Sistem Software ERP Manufaktur SystemEver Membantu Mengelola Sistem Pergudangan Lebih Efektif dan Efisien

 



"Duh antri banget nih di apotek"
"Udah ke beberapa apotek obat dan vitamin pada habis".

Ya, semenjak pandemi masyarakat banyak sekali yang lebih aware terhadap dirinya dan keluarga dimana mereka mencari berbagai vitamin untuk meningkatkan daya tahanuh. Tidak hanya vitamin saja obat-obatan pun banyak yang cari bahkan harga dari yang biasa bisa meningkat 3 sampai 5 kali lipat harganya. 

Yups, pertumbuhan bisnis farmasi berupa obat-obatan dan layanan kesehatan di Indonesia mengalami lesatan dalam satu tahun belakangan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), industri kimia, farmasi, dan obat tradisional di kuartal III 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 5,69% dibanding kuartal II 2020 lalu.

Sementara itu, menurut laporan yang dikeluarkan oleh MTPconnect & Asialink Business, pendapatan dari layanan kesehatan digital di Indonesia pada tahun 2022 diprediksi mencapai 973 juta dollar. Dengan raihan tersebut, tak ayal jika Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) menyebut bahwa Indonesia adalah negara dengan pasar obat-obatan terbesar di Asia Tenggara. Jumlah market value-nya diperkirakan mencapai Rp141,6 Miliar (USD 10,11 Miliar) hingga 2021.

Tak dipungkiri, pandemi covid-19 dan tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam meminimalisir penyebaran dan penularan Corona memberikan kontribusi besar bagi Indonesia menjadi pasar farmasi yang diperhitungkan di dunia.

Sejak itu, apotek dan toko obat (drugstore) menjadi sektor kritikal yang kerap dicari masyarakat. Keterbatasan interaksi langsung di masa pandemi tentu akan sangat menyulitkan untuk menjangkau konsumen secara tepat. Seperti saya sendiri, sebelum terkonfirmasi covid -19 saya membeli aneka vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan di apotek dan tahu ga sih disana itu antri mengular, sampai jalan. 

Semua apotek membatasi pembeli di dalam tokonya jadi hanya sekitar 6 orang pembeli yang ada di dalam. Sesungguhnya dengan mengantri ini sangat melelahkan dan membuang waktu, belum lagi waktu itu sedang hujan jadi mau tidak mau kami yang antri terkena hujan juga.  Untuk mengatasi hal ini, salah satunya adalah bekerjasama dengan platform digital yang sudah ada. Baik konsultasi dokter online, transportasi online maupun e-commerce.


Transformasi digital sudah menjadi keniscayaan di era kenormalan baru. Jika apotek, toko obat dan alat kesehatan tidak segera melakukan transformasi digital, bukan hanya ditinggal konsumen yang saat ini membutuhkan respon cepat dan tepat, pertumbuhan bisnis pun akan terganggu. Selain itu, dengan transformasi digital para pelaku bisnis dapat dengan mudah melakukan bisnis konsinya. Ya, ini termasuk  strategi perencanaan produksi manufaktur perusahaan yang kompetitif agar dapat bersaing dan tidak ditinggalkan konsumen.

Sebagai perusahaan teknologi terkemuka asal Korea Selatan, Younglimwon Softlab menghadirkan SystemEver Indonesia untuk membantu pelaku bisnis yang ingin melakukan lompatan bisnis yang lebih besar dan bersaing di pasar global melalui penerapan manajemen berbasis  sistem cloud ERP  (Enterprise Resource Planning). Sistem ERP terbukti mampu menyederhanakan operasional, meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran industri manufaktur.

Apa sih ERP? 




ERP adalah sistem dan software yang dirancang oleh SystemEver untuk perusahaan industri manufaktur (manajemen pabrik-i7 series) untuk mengelola seluruh kegiatan manajemen secara komprehensif dan terintegrasi, mulai dari pengelolaan keuangan- akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, ekspor-impor dan lain-lain.

Systemever i7 sistem cloud terintegrasi untuk mengelola proses manufaktur yang terintegrasi & Real-time, Pengelolaan MPS (Master Production Schedule /Jadwal Produksi Induk) & BOM (Bill of Material) menjadi mudah dan Mengurangi pekerjaan rutin membosankan.


Lantas bagaimana mendapatkan layanan ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan?

Sistem ERP ini dapat memfasilitasi perusahaan manufaktur dengan informasi yang akurat dan real-time sehingga nantinya akan membuat keputusan bisnis yang baik didasarkan atas data yang didapatkan jadi pelaku usaha tidak perlu khawatir. SystemEver Indonesia siap membantu pelaku usaha melakukan mapping kebutuhan bisnis dan menyusun strategi yang tepat untuk melesat. Sejak 2017, SystemEver telah melayani sejumlah perusahaan multinasional, khususnya pada sektor distribusi, perdagangan dan manufaktur.

Komputerisasi manajemen ERP yang diadopsi dari perusahaan terkemuka di Korea dan diadaptasikan di Indonesia inilah yang menjadikan SystemEver memiliki keunggulan. SystemEver merancang sistem pengelolaan persediaan barang yang lengkap serta mampu mencatat transaksi mulai dari pembelian, penjualan, konsinyasi, pengelolaan stok, laba dan rugi secara real time.

Selain itu, SystemEver juga memiliki program yang mempermudah manajemen keuangan di perusahaan, seperti mencetak invoice, menghitung penyusutan serta menghasilkan laporan dan grafik analisis keuangan usaha secara komprehensif. Dengan demikian, lonjakan permintaan akan obat, suplemen dan alat kesehatan selama pandemi bisa teratasi.

Pelaku usaha toko obat dan apotek pun dapat mengetahui langkah-langkah bisnis apa saja yang mesti dilakukan kedepannya, bahkan membuat keputusan bisnis yang lebih cepat. Adanya sistem yang saling terintegrasi dari satu divisi ke divisi lain juga membuat data yang diolah menjadi lebih akurat. Tentu kesalahan yang terjadi karena missed management dapat diminimalisasi karena monitoring yang terpantau maksimal. SystemEver dapat digunakan dimana saja dan kapan saja baik dari PC/Desktop, tablet maupun smartphone

Yang menarik lainnya, Systemever memiliki fitur khusus bernama Visual-K Process Map yang menyuguhkan pemetaan kertas kerja secara visual yang terlihat lebih simple dan mudah digunakan. Melalui fitur tersebut, mempermudah manajemen perusahaan melakukan rutinitas pekerjaannya (daily task), mengekspor data berdasarkan kebutuhan dan memantau perkembangan project yang tengah berjalan.

“Indonesia adalah negara dengan pasar obat-obatan terbesar di Asia Tenggara. Hadirnya Systemever diharapkan mampu melesatkan potensi bisnis toko obat, apotek dan alat kesehatan di Indonesia, terutama dengan sistem konsinyasi agar dapat lebih berkembang dan terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” papar Representative SystemEver Indonesia, Charles Kwon

Dengan produk SystemEver Trading & Distribution (manajemen penjualan/perdagangan dan distribusi) dan SystemEver Manufacture ERP (manajemen pabrik), Systemever telah membantu berbagai sektor bisnis dalam menciptakan ekosistem transformasi digital yang mendukung khususnya pada masa pandemi.

Yups, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau software erp manufaktur  ini juga sangat banyak memiliki manfaat bagi industri manufaktur.

Manfaat Sistem ERP 


  • Penyimpanan Data yang Aman

Penyimpanan data industri dengan bentuk kertas sangatlah tidak aman, tidak efisien dan membuang-buang anggaran. Kertas selain mudah rusak juga mudah hilang. Begitu pun jika Anda menyimpannya dengan menggunakan flash disk atau hard disk, tidak ada yang bisa menjamin keamanan data di dalamnya, terlebih jika banyak orang yang dapat menggunakannya. Penerapan sistem ERP pada industri manufaktur, membuat perusahaan dapat memberikan akses untuk karyawan yang memang bekerja untuk mengelola data di mana saja dan kapan saja.

  • Pengelolaan Inventaris secara Keseluruhan

Penggunaan sistem ERP dalam industri manufaktur juga membuat perusahaan dapat memantau stok persediaan barang. Sehingga perusahaan dapat melihat produk mana yang menjadi banyak target pasar dan mana yang kurang diminati pasar.

  • Penyediaan Laporan Lengkap dan Akurat

Sistem ERP juga membuat industri manufaktur mendapat data lengkap tentang karyawannya. Bagaimana pekerjaan mereka, produktivitas, efektivitas serta efisiensi dari setiap kinerja karyawan di perusahaan manufaktur itu sendiri.




Yups, sudah saatnya para pelaku usaha menggunakan software ERP Manufaktur untuk mengembangkan perusahaannya kara kalau dilihat banyak sekali keuntungannya jika menggunakan software ERP Manufaktur.

Ada banyak perusahaan yang menggunakan SystemEver salah satunya adalah Jung Saem Mool brand kecantikan ternama asal Korea Selatan. Sebagai satu brand ternama, Jung Saem Mool memiliki kebutuhan untuk mesalah ngintegrasikan proses penjualan, ketersediaan barang, capital flow, hingga Analisa data yang dapat membantu karyawan bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien. 


Brand ternama ini tentunya memiliki alasan kenapa menggunakan SytemEver. Menurut Mr. Kwon Ki-deok (SCM Team Leader) “SystemEver memudahkan karyawan dalam mengoperasikannya, karena memiliki excel interface. SystemEver memiliki cost structure yang transparan dan jelas. Sehingga cost analysis data menjadi lebih akurat dan membantu manajemen dalam menentukan keputusan.”

Saat ini system yang oke dan fungsional memang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha, makadari itu sebagai pelaku usaha kita harus pintar-pintar memilih software seperti Sotware ERP Manufaktur membantu bisnis  yang sedang tumbuh dan berkembang menjadi lebih berkinerja dengan sistem informasi manajemen yang akurat dan realtime.

Kapan pun dan dimana pun, kita tetap dapat membuat keputusan bisnis terbaik. SystemEver Indonesia siap menjadi mitra bisnis yang terpercaya dan  membantu mengelola bisnis #jadimudah https://systemever.co.id/id/join-partner . So, tunggu apa lagi yuk gunakan Software ERP !.

26 komentar

  1. kalau masalah pergudangan, memang kudu punya sistem yang baik ya mba. sebisa mungkin kudu yang bisa bikin pekerjaan dan anggaran lebih efisien.. biar menghemat banyak hal dan stok barang tetap terdata akurat

    BalasHapus
  2. Nah iya nih, kalau system pengoperasiannya mudah akan menunjang untuk analisis data secara akurat ya mbak.

    BalasHapus
  3. bener banget mba, kalau sistem pengoperasiannya mudah dan tersusun rapi maka analisis data akan lebih akurat ya

    BalasHapus
  4. kalau sudah terintegrasi dengan system artinya makin lebih mudah ngatur segala macam pekerjaan termasuk yang ribet. Gak kebayang klo masih manual, ampunnn ngabisin waktu

    BalasHapus
  5. Urusan pergudangan memang gak bisa dianggap remeh. Biar tau usia produk dan kapan harus melakukan repeat order. Bagus juga kalau ada sistem yang bisa membantu

    BalasHapus
  6. Menarik banget ini mba.
    Karena memang teknologi semacam ini selalu dibutuhkan, ya.

    Apalagi sistem ERP ini dapat memfasilitasi perusahaan manufaktur dengan informasi yang akurat dan real-time sehingga nantinya akan membuat keputusan bisnis yang baik didasarkan atas data yang didapatkan

    BalasHapus
  7. Sangat membantu banget sistem ERP ini dalam pendataan di perusahaan manufaktur yang itemnya banyak. Kita bisa membaca laporan secara lengkap mulai dari inventory, pembelian, yang sudah diproduksi. Semoga teknologi ini dimanfaatkan oleh yang punya usaha.

    BalasHapus
  8. Ah ini niih..mengulik ttg ERP, hal yg ditanyakan sahabatku yg baru mulai usaha..kuinfokan post ini saja.. terima kasih ya mba..

    BalasHapus
  9. Kalau sdh tersistem sangat mudah utk mengontrol barang, apalgi stock digudang itu sangat penting sekali utk dicontrol apakah stock ready atau lagi kosong.

    BalasHapus
  10. Sebenernya dengan memanfaatkan teknologi seperti software ERP Manufaktur bisa mempercepat kinerja dan menjadi lebih terstruktur dengan baik dalam hal apapun yaa.. Memudahkan sekali.

    BalasHapus
  11. Dengan software ERP Manufaktur membantu perusahaan jadi lebih efisien dan efektif ya. Keren banget. Kemajuan teknologi bikin hidup lebih mudah

    BalasHapus
  12. Wah ini cocok utk dunia usaha supaya lebih rapi lagi utk mendata stok di gudang maupun yang terpajang di etalase ya mbak?
    Dan gak cuma rapi tapi kemananan juga penting ya biar data gak bocor.
    Software seperti ini bisa jd pilihan, makasih infonya :D

    BalasHapus
  13. Penting banget buat yang punya bisnis dan perlu data barang di gudang dengan detail.

    BalasHapus
  14. Harus mulai pada punya ERP nih ya kak kalau usaha perdagangan biar bisa dipantau dengan mudah dan gampang. Keren sekarang nih. Makasih mba Amel sharingnya

    BalasHapus
  15. Dari sini aku belajar tentang penyimpanan data nih. Jadi kalau nanti buka bisnis dan punya gudang udah tau mau ngadu ke mana. Hihi

    BalasHapus
  16. Sistem ERP ini membantu sekali, ya, untuk membuat pendataan di perusahaan manufaktur yang itemnya banyak. Semua laporan bisa didokumentasikan secara lengkap mulai dari inventory, pembelian, yang sudah diproduksi dan lainnya.
    Semua jadi serba praktis dan aman tentunya.

    BalasHapus
  17. Sebagai pemilik bisnis oenting banget nih menggunakan system ERP SystemEver Indonesia. Karena mampu membantu pebisnis melakukan mapping kebutuhan bisnis dan menyusun strategi yang tepat. Agar bisnisnya bisa lebih berkembang.

    BalasHapus
  18. wuih mantap nih systemever, aplikasi ERP ini membantu bgt dlm memudahkan proses bisnis perusahaan

    BalasHapus
  19. Hehe iya kalau bentuk kertas kadang sobek, kadang ketlisur, dah gtu kadang lupa gk ada salinannya :D
    Dengan bantuan sistem seperti ini akan lebih mudah untuk mengetahui data stok produk gitu ya mbak? Lbh aman juga :D

    BalasHapus
  20. Pernah kerja di bagian cek stok bikin sistem ini sangat penting dan dibutuhkan. Soalnya produk digudang itu kan banyak dan bejibun jadi wajib nih perusahaan pake ERP

    BalasHapus
  21. ini akan memudahkan analisa data ya, karena sistemnya rapi dan tertata apik. Tapi apalagi buat data keluar masuknya barang di gudang ya, aku pernah kerja begitu manual bikin stres

    BalasHapus
  22. Oooh SystemEver ini dari luar negeri toh
    wuah keren ya bisa masuk ke pangsa pasar Indonesia
    bikin manufaktur di Indonesia lebih tersusun rapi, terencana dengan baik, dan komprehensif

    BalasHapus
  23. Saya menghabiskan banyak waktu dengan bekerja di gudang mebel saat masih sekolah SMA sampai anak berusia SD. Dengan peningkatan jenjang, tentunya, karena menjadi lulusan sarjana bahasa Perancis.
    Tahu banget kalau pengelolaan gudang itu sangat melelahkan. Software seperti ini harus dimiliki kalau mau menyederhanakan kerja (dan bisa mengurangi jumlah pegawai).

    BalasHapus
  24. Bagus sekali..
    Dengan sistem digitalisasi seperti software erp manufaktur, bisa menghemat waktu sekaligus SDM yang ada. Dan harapannya, lebih produktif dan lebih teratur untuk data-data yang ada.

    BalasHapus
  25. Memang benar, semua lini terutama perindustrian perdagangan membutuhkan sebuah teknologi yang memudahkan dalam hal pergudangan. kalo masih manual akan memakan waktu, tenaga dan pikiran.

    BalasHapus
  26. Meski awalnya didesain untuk apotek dan toko obat tapi software ini bisa digunakan di semua sektor. Tapi memang sih, pandemi ini membuat geliat usaha di bidang kesehatan sangat kuat.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉