Thursday, October 6, 2016

Mengenal Sejarah dan Budaya Indonesia Lewat Musikal Khatulistiwa


Drama Musikal Khatulistiwa

Assalamu'alaikum.
Apa ada yang masih ingat nama-nama Pahlawan dari Barat sampai Timur Indonesia? Apa masih ingat apa saja yang dialami oleh para Pahlawan pada masa itu?.Jujur saja hingga kini saya hanya mengingat beberapa nama Pahlawan beserta kisahnya.Saat ini mungkin tidak banyak yang mengetahui nama-nama Pahlawan maupun sejarah Bangsa Indonesia.

Bukan banyak yang tidak mengetahui akan pahlawan beserta sejarahnya.Namun mereka termasuk saya hanya lupa hehe karena saat masih Sekolah dulu kita hanya belajar sejarah dengan cara yang cukup boring atau ngantuj yang hanya open book dan dengar penjelasan dari guru sejarah.







Tapi sebenarnya ada berbagai cara yang cukup asik untuk kita mengenal para pahlawan beserta sejarahnya lho.Jadi kemarin tanggal 4 Oktober 2016 saya di undang presscon Musikal Khatulistiwa di Cafe La Monda, Plaza Indonesia Jakarta.Ketika memasuki Kafe kita semua melihat sepenggal cerita Pahlawan yang di pajang disana.Ada mini story beserta foto Bapak Soekarno, Bung Tomo, RA. Kartini tak hanya itu ada banyak quote mereka.


Sedih dan sedikit malu sih ketika membaca cerita para Pahlawan yang terpajang mereka semua berjuang meraih kemerdekaan tapi saat ini generasi penerus banyak yang lupa jasa mereka.
Setelah keliling dan membaca sepenggal tentang Musikal Khatulistiwa acara preskon pun dimulai.Ada Ibu Tiara Josodirdjo selaku pendiri Josodirdjo Foundation mengungkapkan alasan dibalik drama Musikal Khatulistiwa.


Beliau mengungkapkan rasa prihatin bahwa saat ini anak-anak kurang mengenal tentang Pahlawan.Untuk menjadi negara yang besar seharusnya kita tahu, kita itu bangsa Indonesia, kita harus mengerti kita itu apa? Kita itu siapa?.Seperti kutipan kalimat Ir. SOEKARNO "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa Pahlawanya".

Untuk itu sebagai pendiri Josodirdjo Foundation yang memiliki komitmen menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk bisa lebih mencintai Tanah Air dan tergerak untuk aktif berkontribusi secara positif demi kemajuan bangsa dan negara maka menghadirkan Musikal Khatulistiwa ini.




Mengenal apa Musikal Khatulistiwa?

Dalam rangka memaknai Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada bulan November Bank CIMB Niaga bersama Josodirdjo Foundation dan Zigzag Indonesia serta SunLife Finansial mengajak masyarakat Indonesia khusudnya generasi muda, untuk lebih mengenal jejak langkah negerinya yaitu dengan inisiatif sosial berupa drama bertajuk Khatulistiwa.


Musikal Khatulistiwa sebuah program sosial untuk mensosialisasikan dan membudayakan kekayaan seni, budaya dan cerita bangsa Indonesia dengan kemasan yang menghibur dan edukatif.


Musikal Khatulistwa disutradarai oleh Adjie N.A (Pecho Teater) dan melibatkan sejarawan Asep Kambali (Komunitas Historia Indonesia).Tak tanggung- tanggung Drama Musikal Khatulistiwa juga menampilkan 100 talenta muda Indonesia seperti Rio Dewanto, Tika Bravani, Epi Kusnandar, Sita Nursanti, Kelly Tandiono.Khatulistiwa tidak hanya menampilkan sejarah Nusantara namun juga mengumpulkan p3main yang berasal dari berbagai suku bangsa dan Pulau- pulau di Indonesia.



Musikal Khatulistiwa menampilkan kisah balik cerita semangat perjuangan seperti Pangeran Kornels, Cut Nyak Dien, Sisingamangaraja, Christina Martha Tiahahu, Dewi sartika, Sultan Hasanudin dan para pergerakkan sumpah pemuda hingga masa Proklamasi oleh Soekarno-Hatta.Semua itu akan dikemas selama kurang lebih 2,5 jam.

Pertunjukan drama musikal kolosal ini tentunya akan terasa Indonesia banget karena ada 50 lagu Indonesia dari lagu nasional, anak dan serangkaian tarian Nusantara.Para pemain juga di tantang untuk menggali ingatan budaya dan sejarah mereka yups melalui mereka kita semua para penonton juga belajar mengenal sejarah Nusantara kita.



Tak hanya itu nanti para pemain juga memakai design kostum yang seakan kembali ke masa sejarah.Yang lebih hebat lagi para pemain akan menggunakan berbagai bahasa seperti bahasa Daerah dan bahasa asing seperti Portugis, Belanda dan Inggris tak lupa nyanyian serta dialeknya.


Ada misi sosial juga lho jadi seluruh pertunjukan drama musikal Khatulistiwa mulai dari infografis sejarah Indonesia, rekaman lagu-lagu Indonesia pokoknya yany di perdengarkan di Drama Musikal Khatulistiwa akan didokumentasikan dalam bentuk DVD sebanyak 5000 keping dan menyebarkanya ke masyarakat Indonesia terutama ke Sekolah-sekolah mulai awal tahun 2017 secara gratis.

Saya jadi makin tertarik banget mengajak anak-anak untuk melihat Drama Musikal Khatulistiwa ini karena dari sana mereka dan juga saya jadi tahu kisah para pahlawan Nusantara dan ini juga merupakan cara yang asik agar si kecil mengenal sejarah Nusantara .



Tak hanya itu banyak pelajaran yang di dapat disini, dengan melihat Drama Musikal Khatulistiwa si Kecil bisa lebih mencintai dan mampu memberikan kontribusi positif terbaik untuk Negri.Rasa patriotisme juga pasti akan tumbuh dalam dirinya termasuk juga saya.Mereka juga bisa belajar bahwa ingin menjadi pahlawan tidak harus angkat senjata namun bisa dengan intelektual.

Mau nonton Drama Musikal Khatulistiwa? Gampang aja tinggal beli tiketnya di www.kiostix.com dan disana tinggal pilih eeh mulai dari harga 150 ribu rupiah sampai harga 875 ribu rupiah.Inget tanggalnya ya Drama Musikal Khatulistiwa ini akan dipentaskan pada tanggal 18-20 November 2016 di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta.



Oya,,kalau mau tiket nonton Drama Musikal Khatulistiwa gratis juga bisa lho dan ada hadiah action cam juga, caranya gampang banget nih lihat Disini .






63 comments:

  1. Boleh bawa anak ya saat nonton? Asik catat dulu tanggalnya

    ReplyDelete
  2. Suara nyanyiannya bikin merinding dan menggugah semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..bikin merinding jadi makin cinta sama Indonesia.

      Delete
  3. Harus diagendakan nih buat nonton hehe

    ReplyDelete
  4. Wah keren nih, jadi bikin kita ingat sejarah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba selain ingat sejarah kita juga makin cinta Indonesia.

      Delete
  5. seru ya mba kalo ajak anak-anak jd bisa belajar sejarah juga :)

    ReplyDelete
  6. Iya mba bisa dibilang belajar sejarah dengan cara yang asik hehe.

    ReplyDelete
  7. Aduuh,,lg2 di jekardhah,,jauuuh,,pdhl ini pasti akan bagus,,ihiks,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba pastinya bagus banget, kemarin lihat cuplikan tentang Sultan Hasanudin aja udah merindingg kagum hehe.

      Delete
  8. Suka dech baca-baca kisah perjuangan atau sejarah kaya gini
    nambah wawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nambah wawasan sekaligus menambah cinta sama negri ya mba :)

      Delete
  9. Replies
    1. Semangatt catet catett tanggalnya ya hehe.

      Delete
  10. Nonton theater ini emang seru juga, karena bisa lihat tokohnya langsung. Apalagi kalo temanya menarik

    ReplyDelete
  11. Bagus banget nih, bisa memudahkan anak-anak dalam belajar sejarah. :D

    Oh iya, ayo ikutan Giveaway "Cerita Hujan"! Ada hadiah berupa buku dan pulsa, deadline 7-21 Oktober 2016. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,,belajar sejarah dengan cara yang asik hehe.

      Delete
  12. Tiketnya lumayan juga tapi worth it banget ya kalau buat belajar dan mengenang kembali sejarah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya wort it banget,,ini kegiatan sosial juga sih soalnya nanti pertunjukan ini didokumentasikan sebanyak 5000 keping dalam DVD dan disalurkan ke sekolah-sekolah.

      Delete
  13. Aku belum pernah nonton acara musikal. Ini salah satu cara efektif buat belajar sejarah ya mbak? :D
    TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa dibilang belajar sejarah dengan cara asik hehe.

      Delete
    2. Iya bisa dibilang belajar sejarah dengan cara asik hehe.

      Delete
  14. Mudah2an DVD nya juga beredar luas nih, biar bs dikoleksi nantinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..semoga sekolah yang di pelosok bisa mendapatkan DvDnya.

      Delete
  15. Merinding sekaligus terharu biru, teringat lagi dengan kerasnya perjuangan para pejuang tanah air. hem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,,aku juga liat cuplikanya merinding hehe.

      Delete
  16. saya suka drama musikal gitu. Lokasinya di TIM, ya. Mudah-mudahan bisa nonton :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..semoga bisa nonton sama keluarga.

      Delete
  17. Wah menarik nih buat mengenalkan pahlawan Indonesia ke Sid

    ReplyDelete
  18. Waalaikumsalam mba, Jdi pengen nonton klo ada tiketnya heee... udah pasti menghibur dan seru nih, apalagi tentang sejarah

    ReplyDelete
  19. Memang ada banyak cara untuk belajar, banyak juga ruang untuk mendekatkan diri dengan sejarah. Tergantung pilihan dan rasa keingintahuan. Salam kenal mba admin. Kunjungan pertama di blog ini lansung mendapatkan khazanah baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung, iya dan ini cara asik untuk belajar sejarah :) .

      Delete
  20. Semoga tak ada halangan tanggal segitu. Pengin kali awak nonton sama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mba, iya ajak keluarga jadi lebih seru.

      Delete
  21. pementasannya tanggal 18 s.d 20 november ya? noted dulu deh... pingin nonton.

    ReplyDelete
  22. Ngga sabar pengen nonton, semoga bisa ngangkut bocah-bocah dari Semarang ni buat nonton bulan depan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,,semoga bisa sekeluarga nonton Musikal Khatulistiwa.

      Delete
  23. Cant wait to watching Drama Musikal Khatulistiwa iniii *langsung cek schedule*

    ReplyDelete
  24. Dulu saya beberapa kali nonton drama musikal. Suka banget. Jadi pengen nonton deh. Sekalian belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyapss bener banget, nonton ini kita bisa belajar dengan cara yang menyenangkan.

      Delete
  25. penasaran banget pengen nonton :-)

    ReplyDelete
  26. Acaranya cethar banget ya Mbaaa Mel :)))

    ReplyDelete
  27. Penasaran belum pernah nonton drama musikaaal.. 😆😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo kakakkk jangan lupa nonton bareng keluarga 😘

      Delete
  28. Ameeel, tulisannya bagus ih. Thanks for sharing yaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama..Terimakasih banyak mba Donna udah mampir hehe.

      Delete
  29. langsung surfing di internet,, siapa tau nemu filmnya.. pingin banget nonton soalnya

    ReplyDelete
  30. memang beda yah tulisannya para bloger dan yg bukan, ngalir aja dan penuh sarat dengan pesan dan kesannya, trima kasih mba dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas, terimkasih atas kunjunganya.

      Delete