Merayakan Hari Pendidikan Nasional Bersama Prosehat

Foto bersama teman blogger :)


 Jakarta 29 Mei 2016 saya menghadiri talkshow menarik bersama Prosehat di FX Sudirman .Acara tersebut merupakan bentuk partisispasi Prosehat dalam merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei.Tema talkshow yaitu #IbuPintar yaitu Ibu yang sehat,kuat dan anggun untuk keluarga dan generasi masa depan.Talkshow pertama yaitu mengenai kehamilan dan narasumbernya yaitu dr.Bram Pradipta, SpOG .

Masa kehamilan masa yang paling membahagiakan setiap ibu termasuk saya.Pada masa ini para mommie menapaki tahap demi tahap perubahan bentuk tubuh.Mulai dari perut yang membuncit dan kaki yang membesar itu yang dialami.

Untuk memiliki anak yang sehat,normal dan pintar para ibu hamil harus atau wajib mengkonsumsi aneka nutrisi yang baik untuk si kecil dan juga si ibu.Nutrisi itu merupakan faktor penting pada masa kehamilan.Saat hamil sebaiknya sang ibu memperhatikan segala asupan nutrisi yang di makan.

Tak hanya nutrisi, pada ibu hamil sebaiknya memperhatikan peningkatan masalah berat badan kenapa? Karena berat badan sang ibu mempengaruhi keadaan si kecil seperti terjadinya BBLR yaitu berisiko PJK, diabetes melitus tipe 2, hipertensi dan hyperlipidemia.
Jika saat hamil sang ibu mengalami obesitas maka akan terjadi seperti DMG, melahirkan SC,terjadi komplikasi persalinan, macrosomia, kelainan kongenitak dan obesitas pada anak.
Tuh...kan cukup banyak sekali risiko yang bisa dialami oleh ibu hamil jika tidak memperhatikan nutrisi dan berat badan.




Lalu Nutrisi apa saja sih yang di perlukan ibu hamil?

Untuk kebutuhan Gizi lainnya ibu hamil memerlukan Kalori,protein,karbohidrat,lemak,serat,Fe,Zn,Cu, dan multivitamin jika di butuhkan.Semua nutrisi dan kebutuhan gizi sebaiknya di konsumsi pada kadar normal atau secukupnya jangan terlalu berlebihan.Selain memperhatikan nutrisi ibu hamil juga harus memperhatikan jenis obat apa yang perlu di minum dan tentu nya aman untuk sang ibu dan janin.Seperti yang kita kehui banyak atau setiap ibu hamil mengalami keluhan seperti mual,muntah,sakit kepala,sembelit.

Pada hal ini adapun klasifikasi Obat dari FDA dengan berbagia kategori.
  • kategori A :obat-obatan yang pada pengujia terkontrol tidak berisiko pada janin dan kehamilan.
  • kategori B :obat -obatan yang tidak beresiko pada janin hewan coba, tetapi belum ada data pengujian pada wanita hamil.
  • Kategori C :obat-obatan yang menunjukan efek buruk pada janin hewan coba, tetapi belum ada data pengujian pada manusia.
  • Kategori D :obat-obatan yang terbukti berisiko pada janin melalui uji klinik.
  • Kategori X :obat-obatan yang menyebabkan abnormalitas pada janin melalui uji klinik.
 Obat anti muntah :
Obat muntah untuk keamanan obat yaitu menduki kategori B dan untuk waktu kapan harus di minum yaitu hanya bila di perlukan saja dan sesuai anjuran dokter.

Obat Sakit kepala :
Obat sakit kepala untuk obat sakit kepala sebaiknya tidak bagus untuk di minum ketika sakit itu datang walaupun obat yang kita konsumsi itu aman untuk ibu dan janin.Jadi bisa di katakan yaitu dikonsumsi jika sakit kepala itu sangat mengganggu aktivitas atau sudah tidak tertahankan.Untuk jenis obat sakit kepala yaitu Acetaminophen.

Obat Sembelit
Obat sembelit sebaiknya dikonsumsi bila BAB berdarah,Hemprroid dan jangan lupa konsultasikan pada dokter.Untuk mencegah sembelit pada ibu hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi dan minu air putih.Untuk jenis obat yang boleh di minum yaitu Lactulosa dan Bisacodyl.

Selain mengenai nutrisi adapun juga pro kontra mengenai vaksin untuk ibu hamil banyak sekali pertanyaan apa benar ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksin?.Nah disini saya mendapat pencerahan mengenai vaksin ini melalui tabel berikut.


tabel vaksin
Tabel vaksin
 Kalau saya sendiri sih ya saya lebih memilik pro vaksin untuk bumil untuk kebaikan saya maupun janin saya namun kembali lagi pada masing-masing setiap orang juga sih antara memilik pro atau kontra.
Pada saat hamil kita juga sebagai pasien sebaiknya lebih cerewet sedikit pada dokter dalam hal apa saja seperti pemilihan obat maupun hal apa yang perlu di lakukan atau jangan di lakukan saat hamil.


PEDAS ( Pecinta Puisi dan Sastra )


Talkshow kali ini juga di meriahkan pembacaan Puisi dari PEDAS ( Pecinta Puisi Dan Sastra) dengan judul Sri Ratu Bangsa karya Latifah Edib.Group PEDAS yang memakai baju berwarna merah ini makin terasa hot nya ketika membacakan puisi .Sungguh merinding sekali ketika mendengar puisi yang dipersembahkan oleh teman-teman ini .


Prosehat

gambar : Facebook Prosehat
Kdang kita sulit untuk membeli obat dan harus muter nyari obat dari apotek satu ke lainya, namun saat ini ada apotik online yang kita bisa pilih obat mana yang kita butuhkan  tanpa perlu keliling menghabiskan tenaga.Prosehat yang merupakan swalayan kesehatan online yang menyediakan yang menyediakan berbagai obat bebas maupun resep resmidan kemudahan tebus resep online dengan peoses keseluruhan proses yang diawasi oleh tenaga kesehatan profesional.
Prosehat sendiri saat ini sudah memiliki aplikasi dan cukup download di appstore pada handphone android atau bisa juga kita beli online via web Prosehat .Obat yang ada di Prosehat cukup lengkap[ dan kita juga bisa memesan resep obat yang kita butuhkan.

Penjelasan dari Prosehat


Untuk memesan resep kita cukup kirim foto resepnya melalui aplikasinya dan nanti pihak CS ( Apoteker) prosehat akan menyiapkanya.Di Prosehat sendiri saat ini sudah lebih dari seribu dokter yang bergabung dan apoteker yang terpercaya.Di Prosehat juga ada ribuan produk dari sumber supplier terpercaya jadi kita tidak perlu khawatir apakah obat yang kita beli asli atau palsu.Saat ini dengar berita banyak juga yang menjual obat palsu yang mirip dengan aslinya.
Selain kita bisa membeli obat kita juga bisa konsultasi via live chat.

Menurut saya dengan adanya Prosehat ini cukup memudahkan kita untuk membeli obat karena lebih hemat,terpercaya dan tidak buang-buang waktu.Di web sendiri juga sudah ada aneka label obat seperti Obat maag, obat diare, obat keputihan ,obat penyakit jantung, obat gatal-gatal dan obat lainya.Pada setiap obat maupun suplemen ada penjelasan mengenai produk tersebut, cukup membantu bukan? .




4 komentar

  1. Baru tahu nih, ada apotek online. Makasih infonya, mbak. Dan untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil, aku save ini link :) semoga bisa bermanfaat untuk saya berkeluarga.

    BalasHapus
  2. wihh vaksinnya lengkao dibahas, skrg dimudahkan dengan fasulitas apotek online, sy setuju dah untuk pro sehat.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉