Rumah Mungil Terlihat Lebih Luas Begini Caranya

Cara rumah terlihat lebih luas

Rumah mungil terlihat lebih luas begini caranya.
Punya rumah mungil terlihat lebih luas dan nyaman.Memiliki tempat tinggal yang nyaman merupakan impian semua orang termasuk saya sendiri.Syukur Alhamdulillah saya tinggal di sebuah rumah yang bisa dibilang cukup sederhana.Setelah rumah Papa di bagi dua untuk kakak alhasil tempat tinggal saya hanya ada 2 kamar dan sebuah ruang tamu kecil.


Meski begitu saya sangat bersyukur, berbagai cara saya lakukan agar rumah mungil ini terlihat lebih luas dan nyaman tentunya.Tak jarang setidaknya 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali saya mensortir barang-barang buku, pakaian dan lainya untuk dipilih yang mana masih bisa digunakan atau harus di kasih ke tukang loak ( barang bekas ).Tak hanya itu saja saya pun suka merombak letak aneka barang-barang dirumah.

Tak jarang Papa saya tidak setuju karena saya sering banget pindah-pindah barang kata dia sih capek bantuin angkat-angkat nya hehe.Kalau Papa sudah begitu biasanya saya melobi beliau saya bilang "Kan biar ga bosen Pah dan keliatan luas pak rumahnya" nah kalau saya sudah bilang begitu Papa pun akhirnya manut.

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis agar rumah dengan keterbatasan lahan terlihat luas yaitu di tingkat hehe tapi apa daya biaya renovasi rumah sekarang itu ga sedikit jadi ya kita sebagai penghuni rumah harus pintar-pintar mengatur rumah mungil ini terlihat rapih, nyaman dan luas.

Karena untuk renovasi rumah di tingkat ga bisa yoweslah saya punya beberapa cara atau sedikit tips agar rumah mungil atau ruangan agar terlihat lebih luas.

Tips Ruangan Mungil Agar Terlihat Lebih Luas

Dok.Pribadi


  • Warna Cat Tembok Yang Terang 
Pemilihan cat tembok sangat berperan lho dan pilih warna terang.Bukan tanpa alasan karena warna terang ini memantulkan cahaya jadi terlihat lebih luas.Untuk rumah saya sendiri saya memilih cat putih untuk warna tembok kamar dan ruang tamu.Untuk dapur saya pilih warna cream.
  • Pilih Tempat Penyimpanan Yang Vertikal 
Berhubung saya punya anak 2 dan pastinya barang-barang pun lumayan banyak.Untuk tetap terlihat rapih saya memilih lemari atau tempat penyimpanan vertikal.Seperti lemari ini saya isi dengan mengkotak-kotakkan barang misalnya kerudung saya gulung-gulung dalam satu box, buku dan acesoris saya masukan kedalam box.

Pic dok pribadi

  • Pilih warna barang yang terang atau kalem
Sekali lagi warna berperan penting agar terlihat lebih luas.Hampir semua barang dirumah termasuk lemari itu catnya warna putih kecuali lemari vertikal tadi.Sampai lemari baju anak-anak yang tadinya warna hitam saya cat dengan warna putih.
  • Pakai kasur atau matras lantai
Nah kalau ini sih ya karena anak-anak dan juga saya tidurnya motah atau ga bisa diem jadi saya pilih kasur dilantai tanpa ranjang.Selain lebih nyaman kalau pakai ranjang kamar yang ukuran mungil akan tampak sempit.
  • Jendela memanjang 
Perlu diperhatikan juga nih fungsi jendela rumah bukan hanya untuk sebagai ventilasi saja tapi juga masuknya cahaya matahari.Kalau jendela tinggi dan cahaya yang masuk juga maka ruangan akan terlihat lebih luas.

pic by www.mataharimall.com

  • Pilih sofa minimalis
Rasanya ruang tamu kalau tidak ada sofa tidak lengkap.Jujur saja rumah saya itu hanya ada sofa satu baris aja alias tidak lengkap dengan aneka meja soale sempit nanti ruangannya.Nah makanya saya pilih Sofa minimalis  aja.Sekarang banyak lho sofa minimalis harga ciamik dengan kualitas oke punya.
  • Jangan banyak hiasan dinding
Hiasan itu bagus sih untuk dipandang mata tapi saya sendiri memilih untuk tidak banyak hiasan dinding dan lebih memilih blong aja gitu karena terlihat lebih terang dindingnya.Kalau pun ada paling hanya bingkai foto aja yang terpajang.Kalau mengenai hiasan ini sih ya masing-masing orang berbeda pendapat jadi ya sok aja hehe.
  • Rajin rapih dan bersih kan barang 
Bagaimana pun juga untuk terlihat luas ( atau sudah luas) dan nyaman sebuah rumah maka yang utama yaitu rapih dan bersih.Kalau tidak rapih dan bersih ya sama aja rumah akan terlihat kotor dan buat penghuni pun ga nyaman banget.

Yups..Sedikit tips dari saya agar rumah mungil agar terlihat lebih luas dan nyaman.Semua itu sudah saya terapkan di rumah.Semua tips ini akan sukses jika anggota keluarga tetap menjaga nya terutama masalah kebersihan dan barang yang habis di pakai itu biasakan di taruh di tempat semestinya jangan asal taro.

Kalau pun bosan dengan pemandangan rumah yang itu-itu saja kita hanya perlu merombak letaknya saja sih ( ini bagi saya soale saya bosenan hehe).Apakah kamu punya tips lainya agar rumah mungil terlihat lebih luas dan nyaman? Yukk tambahkan di komen.

33 komentar

  1. Setuju semua, paduan cat tembok terang dan hiasan/ mebel minimalis akan membuat efek terlihat lebih luas. Yang penting bikin betah di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss bener banget mas karena warna mempengaruhi juga .

      Hapus
  2. betuuul mba, aku juga punya rumah mungil dan sering ngerasa sumpek. ternyata poin-poin diatas gada yang diterapkan, palagi cat T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba..rumah ku mungil tapi aku siasati dengan ini hehe.

      Hapus
  3. Bagus bgt nih tipsnya, bisa saya praktekkan buat rumah saya yang emang sempit.

    BalasHapus
  4. Hwaaaa aku teemasuk penumpuk barang. Udah diberesin, ya numpuk aja lagi. Hufffft. Pemilihan warna dan menyimpan scr vertikal emang tips paling jitu buat rumah kecil. Lemari ku oun sistemnya geser biar nggak makan space juga. Lol

    BalasHapus
  5. Aku udah aplikasiin di rumah nih tipsnya, cuman ya gitu. Buat barang2 yang besar seperti lemari buku. Tetap terlihat agak sempit, walau masih diatasi dengan kaca besar dan warna dinding yang terang.😀

    BalasHapus
  6. Beberapa sudut dikasih cermin yg besar kak, untuk menimbulkan kesan luas.

    BalasHapus
  7. Cakep neh tipsnya, boleh catet neh

    BalasHapus
  8. Iya ya.. Sortir barang, buang yg ga perlu. Jadi kliatan luas. Tips ok nih.

    BalasHapus
  9. warna putih dan kaca emang juara deh bikin ruangan keliatan lebih lapang :)

    BalasHapus
  10. Rumahku juga mungil dan jika suami mengeluarkan mainan koleksinya, astaga langsung sesak berantakan hahaha.

    BalasHapus
  11. Tips terakhir aku males bersihkan barang jadi gudang aku aja kepenuhan hiks... terima kasih tips nya mulai praktekin lagi satu2

    BalasHapus
  12. Tipsnya jitu banget mbaaa
    Siap aplikasikan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  13. Wah bener banget tuh bikin tempat penyimpanan vertikal. Udah saya lakuin tuh

    BalasHapus
  14. wah boleh dicoba nih tipsnya, thanks buat sharingnya :-)

    BalasHapus
  15. Saya lagi berencana menyingkirkan kursi tamu di rumah.. biar duduk lesehan aja pake bantal bantal gede gitu... keknya lebih santai juga

    BalasHapus
  16. boleh di coba neh.. sekarang cari pendamping dulu untuk menemani di dalam rumah barunya hihih

    BalasHapus
  17. Habis ini rumah tak cat ah biar keliatan luas. Makasih Amel info-infonya. Bermanfaat. 😎👍

    BalasHapus
  18. memang perlu trik ya agar rumah mungil keliatan luas. Saya sampe skrg lum bisa, soalnya banyak barang2 warisan bawaan ortu di rumah ini :( jadi bingung mau diapain. Kalau ortu datang pasti ditanya, dan ga enak jawabnya kalau "disingkirkan" wkwkwk

    BalasHapus
  19. Tipsnya bermanfaat banget Mel..aku termasuk yg pusing nih, rumah udah kayak gudang krn blm bisa pindahan ke rmh cibinong. Nah tips ini mau aku terapin dirumah cibinongku biar ga sumpek.

    BalasHapus
  20. Hiasan dinding yang sedikit memang membantu agar terlihat lebih lapang.

    BalasHapus
  21. akh makasih buat tipsnya bermanfaat sekali loh. rumahku juga mungil ... pake bangettt :)

    BalasHapus
  22. Saya pernah baca2 juga di tabloid properti
    Poin..poin yg disebutkan bisa jd strategi/cara membuat komposisi ruang di rumah yg mungil

    BalasHapus
  23. tipsnya bagus mba, bisa diterapkan ke kamar biar terlihat lebih lega

    BalasHapus
  24. Simpen tulisannya ahh, pas banget sama kebutuhan di rumah.

    BalasHapus
  25. Tipsnya oke niih, kebetulan rumah aku juga mungil. Satu lagi nih yang bikin rumah mungil terlihat luas itu adalah penggunaan furnitur multifungsi. Jadi menghemat tempat juga.

    BalasHapus
  26. sama aku juga rumahnya sederhana dan gak luas jadi kudu pinter ngatur barang biar nyaman dan leluasa :)

    BalasHapus
  27. setuju mba sama tips2nya, pengen aku praktekin dirumah biar gak bosen nih penataan barang2nya. sama nyortir pakaian yang udah gak kepakai. thanks tipsnya mba

    BalasHapus
  28. Kalau buat home decor, hiasan dinding malah mesti banyak mbak hihihi. coba intip home decor shabby, cuma kalau saya gak banget deh. Tips di atas bener banget, pengalaman saya yg rumahnya mungil juga kudu pinter2 atur barang dan pemilihan cat. Saat ini pun saya juga lagi berusaha ngurangin barang-barang, maunya di preloved gitu, kalau gak dikasih ke saudara yg membutuhkan atau tukang loak kalau g bsia dipakai lagi :D

    BalasHapus
  29. Kalau di rumah (orang tua) saya yang sesuai tips ini tuh pakai jendela yang tinggi, karena emang rumahnya sempit di perumahan jadi ga bisa memanjang. Sama tips ga pajang banyak hiasan dingin. Ga banyaknya emang kebangetan sih, mbak, orang pigura aja di rumah bisa dihitung cuma berapa alias jarang banget, ihihihi

    thanks tips nya, mbak ,bisa buat kalo pas saya udah merit n udah punya rumah sendiri

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉