Mengajarkan Literasi Keuangan Pada Anak Dengan Edutech Anak Cerdas

Funancial Day


"Ma, nanti uang celengan aku tolong beliin voucher game ya, biar lebih seru mainnya", pinta Kezia. Hmm.. sudah lama sejak dia kenal game online dia merajuk ke saya minta tolong belikan voucher game, tapi sampai saat ini saya tidak kasih karena menurut saya itu belum pas untuk usia Kezia yang baru 9 tahun.

Awalnya dia protes kenapa tidak boleh beli voucher game padahal itu uang celengan dia yang dia sisihkan dari uang saku setiap harinya. Tapi kemudian saya jelaskan kalau voucher game itu bukanlah suatu kebutuhan yang penting untuk dia.

Saat menjelaskannya jujur saja ada sedikit kesulitan bagi saya karena Kezia termasuk anak yang kritis sekali tapi sekali lagi memang perlu ditanamkan pemahaman bagi dia agar bisa lebih bijak lagi menggunakan uang saku nya.

Memang saya sendiri dalam memberikan pemahaman mengenai edukasi keuangan kepada anak ini susah-susah gampang karena cara penyampaiannya pun harus sangat sederhana dan menyenangkan pastinya agar mereka cepat mengerti.

Kalau masalah membiasakan menabung sih Kezia sudah paham namun belum rutin saja dan dia tuh masih belum paham apa itu sebuah kebutuhan dan keinginan sehingga kadang suka minta ini itu dengan mudahnya.

Anak cerdas


Alhamdulillah, beberapa dilema menjelaskan pengelolaan uang kepada Kezia saat ini sudah sedikit terbantu sejak mengikuti Fun-ancial Day bersama Bank HSBC dan Prestasi Junior Indonesia beberapa hari lalu di Taman Satwa Anak, Kebun Binatang Ragunan.

Yups pada acara Funancial Day kemarin HSBC dan Prestasi Junior (PJI) mensosialisasikan Edutech  literasi keuangan " Anak Cerdas" yang terbuka untuk umum dan hadir dalam beberapa sesi, kebetulan Kezia mendapatkan sesi pertama dan belajar bersama murid-murid dari SDN 08 Ragunan.

Kegiatan Funancial Day yang diselenggarakan oleh Bank HSBC dan Prestasi Junior Indonesia (PJI ) sendiri memiliki tujuan memberikan peluang kepada seluruh masyarakat Indonesia agar memiliki opsi media pembelajaran pengelolaan uang untuk anak melalui Edutech Anak Cerdas sebuah program pembelajaran berbasis teknologi yang dirancang untuk anak-anak usia sekolah dasar.

Edutech Anak Cerdas
Robert Gardiner, Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia.

Menurut Robert Gardiner, Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia " Pemberian uang saku oleh orang tua kerap kali tidak disertai dengan tuntunan dan dorongan kepada anak untuk mengelola keuangan uang yang dimiliki".

Yups memang benar adanya saya sendiri ya memang berfikir yasudah lah kasih uang saku kepada anak namun kadang lupa kalau saya juga harus mengajarkan anak-anak dalam mengelola keuangan mereka agar lebih bijak lagi menggunakan uang sakunya.

Eitsss.. jangan khawatir ya moms saat ini orang tua bisa dengan mudah menanamkan nilai-nilai finansial kepada anak melalui Edutech Anak Cerdas yang bisa diakses secara daring di www.anakcerdas.prestasijunior.org melalui komputer dan laptop.


Edutech Anak Cerdas 


Prestasi Junior Indonesia

Ada alasan tersendiri kenapa Anak Cerdas ini hanya bisa diakses melalui Komputer atau laptop bukannya smartphone, karena game interaktif ini perlu dampingan orang tua dan secara tidak langsung game ini juga memberikan ruang berinteraksi antara orang tua dan anak-anak.

Pada edutech Anak Cerdas terdapat 15 sesi pembelajaran pengelolaan uang yang terbagi tiga segmen :

  • JA Ourselves untuk kelas 3 Sekolah Dasar 
  • JA Our Community untuk kelas 4 Sekolah Dasar
  • JA Our City untuk kelas 5 Sekolah Dasar

Ketiga segmen diatas anak-anak belajar banyak hal mulai dari belajar membuat pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan , mengenal fungsi dan pergerakan uang di masyarakat, pentingnya menabung, memahami serta berbagi komunitas sekitar, memahami bahwa seseorang harus bekerja , mengenal beragam jenis pekerjaan.

Pada segmen JA Our City yang merupakan segmen akhir ini anak-anak mengenal apa itu pajak, peran pajak itu apa dan mengenal institusi kruangan untuk menggerakan ekonomi dalam kota.

Semua segmen diatas benar-benar dirancang untuk anak-anak usia sekolah dasar banget deh.

Cara Bermain Edutech Anak Cerdas 




Okay setelah tahu sedikit seluk beluknya , saya sharing ya gimana sih main edutech Anak Cerdas ini?.


  • Buka website Anak cerdas di www.anakcerdas.prestasijunior.org 
  • Registrasi isi username, nama, e-mail orang tua, sekolah, jenis kelamin, kelas dan password. Lalu klik daftar
  • Buka e-email yang didaftarkan registrasi kemudian klik konfirmasi dan berhasil.
  • Jika sudah resmi terdaftar klik tulisan ( sudah daftar? Masuk di sini yuk.
  • Login dengan tulis username dan password
  • Jika sudah klik Belajar dan mulai deh. 


Nah karena berhubung Kezia kelas 3 jadi pilihan belajarnya itu segmen JA Ourselves. Pada segmen ini ada 5 sesi yaitu Buat pilihanmu , Kebutuhan dan keinginan, Mendapatkan uang, Menabung uang dan berbagi.

Sebagai orang tua yang ikut mendampingi saat Kezia bermain edutech Anak Cerdas ini saya jadi tahu bahwa pada sesi pertama yaitu menentukan pilihan oleh Kezia sendiri. Yups disini mereka belajar memilih apa yang dia suka. 

Lalu masih pada sesi pertama juga anak-anak dikenalkan dengan uang dan ada pemahaman dimana Kezia tak hanya menyesuaikan kebutuhan dan keinginan saja tapi juga harus menyesuaikan dengan uang yang Kezia miliki.



Lanjutnya ketika Kezia sudah memilih maka akan ada note mengenai alasan kenapa Kezia memilih barang itu. Yups disini juga diajarkan pemahaman apa itu yang namanya Kebutuhan dan Keinginan. 

Lalu ada pembelajaran bagaimana mendapatkan uang ( bisa dengan kerja atau buka usaha), jika sudah mendapatkan uang harus menabung dan sesi 5 nya itu Membagi uang.

Yusp di edutech Anak Cerdas tidak hanya diajarkan cara menentukan pilihan, membedakan kebutuhan dna keinginan, bagaimana cara mendapatkan uang dan menyimpan uang saja namun diajarkan juga pentingnya berbagi. 


Jika anak-anak sudah menyelesaikan semua sesi, akan mendapatkan e-sertifikat yang dikirim melalui e-mail yang didaftarkan. E-sertifikat ini ada kesan tersendiri bagi anak-anak, yups seperti dapat penghargaan gitu setelah menyelesaikan semua sesi hehe.

Sebagai orang tua dengan adanya edutech Anak Cerdas ini saya cukup terbantu karena ada tahap-tahapan tersendiri dalam mengajarkan literasi keuangan kepada anak-anak. 

Infografisnya bagus, menarik serta full colour membuat anak-anak tidak jenuh belajar dan mudah dipahami. 

So, buat moms and dads yang ingin mengajarkan literasi keuangan dengan cara menyenangkan untuk si Kecil yuk langsung aja coba edutech Anak Cerdas di www.anakcerdas.prestasijunior.org  melalui Komputer atau Laptop yang terkoneksi internet. Kita bisa belajar dimana pun dan kapan pun. 





45 komentar

  1. Seru banget ini, kalau anak usia 5 atau 6 tahun sudah bisa ikutan apa belum ya untuk kegiatan seperti ini Momsay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilihat dari segmennya sih ini dimulai dari kelas 3 moms.

      Hapus
  2. Senengnya Kezia belajar literasi keuangan ya, suka banget sama programnya yang mengajarkan keuangan sedini mungkin. Jadi tau mana yang dibutuhkan dan diinginkan kalo pas membeli sesuatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak bener banget hehe. Sekarang juga anak-anak lain bisa belajar juga nih pakai Anak Cerdas 😁

      Hapus
  3. ya ampun, lupa mau ajak si kakak buka website ini, padahal udah diniatin kemaren, mau bareng-bareng ngintip setelah baca di postingan Mba April.

    tapi senang deh baca ini, jadi semacam diingatkan kembali betapa pentingnya mengajarkan literasi keuangan pada anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe cuss deh mumpung inget langsung buka aja websitenya 😁

      Hapus
    2. hahaha iya Mba, si kakak jadwal buka komputernya weekend doang, harus di catat di post it kayaknya nih biar nggak lupa, asyik banget kalau bisa ubek-ubek website kaya manfaat gini :)

      Hapus
  4. wah keren ini, anak2 sekaarng sangat dimudahkan dg banyak program seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak jadi mudah mengajarkan literasi keuangan pada anak.

      Hapus
  5. Program ini bagus banget, jadi bisa mengajarkan pada anak untuk lebih bijak dalam menggunakan uang. Semoga suatu saat saya dan anak2 bisa juga mengikuti acara ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..anak-anak kaka juga bisa belajar juga kok lewat websitenya 😁

      Hapus
  6. wah gamenya bagus sekali mbak, dari game ini akan diajarkan ttg uang dan yang paling menarik konsep kebutuhan dan keingingan, si anak bisa belajar menentukan prioritas dengan uang yg dimiliki.

    BalasHapus
  7. aku langsung meluncur ke website nya, sebagai persiapan meskipun anak masih cilik tapi emaknya perlu belajar biar bisa menularkan ya kak.

    BalasHapus
  8. Wah..bagus sekali ini.. orang tua sangat terbantu utk menjelaskan literasi keuangan kepada anak. Catat alamat web nya ah..

    BalasHapus
  9. Pas banget sama usia anak-anakku.
    Aku coba belajar literasi bersama Edutech Anak Cerdas.
    Yuhuuu~
    Semoga mereka lebih cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh pas yaa,, cuss deh kak langsung coba.

      Hapus
  10. Wah seru nih kayaknya. Bayangin bocah bingung mau milih memprioritaskan yg mana karena kemauannya banyak bingit. Ah meluncur ah ke AnakCerdas. Makasih sharenya ya mbk.

    BalasHapus
  11. Anak zaman sekarang memang sangat dekat dengan internet dan teknologi ya Mna harus diarahkan

    BalasHapus
  12. Keren sekali program literasi keuangannya saya baca dari atas sampai bawah bahkan banyak sekali sesinya dan dibagi dalam tiga kelompok usia jadi pemahaman anak akan uang jadi mudah dipelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mudah dipelajari dan menyenangkan kak.

      Hapus
  13. jama sekarang memang anak - anak perlu dibekali dengan pengetahuan yang memadai tentang keuangan sejak dini..soalnya godaannya jgua dimulai dari usia dini, thanks to konsumerisme dan juga teknologi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba Indah godaan sekaramg itu banyak banget.

      Hapus
  14. Iya ini penting banget ternyata terlebih menjadikan anak cerdas finansial penting banget di zaman now yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting donk agar mereka lebih bijak menggunakan uang jajan sampai dewasa nanti.

      Hapus
  15. Waawww ada website khusus anak.
    Kerenn baru tau aku..


    Asik yaa si kecil jdi bisa belajar dan mengenal finansial sejak dini mbakkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cuss deh ajak anak main dan belajar di website Anak Cerdas.

      Hapus
  16. Bagus nih website, jadi anak bermain sambil belajar ya.

    BalasHapus
  17. Wah acaranya mengedukasi sekali Mba Amel. Kita jadi bisa ya ngajarin anak kita literasibkeuangan dengan cara menyenangkan jadinya. Apalagi ada websitenya ya. Jadi bisa kita akses kapanpun juga dan anak jadi lebih mudah memahami

    BalasHapus
  18. Kegiatan Funancial Day yang seperti inipenting ya karena memberikan pemahaman lliterasi keuangan kepada anak-anak dengan cara fun

    BalasHapus
  19. Pas banget nih buat kedua anakku. Sering bingung cara ngajarin masalah keuangan dengan cara mudah, kalau ada Edutech Anak Cerdas jadi terbantu pasti.

    BalasHapus
  20. Media belajarnya menarik mbak. Cocok untuk anak2 jaman sekarang tapi tetap harus didampingi orangtua. Saya juga sedang mengajarkan finansial sederhana untuk anak saya.

    BalasHapus
  21. Website khusus anaknya keren ya. Anak jadi lebih terliterasi secara digital.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah suami saya sabar banget mengajarkan perihal keuangan kepada anak-anak. Jadi anak saya enggak boros dan bisa menabung. Kadang dia juga jualan barang-barang ATK ke teman-temannya dan hasil labanya dia tabug. Wah, dia pasti suka nih kalau aku kenalin game ini. Makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  23. wah asik nih acaranya.
    anaknya juga ikutan ya di acara ini?
    moga ada di Medan, dan kami berkesempatan ikutan

    BalasHapus
  24. Wah Kezia kritis juga ya mbak masalah keuangan. Pakai minta celengannya buat beli voucher juga hehehe. Untung akhirny bisa ikutan Fun-ancial Day bersama Bank HSBC dan Prestasi Junior Indonesia. Jadi bisa sekalian ngajarin anak plus dapat ilmu ya mba

    BalasHapus
  25. Wah penting banget nih supaya adik-adik bisa mengatur uang jajan nya sendiri. Selain itu mereka juga bisa merencanakan tabungan

    BalasHapus
  26. Wah ini seru banget ya acaranya karena banyak ililmu penting terutama ngajarin anak untuk kelola keuangan

    BalasHapus
  27. Fun-ancial Day bersama Bank HSBC dan Prestasi Junior Indonesia bikin anak jadi melek literasi. Kalau anak saya berarti yg JA Our Community ya soalnya dia kelas 4 SD.

    BalasHapus
  28. Bagus ini konsepnya ya, apalagi cuma bisa diakses pakai laptop. Jd anak dapat dua kesenangan, ya main screen ya interaksi sama orang tuanya krn mau gak mau pasti didampingin ya mbak

    BalasHapus
  29. era zaman digital saat ini pembelajaran anak-anak lebih seru dengan komputer, benar juga supaya ada interaksi antara orang tua dan anak.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉