Jenis-Jenis Mesin Cuci





"Ma, bajunya belum kering jadi jangan diangkat dulu? ", drama musim hujan saat ini dimana cucian belum kering sempurna atau masih sedikit lembab dan dingin gitu. Ini semua mungkin bukan karena rumah kami yang kurang panas sinar matahari ya tapi kalau dipikir - pikir apa karena mesin cuci kami yang kurang mumpuni dalam mengeringkan pakaian. 


Yup, beruntungnya saya dari kecil memanfaatkan mesin cuci untuk membersihkan pakaian beda halnya kalau saya pulang kampung dimana masih banyak yang mencuci manual atau pakai tangan di sungai makanya saya termasuk orang yang beruntung mengenal mesin cuci. 


Mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya. Mesin cuci ini tentunya sangat membantu kita banget ya karena bisa dibayangkan kalau tidak pakai mesin cuci, waktu dan tenaga kita habis hanya untuk sekedar mencuci pakai tangan huhuhu. 


Tapi kalian tau gak sih jenis-jenis mesin cuci ini? Hmm.. Okelah aku kasih tau dan yuk mari mengenal jenis-jenis mesin cuci yang sudah banyak dipasaran. 



Jenis-jenis Mesin Cuci 


  • Mesin Cuci Dua Tabung 


Nah ini dia mesin cuci yang saya miliki saat ini. Saya sendiri bersyukur memiliki mesin cuci namun untuk kualitas dalam mengeringkan dan kepraktisan nya kurang. 


Jadi mesin cuci ini memiliki 2 tabung dengan masing-masing fungsi. Tabung yang 1 untuk mencuci dan tabung satunya lagi untuk mengeringkan. Mencuci dengan mesin cuci ini juga sedikit memakan waktu dan tenaga sih karena setelah selesai tabung mencuci berhenti kita harus buang air bekas cucian tadi kemudian ganti air baru untuk di rendam pakai pewangi pakaian. Setelah direndam dan diputar sebentar kemudian pakaian di tabung yang tadi dimasukan ke mesin pengering untuk mengeringkan cucian. 



Hmm.. Kurang praktis sih namun harga mesin dia tabung ini lebih murah dari jenis mesin cuci lainnya. 




  • Mesin Cuci Front Loading



Mesin Cuci Front Loading adalah mesin cuci yang memiliki 1 tabung yang didesain secara horizontal dengan arah putaran yang vertikal. Mesin cuci ini akan mencuci pakaian secara otomatis mulai dari pengisian air, pencucian hingga pemerasan cucian. 



Mesin cuci ini adalah mesin cuci impian yang sampai saat ini masih belum tercapai. Yups saya naksir banget sama mesin cuci Front Loading AQUA Japan yang satu ini. Ada banyak alasan kenapa saya ingin sekali memilikinya. 



Mesin cuci ini memiliki tabung lebih besar sehingga kapasitas lebih besar dan cocok untuk keluarga saya. Tabung gas yang besar juga memudahkan saya memasukan serta mengeluarkan pakaian dan yang terpenting bed cover juga bisa dicuci pakai mesin cuci ini jadi tidak perlu laundry. Mesin cuci Front loading AQUA Japan ini juga terdapat teknologi Anti Bacteria Treatment ABT dimana perawatan anti bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman yang diuji oleh VDE, memungkinkan laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari. 



Yang terpenting adalah mesin cuci ini mampu mengeringkan pakaian maksimal jadi tidak perlu khawatir pakaian akan lembab jika musim hujan saat ini. Eitss, saya memilih ini karena pastinya sangat praktis yes jadi kita bisa tinggal saja selama mencuci dan tidak perlu memindahkan dari mesin yang satu ke mesin pengering seperti mesin cuci 2 tabung. 


  • Mesin Cuci Top Loading


Jenis mesin cuci selanjutnya yaitu mesin cuci top loading sama seperti mesin cuci Front loading yang memiliki satu tabung. Mesin cuci ini merupakan perkembangan dari mesin cuci 2 tabung meskipun bentuknya vertikal namun ada pengurangan dari jumlah tabung. 


Mesin cuci ini terdapat 1 tabung yang berfungsi untuk mencuci sekaligus mengeringkan cucian di tabung yang sama. Kelebihan dari mesin cuci ini yaitu daya listrik nya bisa dibilang cukup rendah. Mesin cuci inj juga sangat praktis yes jadi tidak perlu memindahkan pakaian dari tabung mencuci ke tabung pengering nya. Namun memang mesin ini bisa dibilang cukup boros air. 




Yups itu tadi adalah jenis-jenis mesin cuci yang kini sudah banyak dipasaran. Menurut saya ada harga ada kualitas dan pilih sesuai kebutuhan kalian. Dan jujur saja sebagai ibu rumah tangga sekaligus sebagai pekerja saya memimpikan mesin cuci yang praktis dan efisien karena itu yang dibutuhkan saya saat ini. Doakan juga ya semoga dalam waktu dekat saya memiliki mesin cuci impian saya yaitu Mesin Cuci Front Loading AQUA Japan 😍






Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉