Thursday, December 13, 2018

Pencahayaan Yang Baik Untuk Vlogging




Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua? Semoga sehat selalu makin penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdulillah terhitung sudah sekitar 8 tahunan saya mengenal dunia digital dan sosial media. Meski sudah 8 tahunan lebih saya mengenal namun untuk memanfaatkan penghasilan dari dunia digital baru beberapa tahun terakhir mulai dari menjadi Ibu wara wiri ke berbagai talkshow parenting, kuter (kuis hunter) dan saat ini saya konsen di blogger.



Semua itu saya lakukan secara bertahap sesuai perkembangan zaman dan tentunya seiring berjalannya waktu mengikuti ilmu digital yang saya ketahui dari berbagai macam sumber. Alhamdulillah semenjak menjadi blogger saya rezeki berkah berlimpah terus menghampiri, mulai dari memiliki banyak teman, mendapat ilmu yang bermanfaat, bertemu dengan orang-orang yang menginspirasi dan tentunya keuangan hehe.

Sekitar 4 tahun lalu saya mulai belajar konsen di dunia blogger dan hingga saat ini saya juga masih belajar sih, namun kini saya juga harus tidak hanya mengandalkan tulisan blog saja tapi juga harus mengasah dan belajar mengenai vlogging (video blogging ) yang kini sedang hitz. Tak hanya sedang hitz saja sih kadang tawaran pekerjaan memasukan vlogging untuk satu paket pekerjaan jadi ya nulis dan ngevlog juga.

Tak bisa di pungkiri memang karena dengan vlogging penyampaiannya pun jadi lebih menyenangkan bagi yang males membaca ya hehe. Pun dengan saya, kadang saya lebih suka liat video daripada membaca blog karena visual dan musiknya cepat mengena saja di otak hehe.

Nah untuk mengikutinperkembangan zaman akhirnya 2 tahun lalu saya mulai punya akun YouTube. Konten saya disana sih lebih banyak ke aktivitas anak-anak saja karena saya ingin mengabadikan setiap moment lewat video agar nanti kalau mereka sudah besar bisa mengenang momen ini.



Saya sendiri masih belum bisa yang namanya edit-edit video makanya standart banget lah video saya. Dan berbicara mengenai vlogging Alhamdulillah saya mendpaatkan ilmu dan penyemangat membuat konten vlogging lewat acara sharing season about Vlogging yang saya hadiri beberapa hari lalu bersama Signify  di City Of Light Senayan City dengan Tema Pencahayaan Yang Baik untuk Vlogging.

Narasumber acara tersebut merupakan rekan saya di blogger yaitu Dede Arianto atau yang lebih di kenal dengan Coretan Mas Dede. Saya kenal dengan Suami mba Icha ini dan beberapa kali beliau tempat saya berkinsultasi mengenai bikin video.



Di acara ini mas Dede sharing pengalamannya di dunia vlogging. Ada yang membuat aku terpesona saat beliau share video di Facebook yang keponakannya sedang bernyanyi,, videonya apikkk banget dan siapa sangka kalau video tersebut diambil pakai Handphone saja,, iyaa pakai HP doank tapi bisa menghasilkan video yang sangat bagus bagi saja.

Menurut beliau sebelum memiliki kamera mirolles video-video nya di chanel miliknya memang ya pakai alat seadanya yaitu HP dan headshet saja. Tapi kenapa hasil videonya bagus? Ya karena ada kemauan.  Beliau kasih tahu nih software apa saja yang bisa kita pakai dalam edit video.

Software editing :

Untuk Apple : 
  • iMovie
  • Wondershare
  • Filmora 
  • Final cut Pro
  • Adobe Premier Pro
Android : 
  • Movie maker
  • Sony vegas
  • Pinnacle studio 
  • Adobe Premier pro

Aplikasi Editing video untuk Handphone : 

  • KineMaster Pro
  • FilmoraGo
  • Viva Video Pro 
  • Quick

Nah diatas tadi merupakan software dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk edit video. Semua aplikasi itu bisa di download secara gratis. Menurut mas Dede sebaiknya untuk membuat vlogging kita ga perlu menunggu alat-alat canggih dan mahal dulu lah namum memanfaatkan apa yang kita punya misalnya smartphone.

Ya ,,jadi kalau ga punya kamera bisa lah pakai smartphone apalagi saat ini kamera smartphone saat ini sudah bagus-bagus banget juga so pakai oeralatan yang kita punya aja. Pertama yang harus dilakukan untuk vloging yaitu harus mencoba yaitu do it , kalau ga gitu ya kapan jadinya ya kan?.

Lalu setelah mencoba buat vlog kita harus sabar dalam masalah editing video,, percayalah genks pada proses ini sebaiknya dinikmati jadi jangan gampang nyerah, bukannya usaha tidak akan berkhianat dari hasil bukan? Jadi kudu sabar.

Belajar dari berbagai sumber juga penting nih misalnya cara menggambil gambar atau masalah pencahayaan agar video yang kita hasilkan juga bagus.



Untung pencahayaan ada dua yaitu di dalam ruangan atau luar ruanagn:

Indoor :

  • Basic Lighting Scheme
  • Studio
  • User experience
Outdoor :
  • Lighting potable
  • Golclen Ours
  • Sun


Nah berbicara mengenai pencahayaan perlu diketahui nih kalau di indoor bisa dilihat apa saja ya sumber cahayanya nah kalau di outdoor bisa pakai lampu portable dan sinar matahari. Untuk sinar matahari ada jam-jam tertentu nih yang bagus untuk pencahayaan buat foto atau video : pagi ( jam 6-9 ) dan sore ( 4-6 ) pada jam-jam ini cahaya matahari lagi bagus-bagusnya untuk bikin video atau foto.

Misalnya kalau di dalam ruangan atau di luar ruangan masih belum terang sebaiknya naikan ISO nya saja atau dekatkan ke lampu. Dan untuk mempercantik video atau foto bisa nih menggunakan berbagai lampu dari Philips contohnya saja Philips Hue.



Pada acara talkshow kemarin hadir juga mba Lea Kartika Indra selaku Head of Integrated Communication of Signify's operation/ business in Indonesia. Beliau menceritakan sedikit sejarah mengenai Signify dan berbagai inovasi terbarunya yang ada di Signify City of Light , Senayan City.

Buat kamu yang mau tau tentang Signify City of Ligh bisa baca ditulisan saya beberapa waktu lalu ya Signify City of Light .


Mba Lea juga memberikan penjelasan nih kenapa lampu LED itu lebih baik karena selain lebih hemat listrik lampu LED juga usianya lebih panjang apalagi LED Lampu Philips yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya hehe saya pun dirumah semua lampu itu sudah pakai merek Philips lho hehe. Dan sedikit pemberi tahuan nih kalau garansi Lampu LED philips itu cukup lama lho yaitu 3 th. 



Okeyy,,sepertinya segini dulu deh ya tulisan saya mengenai acara talksow di Signify City of Light kali ini. Namun yang jelas kalau kamu ingin merasakan sensasi luar biasa kamu bisa datang ke Signify City of Light di Senayan City. Disini kamu bisa berfoto di berbagai booth yang dipasang oleh inovasi teknologi terkini dari Signify.

Kalau sudah berfoto jangan lupa nih di share di instagram atau sosial media kamu lainya #SignifyCityOfLight #TheMeaningOfLight jangan lupa follow instagram @philipsberbagiterang karena ada kupon hadiah senilai Rp 250.000 untuk 100 foto terbaik. 

33 comments:

  1. Mantap! Sukses dan semangat terus yah Amel buat belajar vlog-nya. 😊👍

    ReplyDelete
  2. Uuh, jd pingin nodong mas Dede dan Icha, minta ajarin lbh detil soal pencahayaan utk vlog indoor

    ReplyDelete
  3. aku baru mau cobain kindmaster pro nih mba. selama ini apke video show dan vlog it

    ReplyDelete
  4. Aku pakai aplikasi Quik untuk edit video sejak beberapa bulan yang lalu. Pengen coba aplikasi edit video yang lain juga deh kayaknya. Kalau aku mulai serius ngeblog sejak April 2018. Hehehe.

    ReplyDelete
  5. Keren ya venuenya. Philips emang lampu andalan sejak duly.

    ReplyDelete
  6. Philips emang jagonya lighting yah mba. Btw sy suka edit video walaupun masih memakainya handphone dan app andalanku kine master pro ��

    ReplyDelete
  7. Saya lagi pengen belajar konsisten bikin vlog. Punya banyak stok video, tapi jarang diedit

    ReplyDelete
  8. Lampu Philips memang banyak direkomendasikan ya untuk pencahayaan vlog, vlog saya pun cahayanya masih suka remang-remang nih kalau indoor makanya mengurangi kualitas vlog

    ReplyDelete
  9. Mas Dede keren memang karya videonyaa. Mantaap. Aku jadi pengen banyak belajar juga dari mas Dede. Makasih udah berbagi ya mba

    ReplyDelete
  10. Iya nih hrs dijalankan tipsnya biar Makin canggih ngevlognya intinya mulai dulu yaa dn pede

    ReplyDelete
  11. Terimakasih tipsnya, selama ini pakai viva vidio tapi bukan yang pro.

    ReplyDelete
  12. Aku tuh pakai edit video, udah ganti berapa kali, hihii...dari Kine master yg gratisan, sekarang filmora

    ReplyDelete
  13. Vlogging pas indoor dengan lighting buatan memang tantangan tersendiri ya Mbaaa.... Aku salut deh sama beauty blogger yang bisa bikin video dengan kualitas bagus di bawah lighting buatan.

    ReplyDelete
  14. aku suka sih rekam-rekam momen gini. tapi giliran edit di smartphone, hapenya jadi cepat panas. ini kayaknya kudu ganti hape deh, hahahah #gagalfokus

    ReplyDelete
  15. Aku nih vlognya mengandalkan cahaya matahari aja karena belum pake lampu Philips. Hikss..

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah~
    Aku ijin copy apps untuk video editingnya ya, mba..
    Bukan untuk di tulis lagi di blog kok...hanya untuk referensiku kalau butuh edit video.

    Hehhe~
    Amateur.

    ReplyDelete
  17. Aku bikin lighting sendiri buat foto indoor, pakai lampu phillips, terangnya juara banget deh, foto malem2 jadi gak masalah lagi :)

    ReplyDelete
  18. Duh, bener emang, buat edit video itu harus sabar.. telaten..

    ReplyDelete
  19. Ngevlog itu sebenernya menyenangkan ya mbak, cuma kalau mau dapat hasil video yang bagus dan menarik kudu pinter editing. Nah pas editing ini kadang emak emak kayak saya suka pengen nyerah hihi untung ada anak anak saya yang lebih gape soal beginian. Jadi terbantu

    ReplyDelete
  20. Suamiku juga make kinemaster pro mba, berarti sudah tepat ya hehehe alhamdulillah
    aku juga lagi pengen belajar ngevlog meski masih belepotan

    ReplyDelete
  21. Wah kapan-kapan aku harus belajar sama Mas Dede nih tentang vlog :)

    ReplyDelete
  22. kebetulan banget aku mau bikin video mba Amel baru tau software yang buat iphone bookmark ah hehehe

    ReplyDelete
  23. Ini nih yang belom aku bisa. Selain karena gak pede, bikin Vlog juga perlu peralatan yang bagus. Aku masih ngandelin hape jadul. :(

    ReplyDelete
  24. Ayaa kalo bikin video juga kesusahan lighting yang seadanya mba haha kalo soal editing saya pakai filmora :D

    ReplyDelete
  25. Aku blm serius belajar ngevlog. Kayanya mau belajar biasain diri ngomong di depan banyak orang dulu deh

    ReplyDelete
  26. Ajarin aku ngevlog dong beb. ku mau merambah jadi vlogger juva ah

    ReplyDelete
  27. Saya juga lagi belajar buat video, Mbak. Kalau saya pakai viva video pro dan kinemaster di hape untuk edit videonya.

    ReplyDelete
  28. Aku menyimak bangeet.. selama ini pakai app paking gamoang aja, iMovie hehehe

    ReplyDelete
  29. Wah seru bisa simak ilmu mas Dede.
    Iya lighting penting banget yaaaa. Tapi aku prefer cahaya luar. Tapi kalau pas malam emang butuh lampu buat ngeshot yg mumpuni.

    ReplyDelete
  30. Ah iya nih, aku lemah banget saat ngevlog tuh ya soal pencahayaan ini. Suka gelap gitu hasil syutingnya.

    ReplyDelete
  31. Wew tante belajar ngevlog. Makin hits aja nih.
    Eh iya penting perhatikan lighting saat membuat video supaya jelas gitu gambarnya

    ReplyDelete
  32. Ini nih salah satu kekurangan saya sebagai emak yang sok-sokan disebut blogger, yaitu ngevlog. yeuuuhh....harus lebih banyak belajar harusnya.

    ReplyDelete
  33. Gak cuma nge-vlog sih, cahaya di foto juga mempengaruhi banget ya. Harus investasi di ringlight, softbox dll

    ReplyDelete

Belajar Literasi Keuangan Dan Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching

"Ma, libur sekolah kan masih lama, kita ga jalan-jalan?" . "Ma, boleh tolong beliin Uno Stacko ga di online banyak kok y...