Bijak Mengelola Keuangan Saat Lebaran

 


Lebaran sudah didepan mata dan kita semua pasti akan merindukan momen saat Ramadan. Entah kenapa Ramadan saat ini terasa begitu cepat dan rasanya masih belum puas melaksanakan ibadah wajib dan sunah, belum lagi momen Ramadan saat ini berbeda dengan biasanya dimana alm. Adek sudah lebih dulu meninggalkan kami semua. 


Memang saat ini belum maksimal beribadah namun saya berharap semoga bisa bertemu dengan Ramadan tahun depan bersama keluarga lainnya, Aaamiin. Tidak hanya kesedihan yang mendalam, tapi Allah juga menyelipkan kebahagiaan dimana tahun ini Alhamdulillah saya bisa merasakan Ramadan mendapatkan gaji, senang rasanya bisa gajian. 


Saat freelance atau sebagai karyawan saya selalu menyisihkan sebagian uang yang saya dapat untuk hal-hal yang penting dan sebisa mungkin dipakai dengan bijak. Lalu apa saja yang dilakukan saat mendapatkan gaji? 



  • Pisahkan Untuk Kebutuhan Pokok 


Sebagai single income tentunya tidak mudah bagi saya untuk menjalani ini semua tapi Allah Maha Baik karena setiap makhluk yang masih hidup selalu diberikan rezekinya bukan?. Nah hal yang pertama saya lakukan adalah pisahkan uang untuk kebutuhan pokok misalnya saja untuk makan, listrik, bayaran sekolah anak-anak dan wifi. Kenapa wifi masuk kebutuhan pokok? Karena saat ini saya masih WDH dan anak-anak masih belajar online meski sesekali sekolah offline jadi membutuhkan akses internet. 


  • Dana Darurat


Ketahuilah saya termasuk orang yang sayang menggunakan uang untuk vancy atau holiday karena memang saat ini saya harus memaksimalkan dana darurat saya. Huhu jujur saja dana darurat saya sudah terpakai cukup banyak untuk pengobatan anak saya ya dipakai untuk transportasi dll. Tapi tidak masalah toh ini kan kegunaan memiliki dana darurat?. Makanya saat kemarin gajian saya langsung memasukkan setidaknya 40% untuk dana darurat saya. 


  • Investasi


Saat ini saya masih suka ambil job lain dari blogger atau influencer,  biasanya sebagian uang saya dapatkan dari itu sebagian saya masukan ke investasi saya misalnya saja reksadana pasar uang atau tabungan emas. Menurut saya meski sedikit, investasi itu sangat penting untuk masa depan juga. 


  • Sedekah atau zakat 


Setiap harta yang kita punya itu ada hak orang lain yang membutuhkan makanya sebisa mungkin kita harus bayar zakat atau sedekah juga nah apalagi bulan Ramadan itu kita harus membayar zakat fitrah juga. 


  • Asuransi Kesehatan


Saat ini saya dan anak-anak memiliki asuransi kesehatan jadi tiap awal bulan pasti bayar asuransi kesehatan. 


  • Kebutuhan Hari Raya


Hari raya hanya 2 tahun sekali tentunya ini adalah hari spesial karena biasanya kita mengeluarkan uang lebih untuk perayaan ini seperti masak-masak, keperluan ibadah dan lainnya. Meski begitu tetap ya harus diperhatikan budget yang kita punya. Dan saya sendiri tidak selalu membeli pakaian baru juga sih dan untuk masak-masak tidak terlalu banyak juga mewah yang penting ada. 


Berbicara mengenai hari raya, ada kabar gembira dari FWD Insurance nih yaitu Promo lebaran produk FWD Insurance yaitu Asuransi Bebas HandalFWD Cancer Protection , Bebas Rencana , dan  Bebas Aksi nah untuk lebih lengkapnya bisa cek di website FWD Insurance ya. 




Berkah melimpah di hari kemenangan, mudik pun semakin aman dan nyaman! FWD Insurance Berikan perlindungan untuk dirimu dan orang-orang tersayang dengan diskon hingga 50% dari periode 25 - 30 April 2022 untuk setiap pembelian/ kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi.

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉