Cara Blogger Membantu UMKM

 


"Alhamdulillah, sudah pada ramai mudik dan sudha banyak Warung-warung baru yang mulai berjualan", batin berucap syukur atas apa keadaan saat ini. 


Alhamdulillah, ya saat ini keadaan semakin membaik, pandemi pun perlahan berlalu namun jangan pernah lengah. Beberapa waktu lalu pak Jokowi sudah memberikan intruksi bahwa diperbolehkan tanpa masker, meski begitu sampai saat ini saya tetap waspada dan masih pakai masker untuk saling menjaga. Keadaan saat ini bisa dibilang semua pasti happy dan berucap syukur karena perlahan mulai bangkit dan menata kembali apa yang hilang saat pandemi lalu.


Sejujurnya pandemi tidak hanya menyebabkan kita kehilangan orang tercinta saja tetapi banyak dampak ke berbagai aspek mulai dari kesehatan, ekonomi , politik dan masih banyak lagi. Imbas aspek ekonomi yang paling terasa yaitu pelaku UMKM dimana banyak sekali yang gulur tikar akibat pandemi namun saat ini perlahan tapi pasti UMKM mulai menata kembali dan bangkit bersama. 


Peran UMKM untuk bangsa kita ini tuh luar biasa besarnya kalau yang saya baca UMKM memiliki kontribusi besar terhadap PDB yaitu 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp. 8.500 triliun pada tahun 2020. UMKM menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar yaitu 97% dari daya serap dunia usaha pada tahun 2020. Luar biasa banget bukan? nah maka dari itu kita bahu membahu membantu para pelaku UMKM untuk tumbuh dan terus berkembang.


Lalu bagaimana sih cara kita membantu pelaku UMKM ? Sebagai blogger dan content creator kita bisa lho membantu pelaku UMKM membangun usaha mereka misalnya saja : 


  • Membeli Produk UMKM
Saat ini produk UMKM tidak kalah dengan produk luar negeri mengenai kualitasnya, selain lebih beragam, harganya juga cukup terjangkau ( tergantung produk dan sasaran pasarnya ) jadi jangan ragu untuk beli produknya.

  • Mengenalkan Produk 
Sebagai blogger tentunya memiliki banyak social media seperti blog, yoyube, instagram, tiktok, twitter , facebook dan lainnya. Nah tak jarang saya bekerjasama dengan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya lewat sosial media, kenapa? karena saat ini di era digital jadi lebih efektif dalam mengenalkan produk UMKM lewat sosial media bisa video atau foto dengan caption plus hastag.

  • Menginfluence Masyarakat
Sadar atau tidak semua orang bisa menginfluence orang lain, dengan review singkat tentang membeli produk UMKM lewat mulut ( obrolan antar tetangga, teman atau saudara ) itu efektif banget lho. Nah kalau di sosial media yang sering tranding yaitu di twitter sih karena banyak yang spill produk yang mereka pakai dan akhirnya membuat tread di twitter, tak jarang bahkan ada ribuan retweet atau love oleh followersnya. 

  • Memakai Produknya
Jika sudah membeli jangan lupa dipakai atau dikonsumsi ya. Saat ini banyak platform yang menyediakan wadah untuk kita agar tetap eksis dan menampilkan sisi dari kita jadi saat memakai produk UMKM jangan lupa nih upload di sosmed yes, kalau misalnya produk UMKM fashion kamu bisa banget lho tambahkan hastag #OOTD #Fashion pada captionnya plus jangan lupa juga kasih komentar positif agar banyak yang terinfluence.


Yups itu tadi beberapa cara kita membantu para pelaku UMKM dalam mengenalkan  produknya dan membantu usaha mereka agar lebih dikenal dan maju lagi. Agar UMKM makin berkembang dan maju juga dibutuhkan peran dari UMKM sendiri misalnya saja mengikuti berbagai seminar atau pelatihan dama membangun usahanya dan lainnya. 


Berbicara mengenai pelatihan, beberapa waktu lalu JNE melalui kegiatan Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember memberikan edukasi kepada pelaku-pelaku UMKM di Jember dalam memperkuat branding bagi usaha mereka. Acara tersebut turut dihadiri oleh dua narasumber pelaku UMKM Jember serta menyampaikan harapan agar workshop tersebut mendukung pelaku UMKM untuk bangkit dari kondisi perekonomian yang dipengaruhi pandemi.

Para narasumber juga memberikan memberikan tips and trick untuk para UMKM yang baru ingin membuka bisnisnya. Hal yang perlu dimiliki UMKM untuk bisa bersaing dalam sebuah bisnis yaitu marketnya. Saat ini memang banyak ya kita ingin buat bisnis tapi tidak tahu mulai dari mana dan masih minim tips dan trick dalam menjalankan usaha mereka.

Melihat hal itu saya cukup senang sih karena JNE sendiri memang tidak hanya mengantarkan barang saja tetapi juga kebahagiaan, salah satunya yaitu mengadakan webinar dengan menghadirkan narasumber yang sudah berkompeten dibidangnya. Saya sendiri berharap bahwa acara ini tidak berhenti sampai disini atau hanya wilayah kota Jember saja tetapi ke kota lainnya agar para oelaku UMKM yang masih baru bisa dapat ilmu dalam mengembangkan bisnis mereka.




Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉