Pentingnya Self Love, Self Care Tanpa Harus Boros

 


Apakah saya sudah mencintai diri sendiri? 

Bagaimana cara mencintai diri sendiri? 

Dua pertanyaan yang simple tapi sebenarnya sulit sekali dijawab karena saya juga belum paham betul bagaimana mencintai diri sendiri kadang situasi dari luar membuat saya menjadi insecure juga dan belum paham sama keadaan saat itu. Ada banyak cara seseorang untuk self love dan masing-masing seseorang pasti berbeda-beda cara mereka untuk mencintai diri sendiri. 


Berbicara mengenai self love beberapa waktu lalu saya menghadiri event bersama FWD Insurance dengan tema Pentingnya Self - love, Self - care Tanpa Harus Boros. Yups, kalau biasanya kita melakukan apa yang membuat kita senang dan mengembalikan mood bisa shopping, ke salon, nonton, makan, Jalan-jalan sebagai bentuk self-love tapi tahu ga sih bahwa tidak sesederhana itu lho self-love. 


Self - love yang benar itu sebenarnya gimana sih? Confident sama self love itu sama  dan ada teorinya. Confident itu sebenarnya memiliki 6 aspek : 


  • Physical health

Penampilan cantik atau ga? Merasa fit atau tidak? 

  • Emoticon 

Emosi apakah kita happy, sedih, selalu stabil, bahagia dll dan ini akan mempengaruhi pandangan diri kita sendiri. 

  • Relationship

Relationship sama teman, pacar atau pasangan yang menentukan kita bahagia atau ga. 

  • Career 

Karir, nah ini apakah karir kita cukup oke atau tidak. 

  • Finance

Keadaan keuangan kita itu seperti apa, apakah membuat kita happy?. 

  • My life coaching/ people skill 

Nah yang terbesar adalah kebahagiaan kita tidak bergantung sama keadaan finance, karir, cantik atau jelek, sedih atau marah karena itu semua bisa datang dan pergi. Tapi ini lah, my life coaching hal yang tidak bisa datang dan pergi, hal yang bisa kita kontrol. 



Kalau salah satu kategori ada yang fail atau salah kaprah tidak seperti yang kita mau pasti self love dan self confident kita kena. Definisi self confident adalah jika salah satu aspek kita hilang kita bisa balik ke kotak yang besar. Yups, pada salah satu kotak di hidup kita hilang yaitu kita bisa cari motivasi untuk diri kita sendiri.



Apa yang kita punya, apa yang bisa mengembalikan kita ke keadaan lebih baik. Jadi self love, self confidence adalah kita tahu bahwa semua faktor eksternal tidak mempengaruhi kebahagiaan diri kita tapi diri kita sendiri lah yang bisa menimbulkan kebahagiaan diri kita sendiri. 



Yups, teori diatas atau kotak kecil dan besar masing-masing orang itu beda-beda dan silahkan pahami diri kalian, sebenarnya apa terbesar yang bisa mempengaruhi diri kita. Note sekali lagi bahwa kebahagiaan itu dari kita sendiri bukan dari orang lain yes. 



Lalu How to manage finance yang berhubungan dengan self love dan self care? Salah satu yang dapat meningkatkan rasa percaya diri adalah sisi finance apalagi ketika seringkali mengalami masalah finansial atau pendapatan bermasalah, atau ada keinginan yang kita capai tapi susah untuk kita gapai dll. 



Ketika berkaitan dengan finansial akan mempengaruhi sisi psikologis bahkan sebanyak 70% mempengaruhi sisi psikologis dan sisanya berkaitan dengan itung-itungan. Nah seringkali dalam faktor keuangan, kita mencintai diri kita sendiri menjadi orang yang boros heheh iya pada healing jalan-jalan dll. Nah kan sering tuh kita mau mencintai diri kita sendiri tapi ujung-ujungnya jadi lebih boros dan berakhir depresi karena mengkonsumsi lebih besar uang kita. 


Lalu bagaimana caranya self love dan self care tidak boros? 


Pentingnya mengelola keuangan pribadi? Maka lihatlah piramida finansial. Banyak sekali yang keliru atau salah dalam mengelola keuangan. Dalam mengelola perencanaan keuangan, kita bisa mengatur keuangan kita secara bertahap


  • Keamanan Keuangan 

  • Kenyamanan Keuangan 

  • Distribusi Keuangan 


Yups tangga pertama adalah keamanan keuangan, kita harus punya arus kas positif yaitu dengan memiliki penghasilan atau pendapatan. Nah setelah memiliki pendapatan kita harus pintar mengatur, pendapatan harus lebih besar daripada apa yang kita keluarkan, ini namanya arus kas positif. Pada tangga ini kita harus bisa menyisihkan pendapatan baru menaiki tangga berikutnya yaitu kenyamanan keuangan. 



Ketahuilah kita hidup tidak hanya untuk hari ini saja tetapi untuk masa depan apalagi kalau punya keluarga atau anak dan kebutuhan otomatis akan meningkat dan pentingnya memiliki penyisihan keuangan dan mengumpulkan dana Darurat. Pentingnya memiliki dana Darurat sesuai kebutuhan dan dana ini bisa dipakai saat dibutuhkan. 



Lalu sisihkan untuk investasi nah bisa tabungan emas, reksadana dll. Lalu perlu perlindungan kesehatan atau asuransi, namanya manusia pasti mengalami sakit ya namanya manusia makanya kita harus punya asuransi. Peran asuransi disini sebagai proteksi dan perlindungan dari kerugian financial. 



Berbicara mengenai asuransi mungkin kalian bisa pilih FWD Insurance yang memiliki beragam produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan kita. Dan untuk lebih tau mengenai produk FWD Insurance kalian bisa mampir ke websitenya di https://www.fwd.co.id/


Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉