Tips Staycation yang Nyaman dan Aman



Libur telah tiba... Libur telat tiba... Hore... Horee  Horee. 


Libur anak sekolah dan Nataru (Natal dan Tahun Baru) sudah di depan mata sudah saatnya quality time bersama keluarga. Ada banyak cara untuk mengisi waktu libur, karena saat ini masih pandemi kita harus tetap waspada ya dimanapun kita berada tetap melakukan prokes ( protokol kesehatan) . Untuk mengisi waktu libur kita bisa vacation ke berbagai tempat alias jalan-jalan atau bisa juga nih staycation. 


Istilah staycation tentu sudah tidak asing ditelinga. Staycation sendiri berasal dari kata stay yang berarti tetap dan cation atau vacation yang berarti liburan.

Jadi staycation merupakan kegiatan liburan yang dilakukan di rumah atau dekat dengan rumah, yang berarti kita tidak pergi keluar kota ataupun luar negeri. staycation adalah jenis liburan yang mementingkan kesenangan diri sendiri atau ‘me time’.

Biasanya orang – orang akan menetap di hotel ataupun villa yang tidak jauh dari rumah hanya untuk mencari suasana baru dan berekreasi.

Di Indonesia sendiri, staycation dilakukan dengan cara menetap di hotel atau penginapan lainnya yang masih berada di sekitaran kota tempat tinggal, sebagai contoh staycation di Jakarta yang hanya menetap di tempat penginapan tanpa perlu keluar ke tempat lainnya lagi untuk berlibur.

Saat mendengar kata liburan, mungkin yang terlintas dipikiran kalian adalah piknik di pantai, berkunjung ke tempat hiburan, membawa barang – barang yang banyak dan terkesan ribet.

Namun, staycation berbeda, kita tidak perlu membawa barang – barang yang banyak,tidak perlu menunggu pesawat, dan yang pasti tidak akan terjebak macet.

Karena ketika staycation, kita hanya perlu berpergian di dekat rumah saja, ke tempat rekreasi yang ada di dekat rumah, yang biasanya hanya memakan waktu sehari dari rumah.

Staycation merupakan cara gampang untuk menikmati hidup. Namun, tidak sedikit orang yang salah dalam melakukan staycation. Untuk itu, simak beberapa tips staycation dibawah ini agar tidak salah lagi.


Pilih hotel atau penginapan yang cocok

Tips staycation yang pertama yaitu pilih hotel atau penginapan yang akan anda tuju. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum anda pergi staycation. Kita bisa memilih melalui web ataupun media sosial. Sebelumnya jangan lupa nih baca-baca review hotel atau vila yang ingin kita kunjungi sebagai referensi juga yes. 

Sangat disarankan untuk memilih hotel yang menyediakan paket staycation, selain bisa lebih simple membeli paket staycation juga bisa membuat kita menghemat biaya.

Pilihlah hotel yang biasa saja, tidak perlu mewah – mewah, sesuaikan dengan tujuan anda saat staycation. Anda juga bisa mencari hotel yang memiliki promo – promo.

Selain itu, kita juga disarankan membawa cemilan dari rumah ataupun memilih hotel yang memiliki dapur sendiri di kamar untuk menghemat biaya dan bisa memasak sendiri.

Hindari apapun yang menyangkut pekerjaan


Tips staycations yang kedua yaitu, jangan membawa pekerjaan saat staycation entah itu pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah serta tugas – tugas sekolah/kuliah.

Karena tujuannya sendiri adalah untuk mencari kesenangan diri sendiri, maka saat staycation sangat tidak dianjurkan membawa pekerjaan. Kita hanya harus menikmati liburan anda saat ini.

Untuk itu, staycation sangat cocok untuk kamu yang lelah ataupun stress dengan banyaknya pekerjaan. Namun tetap ya kadang bagi freelancer seperti saya kadang harus bawa laptop juga soale klien suka menghubungi tanpa kenal waktu. 



Rencanakan staycation

Perencanaan sangat penting dalam melakukan staycation. Meskipun terlihat gampang, perencanaan seperti kemana dan tempat seperti apa yang akan kita kunjungi nanti masih harus dipikirkan. Lakukan riset tentang apa yang ada di kotamu dan sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

Tapi, tidak perlu pusing dengan perencanaan perjalanan. Kamu bisa saja hanya diam di tempat tidur, membaca buku sambil mendengarkan musik.

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan adalah berenang, bersepeda, berbelanja ataupun menikmati pemandangan yang ada di sekitar tempatmu menginap. Lakukan hal – hal yang bisa membuat staycation mu menyenangkan.

Nah, itu dia beberapa tips staycation beserta penjelasan singkatnya yang bisa kamu lakukan dan terapkan ketika hendak berwisata bersama keluarga dan orang tersayang. Kamu juga bisa mencari tempat penginapan terdekat dan tak perlu jauh-jauh ke luar kota karena pasti ada banyak pilihannya.

Jangan lupa jaga kesehatan dan keamanan diri sendiri, agar liburanmu terasa menyenangkan dan tidak terlupakan.

Mau cari rekomendasi staycation di Jakarta atau tempat-tempat hidden gem di Indonesia bisa terus pantau di blog ini, ya!

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉