Aktivitas Seru Libur Sekolah Keluarga Amelia

Tempat wisata murah di jakarta

Libur telah tiba,, libur telah tiba,,, hore..horeee..

Begitulah penggalan lirik lagu Libur Telah Tiba dari Tasya Kamila. Ya, raport anak-anak saya sudah saya ambil sejak hari sabtu kemarin dan itu pula sebagai tanda bahwa libur panjang telah tiba. Bagaimana raport anak-anak? Alhamdulillah senang bukan main, bisa dibilang cukup puas Shakila peringkat ke 5 dan Kezia peringkat 2. Sebenarnya berapa pun peringkat mereka saya sih santai saja dan pastinya mengaparesiasi hasil kerja keras mereka, yang terpenting bagi saya yaitu mereka happy menjalankan Sekolah tanpa beban.

Berbeda dengan pengambilan raport beberapa waktu lalu yang liburnya hanya beberapa hari, libur kali ini cukup panjang karena sekalian libur akhir tahun juga kali ya yaitu selama 2 minggu lebih. Senang sih karena mereka libur panjang jadi waktu bersama mereka bisa lebih banyak, kita juga bisa melakukan aktivitas bersama yang tidak bisa kita lakukan di hari biasa. Pokoknya kita semua menyambut senang kalau hari libur.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tahun ini Alhamdulillah saya menyisihkan budget sedikit untuk menikmati liburan bersama mereka dan keluarga. Ya walaupun ga banyak tapi Alhamdulillah, Insya Allah kita semua happy lah ya menikmati liburan. Lalu aktivitas apa saja sih Yang dilakukan selama liburan? Nah ini dia yang ingin saya berbagi bersama kalian. Ada banyak aktivitas seru, menyenangkan dan bermanfaat tentunya yang kita lakukan selama liburan. Aktivitas ini saya ambil dari beberapa pengalaman yang sudah saya lakukan bersama anak-anak dan pastinya saya akan lakukan kembali di libur panjang kali ini.

Aktivitas Liburan Keluarga Amelia

• Pergi ke tempat wisata air

Saya dan keluarga itu suka banget sama aktivitas berbau air misalnya mandi, mandi hujan dan berenang. Kalau mandi hujan sih ya bisa dibilang hampir semua anak-anak suka ya,, nah kalau berenang ini nih Shakila dan Kezia itu suka lupa waktu kalau berenang. Biasanya kita akan datang sangat pagi ke kolam renang dan pulang pada sore hari.

Belum lama kita semua ke tempat wisata air di di Ancol, sejak pagi kita sudah siap-siap lho. Sebelum sampai disana biasanya saya briefing dulu sama anak-anak, saya memberikan masing-masing tugas kepada mereka, tugasnya sih ya ga gimana-gimana juga ya misalnya harus tanggung jawab sama tas mereka, jangan minta jajan yang mahal dan tentunya nurut apa kata Mama hehe.

Biasanya kita sampai sini itu sangat pagi yaitu jam setengah 9 sudah disini. Bukaan tanpa alasan kenapa pagi banget sih kita kesini kaena kalau pagi itu tempat wisata air ini masih sepi jadi kita bisa bebas berfoto-foto dan menikmati aneka wahana air yang ada di dalam sini berkali-kali hehe. Masuk jam 9 pagi dan pulang jam 5 sore,, cukup lama sih kalau menurut saya , ya abis gimana ya kalau sebentar kesini ya sayang juga uang yang dikeluarkan untuk membeli tiket hahaha *tetep ya ga mau rugi.

• Aktivitas seni

Melakukan aktivitas seni, nah ini yang dilakukan hari pertama libur kemarin. Jadi Alhamdulillah si Kakak Shakila termasuk 20 pemenang dalam membatik bersama sebuah produk mainan dan akhirnya kemarin Shakila dan Kezia bisa belajar membatik.

Membatik kali ini adalah membatik mereka yang kedua kalau sebelumnya mereka membatik di Museum Gajah yang kebetulan saat itu ada event membatik. Disini mereka belajar mengenal peralatan membatik, cara membatik dan tahap demi tahap membatik hingga menjadi kain yang cantik.

Disini mereka belajar banyak hal yaitu belajar membuat karya yang indah, belajar sabar menghasilkan karya , dan mereka bersosialisasi juga dengan orang baru. Dan tentunya juga dengan belajar membatik ini mereka jadi lebih menghargai hasil karya orang lain atau sebuah seni. Sebenarnya mereka suka berbau-bau seni juga sih tak hanya membatik misalnya saja melukis, mewarnai atau crafting bikin kerajinan dirumah, namun kebetulan kemarin ya kegiatannya membatik.

• Makan bersama keluarga

Kakak dan adik saya sudah berkeluarga semua dan di rumah sendiri hanya saya, anak-anak dan papa. Untuk mengisi waktu luang kita biasa menyempatkan untuk berkumpul hanya sekedar makan bersama. Kenapa hanya hari libur bisa makan bersama? Ya karena di hari-hari biasa mereka sangat sibuk bekerja jadi ya hari liburlah waktu yang tepat untuk berkumpul.

Untuk makan bersama kita tak melulu yang harus mewah atau gimana-gimana sih hanya saja biasanya kita berwisata kuliner jadi mencoba makanan-makanan yang belum pernah kita makan bareng. Pokoknya asal ngumpul aja dan tidak perlu yang mewah juga. Kebersamaan, berbagi cerita dan bersilaturahmi itulah yang terpenting.

• Pergi ke Toko buku

Pergi ke toko buku sendiri bisa dibilang lumayan sering sih setidaknya dalam 1 bulan kita minimal 3 kali lah ya ke Toko buku di mall dekat rumah. Shakila dan Kezia senang banget dengan aneka buku cerita mulai dari cerita horor, komedi, komik dan yang paling mereka suka itu buku Why Series, buku pengetahuan dari berbagai seluruh dunia.

Apakah selalu beli buku kalau ke toko buku? Ah.. tentu tidak selalu, kita disini hanya membaca buku berjam-jam lamanya namun kalau saya ada rezeki lebih pasti saya beli untuk mereka atau seperti kemarin saat Kezia dapat rangking 1 dia minta buku Why Series, ya saya belikan. Ini semua sebagai reward atas kerja keras mereka di Sekolah.

• Olah raga sambil bermain

Selama liburan juga saya ingin anak-anak tetap melakukan aktIvitas fisik namun dengan cara menyenangkan yaitu pergi ke wahana bermain yang dimana mereka bisa bebas berlari, jalan-jalan dan berkreasi. Aktivitas fisik seperti ini lah yang tanpa sadar mereka sudah melakukan olahraga namun dengan cara menyenangkan tentunya.

• Nonton TV dirumah

Untuk menciptakan momen seru selama liburan bersama si Kecil tak melulu harus di luar rumah, di rumah juga bisa lho kita sebagai orang tua menciptakan momen seru itu misalnya memasak bersama atau menonton TV bersama. Biasanya kalau memasuki hari libur ada banyak film seru yang di putar di televisi.

Biasanya kalau nonton TV kita dirumah juga suka lupa waktu sih soale seru-seru banget filmnya, dan dengan nonton TV juga kita bisa menciptakan momen seru lho. Dan berbicara mengenai momen seru ada kabar gembira juga nih dari MNC Vision , jadi menyambut akhir tahun MNC Vision menghadirkan kado spesial untuk kita semua. Apa sih Kado Akhir Tahun dari MNC Vision ? .

Nah jadi sebagai pelopor TV berlangganan di tanah air MNC Vision memberikan keistimewaan gratis 3 bulan tayangan dan juga free internet selama 3 bulan bagi pelanggan yang berlangganan paket Super Bundle. Dan keistimewaan ini bisa didapat jika pelanggan melakukan pembayaran secara advance payment atau 1 tahun dimuka .Tuh kan lumayan banget kan, selama liburan kuta bisa Ciptakan Momen Seru bersama MNC Vision dan keluarga tercinta di rumah.

• Staycation di Hotel

Hotel murah di ancol

Ada teman yang bilang jangan pelit menyisihkan waktu dan uang untuk merasakan sensasi tidur di hotel bersama keluarga. Kalau dipikir iya juga sih ya bolehlah ya kita sekali-sekali staycation di hotel bareng keluarga karena bobok di hotel dan di rumah pasti beda juga haha.

Dan ada kabar baik juga nih buat kamu yang juga pelanggan MNC Vision karena di Kado Akhir Tahun MNC Vision juga memberikan keistimewaan promo MNC Vision Priority yang menyajikan diskon hingga 50% untuk hotel-hotel , restoran, tempat wisata dan berbagai merchant menarik lainya lho. Tuh lumayan banget kan hemat hingga 50% ? Jadi budget liburan kita sisanya bisa lah buat hal lain.

• Belajar di rumah dengan cara menyenangkan

Hari libur sekolah bukan hanya dipakai untuk bersenang-senang saja, bagi saya tetap ya selama liburan juga anak-anak harus menyisikan waktu juga untuk belajar, apalagi si Kakak Shakila yang kini sudah menginjak kelas 5 dan dia harus fokus untuk menghadapi ujian kelas 6 dan masuk SMP.

Bagi saya persiapan untuk masuk SMP itu perlu di persiapkan dari jauh-jauh hari karena nanti pada saat momen itu tiba si Kakak tidak begitu stres saat mengerjakan soal. Dan belajarnya sendiri ga melulu selalu open book sih ya lewat tayangan televisi juga bisa kok misalnya saja di nonton di Channel Besmart , chanel bimbel pertama di Indonesia yang terdapat di MNC Vision.

Di channel Besmart ini tayangan edukatifnya sangat menghibur dan juga sesuai dengan kurikulum nasional kelas 4-6 Sekolah Dasar ( SD ) jadi anak-anak bisa belajar dengan nyaman juga. Dan untungnya pada Kado Akhir tahun ini juga MNC Vision memberikan diskon 50% untuk berlangganan Chanel Besmart jadi lumayan kan ya anak-anak bisa tetap belajar di momen liburan dengan cara menyenangkan.

Yups,, rasanya sekian dulu sharing saya mengenai aktivitas yang biasa saya lakukan jika anak-anak libur sekolah. Sebenarnya masih banyak lagi kok yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu liburan dirumah misalnya saja memasak bersama, membuat crafting atau DIY dan masih banyak lagi.

Momen seru bisa kita ciptakan sendiri asal kita juga kreatif, tapi apa pun itu momen liburan ini haruslah tetap bermakna terutama kualitas waktu kita dan anak-anak harus lebih banyak agar bonding antara saya dan anak-anak bisa terjalin dengan baik. So,,, selamat liburan semua ya 😘

17 komentar

1. Happy family. Keren liburannya

BalasHapus
  2. aku udh siap2 juga pas anak2 libur gini, harus ada kegiatan di mana mereka bisa aktif dan happy :p. kalo ga, suasana rumah bisa kacau beliung hahahah. makanya ini juga udh book hotel di sekitaran jakarta 4 harian, supaya mereka bisa anteng, ama palingan main ke playground favoritnya kayak di Funpekka Aeon mall. jd energi geraknya bisa disalurin kesitu :D

3. Banyak kegiatan ya buat mengisi liburan itu dari yang dirumah sekitar rumah atau pergi jauh ke luar rumah yang penting Happy aja

4. Menyenangkan banget ya Mom Amel.
    Semoga duo sipit makin heppiiiii
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

BalasHapus
  5. Wow liburannya duo sipit seru banget ya, makin happy terus ya mom Amel n duo sipit ..seru ya liburan diluar rumah n dirumah jg yg penting kita menikmatinya

6. liburan yang menyenangkan bersama kak Amelia, duh mupeng banget.
    Semua yang dikunjungi sangat menyenangkan, apalagi ke toko buku, main air, nonton semuanya idolaku banget.

BalasHapus
  7. Wihh liburan duo sipit menyenangkan kapan2 kalo berjumpa pgn ketemu duo sipit ini ☺☺

8. Kapan japan kita renang bareng ya mel sm anak2. Pasti seruu 😍

9. Seru banget acara bareng kiddos y mba amel,, apapun itu bikin anak happy pasti Kita juga happy ya

BalasHapus
  10. mau jalan-jalan atau hanya di rumah tetap seru ya kalau orang tua main dengan anak. Hari biasa kan udah sibuk masing-masing.

11. Beuuuh di rumah, tv berbayar ada, cemilan banyak, surga dunia deh kalau liburan gini

12. Liburan Amel asik dan simple semua. Apalagi yg liburan di rumah aja sambil nikmati tontonan dari channel MNC ya. Nggak bosen deh pilih tontonan favorit disana.

13. Seru banget liburannya :D
    Banyak kegiatan. ANak2 pasti happy yaa. Wah MNC Vision kasi kejutan akhir tahun yang lumayan ya mbak :D

14. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ya dalam masa liburan ini, tapi yang terpenting adalah quality time bareng keluarga ya

BalasHapus
  15. Ide liburannya seru2 banget Mamah Amel :* Ku jadi pengin panggil Mamah Amel hehehhe

Yeah jadi ortu memang kudu kreatif terutama saat hari libur. Walaupun hanya berkegiatan di dalam rumah ortu kudu bikin kegiatan seru atau bisa juga nonton2 manja bersama anak. Obrolin filmnya bareng. Bonding pun jadi kuat

16. Wah serunya. Banyak ya mba aktivitas pengisi libur sekolah. Emang kudu cerdas & kreatif nih milih kegiatan yang berfaedah ketika musim liburan. Biar tetap fun, tapi juga ada manfaatnya :)

BalasHapus
  17. Ameliaaa oh ameliaaaaa...mau kemana aja atau ngapain aja sih paling enak kl sama keluarga ya mel.

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉