Sunday, April 23, 2017

Nutrisi Yang Dibutuhkan Pada Masa Kehamilan



Assalamu'alaikum.
Menjadi Ibu merupakan anugerah yang tidak bisa dinilai apapun bagi saya.Masih dalam ingatan ketika mengetahui saya positif hamil rasanya nano-nano antara senang, bersyukur serta was-was menghadapi kehamilan.Maklum saja saat hamil saya berusia masih sangat muda dan belum banyak mengetahui ilmu parenting serta ilmu mengenai nutrisi dan gizi.

Saat mengetahui hamil saya giat mencari tahu apa yang harus dilakukan pada masa awal menjadi orang tua.Mulai dari membaca buku, konsultasi dengan dokter, mendengarkan pengalaman dari sanak saudara, mengikuti aneka talkshow dengan narasumber terpecaya dan membaca aneka artikel di internet.Semua yang saya lakukan itu untuk kebaikan saya maupun janin dalam kandungan.

Memiliki anak yang sehat serta cerdas budi pekerti merupakan impian saya maupun calon ibu lainya.Tapi tahu ga sih memiliki anak cerdas langkah awalnya itu pemenuhan nutrisi serta gizi sejak dini yang dikenal sebagai 1000 hari pertama kehidupan yang dimulai sejak fase kehamilan dan masih banyak yang belum tahu akan hal ini.

Dari sumber mana pun yang selalu ditekankan dalam masa kehamilan yaitu pemilihan nutrisi yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin tak hanya itu faktor psikologis Ibu juga berperan penting agar menjalani kehamilan dengan lancar.

Baca juga : Gizi solusi masalah kesehatan

Pemilihan nutrisi yang tepat dan seimbang salah satu cara meminimalisir risiko kehamilan seperti kelahiran prematur, keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, kematian ibu dan janin dan lain-lain.Banyak cara untuk meminimalisir resiko kehamilan seperti menghindari asap rokok, menjaga pola hidup yang sehat, rutin kontrol serta konsultasi dengan tenaga kesehatan seperti bidan atau dokter serta menghindari aktifitas fisik yang berlebihan.

Kali ini saya akan membahas pemilihan nutrisi yang tepat pada masa kehamilan.Jadi apa saja nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil? jawabanya yaitu makro nutrisi dan mikro nutrisi.

Makro nutrisi adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh dan menghasilkan energi bagi tubuh.
Makro nutrisi terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak. Pada ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung itu semua dengan seimbang karena makro nutrisi ini mempengaruhi pertumbuhan janin dalam tubuh.

Karbohidrat sendiri bisa didapat dari beras, jagung, umbi-umbian.Protein nabati dan hewani sama baiknya dan bisa didapat dari ikan, daging, telur, susu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain.Fungsi protein pada masa kehamilan yaitu struktur dasar pembentukan organ dalam tubuh.Lemak bisa didapat dari minyak, mentega.Lemak berfungsi sebagai tenaga selain karbohidrat dan protein.
Mikro Nutrisi adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh yang sangat berperan penting proses metabolisme.
 Mikro nutrisi terdiri dari asam folat, vitamin D, Vitamin A, kalsium, zat besi , mineral, seng dan zink.

Pada masa kehamilan asam folat berperan penting untuk mencegah kecacatan pada janin bahkan sebaiknya dikonsumsi sebelum hamil.Asam folat banyak terkandung dalam kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, buah-buahan seperti pisang ,mangga, melon, pada sayur-sayuran seperti brokoli,bayam, sawi, asparagus dan hati hewan.

Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari pagi, nah untuk para ibu hamil penting banget nih misalnya jalan santai pada pagi hari sambil berjemur minimal 30 menit karena manfaat vitamin D yaitu membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.Vitamin A sendiri dapat diemukan pada sayur dan buah berwarna cerah seperti wortel, paprika dan lain-lain.

Pemenuhan zat besi pada masa kehamilan lebih banyak dari biasanya dan  ini penting agar Ibu tetap sehat beraktifitas serta terhindar dari anemia selama kehamilan.Peran zat besi juga dapat mencegah janin lahir prematur serta mencegah pendarahan saat melahirkan.Zat besi juga banyak terkandung pada bayam, hati ayam, daging sapi dan juga susu.

Baca juga : Lawan anemia dan dampak anemia

Minum air putih secukupnya juga penting dilakukan pada masa kehamilan agar terhindar dari dehidrasi.Dehidrasi sendiri dapat menyebabkan kita kurang fokus serta pusing.

Kalsium banyak terdapat pada susu maupun keturunanya seperti keju, yogurt dll.Kalsium juga terdapat pada kacang-kacangan.Pemenuhan kebutuhan kalsium pada masa kehamilan bisa dibilang sedikit lebih banyak dari biasanya.

Fungsi kalsium tentunya seperti yang banyak diketahui yaitu membantu proses pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis.Saya sendiri waktu hamil rutin mengkonsumsi susu hamil dan banyak alasan salah satunya komposisi nutrisi dan gizi pada susu hamil itu dapat melengkapi kebutuhan nutrisi saya saat itu.Semua asupan nutrisi sebaiknya jangan berlebihan tapi sesuai dengan porsinya.

Untuk Ibu hamil pemilihan nutrisi memang penting untuk mencegah maupun meminimalisir terjadinya risiko kehamilan, tapi juga perlu diperhatikan psikologis kita sendiri.Jalani lah masa kehamilan dengan bahagia dan hindari stres pada masa kehamilan karena itu semua berdampak pada diri kita maupun janin.Ibu hamil juga sebaiknya aktif mencari tahu serta konsultasi dengan tenaga kesehatan terpercaya agar mengetahui fakta serta mitos kehamilan.

20 comments:

  1. Replies
    1. Hayoo kalau hamil lagi perhatikan nutrisinya ya 😄

      Delete
  2. Artikel yang berguna nih buat nanti kalau aku udah berhasil hamil lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,,,semoga disegerakan hamil lagi ya tante 😘

      Delete
  3. Nutrisi bagi ibu hamil memang sangat diperlukan, mba Amel

    ReplyDelete
  4. liat bumil meni lucu :D rasanya jadi pengen tapi harus penuh persiapan karena udah usia cantik termasuk siap fisiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe semangat kakak,,iya kalau udah usia cantik perlu persiapan fisik juga. 😃

      Delete
  5. Setuju selama hamil menjaga asupan Nutrisi itu penting banged ya Mbak Amel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak untuk kebaikan Ibu dan janin 😍

      Delete
  6. Jadi ingat pas hamil alhamdulillah aku ngebo, Mbak, alias semua masuk. Tak ada kejadian muntah2, pokoknya semua masuk. Sedihnya, ini anakku sering sakit sih, Mbak. Mungkin karena pengaruh ciaca juga kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihhh enak banget semua masuk,,aku trisemester pertama dan kedua mual-mual.

      Delete
  7. Makasssih sharingnyaa mbaaak. 😊😊 penting banget makro dan mikro nutrisi untuk bumil biar debaynyaa juga tumbuh sehat dan perkembangannya baikk. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak, terima kasih banyak sudah mampir.

      Delete
  8. Lagi hamil nih, tfs ya Mba^^ semoga kita sehat selalu aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,,,semoga Ibu dan baby sehat selalu ya mba ��

      Delete
  9. Nutrisi yang tepat memang penting banget untuk perkembangan janin dan kesehatan bumil. Yang sebelnya kalau di awal kehamilan mengalami mual yang berkepanjangan. Harus pinter-pinter nyari cara agar asupan nutrisi tetap terpenuhi. Semangat ya, buat teman-teman yang lagi hamil.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Waya akunjuga gitu pas trisemester pertama dan kedua mual2 makanya kita harus pinter-pinter makanan alternatif biar Ibu dan baby dapat asupan nutrisi yang baik.

      Delete
  10. makasih sharing nya mbak, kebetulan aku masuk 7 bulan nih kehamilannya
    sekarang lagi ngurangi nyemil2 junkfood
    diusahakan ganti ke buah cemilannya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sehat selalu ya mak,,semangat mak ganti cemilan ke buah 💪💪.

      Delete

Wujudkan Umroh Bersama Ayah Lewat Program Berkah TOTAL Almeera

Assalamu'alaikum. Apa arti Ayah bagi kamu? bagi saya ayah memiliki banyak arti di kehidupan saya.Papa ..biasa saya menyebut sese...