11 Tahun Kumpulan Emak-Emak Blogger, Berjejak dan Berbagi

 



"Dateng ke ultah KEB ga nanti? " Tanya salah satu teman blogger di WAG. 

"InsyaAllah dateng, dan ga sabar nih pengen kesana", jawab saya antusias. 

Yups, kalau berbicara mengenai KEB seakan tidak ada habisnya meski belakangan ini saya sudah jarang sekali ngeblog dan mengikuti acara blogger di hari kerja karena saya kerja Alhamdulillah. Kumpulan Emak-Emak Blogger, komunitas blogger pertama yang saya ikuti. Dari mulai domain yang masih blogspot menjadi domain pribadi. Blog dan saya pribadi bisa dibilang tumbuh, berkembang bersama KEB dan masyaAllah saat ini komunitas tersebut sudah menginjak tahun ke -11.


Perjalanan ngeblog saya bisa dibilang tidaklah mudah, mulai dari belajar buat blog secara mandiri di warnet sampai menghasilkan uang dan tabungan yang bisa dibilang Alhamdulillah banget. Saya pribadi sangat berterima kasih kepada para makmin kala itu dimana memberikan kesempatan saya yang notabene blogger baru sudah diberikan beberapa job, Alhamdulillah karena diberikan kepercayaan. 


Ketika itu saya melihat potensi blog luar biasa dan bisa menjadi sumber penghasilan saya. ya, dulu saya kerja serabutan, kerja apapun saya jalani asalkan mendapatkan uang. Berbagai profesi dan pekerjaan saya jalani mulai dari buruh sulam pita, tukang pulsa, tukang ojek, jualan makaroni, ngajar les private dan masih banyak. Bersyukur banget bisa kenal KEB, kekeluargaanya pun luar biasa masyaAllah deh saat saya dan keluarga sakit mereka memberika KEB Peduli, terharu banget sih sama kebersamaan KEB. 


Job, networking dan banyak banget ilmu yang saya dapatkan dari dulu hingga kini. Yang terbaru saat acara syukuran 11 Tahun KEB beberapa waktu lalu di Bali Notes, Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogogan, Kec. Kby. Baru. Sesuai namanya, Bali Notes ini dari luar sudah terlihat berbagai ornamen Bali. Ya, semoga saja ya menginjakkan ke Bali Notes dulu dan selanjutnya ke pulau Bali beneran hehe.


Untuk menu makanan kemarin itu menurut saya enak banget sih, karena nasi briyani dan ad pilihan ayamnya juga ada ayam bakar dan ayam goreng tepung.pelayanannya juga ok dan untuk mengatasi kantuk saya juga pesan segelas ice coffee latte.


 Yups, Alhamdulillah tempat acaranya bisa dibilang dekat dari rumah yes dan untuk menuju kesana saya pakai motor. 


Temu Kangen Member KEB




Alhamdulillah, setelah sekian lama gak ngumpul bareng teman blogger akhirnya disinilah kita berkumpul. MasyaAllah rame banget dan saya ketemu Blogger Bandung Teh Nchie, Kang Ali terus ketemu lagi sam Bunda Yati, ya Allah blogger sepuh panutanku yang memiliki semangat luar biasa di dunia blogging. Gak hanya itu aja , akhirnya bisa ketemu Mak Mira Sahid dan Mak Mpuh Indah Juli. Sumpah ya seru dan rame banget, blogger-bloger yang kita ketemu hanya di dunia maya bisa plek tumplek berkumpul di acara bahagia ini. 


Ngobrol panjang lebar, bertanya kabar dan tetap sih saya menengok pekerjaan di handphone hehe. Dan tau gak sih acara ulang tahun ini juga menghadirkan beberapa narasumber dan tentunya ada banyak acara seru mulai peragaan busana kebaya hingga bertabur hadiah kuis dan doorprize, masyaAllah luar biasa deh. 



Yups, setelah makan siang akhirnya acara pun dimulai dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjut dengan sambutan Mak Mira Sahid selaku Founder KEB, ahh mak Mira long time no see. Beliau salah satu wanita panutan saya, entahlah setiap melihat dan postingan beliau itu selalu memberikan energi positif dan semangat sebagai single mom. Setelah sambutan dan menjelaskan mengenai tema dan makna ulang tahun KEB ke 11 ini selanjutnya sesi talkshow yang dihadiri beberapa narasumber. 


Talkshow 



Oktora Irahadi, CEO Infina, yang sharing pengalaman beliau yang bekerja di Agency. Yups, saat ini semua serba digital dan siapapun bisa memanfaatkan peluang untuk mengais rezeki lewat digital, misalnya saja blogger, konten creator dan masih banyak lagi. saat ini peluang peluang bekerja digital dan beliau memberikan wejangan C.O.S.T : 

  • Consistency yaitu kita harus konsisten membuat konten secara terus menerus 
  • Objective yaitu Objectif target pemirsa atau audience dan apa yang akan disampaikan , dimana dan bagaimana. 
  • Socialize yaitu Sosial media yang tempatnya bersosialisasi , dan disini berbiacara mengenai engagement ( komen, like, share dan diskusi ) 
  • Time, yups semua butuh waktu , sabar dan berusaha. 

Jika sudah terjun di dunia maya perlu ingat kalau jejak digital itu nyata adanya dan brand juga melihat itu. So, pastikan reputasi kita tetap baik. 


Setalah itu ada Kang Ali Muakhir dan yang menarik bagi saya yaitu metode EMAK. 
  • Endapkan Rasa 
Baik saat mencari ide atau setelah mendapatkan ide kisah supaya kita bisa meresapi lebih dalam. 
  • Mulailah dengan Membuat Struktur
Pastikan struktur kisah inspiratif  sudah fiks sebelum ditulis. 
  • Apa Pesan yang Akan Disampaikan? 
Cari 1 pesan paling dalam dari kisah inspiratif untuk dijadikan sebagai penutup tulisan. 
  • Kapan Tulisan Tuntas? 
Buat jadwal menulis dan pastikan tuntas. 


Yups, dalam menulis blog sendiri sejatinya jangan asal aja sih tapi harus ada pesan yang ingin disampaikan dan tentunya bermanfaat bagi pembaca. meski saat ini jarang banget menulis di blog pribadi, insya Allah ya masih tetap akan menulis mungkin di sosial media hehe. 




Di ulang tahun KEB yang ke -11 Tahun ini seakan memberikan reminder untuk kita semua dimana setiap tulisan kita itu akan meninggalkan jejak dan seharusnya tulisan kita itu juga mengandung berbagi manfaat bagi para pembaca blog kita. 

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉