Tuesday, August 15, 2017

Pemenuhan Hak Anak Dengan Pemberian Nutrisi Yang Baik


Assalamu'alaikum.
Hai moms and dads tau ga sih kalau kondisi anak-anak saat ini merupakan gambaran mereka di masa yang akan datang?.Yups saat ini masih banyak orang tua yang belum paham akan kondisi anak-anaknya saat ini merupakan gambaran mereka dimasa yang akan datang.Orang tua juga belum tahu banyak kalau ternyata anak-anak memiliki HAK untuk mendapatkan nutrisi yang baik dan lingkungan yang mendukung untuk masa depan mereka.


Apa saja sih Hak anak-anak? Yuk saya akan bahas sedikit disini.Pada tanggal 7 Agustus 2017 lalu beruntung sekali saya menghadiri acara diskusi publik di Kemendikbud, Jakarta Selatan.Acara yang diawali makan siang itu sangat berfaedah dan banyak memberikan manfaat bagi saya seorang ibu.Acara diskusi ini tidak hanya dihadiri oleh para blogger tapi juga para mahasiswa, masyarakat umum dari berbagai komunitas.


Acara diawali dengan pertunjukan drama oleh siswa-siswi pilihan yang mana kecerdasan dan keterampilan mereka diatas rata-rata seusianya.Mereka ini memiliki IQ 130 *wow cukup takjub saya dibuatnya.Mereka ini bersekolah di sebuah sekolah khusus untuk anak-anak yang memiliki kemampuan diatas rata-rata.

Mereka memainkan drama kehidupan kondisi anak-anak saat ini dimana masih banyak sebagian anak-anak yang masih mengalami gizi buruk atau kurang gizi.Alunan musik gamelan juga membawa alur drama ini begitu adem banget deh.

Para narasumber
Saat ini ada sekitar 84 juta anak-anak yang berusia 15 tahun kebawah yang mana anak-anak tersebut nantinya akan menjadi tombak kemajuan bangsa Indonesia.Untuk menjadi bangsa yang lebih maju tentunya dibutuhkan bibit (anak-anak) yang memiliki kualitas yang baik dan bagus.Mulai dari segi kesehatan dan perilaku mereka.

Tapi tahu ga sih kalau ternyata masih banyak anak-anak yang mengalami masalah dari segi kesehatan terutama tumbuh kembang.Kenapa masih banyak masalah? Hal ini karena disebabkan oleh ketidak tahuan para orang tua pentingnya hak anak yaitu tumbuh kembang.

Pemberian hak anak mulai dari sejak dalam kandungan baca Pemilihan nutrisi masa kehamilan .Pada 1000 hari kehidupan anak-anak harus mendapatkan haknya seperti mendapat asupan yang baik melalui nutrisi dan terutama pemberian ASI.
pict form Indonesia Danone Institute Foundation

Jangan pernah menyepelekan masalah tumbuh kembang yang terhambat ya ,,karena tumbuh kembang akan akan berpengaruh sama kecerdasan.Masalah stunting (kuntet) memang banyak tapi yang lebih darurat yaitu masalah pada otak anak.

Kecerdasan anak bisa terganggu jika nutrisi kebutuhan mereka tidak terpenuhi.Jadi jangan harap Indonesia akan maju kalau masalah ini tidak segera dipecahkan.Jadi harus bagaimana? Nah ini dia yang paling utama adalah peran keluarga.

Orang tua wajib memberikan semua kebutuhan anaknya termasuk masalah gizi.Sebaiknya berikan makanan yang kaya akan gizi seperti buah, sayur dan lauk pauk yang kaya akan protein untuk tumbuh kembang yang optimal.

Pemenuhan nutrisi juga dapat memberikan buah hati susu.Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan dalam susu itu cukup baik untuk tumbuh kembang anak namun yang harus diperhatikan susu apa dulu nih yang seharusnya dikonsumsi anak-anak kita.

Orang tua harus pintar membaca tabel pada semua produk yang akan di konsumsi termasuk tabel pada susu.Saat ini masih banyak orang tua yang keliru sama manfaat SKM susu kental manis.Tahu ga kalau ternyata SKM itu kandunganya hanya air dan gula sedangkan vitamin serta proteinnya tuh hanya sedikit.

Jika anak-anak banyak mengkonsumsi gula yang berlebih dlaam jangka panjang maka jangan heran anak-anak juga bisa mengalami penyakit diabetes nantinya.

Untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 itu bukanlah hal yang mustahil.Semua bisa terwujud kalau semua komponen terutama peran keluarga dalam pemenuhan nutrisi untuk anak-anak bisa terpenuhi.Yuk..kita sama-sama mewujudkan ini semua.Perlu tahu juga nih pemberian hak terhadap anak-anak dilindungi undang-udang lho .











7 comments:

  1. betul ay, nah yg susah itu ajak anak makan sayur ya, kalau agk mau ya alternatif kasih deh suplemen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya,,suplemen alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

      Delete
  2. Wa alaikum salam,

    Setuju, Mel. Anak berhak dapatgizi yang baik. Kadang suka ada orang tua yang menuntut anak supaya cerdas. Tapi mengabaikan kebutuhan gizi anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget kakak...banyak banget ortu nuntuk anaknya cerdas tp hak anak mendapat kebutuhan terabaikan.

      Delete
  3. periode emas pada anak sangat penting diperhatikan ya maaak

    ReplyDelete
  4. Anak adalah tanggung jawab kita bersama. Lindungi anak dari berbagai macam penyakit termasuk pemberian gizi yg sehat

    ReplyDelete

Makin Yakin Dengan Kualitas Obat Generik Setelah Berkunjung ke PT.Hexpharm

Assalamu'alaikum. Obat Generik Sama Khasiatnya Dengan Obat Paten.Bukan hal baru lagi simpang siur mengenai obat generik.Banyak...