Jurus Diplomasi Gandi Sulistiyanto Sebagai Duta Besar RI Untuk Korea Selatan

 


Korea Selatan, salah satu destinasi impian saya yang sampai saat ini belum tercapai dan semoga dalam waktu dekat bisa ke sana bersama keluarga, Aamiin. Semenjak kenal drama Korea keinginan saya untuk berkunjung ke sana makin menjadi. Ada banyak alasan kenapa saya jatuh cinta dengan Korea Selatan. Drama yang mereka tampilkan itu luar biasa banget mulai dari alur ceritanya, settingan tempat dan para pemainnya yang good looking bisa menjadi mood booster tersendiri. 


Tidak hanya drama percintaan saja saya juga suka sekali drama kolosal mereka karena budaya mereka benar-benar unik menurut saya. Saat ini tidak bisa dipungkiri artis K-POP, pemain drama sudah mendunia terkenal dan menjadi idola. Tidak hanya di bidang entertainment saja bahkan fashion dan skincare asal Korea pun saat ini banyak sekali digandrungi termasuk saya sendiri pengguna skincare negeri ginseng tersebut. 


Menurut saya dunia entertainment Korea Selatan bisa bisa menjadi contoh untuk negara kita, bahkan saya pernah baca kalau K-POP saja jadi pencetak uang untuk Korea Selatan, keren banget bukan?. Sekilas tentang Korea dan aku baru tau juga nih kalau ternyata hubungan diplomatik Korea Selatan dan Indonesia itu ternyata sudah lama terjalin lho yaitu semenjak masa awal pemerintahan Orde Baru tahun 1966 dan hingga saat ini masih terjalin baik. 




Beberapa waktu lalu juga baru saja pelantikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea yaitu Gandi Sulistiyanto atau akrab disapa Pak Sulis. Ya, tepat tanggal 17 November pak Sulis dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo. 


Bagi pebisnis nama pak Sulis ini mungkin tidak asing lagi karena beliau adalah seorang profesional bisnis yang mudah menjalani karir selama 39 tahun. Dan kalau lihat dari biografinya beliau ini menurut saya salah satu sosok yang menginspirasi. Beliau merintis kariernya dari nol. 


Awal bekerja di Astra dan tidak hanya itu saja segala jenis pekerjaan beliau lakoni lho mulai dari mengangkut sparepart otomotif hingga berhasil menjadi Marketing Manager. Ini adalah sebagian kecil kisah beliau dan kalah lihat sepakat terjangnya memang pantas beliau menjadi Dubes RI untuk Republik Korea Selatan. 


Kalau dilihat saat ini produk-produk asal Korea Selatan menjamur di Indonesia mulai dari fashion, skincare, makanan, manufaktur dan lainnya. Melihat hal ini saya berharap juga bahwa produk-produk hasil karya Indonesia juga menjamur disana dan ini juga merupakan pekerjaan besar untuk pak Sulis. 


Kalau dilihat dari jurus diplomasi pak Sulis saya yakin juga nih kalau produk-produk Indonesia juga akan banyak di Korea Selatan. Pak Sulis memiliki 3 jurus diplomasi sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan. 



Ekonomi Kreatif 

  • Optimalisasi Indonesian Trade Promotion Center 
  • Mengajak Korea berpartisipasi dalam proyek - proyek infrastruktur di Indonesia, salah satunya melalui Indonesia Sovereign Wealth Fund. 
  • Ratifikasi Comprehensive economic partnership agreement segera ditanda tangani 
  • Meningkatkan forum bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan serta dialog tingkat tinggi mengenai kebijakan ekonomi dan pembangunan. 
  • Meningkatkan kerjasama pengusaha-pengusaha muda dari 2 negara. 
  • Membina para pelaku usaha di Indonesia dan pendampingan terhadap UMKM. 
  • Memfasilitasi akses pendanaan perbankan kepada produsen barang di Indonesia untuk di export ke Korea Selatan. 
  • UMKM Indonesia masuk dalam ekosistem supply cain perusahaan besar Korea yang berinvestasi di Indonesia. 
Kebudayaan 
  • Pertukaran misi budaya secara berkala dengan melibatkan institusi senin budaya 
  • Kerjasama Perguruan tinggi dan berbagai lembaga dalam pengajaran bahasa dan kebudayaan serta riset dan sejarah diplomasi antara Indonesia dan Korea
  • Proyek senin antar Seniman muda
  • Pertukaran siswa SD dan menengah serta guru Indonesia dan Korea
Green energi 

  • Investasi dari perusahaan otomotif yang memproduksi elektrik Vehicle di Indonesia. 
  • Menjalin kerjasama dengan perusahaan - perusahaan biomedical serta alat kesehatan 
  • Mendorong penerapan green Ekonomi secara bertahap seperti negara Korea
  • Melibatkan pemerintah dan swasta dalam riset seputar bioteknologi, bioinformatic, information and Communications technology ( ICT) hingga energi nano teknologi. 


Keren banget ya jurus diplomasi pak Sulis dan sebagai warga negara Indonesia saya berharap bahwa semua jurus atau visi misi pak Sulis sebagai Dubes RI untuk Republik Korea bisa terwujud dan berjalan lancar. Semoga juga hubungan bilateral Indonesia dan Korea Selatan terus berlanjut sampai kapanpun ya. 

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉