Health Talk Mitos dan Fakta Saraf Kejepit Bersama RS Premier Bintaro

 


"Krekk,kreek,,,kreeekkk ", suara tulang saat di kretekin dan timbul satisfying saat mendengarnya. Yups, saat ini banyak sekali video-video yang menunjukan orang lain sedang di kretekin tulangnya , bunyi tersebut memang seakan suggest kita juga untuk yang mendengarnya bahwa masalah tulang si pasien itu sudah baik dan teratasi. Pernah nonton video juga dimana penderita saraf kejepit itu di kretekin juga, kalau dilihat dari video sih pasien baik-baik aja tapi kalau dari segi kedokteran saraf kejepit itu harus ditangani dengan benar dan harus tahu juga apakah sakit pinggang yang di derita itu benar saraf kejepit atau hanya ada masalah pada ototnya. 


Banyak sekali yang beranggapan bahwa sakit pinggang itu adalah sakit saraf kejepit tapi tidak semua sakit pinggang itu saraf jekepit lho. Nah masih banyak mitos dan fakta mengenai saraf kejepit yang masyarakat harus tahu, mengenai hal ini saya akan share sedikit info yang saya dapatkan saat blogger and vlogger gathering bersama RS Premier Bintaro. 



Alhamdulillah beberapa waktu lalu menghadiri event yang sungguh bermanfaat, sebagai orang yang tidak jauh dari Bintaro saya sudah beberapa kali ke RS Premier Bintaro untuk menjenguk saudara dan teman yang sakit. Sekitar 11 tahun lalu saya juga pernah beberapa kali menghadiri event di RS Premier Bintaro ini, berbagai seminar kesehatan saya hadir. Selain dekat dengan rumah, ilmu parenthing dan kesehatan juga selalu digaungkan disini. 


Sebelum health talk kami semua para blogger yang hadir berkesempatan untuk hospital tour RS Premier Bintaro.Ada apa saja sih di sana? eitss, mengenai fasilitas dan unggulan RS ini saya akan share di akhir tulisan ini jadi, baca sampai bawah ya.





Health Talk kali ini yaitu mengambil tema Mitos dan Fakta Saraf Kejepit narsum dr. Omar Luthfi, Sp.OT(K-Spine). Kalian perlu ketahui juga nih kalau total tulang belakang manusia itu totalnya ada 33 mulai dari leher hingga ujung tular ekor. Tulang belakang tidak lepas dengan saraf tulang belakang . Dibelakang tulang belakang kita itu ada raung saraf , ruangan saraf itu sebenarnya kelanjutan dari otak kita jadi, dari otak turun sampai ke bawah . Saraf Tulang belakang juga tentunya memiliki banyak fungsi. 


Fungsi Saraf Tulang Belakang secara umum:

  • Fungsi Motorik ( penggerak )
  • Fungsi Sensorik ( perasa ) 
  • Fungsi Otonom ( Organ Internal ) 

Mitos atau Fakta ? 

  • Nyeri punggung bawah ( sakit pinggang ) = Saraf Kejepit
Ini adalah mitos, lalu bedanya apa? nah kita bahas mengenai sakit punggung bagian bawah dan saraf kejepit. Perlu diketahui kalau struktur tulang itu beda dengan saraf kejepit ya. Jadi penyebab nyeri punggung bagian bawah itu bermacam-macam ada Musculogenic ( otot), Neurogenic ( kompresi saraf ), Spondylogenic ( struktur tulang belakan ), Vicerogenic ( Organ dalam seperti ginjal ) dan psychogebic ( psikologis ). 

Nah jadi saraf kejepit itu satu bagian dari nyeri punggung bagian bawah. Lalu apa sih gejalanya?. 

Gejala Saraf Kejepit : 
  1. Nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah 
  2. Kesemutan dan mati rasa ( baal)
  3. Kelemahan gerakan tungkai
  4. Gangguan BAB dan BAK 
  • Saraf kejepit Bisa Menyebabkan Kelumpuhan
Ini merupakan fakta karena saraf tulang belakang menjalar dari otak sampai ujung tulang ekor, jadi kalau terjadi cedera pada sarafnya maka bisa menyebabkan kelemahan anggota gerak dan bisa kelumpuhan , tergantung dimana dia mengalami cedera. Untuk cederanya sendiri bisa jadi dari ia terjatuh atau terkena benturan , infeksi, tumor atau penuaan juga bisa. 




Lalu bagaimana jika saraf terjepit pada punggung bagian bawah ? 

Ketahuilah bahwa sekitar 60-70% jepitan saraf ini memang terjadi di punggung bawah dan biasanya di punggung bawah dia lebih spesifik, kalau misalnya sampai terjadi iku akan mempengaruhi gerakan atau fungsi perasa dan biasanya terganggu hanya satu bagian misalnya ada gangguan pada gerakan pergelangan kaki ,biasanya nyerinya juga spesifik.

Penyebab jepitan saraf pada punggung bawah : 
  • Herniasi nucleus Pulposus ( HNP )
  • Lumbal stenosis ( penuaan )
  • Spondylolisthesis ( pergeseran tulang belakang ) 
  • Infeksi 

  • Metode urut dan kretek kretek bisa meringankan nyeri punggung bawah 

Ini adalah fakta tapi tidak semua nyeri punggung boleh dilakukan pemijatan, bahkan ada yang dapat menyebabkan cedera lebih serius kalau dilakukan terapi yang tidak benar. 

Penyebab nyeri punggung bawah 

Masalah Otot dibagi 3 yaitu apabila terjadi kelelahan otot misalnya habis kerja seharian tapi tidak ada cedera nah lalu pegel-pegel, jadi pegel2 muncul beberapa saat mungkin besok atau beberapa hari nah kalau kondisi seperti ini bisa dipijat terapi jangan ke tukang urut, kenapa? karena tukang urut biasanya ngurutnya kenceng dan kalau terlalu kencang malah akan terjadi cedera pada otot. 

Lalu kretek-kretek tuh apa sih? jadi gini setiap tulang itu ada ruas-ruasnya atau rongga sendi, saat kita diam satu posisi di dalam rongga sendi itu akan berbentuk bubble yang sebenarnya berisi nitrogen, pada waktu lama akan berbentuk , nah kalau dilakukan orang terlatih bubble tersebut akan pecah maka akan bunyi kretek.Nah saat dilakukan kretek itu maka sendinya akan normal kembali dan akan menjadi relax, jadi terasa enak.  So, kalau masalahnya ringan, keluhannya itu saja dan dilakukan oleh orang terlatih dia bisa membuat lebih relax dan nyaman. 

Kretek sendiri bagi yang cedera serius itu jangan coba-coba ya ,nanti malah semakin berat cederanya. jadi hal awal yang perlu dilakukan adalah kita harus tahu apa sih sebenarnya yang terjadi? diagnosisnya tuh apa?  karena tidak semua sakit punggung itu saraf kejepit, dan semua saraf kejepit itu sakit punggung . So, periksa dulu ke dokter ya mengenai keadaan kita agar kita lebih tahu apa sih sebenarnya yang kita alami. 

Masalah otot selanjutnya yaitu cedera otot ( muscle strain ) nah contohnya pemain bola, lalu cedera ligamen. nah ada beberapa kondisi tidak boleh di urut.

Kondisi cedera yang tidak boleh di urut : 
  • Cedera bantalan tulang belakang
  • Jepitan saraf tulang belakang
  • Fraktur/ patah tulang belakang 


  • Saraf Kejepit Harus Operasi 
Ini adalah mitos karena tidak semua saraf kejepit itu harus operasi. 


Penanganan Awal Saraf Kejepit : 
  • Bed rest maksimum 2 hari
  • Analgetik ( obat penghilang nyeri biasanya yang paling aman adalah paracetamol )
  • Penggunaan alat bantu ( korset )
  • Perubahan gaya hidup ( menjaga berat badan, harus berat badan ideal tidak boleh gemuk, melakukan olahraga seperti berenang )
  • Program rehab medik oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.


RS Premier Bintaro memiliki program manajemen Nyeri Intervensif, prosedur minimal invasif untuk menempatkan obat atau terapi pada target area spesifik. Contohnya saja pembedahan di ruang operasi dengan menggunakan alat yaitu C-Arm jadi memasukan jarum ke tenmpat yang tepat di samping sarafnya. lalu melakukan dengan USG , agar jarum yang ditempatkan itu tepat di samping saraf yang terjadi penyempitan. 

Lalu kapan sih saraf kejepit harus operasi ? 
  • Gagal terapi konservatif lebih dari 6 minggu
  • Terjadi kelemahan anggota berat
  • Terdapat instabilitas atau gangguan bentuk tulang belakang
  • Berpotensi menyebabkan kelumpuhan. 

  • Operasi Tulang Belakang Menyebabkan Kelumpuhan
nah ini merupakan mitos ya makanya banyak orang yang takut melakukan operasi, ketahuilah resiko kelumpuhan secara umum yaitu = 0-2%
Nah secara keseluruhan operasi tulang belakang itu cenderung aman, pokoknya ya di manapun atau tindakan operasi itu pasti ada risikonya tapi hanya kecil ya. 

Saat ini Ilmu pengetahuan makin maju, keterampilan dokter semakin tinggi , peralatan semakin canggih maka jangan takut juga yes. Sekedar info kalau saat ini RS Premier Bintaro untuk membebaskan cedera tulang belakang itu menggunakan Teknik Dekompresi saraf Dengan Endoscopy, jadi lukanya hanya 1 cm saja yes dan prosesnya yaitu hanya memasukan kamera dari punggung sampai ke tulang punggung , sarafnya di geser , pokoknya teknik ini the best banget sih karena cepat juga prosesnya . lalu setelah operasi beberapa jam pembiusan setelah habis biusnya pasien sudah bisa duduk, jalan, makan, ke kamar mandi sendiri juga, dan sudah bisa aktivitas lainnya. 

Lalu ada teknologi terbaru yang saat ini sedang di kembangkan dan mudah-mudahan mendarat di RS Premier Bintaro yaitu tindakan Robotic Spine Surgery, wah semoga saja ya. 
Nah berbicara mengenai fasilitas RS Premier Bintaro memiliki beberapa fasilitas unggulan yaitu : 
  • Sport Center
  • Spine Center
  • Skin and Laser Clinic
  • Stroke center
  • Vaskular Center. 
Salah satu sisi suites room RS Premier Bintaro


Selain fasilitas dan teknologi yang canggih, ruang kamar rawat inap di RS Premier Bintaro juga beragam, seperti yang saya kunjungi yaitu Suites Room dan Premier Room yang woow banget deh seperti staycation di Hotel. 





Saya amaze banget saat masuk ke premier room, ruangannya luas, ada sofa besar, meja makan, mini pantri, 2 televisi, kamar mandinya modern minimalis dan semua furniture nya juga minimalis elegant gitu lho. Benar-benar lengkap banget sih. kalau pasien atau keluarga pasien ingin makan lain bisa pilih makanan tenant disana dan tinggal scan barcode saja. 

Loby Timur

Roof Garden


Belum lagi ada roof garden untuk berjemur para pasien RS Premier Bintaro. Oh iya yang saya suka banget dari RS Premier Bintaro ini adalah mengusung konsep one space gitu lalu ada banyak tumbuhan hidup di lobi dalamnya. Interior design lobinya seperti bukan di Rumah sakit sih, benar-benar nyaman. 


Hmm, okey sekian dulu untuk sharing health talk bersama RD Premier Bintaro ya dan semoga bisa hadir di acara gathering lainnya dengan tema yang lain yes. Semoga sharing ini bermanfaat dan semoga kita sekeluarga sehat dan bahagia selalu. 



Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉