Tentang Kesehatan Mental

 


Teman, tahu kah kamu kalau saat ini isu kesehatan mental lagi banyak terjadi dan isu kesehatan mental juga masih menjadi stigma yang mampu berdampak buruk bagi si penderita. Sebelum berbicara lebih jauh kita jabarkan dulu apa itu kesehatan mental.

Kesehatan mental merupakan kondisi dimana individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi. 

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain . (promkes.kemkes.go.id )

Lalu orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk dan ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mental mulai dari lingkungan, tekanan , gaya hidup dan masih banyak lagi. 

Di ibu kota seperti Jakarta ini banyak sekali yang mempengaruhi kesehatan mental mulai dari macetnya pulang dan berangkat kerja, tuntutan pekerjaan, sikap lingkungan sekitar dan masih banyak lagi. Makanya tak heran bahwa di kota besar seperti Jakarta ini yang menderita kesehatan mental seperti depresi, stress yang sangat parah, delusi, kecemasan berlebihan, bipolar dan masih banyak lagi. 

Tidak perlu jauh-jauh, ada teman saya yang kesehatan mentalnya terganggu, beliau memiliki tingkat kecemasan yang luar biasa, kadang merasa hampa dan berat dengan kehidupannya dan stres yang cukup berat. Gangguan kesehatan mental itu tentunya tidak hanya berdampak pada jiwa seseorang, namun fisik dan lingkungan juga bisa. 

Sedih memang, dan jika ada keluarga, kerabat atau teman yang kesehatan mentalnya terganggu kita perlu mendampinginya, bisa jadi tempat curhat atau membawa mereka ke layanan kesehatan agar mendapatkan perawatan dan solusi. Jika masih ringan bisa dengan sering berkonsultasi dengan psikolog atau jika membutuhkan obat juga biasanya mendapatkan resep dari tenaga medis. 

Ya, di zaman yang serba banyak tuntutan dan tekanan ini memicu stres yang luar biasa. Untuk itu masihng-masing orang harus bisa mengetahui titik dan mengatasi keadaan tersebut, zaman sekarang sih ada istilah yang namanya healing. nah healing itu ada banyak cara , dan yang lagi populer saat ini jika seseorang stres mereka akan healing ke tempat yang membuat mereka nyaman, tenang , mampu menghilangkan stres mereka.


Menjaga Kesehatan Mental ala Amel


Yups, healing bisa dibilang nge- charger jiwa kita agar lebih daman dan tenang kembali. Saya sendiri beda lagi, ada banyak cara yang saya lakukan ketika saya stres , lelah jiwa raga. Jika alarm tubuh saya menyatakan untuk stop dari aktivitas , saya akan stop sejenak , tarik nafas dalam dan hembuskan ( lakukan beberapa kali ) , terus istighfar agar sedikit lebih tenang. Kalau memang membutuhkan energi mengatasi stres saya akan keluar beli ice cream, ngopi di cafe sendiri, luluran dan tidur menjauh dari hiruk pikuk, atau meditasi di kamar dengan lampu dimatikan.  




Yups, masing-masing orang memiliki cara untuk merawat kesehatan mental mereka, sebenarnya tidak perlu jauh-jauh staycation di hotel, pergi keluar kota atau negeri untuk merawat kesehatan mental lho. Kita juga bisa melakukan meditasi dan berbicara mengenai meditasi, beberapa waktu lalu ada acara yang namanya Acara Alive Fest 2022  yang merupakan festival meditasi terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh The Golden Space Indonesia berkolaborasi dengan Markplus.Inc. Dan salut banget nih ternyata JNE berhasil menjadi bagian dari Mindful Company Brand 2022. JNE pantas mendapatkan award itu sih karena peduli terhadap kesehatan mental para karyawannya. Untuk mengetahui event mengenai JNE bisa cek di https://jnewsonline.com/

Kalau berbiacara mediatasi, teman-teman pasti sudah tahu banget kalau meditasi memiliki banyak manfaatnya. Yups, meditasi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mental seperti yang saya baca di Halodoc: 

  • Meningkatkan Harga Diri dan Awareness
  • Mengelola Kecemasan dan Depresi
  • Melawan Kecanduan
  • Meningkatkan Kesehatan Emosional
  • Menjaga Kesehatan Fungsi Memori

Dengan meditasi juga kita bisa mengenal siapa diri kita dan berterimakasih kepada jiwa dan raga karena sudah kuat dan menjalani hidup saat ini. Teman-teman, memang hidup ini tidaklah mudah, banyak tantangan dan masalah yang harus kita hadapi. tapi ketahuilah bahwa setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya. Jika mental kamu sudah merasa lelah, mohon istirahat sejenak kemudian jika dirasa sudah baikkan kita bisa jalan lagi. Menjaga kesehatan mental itu penting sekali, so kamu harus bisa menjaga kesehatan mental itu sendiri

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉