UMKM Batik dan Kopi Lampung

 


Lampung, salah satu kota yang membuat saya jatuh cinta dengan keindahan alam, adat dan budaya. Kota ini saya kunjungi awal November lalu dan Alhamdulillah berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata di sana. Selalu ada hal yang menarik dan cerita baru setiap kesini , kali ini saya juga berkesempatan mengunjungi UMKM di Lampung. 

Lamban Batik 

Lamban Batik atau rumah batik, yang merupakan sebagai rumah perajin dari 15 kabupaten-kota. Seperti yang kita ketahui bahwa batik merupakan warisan bangsa Indonesia dengan estetika tinggi dan diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Selama ini kain tapis yang paling banyak dikenal dari Lampung dan ternyata tidak hanya kain tapis saja tetapi juga ada Batik Lampung. 

Para pelaku UMKM atau perajin Batik ini sudah banyak disana makan dari itu ada wadah untuk mengembangkan usaha tersebut nah bisa melalui Lamban Batik ini. Lamban Batik Lampung sebagai rumah pengembang motif, inovasi, pelestarian dan pemasaran Batik maupun busana khas Lampung. 





Tidak hanya itu saja Lamban Batik juga menjadi tempat perajin bersama para narasumber profesional. Yups, Lamban Batik ini bisa dibilang bentuk dukungan kepada perajin dan seakan mengajak siapapun membeli dan memakai Batik Khas Lampung produk UMKM daerah. 


Ada beragam produk di Lamban Batik mulai dari kain-kain Batik, sarung, kerudung, sandal, peci, tas , sarung bantal dan masih banyak lagi. Saat ke sana rasanya ingin sekali borong semua hihi karena cantik semuanya lho. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau banget. 

Jika kamu ke Lampung kamu bisa mengunjungi Lamban Batik ini di : 
Jl. Way Pengubuan No. 35, Pahoman
Kec. Teluk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung. 


El's Coffee



Kalian tau gak sih kalau ternyata Kopi Lampung salah satu jenisnya Robusta Lampung adalah salah satu robusta unggulan Indonesia yang dipasarkan hingga mancanegara?. Yups kopi ini enak banget genks dan Alhamdulillah saya berkesempatan untuk mencoba aneka kopi yang ada di Lampung dan salah satu pelaku UMKM nya yaitu El's Coffee. 


Saat mendarat di Lampung saya langsung ke El's Coffee Roastery, takjub banget saat kesini saya melihat mesin Roasting berukuran sangat besar yaitu mampu menampung 250 kg biji kopi sekali roasting. Para pengunjung disini bisa menikmati aneka coffee dan juga melihat langsung proses pembuatannya. 





El's Coffee ini cukup terkenal kenikmatan coffee nyanya.  Ada banyak varian coffee yang bisa kita nikmati dan coba, yang paling unik rasanya dan kebetulan saya coba yaitu Durian Coffee wangi durian sangat semerbak namun tidak menghilangkan rasa coffee itu sendiri. 


Harga sangat terjangkau dan kalau rasa sudah tidak diragukan lagi. Bagi kamu penikmat kopi wajib banget merasakan salah satu produk UMKM kopi Lampung ini. Kita juga bisa lho mengunjungi langsung tempat ini di : 

El's Coffee Roastery 
Kalibalau Kencana 
Kec. Sukabumi, Kota Bandar Lampung
Lampung 
0821-3008-8817 


UMKM Lampung sesungguhnya sangat banyak dan beragam namun 2 tempat tersebut wajib banget kalian kunjungi saat ke Lampung dan jangan lupa borong yes karena UMKM perlu kita dukung dan angkat juga dan semoga bisa mendunia karena UMKM ( Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) ini merupakan tulang punggung perekonomian negara makanya kita harus dukung dan beli produknya yes. 





Berbicara mengenai UMKM ada kabar baik nih dari JNE jadi saat ini JNE sedang mengadakan JNE Content Competition 2021 dengan tema " JNE Bersama UMKM untuk Indonesia ". Kompetisi ini terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam writing competition, photo competition, video competition dan design competition. Total hadiah ratusan juta rupiah lho. 


SYARAT DAN KETENTUAN:

  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di Kompasiana.com
  • Akun yang sudah tervalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang.
  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain
  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana
  • Setelah tayang, Tim Moderator akan memberlakukan kunci artikel pada artikel lomba Anda. Setelah dikunci, Anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Hal ini diberlakukan demi menjaga sportivitas para peserta.

MEKANISME:


Tema: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia


  • Kompasianer diminta untuk menuliskan tentang pengalaman bagaimana JNE berkontribusi menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital, selain juga mendukung bergulirnya roda perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty, dsb) dengan menjembatani kebutuhan stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb).
  • Periode: 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022
  • Tulisan minimal 500 kata dan tidak lebih dari 1.500 kata
  • Dalam setiap konten, peserta wajib menyebutkan keyword: JNE
  • Peserta wajib mencantumkan label JNE31tahun dan JNEMajuIndonesia
  • Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak dapat diikutkan dalam kompetisi ini
  • Pemenang akan diumumkan paling lambat 14 hari kerja setelah periode lomba berakhir

Yuk buruan ikutan juga siapa tahu kamu jadi pemenangnya, ada total hadiah ratusan juta lho 😘
































Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉