Tips Cambridge Examination Score A* Untuk Anak Kuliah Di Luar Negeri


"My Dream University", Kalimat paling atas yang saya baca ketika tak sengaja terlihat ketika buku harian Kezia terjatuh. Sebenarnya agak kurang sopan ya, namun saya penasaran sebenarnya dimana Universitas Impian anak saya akhirnya saya memberanikan diri membaca buku hariannya dan seketika hati saya terasa nyesss melihat beberapa Universitas Impian Kezia seperti Kyushu University yang berada di Jepang, University of Toronto dan lainnya. Tidak hanya menyebutkan nama Universitasnya saja tetapi dia menjabarkan apa saja yang harus dipersiapkan dan plus minus masing-masing Universitas dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk masuk di Universitasnya.


Kalau dilihat-lihat Kezia ini memang anaknya ambisius, seorang planner yang memiliki tujuan mau kemana gitu, bagus memang dan sebagai orang tua hanya bisa mendukung, berdoa dan berusaha agar semua impian Kezia bisa tercapai. Keinginan kuliah di luar negeri ini memang sudah lama dia impikan, sebelum memiliki keinginan ini tuh sebelumnya saya suka pillow talk dengan anak-anak sebelum tidur. Saya menceritakan salah satu kenalan blogger yang tinggal di luar negeri. 


Saya memperlihatkan kepada mereka bagaimana kehidupan teman saya di sana, dan saya bilang " Shakila, Kezia kadang semua yang kita inginkan itu bisa tercapai bisa juga tidak, tapi yang pasti untuk mewujudkan itu semua kalian harus maksimal berusaha dan biar Allah yang menetapkan semuanya. Jujur, mama membebaskan kalian mau jadi apa dan ingin hidup di dalam atau luar negeri, yang penting kalian bisa hidup bahagia mama udah senang banget, jadi mulai dari sekarang tentukan pilihan mau kemana selesai SMA". 


Cerita yang ngalor ngidul dan menyuguhkan kehidupan di luar negeri kepada mereka, membuat mereka memiliki keinginan bisa sekolah atau hidup di sana terutama Kezia yang saya juga kaget sendiri sih dimana dia menulis My Dream University. Tentunya tidak mudah memang untuk kuliah di luar negeri selain financial yang memumpuni, diperlukan juga nilai yang bagus dan tinggi tentunya agar bisa lolos kuliah disana dan syukur-syukur dapat beasiswa. 



Untuk info kuliah di luar negeri jujurly saya sangat terbatas dan hanya ada beberapa info dan persyaratan yang saya baca lewat website, dan alhamdulillah beberapa waktu lalu ikut webinar bersama Sinotif dengan tema How To Make Your Children's Cambridge Examination Score A*? bersama Pak Aris Widodo S.Si.


Jadi pada saat ingin kuliah di luar negeri itu ada syarat-syarat yang diperlukan salah satunya adalah sertifikasi Cambridge. beberapa universitas yang terafiliasi United kingdom rata-rata syarat-syaratnya yaitu sertifikasi Cambridge.

Dalam Cambridge Examination itu terbagi 3 bagian yaitu IGCSE, AS/A Level Differences. Kalau melihat Sekolah Internasional, mereka sudah memasukan kurikulum Cambridge di sekolahnya. 

  • IGCSE
Diperuntukan untuk siswa/i sekolah dengan grade 9-10 disekolahnya. Biasanya tingkat kesulitannya masih basic dan penekanan lebih konsep-konsep pelajarannya. 

  • AS- Level Differences
Diperuntukan siswa/i sekolah dengan grade 11 di Sekolah Internasiona. Biasanya dengan tingkat kesulitan soalnya kategori menengah. 
  • A Level Differences
Diperuntukan siswa/siswi dengan sekolah grade 12. Biasanya dengan tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi. 


Perlu diketahui dii beberapa sekolah IGCSE, AS/A Level Differences ini mereka jadi satu dengan kurikulum mereka karena ini berproses, dimana dari grade 9 sampai 12. Perbedaan utama yaitu dari tingkatan grade nya begitu pula dengan kesulitannya. 

Kalau di sekolah dikasih pilihan IGCSE, AS/A Level Differences, kita harus kembali lagi kepada sebenarnya cita-cita atau keinginan anak kita itu seperti apa dan berikut Saran atau Tips. 

Jurusan yang ingin dituju? 
  • Biochemistry ( Molecular and Cellular ) yang harus nilai A* nya adalah Math, Physics, Chemistry and Biology 
  • Engineering Science ---> Math, Further Math, Physics 
  • Economics and Management --> Math 
  • Computer Science ---> Math, Further Math
University yang akan dituju? 
  • University of Oxford Harvard 
  • University Stanford University 
  • University of Cambridge 
  • Massachusetts Institute of Technology
Lalu pilih Negara mana dan ada yang perlu diperhatikan dan cari info mengenai biaya hidup disana, lingkungannya seperti apa ?, asrama atau ga? jadi preparation itu harus sebelumnya dipikirkan dengan baik. 

Pilih tutor yang tepat, nah Tutor yang tepat untuk mendapatkan University yang akan dituju? 
  • Pengalaman handle IGCSE, As/A Level 
  • Rekomendasi jurusan sesuai minat 
  • Ketepatan dalam memberikan pemahaman dan latihan sesuai kebutuhan

Perlu diketahui juga nih Jadwal Ujian Cambridge Examination, nah yang perlu di persiapkan anak untuk menghadapi ujian ini minimal banget 6 bulan sebelum ujian ya, perlu di screaning math basic dan lainnya. Jadi anak harus paham untuk basicnya. 

Kalau dikelas nasional hanyaada 5 chapter nah kalau di ujian ini ada 18 chapter yang harus dipelajari, harus dari 1-18, kita para orang tua juga harus suportif juga agar anak - anak termotifasi juga.  Kita juga juga harus konsisten dan terjadwal. Untuk jadwal ujian Cambridge Examination bisa cek gambar diatas. 

Kenapa Penting dapat A*? 

Peluang mendapatkan Jurusan, University yang akan dituju jauh lebih besar , Rasa percaya diri meningkat, bahwa saya mampu. Kebanggaan terhadap diri sendiri Ujian Semakin Dekat. 

  • Bio Chemistry Ujian Semal Dekat UCAS code: C700 Entrance requirements: AAA including Chemistry and another science or Maths, with the A in Maths, Physics, Chemistry, or Biology (or a very closely related subject). Course duration: 4 years (MBiochem)
  • Engineering Science UCAS code: See course options Entrance requirements: A*A*A (with the A's in Maths, Further Maths or Physics). Course duration: 4 years (MEng) 
  • Economics and Management UCAS code: LN12 Entrance requirements: AAA (with Maths at A or A*) Course duration: 3 years (BA)
Yang perlu dipersiapkan agar nilai Maksimal 

  • Membuat ringkasan materi 
  • Banyak latihan soal soal dengan Papers ujian tahun sebelumnya 
  • Jangan pernah takut untuk bertanya dan mencari klarifikasi tentang materi yang anda belum yakin
  • Simulasikan Ujian dengan waktu sesungguhnya Fokus mengerjakan soal soal yang anda ketahui terlebih dahulu

Yups, ternyata untuk kuliah di luar negeri itu tidak mudah ya, banyak sekali yang perlu dipersiapkan dan tentunya nilai anak itu wajib banget A atau A* lebih baik. Lalu bagaimana jika nilai anak kita misalnya hanya B? nah tenang bun semua ada banyak peluang tapi untuk mendukung nilai anak menjadi A* agar anak bisa kuliah di luar negeri kita mulai dari sekarang itu melakukan persiapan misalnya saja mengikuti bimbingan belajar bersama Sinotif. 


SINOTIF adalah sebuah tim yang berkomitmen, yang terdiri dari orang-orang yang positif, mencintai dunia pendidikan yang selalu sabar, jujur, berorientasi terhadap hasil didikan dan penuh integritas. Bimbingan belajar ini juga fokus pada 3 pelajaran yaitu Matematika, Fisika dan Kimia. SINOTIF membuka kelas secara tatap muka virtual, live & interaktif yang telah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan memiliki siswa dari berbagai negara.


Bun, memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak itu memang menjadi tanggung jawab kita, dan siapa sih yang tidak bangga jika anak kita bisa kuliah di luar negeri terlebih mereka bisa mencapi semua mimpinya? Kita sebagai orang tua hanya bisa usaha memberikan semua apa yang anak butuhkan sesuai dengan kemampuan kita secara finansial maupun doa. Yang penting sih dukungan ya, ini kita wajib banget memberikan dukungan agar mereka bisa terus mau belajar untuk meraih cita-citanya. 

At the end, saat ini untuk financial itu sedang di usahakan banget ya terlebih single parent dengan dua orang putri tapi Bismillah,  Man Jada Wa Jadda barang siapa yang bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu pasti akan berhasil, semoga Allah memudahkan semua jalannya ya, aamiin. 

Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉