Tuesday, August 20, 2019

Belajar Menjadi Blogger Profesional di HIIP Academy #1




" Ada yang kenal ini siapa?" tanya mas Arif sambil menunjuk proyektor yang bergambar  alm. Moechamad Ari Mariyanto atau yang lebih dikenal Cumilebay.com. Melihat gambar mas Cumi dilayar seketika hati saya nyesss dan flashback mengenang beliau. Cumilebay.com ini salah satu  teman travel blogger mas Arif dengan branding yang cukup kuat, blognya yang full colour, sering blog walking dan tidak pernah ketinggalan ibadah sholat dan puasanya kemana dia pergi, lanjut mas Arif.


Mas Cumi biasa saya memanggilnya, beliau ini luar biasa humble kepada semua bahkan saya sampai merasa terharu, beliau salah satu blogger ternama yang sering meninggalkan komentar ditulisan blogpost saya padahal saya masih baru banget didunia blogging istilahnya masih anak bawang banget tapi dikunjungi sama beliau terus. Terakhir ketemu yaitu saat ada acara di Rumah Singgah Kanker ya, saya terakhir ketemu almarhum itu disana.

Melihat foto almarhum dilayar dan mendengar kesan mas Arief terhadap beliau, rasanya semua teman almarhum berpendapat sama kalau beliau orang yang humble dan tidak pernah ketinggalan puasa senin kamis dan ibadah lainnya saat kemana pun. Dan mendengar hal itu saya makin berfikir , setelah saya tiada nanti apakah akan meninggalkan kesan yang positif atau negatif di kalangan teman-teman? Apakah nanti tulisan blog saya ini membawa manfaat bagi pembaca atau tidak? dan apakah mampu saya bertanggung jawab dengan tulisan saya ini nanti pada hari akhir? Wallahu'alam.


Meski belum sepenuhnya menjadi orang yang baik dan bermanfaat bagi orang banyak tapi yang pasti untuk saat ini saya mencoba terus belajar dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Yups, slide terakhir mas Arif Rachman yang bergambar cumilebay.com di HIIP Academy  ini seakan mengingatkan saya kembali kalau ngeblog itu ga asal nulis tapi apa yang akan kamu tinggalkan nanti saat kamu tiada.

Di HIIP Academy persembahan dari HIIP Indonesia dengan tema How to Build Your Blog Professionally dengan narasumber M. Arif Rahman , Creative Content dan Sitta Karina, Blog Monetizing memberikan banyak insight dan ilmu dalam dunia blogging yang kini saya jalani.



HIIP Indonesia merupakan sebuah digital platform yang bisa menghubungkan brand dan influencer.  HIIP Indonesia sendiri merupakan rebranding dari BP Network yang didirikan oleh Shintaries Nijerinda dan Almazia Pratita.

Untuk bergabung dengan HIIP Indonesia cukup mudah tinggal download aplikasi nya di AppStore atau Google Play Store lalu isi data diri lengkap dengan sosial media kamu dan lainnya nanti jika ada penawaran job yang sesuai dengan kriteria bisa langsung dapat notif. Jadi ga perlu tuh repot-repot daftar job.


Panggal 10 Agustus 2019 HIIP Indonesia mengadakan HIIP Academy #1 dengan puluhan peserta dari berbagai wilayah. Yups pesertanya sendiri tidak disekitaran Jabodetabek saja tapi ada dari Garut, Bandung dll. So,, mau tau apa saja pembahasan di HIIP Academy kali ini? Baca terus sampai bawah ya.



How to engage your readers with Ariev Rahman 


"Kebanyakan blogger sekarang lagi malas menulis dan saya punya teman yang akan menulis ketika dia dibayar dan ada yang menulis ketika mengikuti kuis", pembuka mas Arif yang langsung ngena dihati saya haha. Yups tidak ada yang salah mungkin motivasi mereka menulis itu berbeda dan yang penting dia tetap menulis.

Arif Rahman yang saya kenal sebagai travel blogger mulai menulis blog yaitu tahun 2012 gara-gara awalnya itu ikut kuis. Nah sejak tahun 2012 beliau jalan-jalan gratis dari menulis blog...hmmm keren banget yes bisa ke berbagai negara berkat menulis. Jalan-jalan dari ngeblog ini bukan hanya kerjasama dengan brand saja tapi juga banyak hadiah lomba kuis yang dimenangkan beliau dengan hadiah keluar negeri. 
Hmm,,, mendengar awal sharing pemilik blog https://backpackstory.me/  sukses buat saya mupeng berat dan pengen banget seperti beliau yang bisa jalan-jalan gratis keluar negeri. Kalau melihat isi blog mas Arif mungkin kita akan berfikiran ya bahwa Travel Blogger itu asyik dan enak tapi sesungguhnya Travel Blogger itu sangat sibuk bisa juga diartikan sebagai kombinasi dari berbagai macam pekerjaan : Treaveler, Writer , Blogger, Photographer , Videographer, Planner, Researcher dan lainnya. 

Dibutuhkan selama 2 tahun bagi seorang Arif Rahman branding sebagai Travel Blogger. Meski sering jalan-jalan gratis karena pekerjaan dan kuis tapi tak jarang travel blogger harus mengocek uang sendiri untuk traveling karena mindsetnya itu harus modal duluan agar mendapatkan lebih jangan menunggu gratisan untuk mendapatkan konten. Why? Karena bagi Travel Blogger pengalaman adalah investasi yang paling berharga di dunia. 

Lalu cara meningkatkan pengunjung blog kita ? Ingat 2 Kon  ( Konten dan Konsisten ) : 



1.  Content Is King


  • Konten 
Pertama adalah konten yups Content is King diambil dari esai Bill Gates tahun 1996  dimana saat itu beliau mengatakan bahwa konten yang tepat akan mendapatkan banyak keuntungan di internet. 

Jadi buatlah konten yang baik dan bermanfaat bagi pembaca karena akan membuat pengunjung datang. Konten yang berkualitas itu tidak terlalu susah untuk naik tapi kalau konten yang biasa saja dan susah naik itu butuh modal misalnya pakai ads atau minta promote ke orang yang berpengaruh.

" Two types of good content nowadays, one is informative, two is attractive. So, you either know, or be attractive and funny." Gary Vee.

Yups 2 kunci konten yang banyak peminat yaitu informatif dan lucu, so mulai sekarang bisa lah ya menulis 2 kunci konten ini biar pengunjung blog kita ramai.


2. Consistency Is The Key 


  • Konsisten
Kalau konten adalah rajanya maka konsistensi adalah kunci yang membawa kita menuju kesuksesan . Yup dengan melakukan latihan terus menurus dan konsisten menulis atau menyediakan konten yang baik ini salah satu hal yang membawa kita kesuksesan, kenapa? Karena itu semua akan membuat pengunjung kembali mengunjungi atau membaca blog kita.


Hmm,, catet ya 2 kon biar pengunjung blog ramai dan tahu ga sih kalau ternyata blog mas Arif utuk memiliki ciri khas tersendiri dan orang lain ga akan pernah bisa sama makanya inilah yang membedakan blog mas Arif dengan yang lainnya : 
  1.  Tulisan berbentuk naratif, bukan deskriptif.
  2. Panjang tulisan lebih dari 1.000 kata, supaya pembaca lebih terbawa ke dalam suasana cerita.
  3. Selipan humor dan komedi khas yang cuma ada di backpackstory.

Tiga hal diatas adalah ciri dari blog Arif Rahman, hmm memang sih setiap blog itu punya ciri khas masing-masing kalau saya sendiri selalu memasukan pengalaman pribadi saya disetiap tulisan karena lebih enak dan enjoy aja. 

Kalau kamu apakah sudah menentukan branding sendiri? Atau seperti saya yang masih belum menentukan arah branding kemana saya dan entah kapan menemukan branding itu. Buat kamu yang sama seperti saya jangan khawatir dan patah semangat ya genks inget kata mas Arif nih buat yang baru nulis " Menulislah mulai dengan apa yang kamu suka dan apa yang kamu kuasai" . Tuh sing penting nulis dulu ya.

Membuat Konten Pada Travel Blog 


Nah sekarang mas Arif sharing bagaimana membuat konten pada travel blog. Membuat konten itu tidak langsung jadi ya tapi ada tahap-tahap yang harus dilewati.

Tahap -Tahap Membuat Konten Travel Blog : 

  • Travel What Else ? 
Ya namanya travel blog jadi harus eksplore tempat-tempat dan perjalanan merupakan bahan utama dari sebuah konten travel blog bermutu , juga gairah untuk menulis. 

Untuk jalan sendiri tidak harus yang jauh kok di dekat kita saja juga bisa dibuat konten dan perjalanan sendiri bukan hanya sekedar tentang destinasi melainkan tentang apa yang membuat perjalanan tersebut lebih berkesan dihidup kita.
  • Find The Idea 
Perlu diketahui bahwa sebuah tulisan besar berawal dari ide-ide kecil yang meletup dikepala. Dalam tulisan perjalanan ide-ide menulis itu akan bersumber dari perjalanan yang telah kita lakukan. So, Ingat- ingat perjalanan kitam resapi suasananya dan  apa saja yang kamu temukan dari sebuah perjalanan yang menarik untuk ditulis.
  • Select Some Good Photos
Nah ini dia nih kenapa saat traveling kita harus membawa kamera atau smartphone dan selalu mengabadikan hal menarik saat traveling kaena foto akan membantu kita mengingat apa saja yang sudah kita lakukan selama perjalanan.
  • Write Then Develop
Nah terkahir adalah setelah menentukan ide tulisan , mengeng peristiwa yang terjadi selama perjalanan berdasarkan foto-foto dan mengingatnya maka tulis kisah kita berdasarkan foto tersebut lalu dikembangkan menjadi sebuah tulisan menarik.

Dari kata, kembangkan menjadi kalimat, dari kalimat kembangkan menjadi paragraf, kembangkanlah menjadi tulisan perjalanan.

Semua butuh proses, and it wort the time


The Worst Thing You Write Is Better Than The Best Thing You Did Not Write 


Yups kalimat penutup by Arif Rahman dimana hal terburuk yang anda tulis lebih baik daripada hal terbaik yang tidak anda tulis, ini catet ya genks, pahami, resapi dan jalankan jadi lebih baik menulis aja dulu, kita latihan terus menerus nanti akan lebih baik dengan sendirinya,, ehmm,,ehmm bisa dilihat tulisan pertama di blog saya yang lebih banyak galau merana dan tak menentu arah hehe. So, kalau mau menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan banyak pengunjung mulai menulis aja dulu ya. 



Cara Profesional Monetisasi Blog with Sitta Karina


Saat ini blog sudah menjadi salah satu ladang penghasilan yang sangat menjanjikan, termasuk saya sendiri yang memanfaatkan blog dan media sosial sebagai salah satu sumber penghasilan untuk keluarga. Untuk menjadikan blog yang menghasilkan itu tidak mudah ada banyak hal yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger jika ingin monetisasi blog.

Sesi kedua di HIIP Academy ini membahas Monetisasi Blog dengan narasumber Sitta Karina. Nama Sitta Karina rasanya sudah tidak asing lagi bagi penggemar novel karena beliau adalah seorang penulis buku dan juga lifestyle blogger.



                                     Blog Berkualitas = Banyak Pengunjung 


Blog yang berkualitas adalah blog yang banyak pengunjungnya. Ternyata ada syarat mendasar blog yang berkualitas itu seperti apa sih? .

Syarat mendasar blog berkualitas : 

  • Identifikasi sasaran pembaca

  • Kategori ( ninche ) blog jelas

  • Konten menarik dan bermanfaat

  • Navigasi blog efektif

  • Waktu loading cepat

  • Design mobile responsive

  • Tata letak nyaman dibaca

  • Konten rajin diperbaharui

  • Sentuhan personal 



Persiapan Monetisasi Blog : 


  • Memiliki blog pribadi

  • Blog terdaftar du Google Search Console

  • Kuasai storytelling

  • Rajin ngeblog

  • Jadikan blog sebuah komunitas interaktif

  • Rajin bermedia sosial

  • Konsisten pada kategori blog

  • Traffic terus tumbuh


Ragam Monetisasi Blog atau Cara mendapatkan uang dari ngeblog : 


  • Sponsored post

  • Banner Ads

  • Program Afiliasi

  • Jaringan iklan

  • Menjual produk & Jasa



Komponen Penting Rate Card 


Jeng-jeng-jeng-jeng ,,, ini dia bagian yang membuat saya galau dan masih bingung dalam menentukan harga. Bukan tanpa alasan karena kadang kalau kita ditanya brand atau agency mengenai rate card kita berapa suka takut atau gugup sendiri kalau memberikan harga yang menurut kita tinggi nanti takut agency atau brand kabur tapi kalau memberikan harga yang cukup rendah nanti tidak sepadan dengan upaya kita. 

Tapi tahu ga sih kalau rate card itu penting dimiliki seorang blogger jadi kita tahu harga tulisan kita itu berapa. Untuk saat ini sih jujur saja di blog saya belum saya tulis rate card tapi mungkin insya Allah ya akan saya tulis mengenai hal ini. 

Isi Rate Card :
  • Rincian Pekerjaan dan harga
  • Profil blogger
  • Informasi singkat seputar blog dan aku media sosial
  • Portofolio pekerjaan.


Cara Menentukan Rate Card 


  • Bersifat subyektif
  • Ukur tingkat kesulitan pekerjaan
  • Perhatikan durasi pekerjaan
  • Taksir kekuatan personal branding
  • Hitung ongkos produksi dan biaya kelancaran hidup
  • Gunakan patokan per 1000 views 
  • Sertakan pajak
  • Pertimbangan added value untuk klien
  • Prinsip win-win solution 

Pentingnya Managemen Media Sosial 


Bekerja di dunia blogging tak lepas dari media sosial dan tak bisa dipungkiri bahwa media sosiak merupakan salah satu sumber traffic blog yang signifikan. Dan untuk mengelola akun media sosial sendiri ada cara jitunya lho .

Cara jitu mengelola media sosial :
  • Pilih setidaknya 2 jenis media sosial 
  • Buat bio yang singkat , informatif, dan menarik
  • Rajin update konten positif
  • Bangun percakapan dengan followers
  • Hindari atau kelola konflik di media sosial

Kunci Sukses Monetisasi Blog 


Perlu dipahami saat ini semua orang bisa membuat blog dan yang menjadi tantangannya adalah menjadikan blog kita berkualitas dan terus berkembang.  Agar monetisasi blog berhasil maka lakukanlah beberapa hal seperti target audiens tepat sasaran, buat konten OK secara teratur (on-page SEO) , beri value dan tampilan ciri khas kita, tingkatkan traffic blog, tampilan blog menarik dan mudah digunakan ( on -page SEO), promosikan konten blog melalui media sosial kita dan perkuat personal branding.



Alhamdulillah, gimana sudah paham belum sama materi dari mas Arif dan mba Sitta? Eim,, Alhamdulillah saya sendiri sudah sedikit paham bagaimana cara menjadi blogger profesional namun memang ada beberapa bagian yang harus di perbaiki dari blog saya. Hal yang paling sulit saat ini jujur aja personal branding huhu dimana  masih kebawa arus kesana kemari tapi insya Allah yes dengna berjalannya waktu pasti menemukan personal branding saya.  Pokoknya terima kasih banyak HIIP Academy #1 luar biasa banget materinya jadi ga sabar nih pengen ikutan #2 nanti hehe.



3 comments:

  1. Wah Arief Rahman kayaknya saya kenal tuh. Kalau gak salah yg travel blogger itu. Btw ini informasi yang bermanfaat banget buat saya yang sedang belajar memperbaiki konten blog. Terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  2. Jadi, berapa nilai rate card mu? Udah tahu kan takarannya. Jadi biar nggak dianggap remahan emping, harus memperkaya konten dan konsisten.

    ReplyDelete
  3. Oh pada belajar HIIP Academy toh pantesan kontenya bagus sekali wah saya harus ikutan nih

    ReplyDelete

PRURide Indonesia Sportfest Terbesar dan Terlengkap Untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat

Hei-hei kawan bersiaplah Waktu kita pun telah tiba  Mari kita mari kita bersepeda bersepeda Mari kita cerahkan hari