Monday, December 11, 2017

Rumah Mungil Terlihat Lebih Luas Begini Caranya

Cara rumah terlihat lebih luas

Rumah mungil terlihat lebih luas begini caranya.
Punya rumah mungil terlihat lebih luas dan nyaman.Memiliki tempat tinggal yang nyaman merupakan impian semua orang termasuk saya sendiri.Syukur Alhamdulillah saya tinggal di sebuah rumah yang bisa dibilang cukup sederhana.Setelah rumah Papa di bagi dua untuk kakak alhasil tempat tinggal saya hanya ada 2 kamar dan sebuah ruang tamu kecil.


Meski begitu saya sangat bersyukur, berbagai cara saya lakukan agar rumah mungil ini terlihat lebih luas dan nyaman tentunya.Tak jarang setidaknya 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali saya mensortir barang-barang buku, pakaian dan lainya untuk dipilih yang mana masih bisa digunakan atau harus di kasih ke tukang loak ( barang bekas ).Tak hanya itu saja saya pun suka merombak letak aneka barang-barang dirumah.

Tak jarang Papa saya tidak setuju karena saya sering banget pindah-pindah barang kata dia sih capek bantuin angkat-angkat nya hehe.Kalau Papa sudah begitu biasanya saya melobi beliau saya bilang "Kan biar ga bosen Pah dan keliatan luas pak rumahnya" nah kalau saya sudah bilang begitu Papa pun akhirnya manut.

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis agar rumah dengan keterbatasan lahan terlihat luas yaitu di tingkat hehe tapi apa daya biaya renovasi rumah sekarang itu ga sedikit jadi ya kita sebagai penghuni rumah harus pintar-pintar mengatur rumah mungil ini terlihat rapih, nyaman dan luas.

Karena untuk renovasi rumah di tingkat ga bisa yoweslah saya punya beberapa cara atau sedikit tips agar rumah mungil atau ruangan agar terlihat lebih luas.

Tips Ruangan Mungil Agar Terlihat Lebih Luas

Dok.Pribadi


  • Warna Cat Tembok Yang Terang 
Pemilihan cat tembok sangat berperan lho dan pilih warna terang.Bukan tanpa alasan karena warna terang ini memantulkan cahaya jadi terlihat lebih luas.Untuk rumah saya sendiri saya memilih cat putih untuk warna tembok kamar dan ruang tamu.Untuk dapur saya pilih warna cream.
  • Pilih Tempat Penyimpanan Yang Vertikal 
Berhubung saya punya anak 2 dan pastinya barang-barang pun lumayan banyak.Untuk tetap terlihat rapih saya memilih lemari atau tempat penyimpanan vertikal.Seperti lemari ini saya isi dengan mengkotak-kotakkan barang misalnya kerudung saya gulung-gulung dalam satu box, buku dan acesoris saya masukan kedalam box.

Pic dok pribadi

  • Pilih warna barang yang terang atau kalem
Sekali lagi warna berperan penting agar terlihat lebih luas.Hampir semua barang dirumah termasuk lemari itu catnya warna putih kecuali lemari vertikal tadi.Sampai lemari baju anak-anak yang tadinya warna hitam saya cat dengan warna putih.
  • Pakai kasur atau matras lantai
Nah kalau ini sih ya karena anak-anak dan juga saya tidurnya motah atau ga bisa diem jadi saya pilih kasur dilantai tanpa ranjang.Selain lebih nyaman kalau pakai ranjang kamar yang ukuran mungil akan tampak sempit.
  • Jendela memanjang 
Perlu diperhatikan juga nih fungsi jendela rumah bukan hanya untuk sebagai ventilasi saja tapi juga masuknya cahaya matahari.Kalau jendela tinggi dan cahaya yang masuk juga maka ruangan akan terlihat lebih luas.

pic by www.mataharimall.com

  • Pilih sofa minimalis
Rasanya ruang tamu kalau tidak ada sofa tidak lengkap.Jujur saja rumah saya itu hanya ada sofa satu baris aja alias tidak lengkap dengan aneka meja soale sempit nanti ruangannya.Nah makanya saya pilih Sofa minimalis  aja.Sekarang banyak lho sofa minimalis harga ciamik dengan kualitas oke punya.
  • Jangan banyak hiasan dinding
Hiasan itu bagus sih untuk dipandang mata tapi saya sendiri memilih untuk tidak banyak hiasan dinding dan lebih memilih blong aja gitu karena terlihat lebih terang dindingnya.Kalau pun ada paling hanya bingkai foto aja yang terpajang.Kalau mengenai hiasan ini sih ya masing-masing orang berbeda pendapat jadi ya sok aja hehe.
  • Rajin rapih dan bersih kan barang 
Bagaimana pun juga untuk terlihat luas ( atau sudah luas) dan nyaman sebuah rumah maka yang utama yaitu rapih dan bersih.Kalau tidak rapih dan bersih ya sama aja rumah akan terlihat kotor dan buat penghuni pun ga nyaman banget.

Yups..Sedikit tips dari saya agar rumah mungil agar terlihat lebih luas dan nyaman.Semua itu sudah saya terapkan di rumah.Semua tips ini akan sukses jika anggota keluarga tetap menjaga nya terutama masalah kebersihan dan barang yang habis di pakai itu biasakan di taruh di tempat semestinya jangan asal taro.

Kalau pun bosan dengan pemandangan rumah yang itu-itu saja kita hanya perlu merombak letaknya saja sih ( ini bagi saya soale saya bosenan hehe).Apakah kamu punya tips lainya agar rumah mungil terlihat lebih luas dan nyaman? Yukk tambahkan di komen.

25 comments:

  1. Setuju semua, paduan cat tembok terang dan hiasan/ mebel minimalis akan membuat efek terlihat lebih luas. Yang penting bikin betah di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss bener banget mas karena warna mempengaruhi juga .

      Delete
  2. betuuul mba, aku juga punya rumah mungil dan sering ngerasa sumpek. ternyata poin-poin diatas gada yang diterapkan, palagi cat T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mba..rumah ku mungil tapi aku siasati dengan ini hehe.

      Delete
  3. Bagus bgt nih tipsnya, bisa saya praktekkan buat rumah saya yang emang sempit.

    ReplyDelete
  4. Hwaaaa aku teemasuk penumpuk barang. Udah diberesin, ya numpuk aja lagi. Hufffft. Pemilihan warna dan menyimpan scr vertikal emang tips paling jitu buat rumah kecil. Lemari ku oun sistemnya geser biar nggak makan space juga. Lol

    ReplyDelete
  5. Aku udah aplikasiin di rumah nih tipsnya, cuman ya gitu. Buat barang2 yang besar seperti lemari buku. Tetap terlihat agak sempit, walau masih diatasi dengan kaca besar dan warna dinding yang terang.😀

    ReplyDelete
  6. Beberapa sudut dikasih cermin yg besar kak, untuk menimbulkan kesan luas.

    ReplyDelete
  7. Cakep neh tipsnya, boleh catet neh

    ReplyDelete
  8. Iya ya.. Sortir barang, buang yg ga perlu. Jadi kliatan luas. Tips ok nih.

    ReplyDelete
  9. warna putih dan kaca emang juara deh bikin ruangan keliatan lebih lapang :)

    ReplyDelete
  10. Rumahku juga mungil dan jika suami mengeluarkan mainan koleksinya, astaga langsung sesak berantakan hahaha.

    ReplyDelete
  11. Tips terakhir aku males bersihkan barang jadi gudang aku aja kepenuhan hiks... terima kasih tips nya mulai praktekin lagi satu2

    ReplyDelete
  12. Tipsnya jitu banget mbaaa
    Siap aplikasikan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  13. Wah bener banget tuh bikin tempat penyimpanan vertikal. Udah saya lakuin tuh

    ReplyDelete
  14. wah boleh dicoba nih tipsnya, thanks buat sharingnya :-)

    ReplyDelete
  15. Saya lagi berencana menyingkirkan kursi tamu di rumah.. biar duduk lesehan aja pake bantal bantal gede gitu... keknya lebih santai juga

    ReplyDelete
  16. boleh di coba neh.. sekarang cari pendamping dulu untuk menemani di dalam rumah barunya hihih

    ReplyDelete
  17. Habis ini rumah tak cat ah biar keliatan luas. Makasih Amel info-infonya. Bermanfaat. 😎👍

    ReplyDelete
  18. Hiasan dinding yang sedikit memang membantu agar terlihat lebih lapang.

    ReplyDelete
  19. tipsnya bagus mba, bisa diterapkan ke kamar biar terlihat lebih lega

    ReplyDelete
  20. Simpen tulisannya ahh, pas banget sama kebutuhan di rumah.

    ReplyDelete
  21. Tipsnya oke niih, kebetulan rumah aku juga mungil. Satu lagi nih yang bikin rumah mungil terlihat luas itu adalah penggunaan furnitur multifungsi. Jadi menghemat tempat juga.

    ReplyDelete
  22. Kalau buat home decor, hiasan dinding malah mesti banyak mbak hihihi. coba intip home decor shabby, cuma kalau saya gak banget deh. Tips di atas bener banget, pengalaman saya yg rumahnya mungil juga kudu pinter2 atur barang dan pemilihan cat. Saat ini pun saya juga lagi berusaha ngurangin barang-barang, maunya di preloved gitu, kalau gak dikasih ke saudara yg membutuhkan atau tukang loak kalau g bsia dipakai lagi :D

    ReplyDelete

Mengulas 5 Kesalahan Pola Asuh Gizi Bersama Halodoc

Assalamu'alaikum. Semenjak menyandang tittle Ibu ada banyak hal yang berubah pada diri saya, kebiasaan buruk saat masih lajang sa...