Cara Membangun Self Love Agar Hidup Lebih Baik




Self Love is Journey, ya mencintai diri sendiri merupakan sebuah perjalan atau proses yang cukup panjang. Sekilas melihat 5 - 10 tahun kebelakang saya berada dititik insecure luar biasa, benar-benar minder dan tidak percaya diri sama sekali. Mantan pasangan saya membully fisik saya kala itu hingga membuat saya juga tidak mencintai diri saya sendiri. 


Kata-kata bully itu terus terngiang sehingga saya selalu membanding-bandingkan diri saya dengan orang lain. Saya tidak mencintai diri saya apa adanya. Fase ini berjalan sangat lama dan bahkan terkadang masih sampai saat ini namun kadarnya jauh lebih berkurang dari dulu. Sekarang Alhamdulillah, sudah bisa menerima diri sendiri segala kekurangan dan kelebihan. Namun namanya manusia yang kadang mood masih up and down, kalau lagi down pikiran negatif tentang menyalahkan diri itu masih saja ada. 


FWD Blogger Squad



Ya, sampai saat ini saya masih benar-benar sepenuhnya mengerti self love. Berbicara mengenai self love, Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar bersama FWD dengan narasumber Jennyfer M.Psi yang membahas banyak tentang Self Love.


Pengenalan diri sendiri itu butuh proses makanya self love is journey, seperti jika kita ingin mengenal seseorang itu butuh waktu yang lama juga nah ini sama halnya dengan mengenal diri kita sendiri apalagi kita termasuk orang yang banyak menilai orang lain dibandingkan diri sendiri makanya butuh yang waktu panjang. Untuk itu kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana sih caranya untuk self love?.



Cara Supaya Kita Self Love ada 3 poin utama supaya kita bisa self love : 


  • Belajar memaafkan diri kita sendiri 


Belajar memaafkan segala masalah kita baik itu yang baik atau buruk, baik itu masalah dengan orang lain atau diri kita sendiri. Kenapa? karena jika kita tidak bisa memaafkan diri kita sendiri bagaimana kita bisa berdamai dengan diri kita dan bagaimana bisa kita bisa mencintai diri kalau diri kita sebagai enemy atau musuh? makanya penting banget belajar memaafkan diri kita sendiri. Banyak orang yang terjebak dengan masa lalu, banyak yang merasa bersalah atas tindakan mereka makanya sulit untuk mencintai diri kita sendiri.


  • Self Compassion


Jika kita sayang sama orang pasti kita akan berbuat yang terbaik dengan orang tersebut, begitu pula dengan diri kita sendiri dimana kita harus punya compassion. 


  • Self Actualisation


Pada tahap ini yaitu kita harus mulai aware terhadap segala yang terjadi pada diri kita. Jadi bukan feeling saja tetapi harus aware terhadap pola pikir kita, tujuan kita apa, prinsip kita apa , pokoknya segala yang berhubungan dengan hidup kita sekarang ini. Kita harus tau kita orangnya itu seperti apa? mau kita apa? makanya mulai belajar mengenai diri kita sendiri.


Cara meningkatkan rasa percaya diri



How To  Boost Self Love : 


  • Forgive  Yourself, belajar memaafkan diri kita sendiri karena memaafkan sangat penting, supaya kita bisa lebih kuat.

  • Know Yourself, belajar mengenal diri kita sendiri. Tak kenal maka tak sayang makanya belajar untuk tahu kita itu orangnya kaya seperti apa?. Belajar mengenal diri kita maka kita akan sayang terhadap diri kita. Jangan terus menilai diri kita yang negatif terus dan jangan membandingkan diri kita dengan orang lain ya. Jadikan orang lain sebuah motivasi, so jangan sering menilai dan membandingkan diri kita dengan orang lain ya. 

  • Good Self care, kita harus memperhatikan diri kita juga jadi bukan hanya pikiran saja yang dikasih makan tetapi secara fisik kita harus perhatikan. Lakukan hal simpel seperti maskeran, memakan makanan yang sehat dan bergizi, punya asuransi juga boleh pokoknya pikirkan apa yang menurut kamu self care yang baik untuk tubuh kita. Harus balance antara yang kita pikirkan, kita rasakan dan raga kita.

  • Change Yourself Talk, kebanyakan  orang sering berpikiran gagal, atau tidak pantas pokoknya selalu berfikiran negatif. Nah hal seperti itu harus hati-hati self talk negatif. Kita harus seimbang self talk negatif dan self talk positive jadi harus netral. Yups karena jika kita self talk netral kita bisa menilai diri kita dengan sudut pandang yang lebih luas, lebih wise juga. 

  • Stop Comparing, belajar menghentikan kita membandingkan diri kita dengan orang lain karena tidak ada habisnya ujung-ujungnya kita akan capai sendiri dan merasa hidup kita sangat lelah dan tidak puas. Mau membandingkan boleh , cara membandingkan diri dengan dirimu sendiri, so dirimu yang dulu seperti apa dibandingkan dirimu saat ini. Apakah pernah belajar apresiasi sebuah pencapaian diri kamu dari yang dulu dibandingkan sekarang yang ternyata ada kemajuan. 

  • Set Boundaries, ya kita harus berhati-hati terhadap lingkungan misalnya yang toxic maka tetap be carefull jangan sampai mereka menggerogoti hidup kita pelan-pelan. So kita harus berfikir apakah worth it atau ga? .

  • Practise Mindfulness, bukan overthinking ya namun mindfulness itu cara supaya fokus pada detik ini. Yups, kadang kita mind travel kemasa lalu atau masa depan, ketika itu terjadi pikiran kita itu menjadi liar atau kemana-mana dan ujung-ujungnya stress sendiri karena banyak jawaban yang tidak bisa dapatkan yang berhubungan dengan masa depan. Cara mindfulness itu seperti ketika tidak ngapa-ngapain cukup duduk diam selama 5 menit exhale inhale berkali-kali ya atau meditasi. 

  • Power of Mind, kekuatan pikiran dimana apa yang kamu pikir kamu akan menarik apa yang kamu pikirkan jadi be carefull your mind jika kamu memikirkan hal negatif jadi lebih mudah sensitif dan mood kita jadi jelek. Lalu jika sudah begitu kadang kita selalu menyalahkan diri kita sendiri dan akan lebih sulit.



Yups, 8 pion diatas itu sepertinya mudah namun sebenarnya cukup sulit tapi jika rutin kita lakukan insya Allah Self Love kita akan meningkat yes. Jennifer juga memberikan note untuk kita semua agar bisa mencintai diri kita sendiri.


Cara Mencintai diri sendiri



Self Love merupakan perjalanan yang cukup panjang dan untuk mencapai itu semua tidak hanya memberikan perlindungan untuk pikiran kita tetapi fisical kita juga, ya harus seimbang. Dan untuk proteksi diri bisa juga dengan membeli sebuah asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga misalnya agar terlindungi saat menjalani passion. 


FWD Insurance memiliki banyak produk asuransi sesuai kebutuhan kita misalnya saja Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana dan Bebas Aksi. Oh ya saat ini ada kampanye undian berhadiah lho yang bertajuk #ProteksiOn Lucky Draw  gampang banget jadi dengan beli produk asuransi FWD yang termasuk dalam program dari 26 Juli-31 Desember 2021 dan raih kesempatan menang Grand Prize Mobil Toyota Raize, Sepeda Brompton, iPhone 12 Pro, exclusive Workshop/Class with Expert serta hadiah menarik lainnya!. Untuk info lengkapnya di fwd.co.id/proteksion! #ProteksiOn, Passion On!


1 komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉