Ini Lho Manfaat Puasa Untuk Tubuh





Bulan Ramadhan, bulan yang sangat dinanti seluruh umat muslim di dunia termasuk saya sendiri. Bulan penuh rahmat dan ampunan ini selalu saya rindukan. Kalau dilihat dari pandangan agama Islam bulan ini memang bulan mulia, bulan penuh keistimewaan dimana rahmat dan ampunan, pahala pun berlipat ganda pada bulan Ramadhan. Pada bulan ini seluruh manusia terutama umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan, ibadah wajib dan sunnah juga dilakukan pada bulan ini, untuk meraih rahmat dari Allah SWT.

Menunaikan ibadah sholat wajib, sunah, puasa, perbanyak baca Al-qur’an, berbagi kebaikan dan masih banyak lagi kegiatan kebaikan lainnya untuk meraih banyak pahala. Ada banyak kebiasaan pada bulan ramadhan di keluarga saya mulai dari sahur bersama-sama, menyiapkan buka puasa bersama dan makan -makanan khas yang hanya ada di bulan puasa seperti timun suri, kolak, dan tentunya selalu ada kurma.

Berbicara mengenai puasa, alhamdulillah anak-anak saya sudah diajarkan puasa sebelum baligh jadi mereka terbiasa untuk menahan haus dan lapar, menjaga sikap dan tentunya mengenal Tuhan mereka dengan menjalankan semua perintahnya. Awalnya memang sulit tapi alhamdulillah sekarang sudah lancar karena sudah dibiasakan setiap bulan Ramadhan kita berpuasa.

Sesungguhnya puasa itu tidak hanya menahan haus dan lapar saja, tapi menahan hawa nafsu dimana secara lahiriah kita bisa menahan nafsu amarah misalnya. Untuk puasa sendiri bagi umat muslim memang sebuah kewajiban dan mendapat pahala tapi dibalik itu semua ada banyak sekali manfaat dari berpuasa dan berikut saya jabarkan manfaat puasa untuk jiwa dan raga.


5 Manfaat Puasa

  • Detoksifikasi

Kalian pasti pernah dengar yang namanya detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh, nah puasa itu mampu mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami. Jadi saat kita berpuasa tubuh akan menggunakan cadangan lemak untuk menjadi energi dan lemak tersebut membakar racun yang ada di dalam tubuh. Kadar racun dalam tubuh akan berkurang bisa lewat urine atau keringat. Jadi puasa bisa jadi detoksifikasi alami.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Saya sering mendengar kalau ternyata puasa meningkatkan kesehatan jantung karena puasa sendiri itu mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi maka dari itu darah akan stabil dan jantung tidak akan bekerja lebih keras.

  • Memperbaiki fungsi otak

Menurut penelitian ternyata puasa dapat merangsang produksi protein dalam sel saraf yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini berperan penting dalam proses belajar dan memori serta membentuk sel saraf baru di hippocampus, yaitu bagian otak yang berperan dalam pembelajaran dan memori, namun tentunya dengan catatan dimana kita tetap makan makanan yang asupan nutrisinya cukup ya.

  • Merasa lebih bahagia

Kalian tau hormon endorfin? Yaitu zat kimia yang dihasilkan secara alami oleh tubuh. Hormon ini berperan sebagai penghilang rasa sakit alami dan bertanggung jawab atas perasaan senang setelah melakukan aktivitas tertentu, hormon ini sering disebut hormon bahagia karena memang membuat kita merasa bahagia. Pada saat kita puasa tubuh secara alami mengeluarkan hormon endorfin lebih banyak dari biasanya.

  • Menurunkan berat badan

Puasa juga mampu menurunkan berat badan, tidak asing lagi bagi kita kalau salah satu manfaat puasa yaitu mampu menurunkan berat badan karena asupan makanan yang kita makan itu akan dibakar menjadi energi dan sebagian diserap oleh tubuh. Dalam hal ini juga detoksifikasi berperan dimana lemak yang dibakar oleh tubuh akan dikeluarkan melalui urin.

Saat ini juga lagi happening banget mengenai diet puasa atau bahasa kerennya Intermittent Fasting, apa itu ? jadi ini adalah salah satu pola diet yang digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Diet puasa dilakukan dengan bergantian antara berpuasa dan makan dengan jadwal yang telah diatur dan metode ini sudah terkenal di dunia.



Lalu gimana menjalankan metode ini? Nah seperti yang saya baca di internet provider ada 3 metode yaitu metode 16/8 atau protokol Leangains, metode ini biasanya melewatkan waktu sarapan dan membatasi waktu makan harian Anda hingga 8 jam, seperti 1–9 malam, Metode Eat-Stop-Eat yaitu puasa selama 24 jam, sekali atau dua kali seminggu, misalnya dengan tidak makan dari makan malam satu hari sampai makan malam keesokan harinya. Dan terakhir yaitu Diet 5:2 dimana kita hanya mengkonsumsi 500–600 kalori pada dua hari yang tidak berurutan dalam seminggu, tetapi makanlah secara normal selama 5 hari lainnya.

Yups, itu tadi beberapa manfaat dari puasa dan sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari puasa dalam mencegah penyakit tertentu ya. Ada note khusus yang ingin saya sampaikan yaitu saat ingin berpuasa kita harus makan dan minum sesuai kebutuhan dan tentunya kaya nutrisi agar nutrisi dalam tubuh terpenuhi. Pokoknya kalian harus banyak-banyak baca di internet, agar lebih lancar baca juga jangan lupa pilih internet provider yang mumpuni kalau saya sendiri di rumah menggunakan internet provider IndiHome dari Telkomsel Indonesia.

Agar tidak bosan saat puasa, lakukanlah kegiatan yang bermanfaat ada banyak kegiatan seperti olahraga, mengaji untuk umat muslim dan bisa mengaji lewat aplikasi digital yang tentunya device kamu tersambung internet provider ya, terus olahraga juga bisa dan biasanya 1 sampai 2 jam sebelum buka puasa dan kalau saya sendiri sih jika libur dan salah satu me time saya akan nonton drama korea hehe terus ga perlu khawatir bakal lemot karena internet provider di rumah IndiHome. Btw, ada ga sih kegiatan kamu saat berpuasa? Yuk share di komentar!

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉