Cara Menghemat Listrik dan Mengontrol Penggunaan Listrik Dengan Avaro Wifi Smart Plug

 


"Tiittt tiittt tiittt", bunyi token listrik yang kadang tidak mengenal waktu. Ya, semenjak ganti pakai token saya sudah familiar banget dengan bunyi itu dan kalau sudah bunyi gitu buru-buru beli pulsa listrik agar bunyinya tidak mengganggu tetangga dan listrik di rumah tetap jalan. 


Sejak ganti menjadi token entah kenapa biaya listrik kok jadi lebih mahal kalau dihitung-hitung dari pada meteran. Untuk token sendiri dalam satu bulan itu saya bisa Rp 500.000 lho,  jika dibandingkan dulu paling hanya Rp 250.000 satu bulannya.


Bagi saya berasa banget sih listrik dengan 1300 KwH ini perbulannya Rp 500.000, cukup besar bagi saya dan itu saya rasakan sekitar 2 tahun lalu. Alhamdulillah sih sekarang untuk listrik bisa dibilang sedikit lebih hemat perbulannya jadi Rp 400.000 jadi seminggu hanya Rp 100.000, meski tidak terpotong banyak tapi Alhamdulillah ya dan kadang bisa 10 hari sekali saya baru beli pulsa listrik yang 100 ribuan.  Ada beberapa cara yang saya lakukan agar hemat biaya listrik di rumah.


Cara Hemat Biaya Listrik di Rumah



  • Mengganti semua lampu biasa jadi lampu LED
Saat ini lampu di rumah saya ganti dari lampu biasa menjadi LED semua. Perlu kamu ketahui bahwa lampu LED banyak sekali keunggulannya mulai dari umurnya yang panjang alias awet, lebih ramah lingkungan, tidak menghasilkan panas, design fleksible dan yang terpenting adalah lebih hemat. Yups, lampu LED menggunakan listrik lebih sedikit dari lampu biasa dan bisa mengefiseinsikan penggunaan energi hingga 60-70% lebih  hemat. Meski memang harga jauh lebih mahal sih namun dengan daya tahan yang kuat, awet dan hemat listrik menurut saya cukup wort it. 

  • Matikan Lampu Pada Siang Hari 
Meski sudah pakai lampu LED yang hemat tapi tetap ya saat siang hari beberapa lampu harus mati kecuali memang keadaan cuaca lagi mendung ya dinyalain deh lampunya namun tetap sesuai kebutuhan juga. 

  • Memilih Barang Elektronik Dengan Bijak 

Sebagai orang yang lagi hemat biaya listrik saya memilih barang elektronik itu sesuai dengan kebutuhan dan sebelum beli pasti melihat watt dari barang tersebut. Jadi selain melihat fungsi, kualitas saya melihat daya barang tersebut juga. 

Untuk barang elektronik di rumah yang selalu on 24 jam paling hanya kulkas, saklar wifi, dan AC. Untuk AC sendiri di nyalakan itu mulai dari jam 7 malam sampai jam 5 subuh saja.


  • Maksimalkan Ventilasi Udara
Untuk siang hari Alhamdulillah di rumah saya bisa dibilang cukup adem sih tidak panas karena ventilasi ada banyak juga dan kalaupun panas paling hanya 2 kipas angin saja yang nyala dan dayanya juga cukup kecil.
 
  • Cabut Kabel dari Saklar
Yang terakhir adalah cabut kabel elektronik dari saklar ini adalah salah satu cara jitu agar hemat listrik tapi kadang saya tuh orangnya suka lupa gitu lho. Jadi kalau misalnya harus keluar rumah tuh kadang suka kepikiran eh laptop udah di cabut apa belum ya? setrikaan udah dicabut apa belum sih? lampu dapur udah dimatikan atau belum ya? pokoknya selalu ada aja yang dipikirkan dan kadang kalau sudah di jalan nih suka pulang lagi untuk ngecek itu semua untuk memastikan apakah sudah di cabut apa belum kabelnya.


 

Btw kalian seperti saya juga gak sih? Hal seperti ini sesungguhnya agak merepotkan sih ya soalnya kita sudah di jalan terus over thinking memikirkan kabel yang belum cabut di rumah ditambah tidak ada orang di rumah pula. Selain merepotkan otomatis donk kalau misalnya kabel tersebut masih terpasang listrik jalan terus dan akhirnya bengkak deh biaya listrik. 

Buat kamu yang sama kaya aku pelupa dan suka over thinking jangan khawatir lagi ya bun, tinggal pakai Avaro Wifi Smart Plug yang bisa mengontrol semua peralatan elektronik yang masih menyala hanya melalui aplikasi Avaro di smartphone. Iya kita bisa mengontrol itu semua dari jarak jauh bun! 🥰

Avaro Wifi Smart Plug ini adalah steker listrik yang dapat dikontrol melalui jaringan Wifi di rumah. 

By Avaro


Keunggulan dan fungsi dari Avaro Wifi Smart Plug : 
  • Mengontrol perangkat elektronik dari jarak jauh dan kapanpun.
  • Monitor dan kontrol penggunaan listrik lewat aplikasi Avaro.
  • Bisa mengontrol dengan suara ( Alexa dan Google Assistan).

Yups, fungsi utama Avaro Wifi Smart Plug ini yaitu memonitor penggunaan listrik dan menghemat konsumsi listrik di rumah dengan lebih cerdas. Instalasi Avaro Wifi Smart Plug cukup mudah, cepat dan bisa langsung aktif dihubungkan ke aplikasi Avaro. Kerennya lagi Avaro Wifi Smart Plug juga terintegrasi dengan Amazon Alexa dan Google Assistant lho. 


Jadi kita tinggal beli saja Avaro Wifi Smart Plug ini lalu pasang di saklar, kemudian download aplikasi Avaro di smartphone, registrasi dan siap dihubungkan dengan Avaro Smart Plug. Pada aplikasi Avaro juga terdapat banyak fitur seperti jadwal on atau off juga lho istilahnya bisa terjadwalkan sendiri gitu. 

Spesifikasi Avaro Smart Plug : input volatge AC 100-240V, working term di minus 20 derajat sampai 50 derajat celsius. Maximum load current Smart Plug 16A dan mendukung Wifi 2.4GHz. 

Harganya gimana? tenang aja bun, harganya sendiri cukup terjangkau lho yaitu Rp 120.000 dan saat ini lagi ada promosi nih jadi hanya Rp 99.000. Yuk lah borong sekarang hehe mumpung lagi diskon juga.

10 komentar

  1. Waaaah jadi pengen ganti semua plug di rumah dengan avaro 😄👍. Aku termasuk yg suka lupaaaa mba, soal mencabut plug kalo udh selesai digunakan. Jadi masih aja menggantung , padahal listriknya ya tetep jalan trus yaaa.. udah hampir nyerah untuk hemat listrik inia. Tagiha. Di rumah selalu lewat dr sejuta, padahal udh coba utk ngurangin pemakaian, tapi memang ada beberapa barang yg aku ga kepengen pake, cuma suami masih keukeuh hrs pake, kayak dispenser dan water heater. Buatku ga guna sebenernya, Krn toh aku LBH suka air dingin.

    Tapi berarti aku hrs lebih fokus Ama pemakaian listrik yg lain supaya bisa lebih hemat.

    BalasHapus
  2. LED memang dipercaya hemat listrik Mbak, lampu di rumah juga udah pakai LED semua. Cuman ya itu harga lampu LED mahal, hehe..
    Asik ya sekarang ada steker avaro yang bisa diremote dari jauh jadi gak perlu balik pulang lagi ke rumah

    BalasHapus
  3. wahh ini cara jitu untuk menghemat pembayaran listrik yaa. Selama ini cara kami menghemat listrik adalah dengan memakai lampu LED, mematikan lampu yang tidak terpakai dan mencabut colokan alat elektronik yang tidak terpakai

    BalasHapus
  4. Enak banget ya ini mbak, aku termasuk yg pelupa bgt, kalau pake ini terbantu. Apalagi buat ngecharge suka lupa nyopot tinggal disetting

    BalasHapus
  5. Waah..saya tuh yg sering lupa cabug kabel! Tampaknya mesti segerajenalan dg Avaro Smart Plug ini.. Trmksh infonya mba..

    BalasHapus
  6. Mencabut plug yang gak terpakai ini bisa menghemat listrik yaa, kak..
    Aku baru tahu saat dijelaskan salah satu upaya menghemat listrik. Sering banget kan..membiarkan kabel charger nyolok di stop kontak yang ada di rumah.

    Dengan Avaro Wifi Smart Plug, beneran bisa diatur pas gak dibutuhin, auto matikan melalui wifi.

    BalasHapus
  7. Wow hematnya mayan banyak ya sejak pakai plug ini?
    Aku di rumah ada plug sejenis juga tapi baru punya satu hehe. Mau beli juga ah beberapa supaya bisa dikonekin sama peralatan elektronik yang sering kelupaan dicabut.
    Apalagi bisa dikontrol dari jauh ya jd gak khawatir bocor alus listrik lg pas kelupaan hehe

    BalasHapus
  8. Paling sering kejadian di rumah tuh kabel masih nancap di saklar. Nempel aja terus. PAdahal sering juga aku ingatkan mba. Kayaknya harus coba inovasi ini mba. Makasih rekomendasinya mba

    BalasHapus
  9. Nah, bikin ayem nih kalau udah pake AVARO smart plug ini. Misalkan lupa cabut kabel listrik, tinggal off kan aja dari smart plugnya yaaa... keren banget deh teknologinya

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉