Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu Pakai BPJS

Tanggal 20 Agustus 2015 saya operasi gigi geram bungsu kiri bawah.Ini adalah operasi gigi geraham bungsu saya yang ke dua (sebelumnya operasi gigi geraham bungsu kanan bawah).

Kali ini saya memilih R.S Sari Asih Ciputat dengan alasan disini kita tidak di operasi di ruang operasi dan rawat inap.Maklum saya paling parno kalau dengar kata operasi karena saya sudah mengalami operasi cesar (sakit luar biasa),Operasi usus buntu dan operasi gigi.


Sebenarnya saya takut sekali karena untuk  melakukan operasi gigi geraham bungsu kedua kalinya tapi kalau di biarin malah kepala sering sakit,gigi nyut-nyutan sampe leher ya sudahlah akhirnya saya beranikan diri untuk operasi si gigi ini.




Operasi Gigi geraham bungsu dua-dua na saya memakai fasilitas BPJS. Yups..soalnya kalau bayar cash  satu gigi aja 2 juta lebih hampir 3 jutaan (sangat besar biaya ini buat saya).Adapun tahap-tahap yang kita lalui untuk menuju di eksekusinya si geraham bungsu jika pakai BPJS.

1.Kita minta rujukan ke Faskes 1 (kalau saya puskesmas ke poli gigi dulu lalu dapat rujukan ke bagian bedah mulut, jangan lupa siapkan foto copy BPJS,KK dan KTP)

2.Pergi ke RS yang ada di surat rujukan (terserah kita mau di RS mana)

3.Sampai di RS ambil nomer pendaftaran BPJS (sabar aja,,tahap disini ngantri banget dan harap maklum namanya juga gratis)

4.Antri di bagian poli gigi lalu di cek dan kita mendapat surat untuk melakukan rotgen

5.Ambil nomer pembayaran BPJS (sekaligus daftar operasi gigi )

6.Tunggu pihak RS nelp kita,berhubung kita pakai BPJS kita harus nunggu 3-4 bulan nunggu ruang operasi kosong.

7.Setelah kita di telp pihak RS dan janjian hari operasinya jangan lupa surat daftar operasi,hasil rotgen,foto copy KTP,BPJS di bawa.

8.Ambil nomer Daftar BPJS (lalu kita di kasih formulir seperti dibawah ini) lalu tunggu panggilan di Poli Gigi (operasi yang kedua di dalam ruangan poli gigi)

Dokter yang menangani saya sangat handal bingit soalnya dia hanya membutuhkan kurang dari 20 menit untuk mengeksekusi Gigi geraham bungsu saya yang kiri.Tapi perasaan deg-degan waktu operasi sih ya tetap ada *yaiyalah sepanjang operasi kita sadar dan liat jarum suntik untuk bius,alat penyedot darah dan gitu denger suara bor yang membengkakakan telinga terakhir saya bisa lihat gimana tuh dokter jahit lubang bekas si gigi.

gigi geraham bungsu saya 


Setelah selesai operasi kita kembali ambil nomer pembayarn BPJS sekaligus ambil obat dan semuanya FREE alias bebas biaya.3 hari setelah operasi pipi kita bengkak dan 10 hari kemudian benang-benang jahit bekas operasi itu akan di ambil *nyerr nyerr gimana gitu rasanya terlebih ga di bius.
oya,...agar cepat kering bekas jahitan saya anjurkan minum Vit C.


Memang sangat ribet sih kalau kita pakai BPJS di bandingkan dengan bayar cash or pakai asuransi swasta tapi ya memang ini sudah peraturanya ya gimana lagi,terlebih ya gratis kita berobatnya hehe.BPJS sendiri sebenarnya tidak gratis karena tiap bulan kita harus membayar iuran yang telah kita pilih.
yups..inilah pengalaman saya operasi gigi geraham bungsu yang ke 2,,tunggu cerita saya operasi gigi geraham bungsu yang atas *ga tau kapan tapi hehe.


56 komentar

  1. Kak ini dokternya dokter bedah mulut atau bukan ya? aku juga mengalami hal yang sama gigi geraham bungsu harus dioperasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek,klo operasi gigi geraham bungsu emang harus dokter bedah mulut.

      Hapus
  2. Hai Kak, saya juga punya cerita yg sama, tp memang sy sdh ke dokter swasta dan jg sdh rontgen gigi, yg bawah kanan dan kiri mmg miring sempurna, jadi hrs di operasi krn kena yg gigi depannya (jd bolong). tp apa bnr kalo bpjs hrs 4-4 nya sakit semua ? saya dgr dr temen begitu kak.. sdgkan kalo emang ga 4-4 nya, masa harus di operasi 4-4 nya? tks. Oiya sy di daerah Jaksel intinya blm berhubungan dgn bpjs tp tertarik utk surgery gigi ini kak. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum operasi gigi yg atas nih cuma geraham bungsu yang bawah aja.

      Nih ya kalo ga di operasi kita akan merasa pusing terus hdp memang harus di angkat tapi ya itu pilihan masing2 orang ya.

      Lebih baik operasi gigi nya satu satu aja jangan sekaligus 4 gigi ,kalau sekaligus malah sakit banget dan saudara saya jadi pelo gitu ngomongnya.

      Dokter yang handal juga diperlukan biar saat operasi ga terlalu lama jangan lupa juga 2 minggu sebelum operasi usahakan minum vit C biar luka bekas operasi cepet kering.

      Semoga membantu :)

      Hapus
    2. Aku juga belum operasi gigi yg atas nih cuma geraham bungsu yang bawah aja.

      Nih ya kalo ga di operasi kita akan merasa pusing terus hdp memang harus di angkat tapi ya itu pilihan masing2 orang ya.

      Lebih baik operasi gigi nya satu satu aja jangan sekaligus 4 gigi ,kalau sekaligus malah sakit banget dan saudara saya jadi pelo gitu ngomongnya.

      Dokter yang handal juga diperlukan biar saat operasi ga terlalu lama jangan lupa juga 2 minggu sebelum operasi usahakan minum vit C biar luka bekas operasi cepet kering.

      Semoga membantu :)

      Hapus
  3. Hai Kak, saya juga punya cerita yg sama, tp memang sy sdh ke dokter swasta dan jg sdh rontgen gigi, yg bawah kanan dan kiri mmg miring sempurna, jadi hrs di operasi krn kena yg gigi depannya (jd bolong). tp apa bnr kalo bpjs hrs 4-4 nya sakit semua ? saya dgr dr temen begitu kak.. sdgkan kalo emang ga 4-4 nya, masa harus di operasi 4-4 nya? tks. Oiya sy di daerah Jaksel intinya blm berhubungan dgn bpjs tp tertarik utk surgery gigi ini kak. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru aja dari rmh sakit Panti Rapih Jogja. Awalnya sy pgn operasi geraham bungsu 4-4nya lgsg menggunakan bpjs. Tp ternyata begitu smp diruang pratek dokternya gabisa. Soalnya bpjs hanya mengcover 1 saja. Tdk bs 4 sekaligus. Akhirnya sy mengurungkan niat dan menahan sakit smp ada rejeki utk biaya operasi semuanya. Ga berani kl satu2 hahahaha

      Hapus
    2. Memang harus 4 gigi bungsu yang mesti di cabut, kalau pake bpjs itu satu satu gigi yang di cabut ga bisa sekaligus 4, dan 1 gigi aja itu nunggu nya 2-3 bulan nunggu kamar.Kalau rasa sakit sih relatif ya tergantung ke ahlian doter juga, namun saya sarankan minum vitamin C secara rutin seminggu sebelum operasi gigi.

      Kalau operasi 4 gigi sekaligus sih aaya rasa itu akan sakit banget jadi lebih baik satu per satu ajaa.

      Hapus
    3. Memang harus 4 gigi bungsu yang mesti di cabut, kalau pake bpjs itu satu satu gigi yang di cabut ga bisa sekaligus 4, dan 1 gigi aja itu nunggu nya 2-3 bulan nunggu kamar.Kalau rasa sakit sih relatif ya tergantung ke ahlian doter juga, namun saya sarankan minum vitamin C secara rutin seminggu sebelum operasi gigi.

      Kalau operasi 4 gigi sekaligus sih aaya rasa itu akan sakit banget jadi lebih baik satu per satu ajaa.

      Hapus
  4. kebetulan nemu blog ini, saya rencana jg akan operasi di sari asih ciputat pake BPJS. Tapi baru bisa ketemu dokternya tanggal 22 sept nanti. Dan entah kapan bisa operasinya. Mbak dulu di sari asih dengan dokter siapa ya? trs antri untuk bisa tindakan operasi berapa lama sejak pendaftaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama dokternya saya lupa tapi cwo dan keren banget cara dia nyabut si geraham bungsu.
      Pertama ketemu dokter lalu nunggu sekitar hampir 3 bulan baru di telp dari sari asihnya ya maklumin aja sih ya namanya juga pake bpjs, tapi klo cash bisa operasi langsung.

      Hapus
    2. Mau tanya mbk amel... setelah operasi bisa buat mkn normal brp hari ya??

      Hapus
    3. Untuk pasca operasi bisa buat mkn normal brp hari ya mbk?? Trus msh harus d ambil lg benangx?? 😫

      Hapus
    4. Pasca operasi bisa buat mkn normal brp hari ya mbk??

      Hapus
  5. Pasca operasi bisa buat mkn normal bth wkt brp hari mbk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih ya 6 jam setelah operasi makan biasa aja hehe bahkan siangnya operasi malamnya saya makan nasi goreng tapi ya pelan2 takut jahitanya rusak.Untuk pengambilan jahitan operasi 7 sampai 10 hari setelah operasi.

      Hapus
  6. mbak, kemaren2 bersihin katang gigi. eh kata dokternya suruh operasi 2 geraham bawah kanan kiri. ada tips gak mbak, saya ini psling takut ke dokter bedah, apalagi gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seminggu sebelum operasi minum Vit.C biar pasca operasi cepet sembuhnya, pilih dokter yang kompeten jd ga lama operasinya, ya berdoa aja hehe tapi ga terlalu sakit kok operasinya daripada di diemin aja tuh gigi malah nimbul masalah lain.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya ya gt deh hehe lumayan sakit, tapi saran saya lebih baik cari dokter yang sudah terkenal kompeten jadi cepet cabut giginya.

      Iya pakai bpjs aja, kalau cash berasa bgt 1 gigi jutaan.Emang sih lama antrinya tapi ngebantu banget sih bpjs buat kita yang ga punya duit.

      Hapus
  8. Dokter dwi di sari asih ciputat.Top lah

    BalasHapus
  9. Dr dwi di RS sari asih lahh Top.

    BalasHapus
  10. Dokter dwi di sari asih ciputat.Top lah

    BalasHapus
  11. Kalau boleh share pengalaman, saya juga pernah operasi gigi geraham bungsu (kiri bawah) non bpjs, di rs jakarta. Mungkin krn non bpjs, proses sungguh teramat mudah dan simple. Operasi dilakukan di rg praktek dan sangat cepat, sama sekali ga sakit, pokoknya lancar.. Justru yg terasa sakit saat di kasir hehehe krn biayanya lumayan mahal..
    Skrg saya masih punya pr, harus operasi geraham bungsu kanan bawah.. Ada rencana mau pake bpjs, tp kok liat pengalaman kaka sebelumnya agak ribet yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf klo blh tau op dmn? Sy jg mesti op kanan kiri bawah. Klo yg atas msh bs dicabut

      Hapus
    2. Yahh,,namanya juga BPJS ada tahap2nya sesuai prosedur.Memang bisa dibilang ribet tapi ngebantu banget buat orang yang macam saya, yang ga bisa bayar cash hehe.

      Hapus
  12. aku noted yg soal bpjs aja, yg operasi gigi belum mantap nyaliku lol

    yekan taun kemarin gigi bawahku bengkak2 warbiyasak, dicek ke dokter gigi katanya kudu dicabut gigi bawah, aku blom jabanin operasinya sampek sekarang .. pankapan lah dok

    BalasHapus
  13. Wah makasih share nya mbaa, aku udah setahunan kali ya maju mundur cantik mau op si wisdom teeth ini, mihil bingit soalnya menurutku kalau disini 4-5jt an. Wow gak tuh, hiks.
    Nanti aku coba urus ah ke faskes pertamaku, gapapa nunggu lama asalkan beres perkara si gigi ini :D
    Yang bikin aku ngilu pas baca ini cuma satu lo mbaa, itu benangnya mesti ditarik yaa? Mesti siap2 mental nih kalau acara tarik benang 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba seminggu atau 10 hari setelah OP ini benangnya di ambil hehe.Semangat mba, mending operasi daripada nyut nyutan terua hehe

      Hapus
  14. Wah aku juga pernah Mbk Operasi geraham sakitnya lumayan euy hehe

    BalasHapus
  15. Kalau lewat Kartu Indonesia Sehat kira-kira bisa gak ya kalau operasi gigi geraham bungsu

    BalasHapus
  16. hallo mba saya mau nanya tentang oprasi gigi geraham bungsu, kalau operasi gigi bungsu yg BPJS itu mba gigi bungsunya keluar/muncul ke permukaan atau masih didalam ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yang di luar sedikit selebihnya masih di dalam.

      Hapus
    2. kak, apa bisa 2 hari setelah operasi kita aktivitas (kerja) seperti biasa? terimakasih.

      Hapus
  17. assalamualaikum kak, mau tanya kalo operasi kira-kira sampe bedrest gitu atau 2 hari setelah operasi kita bisa aktivitas (kerja) lagi ya? makasih kak.

    BalasHapus
  18. assalamualaikum kak mau tanya, apa setelah operasi, 2 hari kemudian kita bisa aktivitas (kerja) seperti biasa ya? terimakasih.

    BalasHapus
  19. Mba mau tanya jadi kalo operasi gigi geraham bungsu dikakukannya oleh dokter gigi atau dokter bedah umum ya?? Soalnya aku baca2 ada yg sama bedah umum langsung 4 gigi bungsu di cabut smua gtu trs dibiusnya bius total. Terimakasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Operasi geraham bungsu itu dilakukan sama dokter bedah mulut kak .. kalau cash mungkin bisa 4 gigi semua tp Klo BPJS satu2.

      Saya sendiri bius lokal waktu cabut nya dan cuma satu gigi .

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Apa ada recomend dokter gigi/bedah mulut ?? Di rs pelni.. Thanks

    BalasHapus
  23. Artikel ini nih yang saya butuhkan saat ini karena gigi geraham saya pun bermasalah. Mau coba tipsnya Kak Amelia ah untuk berobat gigi dengan BPJS Kesehatan. Berharapnya sih tak usah operasi. Aku takut euy

    BalasHapus
  24. Sudah seminggu ini, setiap malam nyeri karena graham bungsu numbuh. Sakitnya amat menyiksa. Membaca review-an ttg op graham bungu, antara ingin dan tak ingin. Duuh.. makasi infonya, paling tidak memberikan gambaran. Kira2 bisa bertahan berapa lama ya, meminum obat pereda nyeri. Secara utk op perlu menunggu waktu yg pas karena setiap hari mengajar. 😢 tks infonya

    BalasHapus
  25. Kalo harga cabut gigi geraham berapa yah

    BalasHapus
  26. Saya juga memiliki gigi geraham yang bermasalah tapi masih takut kalau untuk dicabut

    BalasHapus
  27. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    BalasHapus
  28. Hai Kak tanya dong. Yang dimaksud operasi Gigi itu cabut gigi ya Kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan di cabut. Tapi di bedah dulu baru diangkat gigi nya

      Hapus
  29. Wah lumayan mahal juga ya biaya operasi gigi,
    alhamdulillah bisa di cover bpjs

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉