Membangkitkan Semangat Olahraga Bagi Pemula

 


Olahraga, salah satu mata pelajaran favorit saya saat sekolah. Yups, kalau kilas balik lagi sejak TK saya senang sekali kegiatan yang menyangkut fisik dan juga kompetisi. Sejak TK saya paing suka olahraga senam, lalu SD suka sekali olahraga kasti, sepak bola dan basket. Nah saat SMP saya lebih menonjol ke basket, skate board, inline dan taekwondo lalu pas SMA saya hanya fokus ke olahraga Basket saja. 


Saat zaman sekolah saya bisa dibilang tidak bisa diam orangnya karena terlalu aktif gerak gitu, saat SMA alhamdulillah beberapa kali ikut pertandingan persahabatan.Saya juga paling getol kalau latihan, dulu saya befikir kalau saat orahraga itu saya terlihat keren aja gitu dan lebih percaya diri. Namun entah kenapa setelah memiliki anak hobi olahraga itu seakan tenggelan seiring berjalannya waktu. 


Ya, rasanya malas saja untuk berolahraga dan selalu berfikir tidak ada waktu. Memang benar tidak ada waktu apalagi saya mengurus anak dan rumah itu tanpa ART sejak dulu jadi waktu saya tterpakai untuk mengurus itu semua, dan jika ada waktu luang sekalipun saya lebih memilih untuk beristirahat atau tidur karena sudha lelah dengan semua. 


And see, saat ini berat badan saya naik 18 kg dari saya melahirkan anak pertama, selain menurunkan rasa percaya diri, dengan berat badan yang bisa dibilang sedikit obesitas ini saya selalu sedih karena pemilihan baju pun terbatas, saya lebih sering pakai gamis atau tunik, karena kalau pakai jeans gitu akan terlihat lebih gempal dan tentunya bergerak pun agak terbatas ya tidak seluwes dulu. 


Sejujurnya juga diet dan memiliki body goals ini adalah resolusi dejak betahun-tahun lamanya namun tidak terealisasi haha namun sejak akhir bulan lalu saya bertekad bahwa saya memang harus mulai hidup sehat dan mengembalikan berat badan saya menjadi ideal. Bukan karena apa ya, saat ini saya bekerja dan berjam-jam di depan laptop, kadang suka sakit pinggang dan gampang lelah, nah ini saya sadar ini adalah dampak dari lifestyle saya yang kurang bagus. Akhirnya saya memulai untuk dengan serius menjalani hidup sehat dan mulai berolahraga. 


Membangkitkan Semangat Olahraga Bagi Pemula



  • Renungkan dan sadari 
yang saya lakukan adalah renungkan keadaan, ya saya merenung dan melihat keadaan saya saat ini dimana BB saya sudah melesat jauh, sering lelah, sakit pinggang yang saya rasakan ini cukup menyiksa. Sadari, bahwa semua harus berubah dan kita tidak bisa begini saja membiarkan tubuh yang dikaruniakan Allah ini menjadi lebih buruk lagi. 

  • Kenali diri sendiri
Mulai mengenali diri kita sendiri karena yang tahu tubuh kita ya diri kita sendiri, kita tahu alarm tubuh kita sendiri lalu mulai lah cari tahu dari google atau syukur-syukur ke ahli gizi bahwa kita harus mulai dari mana. Saya sendiri mencari dari google ya olahraga apa yang cocok untuk BB dan usia saya ini.
 
  • Ingat Keluarga
Ketahuilah kalau obesitas itu bisa jadi awal mula berbagai penyakit, and you know kalau kita sudah sakit semua serba terbengkalai dan anak-anak tidak terurus lalu finansial juga tergerus dan produktivitas menurun. 

  • Mulai saja dulu
Mulai saja dulu dari banyak gerak misalnya saja rutin jalan minimal 5000 langkah dan ini yang saya lakukan. Atau kalau tidak ada waktu jalan saya banyakin gerak saja.

  • Cari tempat olahraga yang menyenangkan
Bagi yang memiliki budget lebih mungkin bisa pergi ke gym dan pakai personal trainer tapi untuk yang tidak ada budget bisa memilih untuk jalan di taman sih karena selain ada track untuk olahraga di sana juga ada banyak pohon jadi oksigen cukup berlimpah. Pergi ke taman wisata bermain air juga ok banget lho. 

  • Semangat, ingat tujuan kita, lebih sehat!
Jujur, untuk hidup sehat itu penuh tantangan apalagi olahraga, rasa malas itu yang sulit banget kita atasi tapi perlu ingat,kalau rasa malas itu datang cepat berdoa mohon dijauhkan dari rasa malas dan semangat lagi, ingat tujuan kita di awal ya lebih sehat. 




Sesungguhnya saya juga masih dalam proses rutin olahraga dan semoga saja istiqomah ya, dan berbicara mengenai olahraga belum lama ini JNE Gelar pekan Olahraga 2022 dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke -77 dan mengambil tema Pulih Lebih Cepat bangkit lebih Kuat. 


Dalam acara tersebut JNE menyelenggarakan 6 pertandingan cabang olahraga yaitu futsal, sepak bola, bola basket, tenis meja, badminton, panahan dan fun bike. Semua pertandingan tersebut diperuntukan untuk seluruh karyawan JNE. Acara berlangsung mulai tanggal 20-28 Agustus 2022 dan Acara puncaknya diselenggarakan di Orion Sport Center di Jl. Bandengan Utara Raya no.73 , Kec. Penjaringan jakarta Utara. 


Dan tahu ga sih kalau dari sekian banyak cabang yang ada , futsal itu menjadi salah satu cabang olahraga yang paling dinikmati dan menjadi favorit 58.000 karyawan JNE seluruh Indonesia. Turnamen Futsal di internal JNE rutin dilakukan sejak tahun 2007 yan diikuti Ksatria san Srikandi JNE. 


Sebagai masyarakat awal, saya sangat mengapresiasi sekali acara ini karena sangat positif banget ya jadi melalui olahraga jadi ajang silaturahmi juga antar karyawan JNE, semoga saja event ini terus berlanjut ya. 



Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉