Waktu Untuk Mama, Bentuk Apresiasi Diri Agar Lebih Bahagia









Waktu untuk Mama penting gak sih? 

Penting banget pastinya karena bagi saya waktu untuk mama itu sebagai apresiasi bagi diri kita sendiri yang selama ini berjuang , mengurus, merawat dan mendidik anak-anak kita maka dari itu penting banget bagi kita menyisihkan waktu untuk mama agar jiwa raga yang lelah dengan kondisi yang ada kembali fresh dan lebih bahagia menjalani hari. 


Yups, Time for Mama sangat dibutuhkan untuk kita para mama tak terkecuali Jennifer Bachdim beberapa hari lalu saya membaca postingan beliau di instagram dan saya setuju dengan potongan captionnya yang “ Being a mom is privilege and challenge at the same time” ya dimana peran seorang ibu dan juga seorang istri merasakan lelah, kewalahan menjalani perannya dan membutuhkan waktu untuk mama. Tersentuh, saat Jennifer melihat film pendek dari OVO Indonesia benar-benar mewakili perasaannya yang bisa kamu lihat video dibawah ini ya. 

          




Melihat video serta caption Jennifer yang related banget sama kehidupan mama saja jadi teringat percakapan beberapa hari lalu antara kakak dan adik yang membuat saya tersadar bahwa mereka sudah dewasa.

Ya, tak terasa mereka tumbuh dengan cepat , Shakila saat ini menginjak remaja dimana sudah kelas 1 SMP, Oh Tuhan ternyata sudah 13 tahun saya menyandang titel seorang ibu. Sejak menyandang titel seorang ibu adalah anugerah terbesar bagi saya, amazing dimana banyak sekali yang berubah pada diri saya tidak hanya fisik, pikiran dan emosi juga bisa dibilang berubah banyak.


Mungkin tidak hanya saya saja, seluruh ibu didunia pasti merasakan hal yang sama dan mengalami banyak perubahan yang alami. Naluri seorang ibu keluar begitu saja dimana selalu mementingkan anak, semua demi anak dan ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anak.




13 tahun lamanya menjadi seorang ibu dan 9 tahun menjadi orang tua tunggal sudah perjalanan yang luar biasa bagi saya. Kalau diingat dulu sejak lahir Shakila dan hingga kini semua saya yang merawat mereka tanpa asisten rumah tangga maupun baby sitter. Amazing banget memang gak menyangka bisa merawat mereka hingga kini. Shakila dan Kezia adalah anugerah , berkat sekaligus alasan saya hidup.


Jika mengingat kembali 6 tahun lalu hidup saya dalam merawat mereka butuh perjuangan lebih kerja keras lagi terutama dalam menjemput rezeki dimana pekerjaan apapun seperti tukang ojek, penyulam pita, jualan pulsa, jualan cemilan yang diantar ke warung-warung dll yang penting halal saya jalani demi mendapatkan uang. Ya itulah saya dulu dimana 24 jam sibuk mengurus anak dan juga harus mencari nafkah sampai lupa memikirkan diri sendiri makanya tak heran kalau dulu wajah maupun tubuh kurang terawat.


Alhamdulillah itu dulu, perlahan tapi pasti saat ini keuangan bisa dibilang jauh lebih baik, pekerjaan jauh lebih fleksibel meski freelancer tapi Alhamdulillah ya tidak harus setiap hari keluar rumah. Kondisi saat ini bisa dibilang jauh lebih baik saja, tapi namanya hidup pasti ada saja problematika dengan porsi yang berbeda.


Saya kini masih berjuang mencari nafkah untuk anak-anak seorang diri. As a single mom itu luar biasa banget memang di satu sisi harus kerja mencari nafkah dan di satu sisi harus ada banyak waktu untuk mereka mendampingi belajar.


Saat pandemi seperti ini ada plus minus-nya bagi saya dalam menjalani hidup, bersyukur karena bisa dibilang lebih banyak waktu bersama anak-anak karena mereka PJJ (Pelajaran Jarak Jauh) tapi di satu sisi stres juga dengan kondisi saat ini dimana pekerjaan belakangan ini tuh lebih berat sih karena bisa 12 jam lebih saya harus depan gadget dan kadang begadang sampai pagi, hal ini yang membuat saya lelah dan sedikit mengeluh ( manusiawi memang).


Jika sudah stres dan lelah gitu pastinya tidak konsen mengerjakan sesuatu, kalau sudah begitu yang saya lakukan adalah menyempatkan diri untuk Time for Mama sebagai bentuk apresiasi, tak bisa dipungkiri bahwa waktu untuk mama ini memang dampaknya sangat besar untuk kita dimana kita bisa lebih fresh dan lebih happy tentunya. Ada beberapa kegiatan yang biasa saya lakukan sebagai bentuk apresiasi atau rasa terima kasih kepada diri saya sendiri : 

  • Wisata Kuliner






Untuk mengatasi jenuh dan stres kadang saya suka makan entah itu ke resto langganan atau cafe baru yang suasananya bikin tenang dan harganya juga terjangkau pastinya. Biasanya hanya makan 1 porsi dan jus strawberry sudah cukup mengembalikan mood saya. Disana saya tidak hanya makan tapi juga kadang melamun dan rehat sejenak dari hiruk pikuk. Saat ini cafe-cafe maupun resto memiliki transaksi pembayaran dengan banyak pilihan salah satunya yang sering saya gunakan adalah OVO karena banyak cashback dan dapat poin juga hehe. 

  • Membaca buku




Bekerja berjam-jam depan gadget itu sangat melelahkan terutama mata karena melihat layar terus. Kalau sudah lelah dan buntu dengan ide saya pergi ke toko buku dekat rumah untuk membaca satu buku. Bacaan saya sih yang ringan-ringan saja entah komik, novel, bisnis atau mengenai blogging.

  • Perawatan




Untuk perawatan di klinik kecantikan saya lakukan jika ada uang lebih atau memanfaatkan voucher diskon hehe. Yups, perawatan wajah di klinik yang berlangsung satu sampai 2 jam ini tak hanya membuat kita lebih terasa lebih cantik tapi hormon stres juga hilang karena melakukan berbagai perawatan salah satunya totok wajah, nah itu kalau lagi ada uang banyak yes tapi kalau tidak ada uang saya juga biasa rutin perawatan di rumah seperti luluran, maskeran dan pijat pundak tipis-tipis dengan minyak aroma terapi.

  • Olahraga




Ketika stres melanda, sedih tidak merasa bahagia atau badan terasa lebih berat bisa lakukan olahraga. Yups saat ini meski tidak rutin saya lebih suka olahraga untuk mengatasi stres, selain membuat tubuh lebih bugar olahraga juga membuat kita lebih bahagia karena saat berolahraga karena tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurasi rasa sakit dan memberikan energi positif. Olahraga biasa saya lakukan di rumah namun lebih suka olahraga jalan santai ke luar rumah sih setidaknya saya bisa jalan sampai 5km. Agar lebih happy lagi saat sambil jalan saya selalu mendengarkan musik lewat aplikasi. 

  • Nonton drama Korea

Nah ini dia kegiatan yang sering saya lakukan jika tidak ada ide, jenuh atau butuh inspirasi saya menghibur diri dengan nonton drama Korea. Ceritanya yang bagus dan pemainnya juga ok sukses membuat pikiran saya lebih fresh lagi. Biasanya saya nonton serial romantic comedy dan fantasy sih hehe. 


Yups, itulah sebagian kegiatan yang dilakukan oleh saya saat saya merasakan lelah, jenuh mengurus anak maupun pekerjaan. Time for Mama itu penting banget agar energi positif kembali terkumpul, semangat dan kekuatan kita menjalani hari juga ada. Tubuh dan pikiran kita butuh apresiasi.


Untuk Mama di luar sana, berkeluh kesah, merasakan lelah mengurus segalanya, mungkin terlintas pikiran ingin stop ya gak papa itu manusiawi, kita manusia biasa yang memiliki perasaan dan emosi seperti itu. Jika sudah merasakan hal itu lakukanlah apa yang membuat Mama bahagia dan kembali bersemangat menjalani hari. Ingat ya ma, jika Ibu bahagia anak juga bahagia. Jangan lupa luangkan waktu untuk mama ya 😉





45 komentar

  1. Sehari aja waktu buat mama-mama melakukan kesukaannya ya. Pasti bisa menurunkan kadar stress dan berimbas baik buat keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak sehari atau beberapa jam saja juga bisa menurunkan kadar stress hehe.

      Hapus
  2. waktu untuk mama selonjoran sambil nonton sinetron 😊

    BalasHapus
  3. Kuliner emang ampuh sih mba Amel apalagi sekarang aku udah makin gemuk yang ga mau ngaku jadi merasa makan apa aja ah hayu yang penting happy syalala..alhamdulilah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah bener kwk yang penting happy ya kak.

      Hapus
  4. Mama berhak bahagia dan mengupayakan kebahagiaannya sendiri demi dirinya dan orang2 yang dicintainya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya nonton videonya membuat saya berpikir lagi bagaimana membangun hubungan dengan anak perempuanku. Daaan me time memang penting.

      Hapus
  5. TOS dulu kita mbaaakkk, pilihan me timenya hampir samaaaaa. Tapi aku yang paling sering kulineraaannn makan yang pedas pedas. Alhamdulillah, cuma begitu itu, happy banget jadinya. Seger gitu, mood langsung naik.

    BalasHapus
  6. Menonton drama korea me-time yang paling bikin hati bahagia kalo buat aku mbaak. Ama kulineran juga sih hehehe

    emang ibu tuh butuh banget me time yah mbaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah bener kak nonton drakpr emsng terbaikkk hehe.

      Hapus
  7. Me time tuh penting banget buat saya. Biasanya saya menghibur diri dengan menonton tv sambil ngopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh iya nih sambil ngopi lebih nikmat ya rasanya.

      Hapus
  8. Me time memang penting banget karena dengan memiliki me time seorang ibu akan lebih bahagia ya. Dan ibu yg bahagia akan melahirkan anak2 yg berbahagia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak Ibu bahagia keluarga juga bahagia.

      Hapus
  9. Iya saya juga gitu kalau lelah dan letih atau bosan larinya ke drama korea haha. Kalau nggak yang ke youtube nonton podcast atau main IG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu lah hehe nonton drwkor emang terbaik yes.

      Hapus
  10. I know exactly how important it is to have a break. I usually get my favorite books, work on my favorite contents and just simply relax

    BalasHapus
  11. Penting banget dong mama punya waktu sendiri supaya gak stres apalagi seharian ya sekarang sama keluarga trus. Amel tambah kincomng loh sekarang hehehe gagal fokus. Semangtat & sehat-sehat terus ya Amel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih banyak mba Lidya, semoga mba Lidya sehat dan bahagia selalu ya.

      Hapus
  12. wisata kuliner jadi salah satu pilihan me time ku gitu sih mba, kaya happy kalo nyicip menu baru rasanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak apalagi kuliner pedasss hehe.

      Hapus
  13. Waktunya bersama anak penting banget dilakukan ya. tapi kita juga sebagai ortu butuh waktu untuk sendiri. aktifitas yang amel lakukan saat me time asyik banget. meski list nonton drakor adalah yang terakhir, itu pasti sangat menarik banget utk dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya nih kak nonton drakor sih yang paling sering mah hehe.

      Hapus
  14. Sungguh penting me time ini. Bener-bener seger kalau abis melakukan aktivitas yang disukai dan langsung fresh lagi saat menghadapai anak-anak dan suami.
    Semoga mama bahagia selaluu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benr banget sangat penting agar kita tetap waras dan bahagia ya.

      Hapus
  15. Ini pas anak2 libur sekolah gak ada daring2 gini aku manfaatkan sebaik mungkin wkwkw
    Kalau aku netplikan adalah jalan ninjaku, oh ya bener kulineran juga memanfaatkan aplikasi, pokoknya gmn caranya gak stress :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wewww nonton movie di Neflix yes hehe boleh juga tuh.

      Hapus
  16. Mama juga harus bahagia ya mba, biar anak anak ikut bahagia. Hahaha apa yg kamu lakuin ini juga aku lakuin lho, semua biar kita ga stress dan makin happy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak Mama bahagia, anak juga bahagia 🤗

      Hapus
  17. Wajar sih ketika ada rasa lelah dan bosan melanda. Makanya harus inisiatif dari diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang bisa menyenangkan sekaligus menambah pengalaman hidup. Semangat terus ya Mom Amel, kamu mama yang luar biasa untuk anak-anakmu.

    BalasHapus
  18. Nonton Kdrama buatku gak masuk waktu untuk mama, secara Pewe suka ikutan nonton juga dan suka malu pas adegan sedih mau nangis kalau ada dia... hahaha. Tapi membaca dan jurnaling untuk saat ini jadi waktu terbaik untuk recharge energi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren euy membaca jurnaling buat recharge energinya.

      Hapus
  19. Time for Mama itu penting banget agar energi positif kembali terkumpul, semangat dan kekuatan kita menjalani hari
    Sepakaaatt banget dgn ini Mbaa
    Aku juga selalu alokasikan Time for Mama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, sesibuk apapun itu sisihkan waktu untuk mama ya.

      Hapus
  20. Sungguh penting waktu untuk mama demi menjaga kewarasan mendampingi anak-anak, apalagi jika ditambah mencari nafkah juga untk keluarga. Semangat ya Mom, semangat menjalani hari insya Allah lelah berbuah berkah di kemudian hari

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah Mel bisa sampai begadang berarti jobnya lancar Jaya yaaa. Sesekali nonton drakor ya gpp, aku juga nih lagi asyik nonton drakor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asikkk, lagi nonton drakor apa nih kak Leyla? Hehe.

      Hapus
  22. Me time emang perlu banget Mba Amel, apalagi buat para mama supaya tetap semangat menjalani hari dengan segudang kegiatannya. :)

    BalasHapus
  23. Keren banget lah kalau dengar cerita jatuh bangunnya sebagai ibu dari Mamah Amel. Semoga tetap dikuatkan dan semakin kuat ya untuk menyandang beban yang ke depannya aku yakin nggak semakin ringan. Biar bisa jadi teladan buat anak-anak juga bahwa Mama mereka hebat dan pantang menyerah.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉