Monday, August 31, 2015

Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu Pakai BPJS

Tanggal 20 Agustus 2015 saya operasi gigi geram bungsu kiri bawah.Ini adalah operasi gigi geraham bungsu saya yang ke dua (sebelumnya operasi gigi geraham bungsu kanan bawah).
Kali ini saya memilih R.S Sari Asih Ciputat dengan alasan disini kita tidak di operasi di ruang operasi dan rawat inap.Maklum saya paling parno kalau dengar kata operasi karena saya sudah mengalami operasi cesar (sakit luar biasa),Operasi usus buntu dan operasi gigi.

Sebenarnya saya takut sekali karena untuk  melakukan operasi gigi geraham bungsu kedua kalinya tapi kalau di biarin malah kepala sering sakit,gigi nyut-nyutan sampe leher ya sudahlah akhirnya saya beranikan diri untuk operasi si gigi ini.

Operasi Gigi geraham bungsu dua-dua na saya memakai fasilitas BPJS.Yups..soalnya kalau bayar cash  satu gigi aja 2 juta lebih hampir 3 jutaan (sangat besar biaya ini buat saya).Adapun tahap-tahap yang kita lalui untuk menuju di eksekusinya si geraham bungsu jika pakai BPJS.

1.Kita minta rujukan ke Faskes 1 (kalau saya puskesmas ke poli gigi dulu lalu dapat rujukan ke bagian bedah mulut, jangan lupa siapkan foto copy BPJS,KK dan KTP)

2.Pergi ke RS yang ada di surat rujukan (terserah kita mau di RS mana)

3.Sampai di RS ambil nomer pendaftaran BPJS (sabar aja,,tahap disini ngantri banget dan harap maklum namanya juga gratis)

4.Antri di bagian poli gigi lalu di cek dan kita mendapat surat untuk melakukan rotgen

5.Ambil nomer pembayaran BPJS (sekaligus daftar operasi gigi )

6.Tunggu pihak RS nelp kita,berhubung kita pakai BPJS kita harus nunggu 3-4 bulan nunggu ruang operasi kosong.

7.Setelah kita di telp pihak RS dan janjian hari operasinya jangan lupa surat daftar operasi,hasil rotgen,foto copy KTP,BPJS di bawa.

8.Ambil nomer Daftar BPJS (lalu kita di kasih formulir seperti dibawah ini) lalu tunggu panggilan di Poli Gigi (operasi yang kedua di dalam ruangan poli gigi)


dok.pribadi 
Dokter yang menangani saya sangat handal bingit soalnya dia hanya membutuhkan kurang dari 20 menit untuk mengeksekusi Gigi geraham bungsu saya yang kiri.Tapi perasaan deg-degan waktu operasi sih ya tetap ada *yaiyalah sepanjang operasi kita sadar dan liat jarum suntik untuk bius,alat penyedot darah dan gitu denger suara bor yang membengkakakan telinga terakhir saya bisa lihat gimana tuh dokter jahit lubang bekas si gigi.

gigi geraham bungsu saya 


Setelah selesai operasi kita kembali ambil nomer pembayarn BPJS sekaligus ambil obat dan semuanya FREE alias bebas biaya.3 hari setelah operasi pipi kita bengkak dan 10 hari kemudian benang-benang jahit bekas operasi itu akan di ambil *nyerr nyerr gimana gitu rasanya terlebih ga di bius.
oya,...agar cepat kering bekas jahitan saya anjurkan minum Vit C.


Memang sangat ribet sih kalau kita pakai BPJS di bandingkan dengan bayar cash or pakai asuransi swasta tapi ya memang ini sudah peraturanya ya gimana lagi,terlebih ya gratis kita berobatnya hehe.BPJS sendiri sebenarnya tidak gratis karena tiap bulan kita harus membayar iuran yang telah kita pilih.
yups..inilah pengalaman saya operasi gigi geraham bungsu yang ke 2,,tunggu cerita saya operasi gigi geraham bungsu yang atas *ga tau kapan tapi hehe.









































































































































































































































































































































































































































































































































































































































20 comments:

  1. Kak ini dokternya dokter bedah mulut atau bukan ya? aku juga mengalami hal yang sama gigi geraham bungsu harus dioperasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek,klo operasi gigi geraham bungsu emang harus dokter bedah mulut.

      Delete
  2. Hai Kak, saya juga punya cerita yg sama, tp memang sy sdh ke dokter swasta dan jg sdh rontgen gigi, yg bawah kanan dan kiri mmg miring sempurna, jadi hrs di operasi krn kena yg gigi depannya (jd bolong). tp apa bnr kalo bpjs hrs 4-4 nya sakit semua ? saya dgr dr temen begitu kak.. sdgkan kalo emang ga 4-4 nya, masa harus di operasi 4-4 nya? tks. Oiya sy di daerah Jaksel intinya blm berhubungan dgn bpjs tp tertarik utk surgery gigi ini kak. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum operasi gigi yg atas nih cuma geraham bungsu yang bawah aja.

      Nih ya kalo ga di operasi kita akan merasa pusing terus hdp memang harus di angkat tapi ya itu pilihan masing2 orang ya.

      Lebih baik operasi gigi nya satu satu aja jangan sekaligus 4 gigi ,kalau sekaligus malah sakit banget dan saudara saya jadi pelo gitu ngomongnya.

      Dokter yang handal juga diperlukan biar saat operasi ga terlalu lama jangan lupa juga 2 minggu sebelum operasi usahakan minum vit C biar luka bekas operasi cepet kering.

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. Aku juga belum operasi gigi yg atas nih cuma geraham bungsu yang bawah aja.

      Nih ya kalo ga di operasi kita akan merasa pusing terus hdp memang harus di angkat tapi ya itu pilihan masing2 orang ya.

      Lebih baik operasi gigi nya satu satu aja jangan sekaligus 4 gigi ,kalau sekaligus malah sakit banget dan saudara saya jadi pelo gitu ngomongnya.

      Dokter yang handal juga diperlukan biar saat operasi ga terlalu lama jangan lupa juga 2 minggu sebelum operasi usahakan minum vit C biar luka bekas operasi cepet kering.

      Semoga membantu :)

      Delete
  3. Hai Kak, saya juga punya cerita yg sama, tp memang sy sdh ke dokter swasta dan jg sdh rontgen gigi, yg bawah kanan dan kiri mmg miring sempurna, jadi hrs di operasi krn kena yg gigi depannya (jd bolong). tp apa bnr kalo bpjs hrs 4-4 nya sakit semua ? saya dgr dr temen begitu kak.. sdgkan kalo emang ga 4-4 nya, masa harus di operasi 4-4 nya? tks. Oiya sy di daerah Jaksel intinya blm berhubungan dgn bpjs tp tertarik utk surgery gigi ini kak. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru aja dari rmh sakit Panti Rapih Jogja. Awalnya sy pgn operasi geraham bungsu 4-4nya lgsg menggunakan bpjs. Tp ternyata begitu smp diruang pratek dokternya gabisa. Soalnya bpjs hanya mengcover 1 saja. Tdk bs 4 sekaligus. Akhirnya sy mengurungkan niat dan menahan sakit smp ada rejeki utk biaya operasi semuanya. Ga berani kl satu2 hahahaha

      Delete
    2. Memang harus 4 gigi bungsu yang mesti di cabut, kalau pake bpjs itu satu satu gigi yang di cabut ga bisa sekaligus 4, dan 1 gigi aja itu nunggu nya 2-3 bulan nunggu kamar.Kalau rasa sakit sih relatif ya tergantung ke ahlian doter juga, namun saya sarankan minum vitamin C secara rutin seminggu sebelum operasi gigi.

      Kalau operasi 4 gigi sekaligus sih aaya rasa itu akan sakit banget jadi lebih baik satu per satu ajaa.

      Delete
    3. Memang harus 4 gigi bungsu yang mesti di cabut, kalau pake bpjs itu satu satu gigi yang di cabut ga bisa sekaligus 4, dan 1 gigi aja itu nunggu nya 2-3 bulan nunggu kamar.Kalau rasa sakit sih relatif ya tergantung ke ahlian doter juga, namun saya sarankan minum vitamin C secara rutin seminggu sebelum operasi gigi.

      Kalau operasi 4 gigi sekaligus sih aaya rasa itu akan sakit banget jadi lebih baik satu per satu ajaa.

      Delete
  4. kebetulan nemu blog ini, saya rencana jg akan operasi di sari asih ciputat pake BPJS. Tapi baru bisa ketemu dokternya tanggal 22 sept nanti. Dan entah kapan bisa operasinya. Mbak dulu di sari asih dengan dokter siapa ya? trs antri untuk bisa tindakan operasi berapa lama sejak pendaftaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama dokternya saya lupa tapi cwo dan keren banget cara dia nyabut si geraham bungsu.
      Pertama ketemu dokter lalu nunggu sekitar hampir 3 bulan baru di telp dari sari asihnya ya maklumin aja sih ya namanya juga pake bpjs, tapi klo cash bisa operasi langsung.

      Delete
    2. Mau tanya mbk amel... setelah operasi bisa buat mkn normal brp hari ya??

      Delete
    3. Untuk pasca operasi bisa buat mkn normal brp hari ya mbk?? Trus msh harus d ambil lg benangx?? 😫

      Delete
    4. Pasca operasi bisa buat mkn normal brp hari ya mbk??

      Delete
  5. Pasca operasi bisa buat mkn normal bth wkt brp hari mbk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih ya 6 jam setelah operasi makan biasa aja hehe bahkan siangnya operasi malamnya saya makan nasi goreng tapi ya pelan2 takut jahitanya rusak.Untuk pengambilan jahitan operasi 7 sampai 10 hari setelah operasi.

      Delete
  6. mbak, kemaren2 bersihin katang gigi. eh kata dokternya suruh operasi 2 geraham bawah kanan kiri. ada tips gak mbak, saya ini psling takut ke dokter bedah, apalagi gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seminggu sebelum operasi minum Vit.C biar pasca operasi cepet sembuhnya, pilih dokter yang kompeten jd ga lama operasinya, ya berdoa aja hehe tapi ga terlalu sakit kok operasinya daripada di diemin aja tuh gigi malah nimbul masalah lain.

      Delete
  7. Mba gmn rasanya pas di op giginya? Sy jg mesti op 2 gigi bawah kanan kiri krn tumbuhnya ga sempurna. Nah klo yg atas tumbuhnya oke jd bs dicabut aja ga perlu op. Smp saat ini blm ads biaya mba pgnnya sih bayar ga pake bpjs. Iya emang gigi bs bikin migren mba. Sy plg sering di kanan ni gigi sakit sampe kepala skt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya ya gt deh hehe lumayan sakit, tapi saran saya lebih baik cari dokter yang sudah terkenal kompeten jadi cepet cabut giginya.

      Iya pakai bpjs aja, kalau cash berasa bgt 1 gigi jutaan.Emang sih lama antrinya tapi ngebantu banget sih bpjs buat kita yang ga punya duit.

      Delete