Monday, September 26, 2016

Menyerukan Komitmen #MamaPastiBisa bersama Lactamil

#MamaPastiBisa


Kebaikan ASI sebagai asupan terbaik untuk si Kecil tentunya sudah tidak diragukan lagi apalagi pemberian ASI Ekslusif yang awal pemberianya pada saat Inisiasi Menyusu Dini (IMD).Alhamdulillah saya bersyukur sekali anak-anak sukses IMD maupun ASI Ekslusif selama 6 bulan.Namun sayang sekali tidak semua Mama sukses memberikan ASI Ekslusif karena mengalami berbagai masalah dalam menyusui.

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 18 September 2016 saya belajar lagi segala yang berhubungan dengan menyusui dan pijat laktasi bersama Lactamil di The Sultan Hotel.Acara kali ini yaitu Talkshow dan Berbagi Inspirasi dengan tema #MamaPastiBisa.Program #MamaPastiBisa Dukung Menyusui untuk Awal Terbaik si Kecil, bertujuan agar para mama dapat lebih percaya diri dalam masa menyusui si Kecil dan ini sangat menginspirasi para ibu yang hadir tak hanya itu, banyak sekali ilmu yang disharing di talkshow kali ini.




#MamaPastiBisa
Anna Surti, Nadia Mulia dan Widita Sukma


Acara talkshow kali ini bisa di bilang acara keluarga karena yang hadir juga terlihat membawa pasangan serta anak mereka, terlebih Lactamil menyediakan arena Playground di luar ruangan.Talkshow kali ini menghadirkan Psikolog anak Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si.Psi dan Nadia Mulya, presenter dan penulis buku dan Widita Sukma Wimala, Brand Manager Lactamil.

Di awali dengan Ibu Anna Surti yang menjelaskan mengenai manfaat ASI untuk mama dan si Kecil.Menyusui kodrat setiap Mama, banyak sekali manfaat dari menyusui untuk ibu dan anak.Tak hanya itu menyusui juga ibadah terindah untuk Mama.

Setetes ASI itu sangat berharga dan bermanfaat untuk Mama dan si Kecil.Lalu apa saja sih manfaat ASI ?.

Lactamil


Manfaat ASI untuk si Kecil

  • memiliki IQ lebih tinggi
  • Imunitas meningkat
  • Secure attachment
  • Kebutuhan nutrisi tercukupi karena kandungan ASI sangat lengkap dan asupan terbaik untuk si Kecil
  • Dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, leukemia, dan penyakit peradangan usus.
  • Dapat mengurangi infeksi saluran gastrointestinal non spesifik sebanyak 64%.
Banyaknya manfaat yang diberikan ASI membuat para Mama yang kurang beruntung atau belum mampu memberikan ASI sampai memilih mencari pendonor ASI.Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika kita memilih pendonor ASI. ASI yang di donor bebas penyakit menular seperti HIV/AIDS, Jenis kelamin anak si pendonor juga harus tahu harus sama jenis kelaminya dengan anak si pendonor dan yang menerima donor ASI.


Manfaat Menyusui Untuk Mama 

  • Jika menyusui 6 bulan pertama bisa sebagai alat kontrasepsi alami
  • Mengurangi kanker payudara
  • Mengurangi pendarahan pasca persalinan
  • Mengurangi risiko osteoporosis, Obesitas, Diabetes melitus
  • Mengurangi stress dan gelisah
  • Manfaat psikologis pun juga ada perasaan dibutuhkan dan dicintai.


Yups bener banget menyusui tak hanya meningkatkan bonding dengan bayi tapi juga menciptakan secure attachment.Banyak manfaat yang di dapat oleh Mama dan si Kecil namun tak jarang ada beberapa masalah yang terjadi sehingga tidak berjalan lancar dalam proses menyusui ini.Ada beberapa hal yang perlu di bangun serta di jaga agar Mama bisa lancar menyusui si Kecil diantaranya adanya dukungan dari beberapa pihak.

Dukungan Papa saat Mama menyusui sangat penting.Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa Mama mengalami Post Tartum Depression dan Baby Blues.Hal itu terjadi tergantung lingkungan sekitar.Untuk hal ini Papa setidaknya membantu Mama agar terhindar dari stress agar ASI yang di keluarkan lancar.Papa dapat membantu membereskan rumah atau mengurus anak.

Dukungan Tenaga Ahli Kesehatan juga dapat membantu mendorong kontak  sentuhan kulit antara Mama dan si Kecil segera setelah melahirkan, Membantu Mama untuk mengenali tanda saat si Kecil sudah siap untuk di beri ASI, menunjukan bagaimana posisi menyusui Mama agar si Kecil nyaman.

Dukungan Rekan Kerja  maupun Kerabat juga bisa memberi dukungan agar Mama yang menyusui memilki rasa percaya diri untuk tetap menyusui si Kecil.Nah yukk ah jika memiliki rekan yang sedang menyusui harus mengerti  dan tetap memberi dukungan kepada mereka karena tidak selalu mudah untuk menyeimbangkan pekerjaan  dan menjadi ibu baru.Apa yang harus di lakukan? Misalnya mudahkan Mama untuk kembali kerja dengan memberikan waktu dan tempat untuk menyusui dengan ruang Laktasi.

Kurnia amelia subarkah


Dengan dukungan dari berbagai pihak #MamaPastiBisa Menyusui si Kecil.Selain dukungan moral Mama juga berhak menerima dukungan dalam bentuk nutrisi yang tepat. Widita Sukma, Brand Manager Lactamil mengatakan " Lactamil sendiri hadir dengan Lactasis yang mengandung ADIK+, Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi dan Kalsium serta ekstrak daun katuk sebagai salah satu pilihan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Mama selama menyusui".

Untuk mama yang menyusui juga perlu perhatikan asupannya, makan -makanan yang sehat,perlu diperhatikan kebutuhan cairan juga jadi sebaiknya minum 8 gelar air putih dan beberapa gelas karena Mama yang menyusui membutuhkan cairan lebih bisa di tambah dengan jus dan sebagai pelengkap susu menyusi karena nutrisinya pun sudah lengkap dan jangan lupa Mama harus bahagia sebelum menyusui, terus berfikir positif agar lancar ASI.

Mama sendiri juga harus bisa mengatasi masalah yang sering terjadi ketika menyusui seperti Payudara bengkak *saya juga pernah merasakanya saat seminggu setelah melahirkan Shakila sampai demam dan ke Rumah sakit tengah malam hehe .


Payudara bengkak ini rasanya ya Allah sakit banget, keras, demam plus meriang.Untuk  mencegah terjadinya payudara bengkak , ada beberapa cara :

  • Susukan bayi tanpa jadwal / sesuka bayi
  • Atau bisa dengan pijat laktasi 
Tahapan Pijat Laktasi :
  1. Bersihkan tangan.
  2. Duduk yang tegap.
  3. Sediakan 2 handuk kecil, satu di taro di punggung dan satunya lagi di bawah payudara.
  4. Kompres payudara yang sudah dibasahi air hangat selama 5-10 menit.
  5. Berishkan puting susu yang kotor dengan menggunakan kain kassa yang dibasahi baby oila agar saluran tidak tersumbat.Lalu pijat puting dan areola perlahan ke atas dan kebawah, kanan dan ke kiri sebanyak 5-6 kali tiap patudara.
  6. Tempatkan kedua telapak tangan diantara kedua payudara kemudian urut kesamping, kebawah, melintang hingga tangan menyangga payudara kemudian ke atas sambil lepaskan tangan dari payudara.
  7. Jepalkan tangan satu tangan dan satu tangan lagi menahan payudara yang akan di pijat, ada menggerenjal di payudara yang bengkak dan itu di urut perlahan lahan.
  8. Pijatan punggung atau belakang perlahan lahan agar lancar.

Pijat Laktasi jika payudara bengkak

Setelah belajar mengenai pijat Laktasi lalu acara di akhiri dengan penandatanganan Mug Ceremonial Lactamil sebagai salah satu bentuk dukungan Lactamil kepada Mama yang menyusui.

Program #MamaPastiBisa mengajak kita semua yang hadir untuk sama-sama memberikan dukungan untuk Mama di luar sana yang masih belum mengkonsumsi susu menyusui.Jadi kita menuliskan komitmen kita atau kata-kata support untuk para mama di Wall Gelas photo booth .Kita juga bersama-sama tanda tangan di gelas yang telah di bagikan sebelum masuk sebagai bentuk dukungan kita dan setiap satu tanda tangan itu 1 gelas susu untuk para Mama.




#MamaPastiBisa
Tanda tangan di Gelas Ceremonial Lactamil
Sebagai bentuk dukungan Lactamil untuk Mama Menyusui.


#MamaPastiBisa
Dukungan saya untuk para Mama
Acara di tutup dengan pengumuman aneka Lomba dan doorprize.Yups ,,acaranya seru banget banyak ilmu yang di ambil dari sini yang belum bisa saya jabarkan semuanya karena keterbatasan saya.

Ada beberapa pesan yang saya Catat jika kita hendak menyusui si Kecil pastikan kita memiliki percaya diri, yakin kita bisa menyusui si Kecil dan tentunya perasaan Mama harus Happy ketika menyusi.

Table Corner


Kurnia amelia subarkah
Aku Mama ASI 😊

38 comments:

  1. acaranya seru bgt ya.. aku dari hamil anak pertama minumnya Lactamil juga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget, saya belajar banyak disini.

      Delete
  2. ibu saya minumnya juga laktamil.... makasih sudah share..
    salam kenal...

    ReplyDelete
  3. wah seru banget acaranya..

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  4. Wah, seru banget mba amel liputannya, bermanfaat bgt ! Keren !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih om..catat ya buat nanti Istri mu hehe.

      Delete
  5. mak, aku nyut-nyutan liat pijat laktasi nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu apa lagi yang ngerasain mak..bengkak aja udah nyer nyerr banget hehe.

      Delete
  6. Waktu hamil saya juga minum susu ini, makasih infonya.

    ReplyDelete
  7. Dulu istri suka minum lactamil, waktu hamil dua anak kami 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe nanti untuk anak ke 3 boleh tuh minum lagi.

      Delete
  8. Wah, berguna nih ilmunya buat para ibu hamil dan berniat hamil

    ReplyDelete
  9. Eh seriusan itu bisa buat konstrasepsi alami ??? Mungkin karena bapak nya ngak ada mainan nya yaaa hahaha #Kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw om Cumie..Iya makanya dukung Istri menyusui ya..minimal sampe 6 bulan.

      Delete
    2. Wkwkw om Cumie..Iya makanya dukung Istri menyusui ya..minimal sampe 6 bulan.

      Delete
  10. Jadi ingat pas lahiran anak kedua, payudara udah bengkak tapi anaknya nyusunya santaiiii bgt

    ReplyDelete
  11. Jadi terpikir, rasa susu Lactamil seperti apa ya? Kalau saya minum gimana ya? Jadi penasaran. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe nanti Istri mu suruh coba aja minum susu ini dan jangan lupa dukung dia saat menyusui.

      Delete
  12. Aku waktu ngasih ASI si sulung tuh perjuangan bener, karena jaman dulu jarang yang model nabung ASI di kulkas. Sampai diketawai ama temen kantor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...gitu ya, Alhamdulillah tapi ya Mama nya tetap semangat nabung ASI.

      Delete
  13. Suka minta pijat supaya rileks mba amel, itu aku lakuin klo lagi menyusui ^^ setelah ini mkn di kenny rojeeeer yaaa .hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...dipijat waktu menyusui itu enak banget aku sukanya di bagian punggung...
      Ehh ehh..Kenny Rojeerrrr 😂😂😂

      Delete
  14. Seneng yaaa.. sekarang sudah banyak support grup & info untuk para Ibu yang ingin memberikan ASI :) Kunci utama biar ASI memadai emang si Ibu harus hepi & ngga stress jadi perlu diberikan info yg tepat & support yg membangkitkan semangat ngASI ibu *kata2 apa iniiih* hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,,si Ibu harus hepi dan ga stress.

      Delete
  15. Aku selalu perjuangan buat nyusuin anak krn gak lama sebelum ketahuan hamil aku baru saja jalani operasi angkat tumor payudara. Jadi krn hamil semua obat dihentikan padahal lubang bekas jahitan belum ketutup. Jadilah asiku ngucur juga dari lubang kecil eks operasi itu. Bayiku ngambek krn repot nyusunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..Allah perjuangan banget ya mba, ga kebayang deh.

      Delete
  16. wah infonya lengkap sekali :) terimakasih banyak, bisa dipelajarin saat sudah berkeluarga nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak mba..semoga bermanfaat.

      Delete
  17. menarik dan lengkap informasinya Mbak.
    kapan ada acara seperti ini lagi ya Mbak?
    thank dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih semoga bermanfaat.Pantengin saya timeline twitter lactamil di @lactamilmama banyak informasi lho yang di share, kalau ada acara juga di share disana.

      Delete
  18. makasi sharenya..bermanfaat nih klu hamil lg dan menyusui...kemarin itu anak terpaksa pake sufor :(

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi saya walaupun sudah ber anak haha

    ReplyDelete