Layanan KAI Commuter Selama Masa Natal dan Tahun Baru

 



"Ma, aku dah libur lho mulai senin, dan masuk nanti Januari, jadi kita liburan kemana ma?", Tanya Kezia sambil merajuk. Ya, liburan anak sekolah juga Nataru (Natal dan Tahun Baru ) sudah didepan mata namun sepertinya liburan kali ini sama seperti tahun lalu, di rumah aja atau ya gimana nanti deh ya kadang suka dadakn juga kalau liburan. Namun melihat kondisi yang masih seperti ini jadi agak galau juga. 


Kalau liburan memang kita sih gak yang jauh-jauh banget, masih sekitaran Jakarta aja paling ke Ancol atau Dufan hehe. Setiap kesana juga pasti naik Commuterline karena salah satu transportasi praktis, efektif, murah meriah dan bebas macet juga. Kalau ada pekerjaan di sekitar Jakarta dan dekat dengan stasiun saya lebih memilih naik Commuterline juga sih dan memang untuk berpergian sama anak itu sekarang gak pernah karena Kezia sampai saat ini masih belum vaksin jadi tidak boleh naik kereta juga yes. 


Yups,selama pandemi ini KAI Commuter memang agak ketat peraturannya salah satunya adalah yang boleh naik kereta itu harus yang sudah di vaksin. Lalu bagaimana sih layanan Natal dan Tahun Baru kali ini apakah sama dengan sebelumnya atau ada aturan lainnya? nah Alhamdulillah pertanyaan ini terjawab sudah saat saya mengikuti gathering pada tanggal 17 Desember 2021 lalu. 



Pada acara gathering tersebut hadir pula Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Masa layanan Nataru 2021 kali ini KAI Commuter bersiap siaga demi kelancaran tahunan. KAI Commuter tetap melakukan upaya untuk mendukung pemerintah mengendalikan pandemi covid-19 dengan tetap melayani kebutuhan masyarakat yang hendak menggunakan KRL.


KAI Commuter sudah melakukan layanan Posko Angkutan Nataru untuk tahun ini untuk jarak jauh maupun commuterline jadi KAI tidak melakukan perubahan rekayasa pengoperasian natal dan tahun baru karena yang pertama saat ini masih menjalankan kapasitas dibawah 50% kemudian terjadi peningkatan volume penumpang yang sebelumnya ketika PPKM bersyarat dengan surat dibawah 200 ribu penumpang tetapi ketika ada pelonggaran bahwa jika sudah vaksin volume penumpang beranjak naik dan sekarang menjadi 500 ribu penumpang.


Potensi yang bisa dilihat dari Nataru tahun ini adalah ketika vaksin ini nanti sudah mulai di usia 6-12 tahun. Dan syarat mereka yang sudah vaksin bisa untuk naik kereta , karena sudah ada aturan usia yang sudah divaksin maka potensi meningkatnya volume penumpang di dalam perjalanan khususnya KRL jabodetabek.


Layanan KAI Commuter Masa Natal dan Tahun Baru 


Sesuai arahan dari pemerintah Pusat merujuk Addendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid -19 Nomor 24 Tahun 2021 tanggal 11 Desember  2021 tentang pengaturan aktivitad dan mobilitas masyarakat selama periode Nataru 2021/2022. KAI Commuter akan melakukan sejumlah penyesuaian layanan operasional KRL Commuter Line Jabodetabek apda masa Angkutan Nataru ini tetap akan beroimulai pukul 04:00 WIB - 22:00 WIB. KAI Commuter juga tetap mengoperasikan KRL Jabodetabek sebanyak 1.005 perjalanan setiap harinya dengan total 94 rangkaian KRL. 


Lalu pada malam tahun baru nanti KAI Commuter tetap mengoperasikan perjalanan KRL sampai pukul 22:00 WIB dan tidak mengoperasikan kereta tambahan malam tahun baru seperti tahun lalu, so buat kamu yang ingin malam tahun baru inget nih jalau KRL hanya sampai jam 22:00 WIB ya. Kenapa begitu? Karena KAI Commuter itu sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan tentunya sejalan dengan aturan pemerintah sebagai upaya menghambat penyebaran virus covid-19. 


Untuk memberikan rasa aman pengguna KRL selama masa angkutan Nataru 2021/2022 KAI Commuter menyiapkan sebanyak 3.883 personel pengamanan. KAI Commuter juga bekerjasama dengan pengamanan eksternal dari TNI/Polri juga lho. 


Perlu kamu ketahui bahwa KAI Commuter selalu menjalankan aturan dari pemerintah pusat dalam mengendalikan pandemi covid -19 dan berikut langkah-langkah KAI Commuter berperan dalam penanganan pandemi : 

  • Menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengguna masker ganda. 
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL
  • Menjaga jarak
  • Pengguna KRL wajib menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik atau digital ataupun memindai Kode QR lewat aplikasi peduli lindungi. 
  • Pengecekan suhu juga dilakukan kepada setiap calon penumpang. 
Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI Commuter


"Kami mengajak pengguna jasa KRL tidak lengah dengan protokol kesehatan  pada saat melakukan mobilitas dalam merayakan Natal dan Tahun Baru. Tetap disiplin menjalani prokes yang ketat, utamakan keselamatan, gunakan double masker dan patuhi marka jaga jarak,. Minimalkan transaksi tunai dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dan patuhi tata tertib di stasiun maupun KRL" Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI Commuter. 


Yups, sejatinya kita semua memiliki peran untuk membantu dalam pengendalian covid -19 ini. KAI Commuter sudah melaksanakan sesuai perintah dan tugasnya nah kita calon pengguna juga harus patuh pada aturan yang berlaku. Untuk calon penumpang pengguna KRL juga sebaiknya merencanakan perjalanan dengan mencari tahu syarat naik KRL, jadwal perjalanan dan informasi kondisi kepadatan di Stasiun. So, buat kamu yang ingin menggunakan KRL masa Nataru tetap prokes ketat dan patuhi peraturan yang ada yes agar kita semua sehat dan selamat selama perjalanan. 



Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉