berbulan-bulan di rumah , keluar hanya membeli kebutuhan dan sesekali ke sekolah anak-anak untuk mengantar tugas.

Awalnya agak kaget tapi setelah menjalaninya alhamdulillah sudah terbiasa dan menerima. Alhamdulillah pekerjaan sudah mulai stabil juga dan untuk tetap terus berfikir positif selama pandemi ini, setidaknya 2 kali dalam seminggu saya mengikuti webinar dengan berbagai tema, menonton IG Live yang dulu tidak pernah saya ikuti, saat ini jadi lebih sering. Dan belum lama ini saya mengikuti IG Live @homecredit x Laura Aurelia dengan tema "Tetap Asik Hadapi Momen Serba Gak Pasti".



Ya, sosok inspirasi kali ini yaitu Laura Aurelia Dinda, Atlet Para Renang Nasional peraih medali emas 2017 ASEAN Para Games. Di Fun Talk bersama Home Credit beliau berbagi kisah perjalanan hidupnya dan cara Laura menjalani keseharian di masa pandemi saat ini.

Laura Aurelia Dinda mulai berenang saat usia 7 tahun yang awal renang itu karena asma makanya orang tuanya menyarankan untu renang dan bisa renangnya sendiri yaitu pada usia 8 th atau kelas 4 SD. Saat ini Laura spesialis Gaya Punggung .

Selain sebagai atlet nasional Laura Aurelia Dinda juga kuliah di UGM jurusan Psikologi. Selama pandemi pastinya ada banyak perubahan, sebelum pandemi rutin latihan renang tapi setelah pandemi hanya di rumah aja namun tetap melakukan olahraga ringan seperti dumble , steling. Ia juga masih rutin kuliah online.

Menghadapi situasi yang tidak pasti ini Laura Aurellia Dinda berbagi tips dengan 3 prinsip yang ia jalani.

3 Prinsip Laura Aurelia Dinda 


  • Menentukan Prioritas Rutinitas
Untuk menentukan prioritas Laura Aurellia Dinda ini lebih fokus ke longtern karena harus konsisten dengan apa yang ingin kita capai. Yups longtern goals Laura yaitu menjadi Psikolog spesialis gangguan mental makanya di masa pandemi saat ini tidak mungkin latihan renang jadinya ia fokus kuliah. 

  • Tidak terlalu keras untuk diri sendiri
Laura termasuk orang yang perfeksionis, ia menyadari dari pendapat orang. Karakter perfeksionis  terbentuk dari orang tua dan peratletan  dimana ada tuntutan sangat tinggi dan goals harus tercapai. Namun kini melihat situasi dan kondisi saat ini, ya fokus kuliah dan perfeksionis harus mengimbangi.


  • Be Kind To Others 

Prinsip terakhir yaitu Be Kind to others, ya kalau bisa baik ke semua orang dan mencoba melihat dari sisi lain atau sisi mereka. Yups, kadang kita mudah judge orang padahal sebaiknya menahan mulut terlebih dahulu, kita harus melihat sisi dari mereka, kenapa mereka seperti itu? Kenapa dia ngomong begitu? Prilaku dia kok bisa begitu? Nah itu harus dilihat dulu dari sisi dia dan berfikir semua orang itu punya masalah yang tidak kita ketahui dan makanya jangan asal judge.



Kalau membaca 3 prinsip Laura agar tetap asik menjalani momen yang seba tidak pasti ini bisa banget yes jadi renungan sendiri buat kita. Dan saat sesi IG Live beberapa waktu lalu saya juga sempat tanya kenapa Laura memilih Psikologi dan spesialis Mental Health.

Alasannya yaitu  karena beliau melihat dan merasakan sendiri. Mentalnya juga terpengaruh dikehidupan atlet , ya mental abused seperti tidak diperdulikan dan dimengerti lalu tekanan tinggi. Banyak atlet yang dipaksa berenang orang tua tapi anaknya ga mau dan tidaj berani ngomong , mereka juga sering di bentak-bentak dengan kata-kata kasar. Katanya sih hal itu sebagai bentuk motivasi tapi ketahuilah itu menral abused dan tidak efektif jika dikatakan sebagai motivasi.

Dan pandangan saya terhadap psikolog juga belakangan ini berubah, iya banyak orang yang berfikir kalau psikolog itu kalau gangguan jiwa, hmmm. Ketahuilah banyak orang yang tidak mengetahui emosi nya sendiri, kadang merasa dia baik-baik saja tapi tidak tau apa yang harus dilakukan dan emosi ini tuh seperti apa.

Nah maka dari itu dengan ke psikolog kita bisa sharing dan dapat menerapkan teknik apa yang harus dilakukan dengan kondisi diri. Oh ya, kalau psikolog itu bukan cenayang yes tapi memahami bisa.

Belajar dari prinsip Laura, ada poin-poin yang bisa diambil terutama harus bisa menahan mulut untuk tidak mudah menjudge orang lain. Melalui kehidupan Laura juga kita bisa belajar bagaimana beliau bangkit dari keterpurukan, ya pada tahun 2017 beliau jatuh di kamar mandi dan akhirnya lumpuh namun beliau bangkit dan mengukir prestasi menjadi atlet nasional.

Yups, Laura Aurelia Dinda salah satu sosok inspiratif Fun Talk Home Credit yang rutin diadakan di Intagram @homecredit setiap hari rabu malam. Buat kamu yang ingin tahu sosok inspiratif lainnya jangan lupa yes nonton IG Live nya , tak hanya mendapatkan inspirasi tapi juga ada bagi-bagi hadiah voucher belanja lho 😉








38 komentar

  1. Prinsip hidup Laura Aurelia Dinda luar biyasaaa ya Mbaa
    Terutama "be kind to others" ini sih kece banget, aselikk
    Sangat bisa ditiru oleh generasi jaman now

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget semoga kisah beliau bisa ditiru sama generasi muda lainnya.

      Hapus
  2. Keren ya, siapa sangka kalau menekuni olahraga bisa berhasil seperti sekarang dan menjadi atlet hebat. Dari prinsipnya, Dinda anak yang pandai memilah skala prioritas. Yang penting selalu berpikir positif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak anaknya tekun dan bisa mekilih skala prioritas hehe.

      Hapus
  3. Terima kasih sdh mengenalkan saya PD Laura dg 3 prinsipnya yang ok banget. Betul2 inspiratif dia ya..

    BalasHapus
  4. Masya Allah ya Laura Aurelia Dinda ini .. bijak. Semoga dirinya tetap berprestasi dan kuliahnya selesai dengan gemilang.

    BalasHapus
  5. Iya juga, nih. Kadang-kadang ada orang tua yang gak menyadari. Memaksa anak apalagi sampai membentak sebetulnya beda dengan memberi motivasi

    BalasHapus
  6. Ga sadar biasanya orang tua bukan mengarahkan anak, tapi menuntut anak, biar bisa jadi ini, biar bisa jadi itu... Disitu sebenarnya anak udah berontak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dan jni rimender buat kita para orang tua juga ya.

      Hapus
  7. iya bener, pandemi ini pukulan besar bgt, dan jadi pelajaran. Belajar dari orang lain apalagi yg inspiratif gini emang bikin semngat lgi ya ceu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ceu makin semangat klo melakukan hal positif salah satunya menyaksikan IG Live dengan narasumber inspiratif.

      Hapus
  8. bener banget mba, pandemi ini mengajarkan kita banyak hal, sampe banyak org kehilangan mata pencaharian, bahkan artis2 juga terdampak karena ga bisa syuting ya mbak

    BalasHapus
  9. Bener2 inspiratif sosok Laura ini mbak, bisa jadi contoh generasi muda saat ini. Tidak pantang menyerah dan selalu baik alias berbaik sangka kepada siapapun bisa jadi modal untuk tetap berjalan menggapai cita-cita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups sangat inspiratif banget sih semoga aja banyak generasi muda seperti beliau.

      Hapus
  10. Menarik sekali.
    Kisah inspiratif seorang atlet, Laura Aurelia Dinda.
    Tapi aku selalu berpikir bahwa ingin berprestasi di bidang yang ditekuni, tentu membutuhkan kerja keras yang "berbeda" dari orang pada umumnya.

    BalasHapus
  11. Latihan renang untuk jadi atlit memang lebih keras dan mostly pelatihnya tegas. Btw anak saya juga kangen les renang. Cuma sekarang ya masih harus sabar sabar dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus sabar yes soale masih corona huhu.

      Hapus
  12. Kalau di dunia atlet, udah kudu kebal sama kata-kata yang keras dari trainernya. Apalagi di bidang olga renang ya, pelatihnya pasti teriak-teriak dengan kekuatan desibel yang memecahkan kaca jendela. :)) Kebayang udah kuat mental kalau atlit tuh. Semangat terus ya Laura Aurelia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak keras banget yes didikannya kalau atlet.

      Hapus
  13. Inspiratif banget ya Laura, suka deh dengan motivasi ya agar kita bangkit dari keterpurukan

    BalasHapus
  14. Prinsip hidup Laura sama banget dengan saya:
    menahan mulut untuk tidak mudah menjudge orang lain, apalagi kalau mulutnya ember >.<

    BalasHapus
  15. Setuju, jangan malu jangan ragu buat minta bantuan sama orang lain kalau punya masalah. Jangan malah gengsi, yang dimintain bantuan jg jgan malah ngejudge. Eh kenapa saya jadi emosi ini hahaha...

    BalasHapus
  16. Menentukan prioritas ini penting banget emang ya, supaya lbh fokus menyelesaikan satu demi satu dan gak ambyar. Yg penting2 kudu diprioritaskan.
    Prinsip hidup ketiga baik sama semua org itu oke banget jg :D

    BalasHapus
  17. Jadi pelajaran buat aku supaya tidak membebani anak harus gini dan gitu
    Sebab aku yakin semua anak punya kelebihan tertentu
    Congratss Dinda

    BalasHapus
  18. Paling gak suka banget kalo di marahin orang tua terus pake kata2 kasar. Terus, mereka bilang ini semua demi kebaikan kamu. Emang secara gak langsung itu bikin mental breakdown banget sih, bukan ngasih motivasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu iya sih ya itu melukai hati anaknya.

      Hapus
  19. bener banget di poin "be kind to other" amat setuju ama ini. Kita pasti butuh sama orang lain. It's okey to share with oter karena manusia sama sama punya masalah. Kece abiss prinsip hidupnya

    BalasHapus
  20. orang yang punya kiat bgaus akan berhasil dan mneginspirasi orang lain

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉