6 Rencana Finansial si Single Income




Assalamu'alaikum, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Memiliki kehidupan bahagia, serba berkecukupan, sehat dan panjang umur adalah dambaan semua orang termasuk saya sendiri. Ada banyak plan atau rencana hidup kedepannya namun kadang ekspetasi tidak sesuai dengan realita, ada saja kendala dan masalah di dalamnya. Memang, sebagai makhluk hidup ada yang namanya takdir dan mau tidak mau kita harus menerima takdir dengan ikhlas. Namun, percayalah ada yang namanya ikhtiar dimana kita terus berusaha agar plan itu sesuai dengan apa yang kita impikan.


Saat ini saya memiliki plan atau rencana dalam beberapa tahun kedepan untuk saya dan keluarga. Alhamdulillah tahun ini diberikan kesempatan menjadi seorang karyawan yang mana mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Karena ada banyak plan dan sebagai single income juga saya masih tetap mengerjakan pekerjaan lain misalnya saja menjadi gosh writer dan blogger, meski begitu saya tetap memprioritaskan pekerjaan kantor saya. Nah plan saya yang akan sharing kali ini yaitu sedikit mengenai financial untuk single income.


  • Investasi naik 20%
Sebagai single parent dengan 2 orang puteri  yang juga berperan penghasil single income saya harus benar-benar memikirkan masa depan anak-anak saya terutama untuk biaya pendidikan mereka. Untuk biaya pendidikan seperti yang kita ketahui setiap tahunnya akan inflasi dan ini menjadi perhatian saya. Beberapa tahun terakhir dan sampai saat ini saya masih belajar dalam mengatur keuangan terutama investasi. 

Saat ini saya sendiri alhamdulillah sudah memiliki beberapa investasi mulai dari deposito, tabungan emas, logam mulia, saham dan reksadana. Untuk nominalnya sendiri memang tidak banyak tapi Alhamdulillah. Nah untuk plan saya tahun ini bahkan dari tahun lalu saya selalu menargetkan bahwa investasi saya setidaknya harus naik setiap tahunnya ya minimal 20% lah ya. Oh iya nih di beberapa instrumen insvestasi saya ini ada sebagai dana darurat saya. Untuk dana darurat biasanya saya lebih pilih yang cepat cair juga. 

  • Memiliki Kendaraan Baru
Saat ini saya memiliki motor 1 dan itu juga punya ayah saya, tahun lalu punya motor dua tapi karena musibah , motor tersebut dicuri oleh orang lain. Untuk itu saya berharap banget bahwa tahun ini atau tahun depan saya sudah memiliki kendaraan 1 lagi agar memudahkan antar jemput sekolah anak. Hihi syukur-syukur sih kalau ada rezeki lebih banyak lagi saya ingin memiliki mobil karena anak-anak saya sudah beranjak dewasa jadi setiap kemana-mana hanya bisa bonceng satu anak, kadang sedih sih ga bisa bareng bonceng gitu lagi. Bismillah, semoga saja impian punya mobil bisa terwujud.

  • Ingin Memiliki Usaha 
Disaat waktu senggang saya sering melihat live tiktok dimana banyak para pelaku UMKM yang melakukan live tiktok shopping, melihat hal itu saya ada kepikiran ingin memiliki usaha seperti dulu namun memang harus banyak yang harus saya pelajari juga dalam mengembangkan sebuah bisnis agar tidak gagal seperti dulu. Bisnisnya apa masih jadi pikiran saya sih karena saya harus tahu beberapa aspek lebih dalam lagi agar tidak gagal nantinya. 

  • Investasi Ilmu
Saat ini saya juga melakukan investasi ilmu karena saya tahu bahwa saya masih banyak belum tahu ilmu diluaran sana dan yang saya dalami saat ini yaitu ilmu digital marketing. Kalau ada waktu luang dan libur dan ada seminar tentang financial atau digital marketing saya sempatkan selalu ikut meski harus bayar ( sesuai budget yang saya punya).

  • Fokus Kesehatan
Alhamhamdulillah saya mendapatkan gaji setiap bulannya yang ingin saya lakukan yaitu saya ingin sekali saya dan kedua anak saya itu vaksin kanker serviks. Biaya vaksin kanker serviks ini memang lumayan harganya makanya saya masih harus menabung untuk itu. Menurut saya vaksin ini sangat penting karena untuk mencegah juga ya kan. Semoga saja tabungan untuk vaksin ini segera tercukupi dan segera melakukan vaksin.

  • Umroh Bersama Keluarga
Setiap umat muslim pasti ingin sekali menuju tanah Haram untuk beribadah umroh. Impian saya yaitu ingin rasanya umroh bersama keluarga, saya tahu memang biaya umroh itu cukup mahal bagi saya, sadar banget sama keterbatasan saya juga tapi Bismillah, jika Allah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin.



Yups, itu tadi adalah sebagian rencana financial saya dalam beberapa tahun kedepan jika Allah memberikan umur yang panjang. Ya, memang kita hanya bisa berencana namun Tuhan yang menentukan. Kita tidak pernah tahu kapan kita meninggal maka dari itu tetap saja berjaga-jaga. 




Berbicara mengenai berjaga-jaga apalagi kesehatan tentunya kita harus memiliki asuransi agar financial keluarga kita tidak berdampak banyak saat kita sakit atau amit-amit meninggal. Berbicara mengenai asuransi PT FWD Insurance Indonesia atau FWD Insurance, asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia memperkuat inovasi digitalnya melalui kolaborasi dengan PT Kredit Pintar Indonesia (“Kredit Pintar”), perusahaan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang memiliki izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam memberikan solusi perlindungan pinjaman inovatif, Kredit Pintar Protection sudah dilengkapi proteksi yang didukung oleh FWD Insurance berupa perlindungan terhadap risiko tak terduga yang dapat terjadi terhadap kesehatan atau jiwa nasabah selama masa periode pinjaman.



Jadi Kredit Pintar Protection ini memberikan dua manfaat perlindungan sekaligus kepada nasabah selama masa periode pinjaman, dengan maksimal perlindungan selama 12 bulan. Pertama, adalah Manfaat Meninggal Dunia atau Ketidakmampuan Tetap, di mana FWD Insurance akan membayarkan sisa pinjaman apabila tertanggung/nasabah meninggal dunia atau mengalami ketidakmampuan tetap selama masa asuransi dan periode pinjaman berlangsung. Kedua, berbentuk Manfaat Rawat Inap Akibat Kecelakaan, yang mana dalam hal tertanggung/nasabah mengalami kecelakaan yang mengharuskan dirinya dirawat inap di rumah sakit selama minimal 3 hari berturut-turut, maka FWD Insurance akan membayarkan angsuran bulanan yang berjalan atas fasilitas pinjaman. Untuk lebih lengkapnya bisa cek website di  https://www.fwd.co.id/ ya. 








 

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉