Saturday, May 13, 2017

Dukungan SGM Bunda Untuk Ibu Hamil Di Pelosok Negeri

Susu ibu hamil


Assalamu'alaikum.
Pemenuhan nutrisi sejak awal kehamilan berdampak kualitas untuk si Kecil kelak bahkan sampai ia dewasa.Kalimat tersebut tentunya tidak asing lagi bagi saya karena sejak mulai hamil anak pertama saat menghadiri berbagai seminar maupun konsultasi dokter ya menjelaskan tentang pentingnya pemenuhan nutrisi pada masa kehamilan.

Saya sangat bersyukur sekali bisa tinggal di Kota yang mudah sekali mendapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan dan tersedianya alat kesehatan lainya.Tapi bagai mana dengan di pelosok desa? apakah mudah mendapatkan semua informasi mengenai kesehatan ibu dan bayi? mengenai informasi tentang nutrisi pada masa hamil? ketahuilah teman, para Ibu yang tinggal dipelosok mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses itu semua.

Sadar akan hal ini Sarihusada melalui susu Ibu hamil SGM Bunda yang mendukung penuh pemenuhan nutrisi serta mendampingi pada masa kehamilan mengusung kampanye "SGM Bunda: Nutrisi Lezat, Bunda Sehat"  satu inisiatif untuk mendukung kampanye tersebut adalah melalui kegiatan Mobi SGM Bunda :Nutrisi  Lezat Bunda Sehat.Kali ini kampanye digelar di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dan bersyukur sekali saya turut hadir dikampanye ini.


"Kami memahami bahwa nutrisi merupakan faktor penting dalam masa kehamilan Bunda.Didalam masa kehamilan, Bunda membutuhkan teman dan dukungan dari sekelilingnya.Oleh karena itu sebagai upaya untuk mendukung masa kehamilan Bunda dan mendampingi pemenuhan nutrisinya, SGM BUnda mengusung kampanye SGM Bunda :Nutrisi Lezat, Bunda Sehat", Christina Natalia, Marketing Manager SGM Bunda.

Susu SGM
Mobi SGM Bunda

Dalam rangkaian kampanye Mobi SGM Bunda menghadiri berbagai aktivitas seperti edukasi tentang kehamilan sehat, konsultasi dengan ahli nutrisi, USG Bunda dan video live chat bersama brand ambassador Alyssa Soebandono bagi para Bunda yang tinggal dipelosok.

Perlu diketahui juga bahwa Mobi SGM Bunda ini telah berjalan sejak akhir 2015 dan sudah mengunjungi ribuan titik dan pada tahun ini Mobi SGM Bunda akan mengunjungi 2000 titik untuk menjangkau sekitar 75.000 bunda di pelosok Indonesia.Nah mau tau cerita saya bersama Mobi SGM Bunda di Desa Sukasari Kidul? yuk cuss laaaahh.

Tanggal 2 Mei 2017 pagi dari Hotel Grage, Cirebon saya menuju Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.Jarak antara Cirebon kota ke Desa Sukasari Kidul cukup jauh dan menghabiskan kira-kira 2 jam kurang perjalanan.

Sepanjang perjalanan saya merasa takjub karena kita melewati sawah, pegunungan dan beberapa kali melewati desa yang masih asri tanpa macet, sepanjang mata memandang itu yang kita lihat sawah dan gunung, itu semua sukses membuat pikiran saya fresh kembali yang stress dari hiruk pikuk udara kota.Rumah penduduk yang cukup berjarak tapi ada yang saya kagumi yaitu Mesjid disana cantik dan bagus sekali,,Masya Allah indahnya.

Balai Desa Sukasari Kidul

Setelah menempuh 2 jam perjalanan akhirnya kita semua sampai ke Balai Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Majalengka tempat dimana acara yang akan dilaksanakan.Satu demi satu para ibu hamil hadir di balai desa, menjelang pukul 9 makin banyak lagi ibu hamil datang dan lanjut  registrasi.

Seluruh kursi yang disediakan semua terpenuhi dan bahkan ada kursi tambahan dihalaman balai Desa.Dalam hati saya kereeeennn banget para ibu ini, demi mendapatkan informasi mengenai kehamilan mereka bela-belain hadir.

Acara diawali sambutan oleh Bapak Ateng selaku Camat Desa Sukasari Kidul, Pak Ateg sangat berterima kasih karena SGM Bunda sudah mau mampir ke Desa untuk memberikan edukasi mengenai nutrisi ibu hamil, tak lupa juga pak Ateng mengingatkan agar para Bunda yang sedang hamil lebih memperhatikan nutrisi dan juga kalau lahiran sebaiknya di Puskesmas atau rumah sakit jangan di rumah karena risiko melahirkan dirumah cukup besar.



Narasumber diacara ini yaitu Bidan yang sudah mendapat sertifikat.Awal pembicaraan ibu Bidan memberikan penjelasan bahwa kehamilan itu perlu persiapan dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti 4 Terlalu dalam kehamilan terlalu muda, terlalu tua, terlalu dekat dan terlalu banyak.

4 Terlalu dalam kehamilan:

  • Terlalu muda
Sebaiknya saat hamil seorang ibu minimal berusia 20 tahun dan jangan kurang dari itu karena sistem reproduksi wanita belum sempurna.Pada usia dibawah 20 tahun juga kondisi pinggul belum berkemban dan terlebih lagi nih ya kondisi mental juga belum siap menghadapi masa kehamilan dan memiliki anak.

Ada banyak risiko jika sang ibu hamil di usia kurang dari 20 tahun seperti kelahiran bayi prematur, keguguran, pendarahan, kematian pada bayi dan bahkan kematian bagi ibu.
  • Terlalu tua
Untuk para wanita sebaiknya menghindari hamil pada usia lebih dari 35 tahun dan masa ini dianggap terlalu tua unuk menjalani kehamilan.Pada usia ini organ kandungan menua  dan juga diusia 35 tahun keatas itu kondisi kesehatan ibu mulai menurun.Banyak risiko kehamilan juga seperti bayi lahir cacat, hipertensi, pre-eklampsi dll.
  • Terlalu dekat
Jarak kehamilan kurang dari 2 tahun ini termasuk jarak kehamilan dekat karena kondisi rahim ibu belum pulih dan jika mengalami kehamilan dengan jarak dekat risikonya beragam seperti anemia, keguguran, si Kecil mengalami Berat  Badan Lahir Rendah dll.Sebaiknya jika ingin hamil lagi pastikan jarak kehamilan itu lebih dari 2 tahun.
  • Terlalu banyak
Dikatakan terlalu banyak anaka yaitu ibu pernah hamil atau melahirkan lebih dari 4 kali.JIka melahirkan lebih dari 4 kali kondisi dinding perut ibu mengendor.Risiko jika terlalu banyak memiliki anak yaitu dari segi finansial yang pasti memerluan banyak biaya tak hanya itu biasanya ibu yang terlalu banyak melahirkan, pada kehamilan berikutnya si bayi dalam perut letaknya melintang, pendarahan saat melahirkan dll.

Semua risiko pada masa kehamilan pasti ada makanya Ibu harus menjalani kiat-kiat cerdas masa kehamilan seperti rutin memeriksa kehamilan, berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, dan yang terpenting yaitu pemenuhan nutrisi pada masa kehamilan.

Ibu Bidan juga tidak lupa memberikan pengenalan aneka nutrisi yang dibutuhkan pada masa kehamilan seperti Makronutrien dan Mikronutrien untuk lebih lengkap baca disini >> Pemilihan nutrisi masa kehamilan

Dengan pemenuhan semua nutrisi maka kemungkinan besar akan melahirkan bayi yang sehat dengan berat badan normal dan juga meminimalisir risiko negatif terhadap kesehatan ibu hamil.



SGM Bunda memahami peran penting bunda sebagai sumber nutrisi utama untuk si Kecil maka dari itu SGM Bunda hadir untuk membantu memenuhi nutrisi harian dengan rasa lezat dan tepat hingga menyusui.

Susu SGM Bunda memiliki 3 rasa yaitu cokelat, jeruk dan strawberry dengan formula presinutri+ yang didalamnya mengandung nutrisi mikro pada masa periode kehamilan hingga menyusui.Rasanya gimana? Enakk tidak bikin eneg.Dalam 1 hari para Ibu hamil cukup mengkonsumsi 1 gelas saja untuk membantu pemenuhan nutrisinya.



Setelah mendengar edukasi masa kehamilan dan livechat melalui Facebook SGM Bunda dengan ambassador SGM Bunda Allysa Soebandono saya menyempatkan melihat ruang USG yang disediakan Mobi SGM Bunda.Saya sempat menghampiri salah satu Ibu yang sudah USG dan menanyakan gimana perasaan beliau setelah mengikuti rangkaian kegiatan bersama Mobi SGM Bunda mulai dari Talkshow, live chat, konsultasi, USG dan foto booth.Menurut Ibu itu acara ini sangat menarik karena baru kali ini ada seperti ini, dia juga senang karena foto USG dan juga bisa foto booth bisa dibawa pulang.

Tak hanya Ibu itu saja mungkin para ibu yang hadir juga senang adanya acara yang kaya manfaat ini apalagi di akhir acara ada sesi bagi-bagi doorprize hehe.Saya juga bersyukur dan senang sekali bisa hadir diacara ini karea saya bisa melihat langsung gigihnya para Ibu hamil dari 5 kecamatan berkumpul mengais ilmu.

Saya juga sempat mendengar ada seorang ibu yang hamil ke 4 baru merasakan namanya USG bahkan ketika melihat sang bayi di layar USG beliau menangis saking terharunya.Mendengar hal itu hati saya menangis karena sebenarnya masih banyak Ibu hamil dipelosok negeri yang mungkin juga belum pernah merasakan USG dengan berbagai kendala misalnya letak puskesmas yang cukup jauh dari rumah atau tidak ada biaya untuk USG.Mobi SGM Bunda ini benar-benar dibutuhkan bagi Ibu hamil dipelosok negeri, semoga kampanye ini akan terus ada dan bisa menjangkau hingga ke pelosok agar disana banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Mombassador SGM 😍



34 comments:

  1. bagus dan manfaat sekali, semua materi yang disampaikan terangkum disini , barvo bunda Amel..

    ReplyDelete
  2. Acara2 kayak gini penting banget Mbak Mel untuk edukasi ibuk2 di desa. Apalagi mengenalkan 4 terlalu yang kadang2 mereka bablas banget, misalnya terlalu banyak dan terlalu dekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Aya..di pelosok sana masih sulit mendapatkan edukasi mengenai ini.

      Delete
  3. wah keren ya kampanye ini, berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berguna banget mba untuk para Ibu hamil di pelosok negeri.

      Delete
  4. Jadi perlu di ingat 4 terlalu yang di larang, saya 36 masih pingin hamil belum terlalu tua kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum lah,,tapi coba konsultasi dulu mak sama dokter kandungan hehe.

      Delete
  5. Wah terharu..hamil anak ke 4 baru ngerasain yabg namanya USG, aku yang belum punya anak berkali2 USG mel :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya mak,,,semoga disegerakan punya momongan :(

      Delete
  6. Semoga makin banyak ibu-ibu yang sadar dengan pemenuhan nustri saat hamil ya mba. Karena di pelosok banyak yang kurang informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya mba,,iya dipelosok saya kira masih kurang mengetahui informasi penting ini.

      Delete
  7. Hebat gebrakan inovasi mobi SGM .. Mudah2an bisa menjangkau seluruh pelosok tanpa terkecuali

    ReplyDelete
  8. Hebat gebrakan inovasi mobi SGM .. Mudah2an bisa menjangkau seluruh pelosok tanpa terkecuali

    ReplyDelete
  9. bagus ini mak programnya nyampe ke daerah2, karena seringnya program2 bagus hanya ada di kota besar aja

    good job SGM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,,Mobi ini menjangkau ke pelosok negeri.

      Delete
  10. Infonya bermanfaat bgt, mbk. Ternyata usia saya termasuk usia rawan utk hamil lg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba,,kalau bisa konsultasi ke dokter dulu mba untuk program hamil.

      Delete
  11. Duh SGM kece banget yaaaaahhh.. Sama kaya bunda mombasadornya nih, kece-kece berat.. Hehehehee <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh kamu juga kece banget kakak hehe.

      Delete
  12. Mau hamil anak ke 4 tapi umur 40 nanti. Bahaya gak ya, mudah2an enggak ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,,coba konsultasi ke dokter dulu kakak.

      Delete
  13. Wah saya terlalu banyak yak..soalnya lebih dari 4 kali xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mba Ida,,semoga sehat selalu yaaaa.

      Delete
  14. Untungnya sekarang ada perusahaan2 semacam SGM yang getol mengadakan edukasi ya Mbak. Jadi masalah ibu-ibu bisa terbantukan sedikit demi sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,,Mobi ini memberikan edukasi sampai pelosok negeri.

      Delete
  15. dirimu luar biasa mbak, inspiratif nih bagi para ibu
    salut sama SGM yang peduli kampanye edukasi untuk ibu hamil...

    ReplyDelete
  16. bunda keceee,terus bg ilmunya ya

    ReplyDelete
  17. Keinget kala kecil, berhenti minum sgm pas mau masuk sd

    ReplyDelete
  18. anakku skrang udh nggak mau lagi mnum susu SGM

    ReplyDelete
  19. Wah bagus ini acaranya.. Lanjutkan

    ReplyDelete
  20. Mbk, ada info acara kayak gini di Surabaya g?

    ReplyDelete

Chicking Ayam Top Dubai Fast Food Halal Rasa Timur Tengah

Assalamu'alaikum. Masih dalam ingatan saya ketika ada kerjaan di Bandara dan itu pertama kalinya menginjak Bandara Soekarno Hatt...