Jadi Smart Fandom Dalam Mengelola Keuangan



Ada yang sama seperti saya gak? Jadi ya entah kenapa semakin bertambahnya usia saya banyak mengikuti alur aja, ada obsesi ingin memiliki ini itu, ingin jadi ini itu tapi hanya sekedar keinginan dan yang penting sudah berusaha dan menjalani semuanya dengan baik.

Lalu gimana dengan passion? Begitu pula dengan passion, mungkin banyak yang melihat saya sebagai blogger dan content creator itu sebagai passion saya, namun saya sendiri hanya bisa jawab bisa iya dan bisa tidak hehehe iya karena keadaan memaksa saya harus bisa ini itu dan Alhamdulillah selama ini menjalaninya dengan happy plus bonus dapet cuan ya kannnn hehehe ( jadi jangan heran kalau ke pantai atau kemana-mana ga lupa bikin konten yes) 😍😆

So far memang lebih mengikuti alur dan takdir yang ada karena keadaan yang memaksa saya seperti itu untuk saat ini.


Berbicara mengenai passion ada beberapa waktu kalau dalam memperingati #womeinternationalday saya mengikut online gathering bersama FWD Insurance dengan tema FWD Bebas Berbagi : Press play to your smart fandom dengan narasumber mba Rizky Mentari yang sharing mengenai perjalannya membuka bisnis open jastip yang berbau K-Pop, beliau adalah Music Enthusiasm.

Beliau membuka jastip mulai dari merchandise K-Pop dan masih banyak lagi. Yups berawal dari passion kita ternyata bisa menghasilkan uang lho.

Hayooo siapa pecinta K-Pop, saya sendiri suka lagu- lagu Korea dan itu bermula dari suka nonton drama Korea kemudian mulai mengenal K-Pop seperti BTS, Super Junior dan masih banyak lagi. Saat ini juga dunia menuju endemi dimana sudah banyak konser yang dilaksanakan di Indonesia yang terbaru grup K-Pop Blackpink menghibur fans di Indonesia beberapa waktu lalu.




Sungguh budaya K-Pop itu seperti virus gitu dan kalau suka ya suka banget bahkan teman saya ada yang mengumpulkan segala macam merchandise K-Pop mulai dari album postcard dan masih banyak lagi. Nih ya jika ada jumpa fans artis K-Pop atau show pasti pada war istilah berperang beli tiket hehe. Ada yang fanatic ada yang biasa saja menanggapi K-Pop, saya sendiri yaitu termasuk yang hanya sekedar suka dengan orangnya dan lagunya.

Oh iya just information juga nih kalau saat ini ada banyak Fandom, kalau menurut bahasa fandom artinya adalah komunitas atau kelompok penggemar yang antusias, yang biasanya mengidolakan orang, atau mempunyai hobi dan kegiatan yang sama. tapi makin kesini fandom diartikan sekumpulan kelompok yang berkiblat ke dunia K-Pop atau lebih ke Korea Selatan.

Kekuatan mereka pun tidak diragukan lagi, meski sekedar menyukai atau mengidolakan idol mereka, ada banyak kegiatan positif yang sering mereka lakukan, misalnya saja bantuan bencana, nah mereka akan patungan untuk membantu bencana tersebut. Jadi uang mereka juga tidak hanya untuk memuaskan hasrat mereka yang membeli aneka merchandise KPop saja.

Dan berbicara mengenai merchandise Rizky Mentari sharing, mengenai perjalannya open jastip berbau KPop. Yups, berawal dari kepergiannya ke Korea nonton Konser beliau jadi open jastip dan akhirnya bisa menghasilkan cuan hingga kini. So, keren banget ga sih darinya hobi atau ngefans sama sesuatu bisa menghasilkan keuntungan dan bisnis yang lumayan banget.

Peluang yang cukup bagus bukan? Untuk penggemar idol mungkin bisa mengikuti jejak dari Rizky Mentari dimana tau seluk beluk fandomnya dan tau apa yang lagi hype. Dan insyaAllah untung terus sih karena budaya Korea Selatan terutama drama dan KPopnya lagi happening banget di berbagai belahan dunia, bahkan tiket konser atau fanmeet juga cepat habisnya.

Lalu bagaimana fandom Tapi perlu diketahui juga nih kalau sudah menghasilkan uang kita harus pintar mengatur keuangan kita mulai dari saving, investasi dan mengelola hutang. M dan sudah ada Indrawati Kawihardja, head of Agency Training of FWD Insurance & Applied Neuroscience.

Pertama adalah ketika kita bekerja keras, itu sebenarnya untuk siapa sih? tentu untuk kita nikmati dan tau ga sih ketika kita bisa menikmati hasil kerja keras kita yaitu sebuah anugerah yang luar biasa jadi jangan hanya ditabung saja.

Yup kita harus kerja bakti, kerja keras, kerja cerdas buat menikmati jadi jangan khawatir untuk menikmati hasil kerja keras kita ya. namun kita harus tau dan paham money management yaitu mengelola uang.

Ukuran gaya hidup menentukan bagaimana mengelola uang dan hutan, jadi lebih baik sesuaikan dengan pendapatan dan panggilan ( your calling atau your passions). Gaya hidup ditentukan oleh kita dan itu semua mempengaruhi semua keputusan pilihan hidup kita.

Mengatur keuangan pakai Prinsip 3 S, ketika ada income atau pendapatan masuk yang pertama yang harus dilakukan yaitu :

  • Saving

Pertama harus nabung dulu, alhamdulillah ini selalu saya lakukan ketika gajian karena saya memiliki financial goals.

  • Spending

Belanjakan, yups tentunya belanjakan apa kebutuhan kita sekeluarga, dan pastikan jangan sampai besar pasak daripada tiang.

  • Sharing

Jangan lupa berbagi untuk orang lain karena apa yang kita bagi itu yang akan kita terima yang tidak hanya materi saja tapi juga kebahagiaan. Yups, jangan pelit ya.



Ok setelah melakukan 3 S jangan lupa aware yang namanya protecting atau asuransi dan dana darurat jadi pastikan pendapatan yang masuk kita harus saving ke protecting 10% dan selanjutnya, kita harus pintar dalam mengelola hutang, nah kalau ini Alhamdulillah saya paling takut berhutang karena suka kepikiran takut ga bisa bayar dan selalu terasa ada beban aja gitu. Tapi nih ya jika bisa mengelola hutang dengan baik insyaAllah aman-aman saja asalkan maksimal 30% dari pendapatan kita,, namun tetap ya pilihan kembali kepada masing-masing.

Asuransi termasuk protecting yaitu sebanyak 10% dari income, Alhamdulillah saat ini saya sudah memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Menurut saya penting banget memiliki asuransi karena untuk berjaga-jaga juga. Untuk saat ini nominal asuransi jiwa yang saya miliki sesuai kebutuhan saya dan kesanggupan premi setiap bulannya. Untuk kamu, yang belum memiliki asuransi buruan deh karena itu penting banget dan pilih asuransi sesuai kebutuhan kamu. Untuk asuransi mungkin bisa pilih product FWD Insurance , disana banyak pilihan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Yups, itu tadi sedikit wejangan mengenai mengelola keuangan, nah meski passion kita di Fandom atau penggemar KPop banget yang suka beli aneka merchandise idol, asalkan kita bisa mengelola uang dengan baik itu gak papa kok, so teruskan passion kamu.

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉