Hal Kecil Yang Bisa Dilakukan Untuk Melindungi Bumi dari Kerusakan

 



Ketika melihat langit biru ada rasa bahagia tersendiri, mungkin karena indah. Keadaan langit saat ini tidak selamanya biru dan bahkan lebih sering cenderung ke abu-abu karena mungkin akibat polusi berlebih pada wilayah tersebut. Untuk cuaca sendiri juga sama apalagi beberapa waktu lalu dimana suhu di rumah saya itu mencapai 32 derajat celcius. Cukup panas untuk suhu rumah yang biasa 25 derajat celcius. 


Panas yang menyengat tiba-tiba hujan besar dan itu belakangan sering terjadi,dampak perubahan iklim semakin nyata. Seringkali saya bilang untuk bumi menjadi lebih baik diperlukan kerjasama dan dimulai dari kita sendiri. Banyak hal kecil yang bisa dilakukan untuk bumi menjadi lebih baik dan Alhamdulillah sejak bergabung dengan Eco Blogger Squad saya menjadi lebih aware lagi atau berhati-hati dalam bertindak. Banyak ilmu baru mengenai alam, sustainable dan menjaga lingkungan.


Belum lama juga saya kenal dengan Team Up For Impact atau (TUFI) disana saya menemukan banyak hal baru mengenai cara mengatasi perubahan iklim dan hal kecil yang bisa saya lakukan. Dan berikut beberapa hal kecil yang mungkin bisa kamu lakukan juga untuk menjaga bumi.


Hal Kecil Merubah Bumi Lebih Baik


  • Menghapus sampah digital
Menghapus sampah digital bisa membantu menyelamatkan bumi. kok bisa? nah ini saya baru tahu sejak beberapa tahun lalu. Yups, saat ini semua serba digital satu orang bisa memiliki satu sosil media ya minimal email lah ya, dan ternyata ada hubungannya antara menghapus email dan menyelamatkan bumi lho. 

Ok jadi setelah aku baca dibeberapa platform jika email tersebut dihapus maka bisa meringankan beban Bumi. Setiap email diperkirakan menyumbang 0,3 gram karbon dioksida. Itu artinya, dengan menghapus 500 email spam maka ada 175 gram karbon dioksida yang dihilangkan yang mana ini akan berdampak besar bagi kelangsungan Bumi. 

Kalau dulu memang saya selalu membiarkan email yang tidak penting menetap di email saya namun setelah tahu manfaat menghapus email untuk bumi saya jadi rajin menghapuskan email, meski saat ini masih ada sekitar 2000 lebih email yang belum dihapus huhu. Memang sih, menghapus email ini hal yang cukup sepele, kita bisa sambil tiduran atau lagi senggang bisa kok langsung menghapus email dan spam. 

  • Makan secukupnya dan habiskan makanan
This, ini masih menjadi PR banyak orang dimana menyepelekan makanan. Tahu kah kamu kalau sampah organik ? dan Menurut data yang saya baca ada sampah makanan yang terbuang setara 27 Triliun rupiah. 

Sebanyak 67,8 juta ton sampah pada tahun 2020 berdasarkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) sebanyak 37,3 % sampah di Indonesia berasal dari aktivitas rumah tangga lalu sumber sampah terbesar berikutnya yaitu berasal dari pasar tradisional 16,4%, sampah restoran dan rumah tangga. Itu  bukanlah jumlah yang sedikit lho. 

Lalu menurut UNN Food and Agriculture organization, sampah makanan setiap tahunnya bisa memberi makan 1% populasi Indonesia dan 1/3 dari total makanan yang diproduksi di dunia terbuang percuma. Jadi yuk mulai dari diri kita sendiri mulai dari mengatur porsi dan selalu menghabiskan makanan yang ada dipiring kita. 

Saya sendiri lebih mengambil makanan dalam porsi sedikit terlebih dahulu, jika memang ingin nambah pastikan porsi tersebut cukup dan selalu habis, karena sayang jika awalnya kita mengambil banyak namun tidak habis bukan? . Membuang makanan bukan hanya tidak baik untuk bumi tetapi dalam agama yang saya anut membuang makanan itu itu merupakan perbuatan yang buruk, tidak terpuji karena termasuk sikap menyepelekan nikmat dan kufur terhadap nikmat tersebut.

  • Mengumpulkan minyak goreng bekas
Menjadi member Eco Blogger Squad adalah salah satu rezeki, selain banyak kenalan orang baru yang konsern dengan perubahan iklim saya mendapatkan banyak ilmu didalamnya juga. Sadar atau tidak saya mulai menerapkan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, Replant) meski memang belum totalitas tapi hal kecil sudah saya lakukan mulai dari rumah yaitu mengumpulkan minyak jelantah untuk diproses menjadi barang yang bermanfaat. 


Minyak jelantah bisa dibilang sampah rumah tangga yang ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Bahaya yang ditimbulkan dari limbah minyak jelantah seperti rusaknya ekosistem perairan, mencemari tanah, dapat menyumbat saluran air, kontaminasi sumber air masyarakat dan penyakit jantung. Limbah minyak jelantah dapat diolah dengan baik supaya tidak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. 

Saya tahu minyak jelantah ada manfaatnya itu sejak gabung EBS dan mulai searching manfaat dari minyak jelantah dan kemana saya harus mengumpulkkan limbah minyak jelantah tersebut. Jadi ketahuilah kalau ternyata minyak jelantah itu bisa diolah kembali untuk jadi barang yang bermanfaat misalnya saja bisa didaur ulang jadi biodiesel, lilin, dijadikan eneri lampu minyak, sabun cuci, pupuk tanaman dan masih banyak lagi. Nah biasanya saya akan mengumpulkan minyak jelantah di derigen ukuran 5 liter kemudian di kirimkan melalui https://waste4change.com/sendyourwaste



Yups, itu tadi adalah 3 hal kecil yang biasa saya lakukan untuk melindungi bumi dari kerusakan. Namun sebenarnya ada banyak yang bisa kita lakukan lagi sih misalnya saja menanam pohon. Nah kita bisa lho menanam pohon tanoa mengeluarkan uang, hanya mengikuti tantangan saja. Gimana caranya? 
Caranya gampang banget, kamu tinggal mengikuti tantangan TUFI ( Team Up For Impact ) bisa klik saja di websitenya https://teamupforimpact.org/  dan ikuti tantangan setiap harinya. 

Ada beberapa pilihan tantangan mulai dari sampah, makanan, digital, energy, bisnis hijau dan activisme. Setelah mengikuti tantangan kita akan mendapatkan poin lalu bisa ditukarkan dengan pohon. Oh iya setlah mengikuti tantangan tersebut jangan lupa share di sosial media kamu ya!





Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉