Wednesday, July 31, 2019

Serba Serbi Blogger & Vlogger Gathering di Kota Wisata Cibubur



"Oh jadi Kampung Cina itu ada di Kota Wisata Cibubur toh hehehe", gumam saya dalam hati saat saya mengikuti blogger gathering bersama Sinarmas Land di Kota Wisata Cibubur. Hmm,, ya memang baru tahu sih kalau ternyata Kampung Cina yang sekitar 8 tahun lalu saya kunjungi itu berada di Kota Wisata Cibubur. Inget banget dulu saat imlek 8 th lalu saya dan para tetangga pergi wisata ke Kampung Cina naik angkot carteran. Seingat saya dulu itu waktu ke Kampung Cina kita harus menempuh waktu yang lama , entahlah apa dulu lewat jalan belakang bukan tol atau ya mungkin karena saya desak-desakan dalam angkot hehe. 


Delapan tahun berlalu, tidak ingat secara pasti mengenai akses jalan menuju Kampung Cina tapi yang jelas saat Imlek di Kampung Cina ini sangat ramai dan banyak pertunjukan khas perayaan Imlek. Berhubung anak-anak saya keturunan chinese dari Papanya ya seneng juga sih ikut perayaan disana dan menikmati ornamen-ornamen khas Cina merah dan emas, pastinya juga saat kesana ga lupa membeli pernak pernik khas Imlek seperti baju Cheongsam, payung hias lukis gitu sama dompet yang beranak banyak tuh dari yang besar sampai yang kecil.





Kalau dulu kayaknya jauh banget ke kampung Cina tapi pas beberapa waktu lalu saya kesana bareng teman-teman blogger lainnya Bintaro - Kota Wisata Cibubur itu hanya sekitar 1 jam. Untuk menuju Kota witasa dari Bintaro kami lewat Tol Veteran sampai keluar Tol Cibubur dan lewat Bumi Perkemahan Cibubur lurus terus dan tidak jauh dari situ terlihat Gerbang Kota Wisata Cibubur yang megah dan terlihat 2 patung kuda di sebelah kanan dan kiri gerbang.

Acara blogger gathering kali ini berada di Kantor Pemasaran Kota Wisata, untuk menuju kesana kami melewati rimbunnya pepohonan besar dikanan kiri jalan, asri adem juga karena ada beberapa taman terbuka hijau. Kantor pemasaran sendiri letaknya berdampingan dengan Kota Wisata Sport Club &  SPA.

Tema Blogger & Vlogger gathering kali ini kita belajar cara ngeYouTube atau bikin video tuh gimana sih? dan narasumber kali ini yaitu Achmad Biantoro atau yang lebih dikenal dengan Mas Abi akun instagramnya @inimasabi . saat ini blogger sudah agak meredup dan kalah dengan YouTube jadi mau tidak mau kita harus mengikuti tren saat ini.



Menurut mas Abi saat ini ngeYouTube itu itu tidak harus pakai kamera mahal atau gimana saat ini pakai smartphone pun bisa yang penting konten karena Content Is a King tapi perlu perhatikan engegemntnya . lalu bagaimana sih engagement yang benar itu agar orang- orang mau nge klik ke video kita. Jadi YouTube itu bukan bagaimana proses syutingnya tapi bagaimana dengan proses pre dan post editingnya yang sangat menentukan. Mas Abi pun menjelaskan bagaimana tahapan-tahap pembuatan video.

Tahap Pembuatan Video 


Pra Produksi  :

  • Ide atau Konsep
  • Skenario
  • Brainstroming Skenario
  • Casting
  • Reading
  • Cek Lokasi
  • Persiapan Art, Wardrobe , Alat, Crew, dll
  • Shot List/ Story Board

Produksi / Syuting :

  • Editing
  • Musik
  • Sound 
  • Publishing

Kalau dilihat tahapan diatas sih mungkin ribet banget ya tapi sebenarnya bisa dibikin simple kok dengan cara Boosthing Up Editing mulai dari Footage, Music Scoring, Tumbnaile & Title terakhir adalah Printilan. Kenapa bisa diringkas seperti itu dan bukan proses syutingnya yang utama ? karena ya anak kecil pun bisa di shoot misalnya kegiatan dia lagi bermain atau lainnya. Yang menarik dan bikin vidoe kita trending di YouTube itu dan ingin ngetik itu bagaimana cara kita mengemasnya dan tumbnailnya. 

Footage :

  • Ambil sendiri, untuk footage lebih baik kita ngambil sendiri jadi jangan mengambil foto atau potongan video orang lain yang pernah di upload di Youtube karena bisa kena copywright dan bisa di take down oleh YouTube
  • Bebas Copywright, yaitu tidak mengambil foto atau potongan video yang sudah memiliki hak patennya misalnya kita mengambil potongan dari TV nah ga boleh nih karena sudah memiliki hak paten.
  • Tidak melanggar hak intelektual dalam hal ini kita tidak boleh mengambil potongan video orang lain tanpa izin.

Nah kita harus memperhatikan 3 footage diatas ya sebelum upload video di YouTube. Tapi ya jangan khawatir saat ini YouTube memfasilitasi report atau di take down video yang didalamnya ada video kita yang diambil oleh orang lain.

Perlu di perhatikan juga nih kalau untuk mengambil video untuk YouTube orientasinya itu landscape ya 16:9 karena kalau kita mengambil berdiri (potret) akan ada disampingnya lahan kosong ( item gitu lho gaes).

Begini lho Ninja Walk 


Lalu untuk syutingnya atau pengambilan video itu tidak shaking , goyang atau tremor dan untuk mengatasi itu bisa pakai tripod atau gymbal kalau ga punya alat itu bisa menggunakan Ninja walk ( jadi waktu ingin mengambil video tangan kita pegangnya bukan dimata kita tapi setara dengan bahu kita dan megangnya dengan dua tangan namun jangan dekat dengan bahu kita, lalu kalau tidak ingin goyang yaitu caranya ninja walk (kaki angkat agak jinjit ) maka hasilnya tidak goyang. 

Music Storing


Music Storing adalah backsound yang kita pakai buat video kita. Untuk pemilihan Music Storing ini bisa kita dapatkan secara gratis yang sudah disediakan oleh youtube sendiri yaitu di Audio Library - Music for content creator. dan untuk voice sendiri harus lebih semangat, jelas dan enak di dengar ,,hmm bisa kebayang kan kalau kita ngomong ga jelas di video orang juga malas nontonnya makanya kalau bikin video speaking kita tuh harus jelas. Untuk suara agar terdengar lebih jelas bisa pakai mic recorder atau biasa pakai mic yang biasa mic yang biasa diatas kamera , namun boleh juga pakai clip on HP.

Kesesuaian Judul

  • Penulisan yang tepat
  • Tidak terjadi misleading
  • tidak terlalu panjang
  • Tidak terlalu pendek
  • Penulisan yang menarik/ click bait

Tumbnail 

  • Kesesuaian dengan isi video 
  • Bebas Edit Namun Sesuai 
  • Menggunakan gambar terbaik
  • Menggunakan penulisan/ Kalimat tambahan di tumbnail
Untuk bikin tumbnail bisa buat di aplikasi yang bisa kita download dan kreasikan sendiri. Mas Abi menjelaskan juga nih kalau YouTube yang sekarang dan dulu itu berbeda banget.

YouTube yang sekarang :


  • Bukan lagi views tapi Wach Time
  • Wacth Time artinya lamanay waktu menonton suatu video
  • More Wacth Time =  More Exposure = More Adsense
  • Algoritma Youtube = Yang konsisten yang menang

Yups YouTube bisa menjadi lahan penghasilan yang menjanjikan makanya saat ini anak-anak kalau ditanya cita-citanya mau jadi apa tak jarang mereka menjawab youtuber hehe. Iya penghasilannya itu dari adsense dan iklan. Nah jika ingin kita lolos dapat adsense maka perhatikan sifat youtube sekarang ya.Hmm.. setelah mendengar penjelasan mas Abi saya sendiri beberap kali menghela nafas tapi secara keseluruhan saya paham bagaimana cara buat video YouTube buat pemula seperti saya. 


Lalu sekarang kita bicara mengenai aplikasi edit video nih yang dijelaskan mas Haris Maulana yang menjelaskan sebuah aplikasi editing Video yaitu Kinemaster . Nah aplikasi ini sendiri saya pakai ini hehe. Untuk Kinemaster sendiri sangat mudah mengedit untuk pemula seperti saya. Aplikasi ini bisa di download sevcara gratis namun agar lebih enak bebas watermark dan mendapatkan banyak musik serta fitur-fitur tema yang menarik bisa pakai yang premium.

Okey, belajar cara ngeYouTube dan edit video sudah dijelaskan mas Abi dan mas Harris, rasanya ga afdol banget ya kalau ke Kota Wisata kita ga keliling sini dan mengenal lebih dekat lagi yang dijelaskan oleh ibu Leni.

Kota Wisata Cibubur


Kota Wisata memiliki luas 700 Ha  dan launching sudah sejak tahun 1996. Dari sejak launching hingga saat ini pembangunan sudah ada 41 cluster untuk area hunian atau residential, dan area yang sudah dikembangkan kuarng lebih 380 Ha.

Fasilitas-Fasilitas yang ada di Kota Wisata 

  • Pendidikan

Di Kota Wisata sendiri fasilitas pendidikan sudah lengkap ada sekolah fajar Hidayah , BPK Penabur, Bunda Hati Kudus.
  • Pasar Modern
  • Transportasi
Untuk transportasi Kota wisata sudah ada juga yang menuju Bandara Soekarno Hatta, Bogor, Cawang, Blok M sampai ke ITC Mangga Dua juga ada dan fasilitas trasnportasi ini untuk warga Kota Wisata dan Legenda Wisata.
  • Sport Club & Spa

Nah ini dia yang paling saya suka yaitu Sport Club & Spa dimana ada beberapa kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Lalu di wilayah ini ada Playground dan track untuk lari. Suasana disini sangat asri dan bersih, seandainya saya punya rumah disini mungkin hampir weekend bisa main bersama keluarga disini hehe.



Kenapa saya suka dengan area ini? selain fasilitas olahraganya juga lengkap pemandangan disini juga instagramable karena banyak air mancur dan patung-patung gitu deh. Yups tempat ini menjadi tempat favorit warga Kota Wisata dan Legenda Wisata. 
  • Ruko-ruko, Tempat kuliner, Mini market 

Untuk restorannya sendiri sangat beragam mulai fast food, western dan makanan daerah juga ada lho.
  • Fasilitas Kesehatan 

Di Kota Wisata sudah ada Eka Hospital yang mulai beroperasi bulan Agustus.
  • Fasilitas Sarana Ibadah
Fasilitas Ibadah di Kota Wisata ada Mesjid Jami Darussalam dan Gereja Maria Bunda Segala Bangsa.
  • Fasilitas yang akan datang

Adapun fasilitas yang akan datang yang sedang disusun oleh Kota Wisata yaitu seperti CBD Area , Shopping Mall, Hotel, Office Area. Saat keliling Kota Wisata saya merasa sangat nyaman karena banyaknya ruang terbuka hijau, fasilitasnya pun cukup lengkap. 

Yang terbaru adalah Kota Wisata sendiri saat ini sedang mempromosikan 3 produk terbarunya yaitu Visalia, Nashville dan Bellwood. Nah beruntungs ekali nih saya dan teman lainya berkesempatan melihat rumah contoh dari Nashville .

Nashville The  Magnificent Living




Nashville salah satu produk dari Kota Wisata yang sukses bikin saya mupeng berat dan menjadi salah satu rumah idaman masa depan. Nashville , rumah dengan luas bangunan 100/200 - 220/190 meter persegi ini terlihat sangat mewah memiliki halaman depan, belakang dan garasi . Rumah ini berlantai 2 yang memiliki banyak kamar dan kamar mandi pokoknya cocok buat keluarga yang memiliki 2 sampai 3 anak. 

Pada lantai bawah ada ruang tamu, ruang keluarga, meja makan, kamar mandi, kamar tidur, dapur dan halaman belakang yang bisa kita tanami pepohonan atau tanaman hias. lalu pada lantai ke dua ada 3 kamar tidur, 2 kamar mandi  dan ruang berkumpul.



Untuk tinggi lantai satu ke atap dan lantai dua ke atap itu tinggi -tinggi dan ini menjadi nilai plus karena membuat rumah tidak terlalu panas dan sirkulasi udara juga bagus ( jendela-jendela cukup banyak). Sepertinya berbicara mengenai produk Neshville ini saya tidak bisa menulis banyak tapi  bisa kamu tonton di youtube saya dibawah ini ya. 


Yups sepertinnya sekian dulu sharing saya mengenai blogger & vlogger gathering dan keliling Kota Wisata Cibubur. Happy banget bisa mengikuti gathering kali ini karena saya mendapatkan banyak ilmu mengenai buat video dan ngeYouTube. Tidak hanya itu saja, dengan menghadiri gathering ini juga saya kembali melihat Kampung Cina lagi dan semoga saja bisa kesini lagi sama Shakila dan Kezia hehe.

Kenyang makan Soto 😁


Warga Wisata Kota Cibubur pasti lebih happy kali ya karena fasilitas disini juga cukup lengkap , letaknya strategis dan ada tempat wisata yang bisa dikunjungi kapan pun misalnya ke Kampung Cina. Untuk wisata kuliner juga bisa karena ada banyak tempat makan yang menyajikan menu-menu daerah , jadi kalau kangen menu kampung halaman tinggal makan yang tidak jauh dari rumah. 


46 comments:

  1. Acara keren di tempat keren ini sih. Double seneng nya ya mba, apalagi bisa kumpul bareng blogger lain juga. Tuker sama tambah pengalaman. Makasih sharingnya, jadi ada tambahan ilmu buat konten keren lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seneng banget dapet ilmu dapat kesenangan juga.

      Delete
  2. Btw wisata kota cibubur itu lengkap beut ya mba.. semua kebutuhan ada di sana.
    Trus ikut acara keren beginian itu gak hanya buat anak muda aja, emak2 juga harus upgrade ilmu ya kan..

    ReplyDelete
  3. Mohon izin utk saya save y mbak, berguna banget buat saya yg sedang belajar buat video youtube.

    Ulasan ini menambah inspirasi saya untuk membuat konten video kreatif youtube.

    Smoga saja saya bisa bersaing dgn Atta,,,

    Makasih ilmunya y mbak...

    ReplyDelete
  4. Acara yang sangat bermanfaat, tempatnya juga asyik, bikin pikiran jd fresh. Jadi nambah wishlist nih, kalau ke Cibubur ntar jelong² juga ke Kota Wisatanya. Thanks for sharing yaa

    ReplyDelete
  5. kKeren ilmunya mba, saya nih masih kudu belajar banyak tentang foto dan video, apalagi edit-edit video .

    Asyik juga ya lokasi kota wisata Cibubur ini, sejuk dan asri banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya memang kreatif itu kuncinya ya, saya sering liat di bebrapa medsos yang mana banyak orang kreatif, hanya menggunakan apa yang ada tapi menghasilkan konten yang bagus banget.
      Foto pakai hape pun juga jadi :)

      Delete
  6. Ya... kalau ingat kampung china, maka ingat Kota Wisata Cibubur, Mbak Amel. Dan ini memang hunian idaman. Saya selalu lewati kalau pas ke rumah adik saya di Depok.

    Dan itu seru sekali soal sharing seputar youtube Mbak. Kalau lihat paparannya memang ribet, tapi asal dilakukan dengan senang hati dan memang suka, maka semua lewat Mbak hahaha. Itu sih kata para youtubers beken hehehe.

    ReplyDelete
  7. Keren acaranya ya, bisa nambah ilmu tentang youtube. Aku masih gaptek nih bikin dan edit video, jadi youtube ku udah lama terlantar hiks. Harus banyak belajar dulu :)

    ReplyDelete
  8. Aku bookmarked artikel ini, info tentang video creatornya bermanfaat selali.
    Dan itu Nashville bikin mupeng aja. Aku pernah ke rumah teman 2 tahun lalu di salah satu cluster Kota Wisata Cibubur, memang nyamaan bangets. Failitas lengkap pula.

    ReplyDelete
  9. youtube sekarang, makin kesini makin ketat. Dan kalau kesana lumayan juga tuh buat nambah konten di youtube, nampaknya bakalan bisa ngundang banyak view

    ReplyDelete
  10. Kota Wisata Cibubur ini udah jadi kota mandiri banget. Segala ada. Gak hanya minimarket. Tapi, sekolah sampai tempat hiburan pun ada. Komplit banget

    ReplyDelete
  11. wah, belajar tentang youtube sampai sekarang buat saya sangat menarik. Ingin me mulai tapi masih ragu begitu seterusnya dan tetep gak bisa konsisten hehe

    ReplyDelete
  12. Ya ampuuun fasilitasnya kompleett bgt, keren khanmaiiin
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  13. Wah lengkap banget nih ttg YT. Yang paling inget ninja walk heheheee. Aku juga lagi belajar ngevlog & masih gitu2 aja. Belum bagus. Ternyata kudu sabar banget kayak ngeblog tapi beda alat dan media. Thanks sharingnya.

    ReplyDelete
  14. Ku nyimak dan manggut2 baca yang bikin video, emang ya ga gampang ituuh, aku aja masih banyak PR yang belom sempet mainan ads di Yutub.Tapi kalo pideo buat di IG, ku pake Kinemaster juga tuh buat editingnya.

    Acara yg keren, dapet ilmu, dapet rumah pula ya di kampung cina Kota Wisata Cububur, eeeeeehhh...

    ReplyDelete
  15. Jadi tahu trik dapetin gambar ngga goyang itu pake cara ninja walk ya, coba dipraktekkin nanti. Video tentang Kota Wisata Cibubur hasilnya bagus mba, resolusi gambarnya tinggi, ngga pecah, terus perpindahan lokasi juga alus. Mau coba Kinemaster deh.

    ReplyDelete
  16. Setuju banget kalau konten adalah raja.
    Byw fotoforo kota wsiata cibuburnya nagus semua. Bikin pengen punyabsatu hunian di sana

    ReplyDelete
  17. Keren nih ilmu youtube nya di share. Dikit2 emang perlu ya menyisipkan kontent video ke blog

    ReplyDelete
  18. TFS mba..jadi tahu cara hasilkan video ygkeren dg smartphone saja nih.. Aku penasaran dg Ninja Walk nya hehe..

    ReplyDelete
  19. Aku jadi belajar banyak nih mba pas acara youtubernya. Aduh pengen juga menghasilkan dari youtube tapi kayaknya ini buat asyik asyik aja dlu :)

    ReplyDelete
  20. Aihh enaknyaaa fasilitas lengkap ya Kakmel, mau makan, maen, n yg lainnya semua udah difasilitasi dsana. Viewmya jg kece ya Kak

    ReplyDelete
  21. Seru banget nih kegiatannya. Ya jalan-jalan lihat-lihat hunian impian, ya dapet ilmu perVloggingan. Mupeeeeng :D

    ReplyDelete
  22. Aku kyknya belum pernah ke Cibubur, eh hanya melambaikan tangan doank pas lewatin di tol,haha. Kyknya kalau tinggal di sana kudu ada mobil ya supaya bisa cepet aksesnya ke kota.
    Seru banget dapat ilmu ngeyutub gtu, jd gmn udah dipraktikin belum ilmunya? :D

    ReplyDelete
  23. Wah mantul ilmu banget ini saya juga lagi pengen mempelajari banyak tentang cara ngevlog, ngomongin ttg cibubur banyak banget nih perubahan yg saya lihat tambah keren pastinya :)

    ReplyDelete
  24. Kota Wisata Cibubur memang keren banget sih fasilitasnya. Cluster Nashville yang terbaru juga kece badai. Jadi pengen beli he..he...

    ReplyDelete
  25. Ilmu yang sangat bermanfaaf sekali mba. Ternyata butuh proses dengan langkah-langkah di atas untuk membuat content video yang baik yak. Meski belum akan ngeyoutube menemukan ini adalah hal yang perlu saya pelajari

    www.ngopisetengahgelas.com

    ReplyDelete
  26. Keren ilmunya, tahapan pembuatan video. Asyik ya mbak, sambil jalan-jalan dapat ilmu

    ReplyDelete
  27. Seru ya belajar vlogger nya. Apalagi dengan Mas Abi yang ekspert didunia youtubers. Kota wisata rumahnya bagus-bagus ya.

    ReplyDelete
  28. Waaah seru ya mbak acaranya, ilmunya dapat keliling sambil berwisata juga bikin puas. Pasti bikin senang menimba ilmu seperti ini, apalagi kalau ilmunya didapat dari ahlinya. Suka banget lihat pemandangan kota wisata yang bagus-bagus.

    ReplyDelete
  29. Luas banget ya Kota Wisata kalau dijadiin tempat buat lari seharian luamayn tuh bakar kalori, jadi pingin punya rumah di sana nih Mel

    ReplyDelete
  30. sudah lamaaa banget ga ke Kota Wisata Cibubur. Dulu pernah diajakin teman ke Chinatown-nya trus kalap belanja deh. hahaha

    ReplyDelete
  31. Sekarang jadi vlogger atau youtuber makin tren ya dibanding blogger. Penghasilannya juga lebih waw gitu. Tapi emang sih mau di youtube atau di blog, tetap saja Content is King dan tetap harus perhatikan engangement juga ya mbak.

    ReplyDelete
  32. cibubur kayaknya lagi gencar gencarnya mempromosikan wisata ya beberapa waktu lalu kota wisata cibubur juga bikin lomba blog hehe

    ReplyDelete
  33. Wah,, dapat ilmu baru untuk buat video mbak. Senang sekali bisa ikut event nya ya, bisa tahu juga tentang kota wisata Cibubur.

    ReplyDelete
  34. Baru tau nih soal teknik Ninja Walk. Ternyata bisa digunakan untuk menghindari shaking yaaa...oke catet ah...

    Bener banget nih, kita kudu upgrade skill, harus bisa bikin konten di youtube juga klo ga mau tergerus jaman

    ReplyDelete
  35. Wah keren banget niy ilmunya saya perlu banget mudah2 an di Bandung ada deh..

    ReplyDelete
  36. Dulu aku kerja dekat sana mbaak . Jadi kalau pulang kerja di hari mendekati libur suka jalan jalan kesana . Keliling keliling ajaa . Trus takjub gitu ini kota wisata luaaas bangeeet yaa trus pas masuk Deket gerbang itu ada patung patung gitu . Dan mampir ke kampung Cina nya jugaaa. Pernah pas Lg Imlek kesana penuuuuuuuh bangeeet tp seneng bisa beli barang barang pas adanya Imlek aja .

    Ih jadi kangen pengen main kesana lagi deh . Secara terakhir kesana 8 tahun yg lalu an

    ReplyDelete
  37. Tadi siang aku lewat nih kota wisata cibubur, dari gerbang luarnya aja udah keliatan mewah sih, dan sekarang baca tulisan ini.. beuh, emang keceh dan sebanding sama tampilan gerbang depannya yang memang keren dan meyakinkan banget menurut aku.. btw, nanti acarin juga dong ngevlog ya..

    ReplyDelete
  38. Aku udah lama nggak ngerasain yang namanya pelatihan sejak resign dari kerjaan
    Kadang rindu apalagi fasilitasnya sebagus di sini

    ReplyDelete
  39. Dulu sering main ke Kota Wisata mbak tempat teman dan sering pesan makanan di ruko kuliner. Makanannya dengan harga terjangkau dan maknyess..

    ReplyDelete
  40. Terakhir aku main ke kampung cina daerah sana dan bener emang terasa lebih deket dibanding dulu banget haha. Betewe yahud emang ya fasilitas disana 😄

    ReplyDelete
  41. seru yaaaa, inimasabi juga bawainnya enak dan menyenangkan, btw aku nyesel ga ikutan foto di spa dan sport clubnya, canteeek kali beb

    ReplyDelete
  42. Wah jadi tau cara bikin konten yutube. Emang iya ya blogger seperti tergeser oleh yutube. Kalo ndak mengikuti perkembangan jamam bisa tergilas

    ReplyDelete

ERHA TruWhite Activator Body Series Mengatasi Drama Kulit Kering dan Kusam

"Sibuk apa Mel sekarang?" tanya seorang teman SMP yang tak sengaja bertemu di sebuah pusat belanja di Bintaro 10 hari yang lal...