Pemenang Lomba Video Story Telling " Kami Sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi"

 



Adakah yang sama seperti saya waktu anak-anak masih balita suka menceritakan sebuah dongeng? Ya, inget banget dulu waktu anak-anak masih kecil kadang sebelum tidur tuh tak ceritain dongen yang ada di buku atau dongeng dari beberapa daerah yang pernah saya tahu. karena kebiasaan itu alhamdulillah anak-anak lebih suka ke toko buku dekat rumah dan mereka pasti baca buku cerita sampai berjam-jam.

Lebih hemat memang kalau baca di toko buku terus tempatnya juga nyaman karena ada pendingin udaranya hehe. Dulu juga saya selalu ada budget untuk membelikan buku cerita favorit mereka. Seiring berjalannya waktu karena banyak aplikasi buku cerita jadi lebih mudah dan praktis namun beda sensasinya dengan baca buku langsung. 

Menurut saya pribadi, dengan mendongeng, pesan sebuah cerita atau kisah atau apapun itu lebih ,mudah tersampaikan dan dimengerti untuk anak-anak apalagi dengan pembawaan dengan mimik sesuai dengan bacaan serta vokalnya, mereka jadi lebih antusias juga. Pentingnya mendongeng kepada anak-anak pada saat masih balita juga banyak manfaatnya lho karena mereka jadi lebih banyak tahu kosa kata baru juga. Cara berfikir mereka juga lebih kritis jika dibandingkan dengan anak lainnya yang tidak pernah mendengarkan dongeng. 




Berbicara mengenai dongeng, kemarin saya menghadiri pengumuman pemenang Lomba Video Story Telling Online dengan tema " Kami Sadar Gizi Siap Bersaing di Era Globalisasi". Lomba tersebut yaitu kerjasama YAICI ( Yayasan Abhipraya Insan Cendikia Indonesia ) dengan Kampoeng Dongeng Indonesia. Pengumuman pemenang itu secara hybrid dimana ada yang offline dan online melalui instagram live dan zoom meeting, nah saya sendiri hadir secara offline di Kampung Dongeng, Sawah baru Ciputat, tangerang Selatan. 

Tempat ini sebenarnya tidak begitu jauh dengan rumah saya tapi saya baru tahu lho Kampung Dongeng yang ada di Ciputat ini, tempatnya lumayan luas, asri banyak tanaman, rapih dan tertata gitu, anak-anak pun nyaman banget kali ya mendengarkan dongeng disini. Sebelum pengumuman kita disajikan dengan penampilan tari daerah yang musiknya itu sukses bikin kangen kampung halaman, lalu ada adik Kamil yang buat aku speshless karena dia membawakan dongeng dengan apik sekali. Di sela-sela sebelum pengumuman pemenang juga ada banyak kuis untuk peserta online maupun yang offline. 


Tentang Tema Lomba Video Story Telling Online 


Sebagai masyarakat yang awan saya sangat happy karena tema yang dilombakan ini benar-benar padat gizi karena memberikan edukasi tentang gizi dengan cara yang apik. Tema ini juga mengambil isu yang masih salah pandang di masyarakat dimana masih mengkonsumsi kental manis sebagai susu, padahal faktanya bahwa kandungan kental manis itu sebanyak 20% susu dan sisanya 80% adalah gula, jadi tidak tepat rasanya dibilang dengan Susu Kental Manis. 

Masyarakat masih banyak yang belum paham juga jika kental manis ini bukan untuk dikonsumsi sebagai minuman sebagai pengganti susu karena jika terus menerus akan menimbulkan beberapa penyakit yang mengintai misalnya saja diabetes, penyakit jantung dan jika balita mengkonsumsi kental manis sebagai susu akan mengalami stunting atau gangguan tumbuh kembang, mereka bisa obesitas juga. Nah makanya dengan lewat dongeng ini bisa salah satu cara tepat untuk penyampaian mengenai kental manis ini.

Lomba Video Story Telling online ini berlangsung mulai dari bulan Maret 2022 dan peserta yang berpartisipasi juga cukup banyak lho yaitu 170 lebih peserta. Untuk platformnya sendiri ada 2 kategori yaitu YouTube dan instagram , nah penasaran kan siapa pemenangnya? Yuk saya share dibawah ya!



Pemenang Terbaik Lomba Video Story Telling Online Kategori YouTube " Kami sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi" mendapatkan hadiah uang tunai Rp 2,000,000,-

Mutia Kurniawati 


Pemenang Terbaik Lomba Video Story Telling Online Kategori Instagram " Kami sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi" mendapatkan hadiah uang tunai Rp 2,000,000,-

Abdul Muis



9 Besar Pemenang Terbaik Lomba Video Story Telling Online Kategori Youtube " Kami sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi" dengan hadiah uang tunai RP 500,000,-

  • Hidayati
  • Abdul Muis
  • Dewi putri Juwita
  • Alfalishaleva Ghazali
  • Arum pusputasari
  • Sudden Production
  • Salsabila Nadifa Setiawan
  • Agung Ahmad Ripani
  • Shofa Mariah Ulfa 
9 Besar Pemenang Terbaik Lomba Video Story Telling Online Kategori Instagram " Kami sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi" dengan hadiah uang tunai Rp 500,000

  • Raihanah Batrisyia Adnis
  • Zaki hanin Nafilah
  • Fredericia Orlene
  • Nimas ayu Harfian
  • Arum Puspitasari
  • Indriani
  • Lusiana
  • Dina Rizkyana
  • Arsy Saschia Ekka

Yey, selamat kepada seluruh pemenang semoga hadiahnya penuh berkah dan videonya bermanfaat untuk orang lain ya.



1 komentar

  1. Seruu banget, gampang nyantolnya kalo diberikan informasi lewat dongeng yaa Mba :)

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉