Pentingnya Belajar Coding Sejak Dini , Coding Bee Academy Dan BPK Penabur Jakarta Menggelar K12 Computer Science Education Fair

Coding Bee Academy

Coding, satu kata yang baru saya kenal beberapa tahun terakhir setelah terjun mengenal dunia blogger. Kenal coding itu ya hanya sekedar kenal nama karena saya sudah berfikir sulit duluan untuk mengenal lebih jauh lagi.

Jujur saja saya ngerti html ganti template blog saja baru-baru ini dan sudah pusing liat code-code html hehe. Jadi kalau sudah pusing gitu yaudah istirahat dan kemudian tinggalkan. Tapi setelah melihat hasilnya saya malah ingin belajar dan belajar lebih jauh lagi mengenai otak atik template dan juga coding.

Awalnya memang mungkin juga mindset yang bilang belajar coding itu sulit makanya up and down untuk mrmpelajarinya. Padahal ternyata belajar coding atau pemograman ini adalah tidak begitu sulit jika kita belajar ditempat yang tepat dan bahkan anak kecil pun bisa belajar coding seperti di Coding Bee Academy.


Coding Bee Academy 


Yups Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya berkesempatan sedikit mengenal Coding Bee Academy yang merupakan sekolah coding khusus anak berusia 5-17 tahun.

Coding Bee Academy merupakan partner resmi Code.org, organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memperkenalkan kurikulum computer science .

Yups Coding Bee Academy mengaplikasikan K12 CS Frameworks yang merupakan kurikulum computer science di Amerika Serikat.


Coding Is Fun


Kurikulum yang digunakan ini memiliki konsep pembelajaran fun dan exciting yang langsung diadaptasi dari Amerika Serikat dimana belajar coding itu tidak sulit dan membosankan.

Cabang Coding Bee Academy yang saya kunjungi yaitu di ITC Permata Hijau, untuk tempatnya juga lumayan nyaman untuk anak-anak belajar.

Saat ini anak-anak penting sekali diajarkan coding sejak dini karena tak bisa dipungkiri perkembangan zaman yang sudah banyak menggunakan serba teknologi ini, anak-anak harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

Mungkin banyak yang beranggapan kalau di sekolah sendiri anak-anak sudah diajarkan menggunakan teknologi tapi dengan belajar coding adalah belajar menciptakan teknologi



Manfaat Belajar Coding

Manfaat belajar coding untuk anak banyak sekali tidak hanya dapat menciptakan teknologi tetapi manfaat belajar coding yaitu anak-anak mampu belajar menggunakan logika, problem solving, kreativitas dan kepercayaan diri.

Yaa, disini anak-anak belajar tentang itu semua. Coba deh bayangin gimana bangganya orang tua saat anak-anak kita bisa menciptakan teknologi? Pasti bangga banget. Belajar coding juga bisa sibilang sebuah investasi besar untuk anak-anak di masa yang akan datang.



Dengan menggunakan kurikulum K12 CS Frameworks, serta tenaga pengajar yang kompeten makanya tak heran, sekolah coding khusus anak-anak ini yang berdiri sejak 3 tahun lalu ini kini sudah memiliki sebanyak lebih 2000 siswa aktif yang tersebar di berbagai cabang.

Tak hanya itu saja Coding Bee Academy juga sudah bekerjasama dengan 80 sekolah di Indonesia dalam menerapkan coding sebagai materi pembelajaran dalam bentu ekstrakkulikuler, mata pelajaran maupun workshop.

Di Coding Bee Academy ada 3 tingkatan pembelajaran yang ditawarkan yaitu dimulai dari basic, intermedia dan advenace disesuaikan perkembangan usia anak.


K12 Computer Science Education Fair 2020


Saat ini kita sedang memasuki Industri Digital 4.0 dimana dibutuhkannya banyak SDM untuk menghadapi perkembangan industri ini. Coding inilah salah satu keterampilan yang harus dimiliki generasi muda yang harus dikenalkan sejak dini.

Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah Coding Bee Academy bersama BPK Penabur Jakarta mengadakan acara K12 Computer Science Education Fair yang akan berlangsung pada tanggal 14-17 Mei 2020 di Main Atrium Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara.

Eko Haripin, Co-Founder Coding Bee Academy mengungkapkan bahwa tujuan acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya keterampilan coding untuk dimiliki oleh anak-anak.

Acara ini juga untuk memberikan pandangan baru bagi orang tua dsn semua pihak yang ingin mrmajukan pendidikan Indonesia untuk menjuku kurikulum pendidikan 4.0 . Coding akan mrnjadi gamr -cahnger dalam mendukung industri 4.0 di seluruh dunia.

Acara K12 Computer Science Education Fair 2020 ini terbuka untuk umum lho. Nanti disana akan ditampilkan hasil karya coder muda dan tak hanya itu saja para profesional di bidang pendidikan juga ajan berpartisipasi pada smart talk show  dengan tema Coding for Future Kids .

So, tunggu apa lagi, jangan lupa datang ke K12 Computer Science Education Fair 2020 di Emporium Pluit Mall tanggal 14-17 Mei 2020, untuk info lebih lengkapnya bisa buka di website https://www.csedufair.com/ ya 😉

27 komentar

  1. Anak-anak saya penggemar komputer. Cocok nih untuk mereka biar ga cuma mengkhayal aja tapi juga beneran bikin sesuatu dg komputer mereka.

    Kelas jarak jauh ada ga, mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mba untuk Coding Bee Academy tidak ada kelas online, mungkin NBA Diah bisa dateng ke cabang Coding Bee Academy terdekat. Untuk info lebih lengkap bisa ke https://www.codingbee.org/ ya ☺

      Hapus
  2. Saya jadi tertarik nih belajar coding.
    tapi tempat belajar di kota saya rada jauh nih dari rumah.

    tempo hari juga udah nawarin ke anak buat belajar coding, tapi ya itu, tempat yang jauh jadi kendala kita

    BalasHapus
  3. Jadi ingat Alfatih, anak di rumah. Kalau maen laptop ga mau berhenti. Sepertinya perlu diajak ke acara ini.

    BalasHapus
  4. Kelas coding buat anak / kids ini bagus banget Mba.. biar gak kayak emak ini.. yang liat kode html aja udah pusing.

    Memang apapun yang dipelajari sejak kecil, mudah sekali nangkep nya..

    Ada kelas trial gak ya Mba?

    BalasHapus
  5. Sekarang coding udah diajarkan sejak dini ya. Aku aja sekadar nyalin coding masih mumet

    BalasHapus
  6. Anak cowok saya termasuk yang suka ngulik seputar aplikasi seperti itu. Kayaknya dia juga harus ditawarin ikut belajar coding, deh! Supaya bisa lebih paham ilmunya

    BalasHapus
  7. Mengajarkan coding kepada anak sejak dini membuatnya makin tertarik dalam hal IT ya mbak. Kelak diharapkan dari pembelajaran ini mereka mampu menciptakan aplikasi sendiri dan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya.

    BalasHapus
  8. Wahh, pas banget untuk anak- anak milenial sekarang belajar Coding.
    Agar terlepas dari candu gadget dan anak juga akan semakin tertarik tuk belajar

    BalasHapus
  9. Menarik ini mba. Semoga anak-anak yg suka bermain game bisa diarahkan untuk belajar coding, sehingga kreativitas dan imajinasi mrk tersalurkan dan punya nilai plus bs menciptakan permainan sendiri nantinya ya.

    BalasHapus
  10. Walah, coding itu tak kira sesuatu yang sangat serius dan juga berat.
    Enak ya,masih kecil bisa belajar coding buat asah kreatifitas.

    BalasHapus
  11. Memang penting ya,belajar coding sejak dini..biar nggak sering bingung sepertiku yg awam coding ini..haha..

    BalasHapus
  12. Akupun termasuk yang beranggapan bahwa coding itu sulit lho huhu.. tapi memang belajar coding ini harus dimulai sejak dini.. karena dunia anak itu masih dunia bermain ya.. jadi anak anak akan lebih mudah jika belajar coding sejak dini

    BalasHapus
  13. Informatif banget, Mbak. Jadi lebih paham tentang coding ini. Kebetulan pingin juga anak saya belajar coding. Cocok dengan hobinya yang suka main dan utak-atik komputer

    BalasHapus
  14. Keren nih anak2 sedari kecil sudah diajarkan ttg Coding, yg saya tau coding tuh njelimet dan anak kuliahan yang baru belajar ttg ini, mudah2an juga segera ada di medan ya kelasnya :)

    BalasHapus
  15. Perlu banget ya Mbak membekali anak-anak zaman now dengan ilmu coding. Soalnya teknologi terus berkembang pesat dan generasi masa depan penting punya skill komputerisasi kayak gini :)

    BalasHapus
  16. Dari kecil udah belajar coding, mungkin udah besar nanti bisa bikin program keren dan bermanfaat.

    BalasHapus
  17. Bagus ya, jadi anak2 dilatih mindsetnya nggak hanya jadi pemakai teknologi tapi juga menciptakan teknologu

    BalasHapus
  18. Programnya bagus sekali, untuk perkembangan anak-anak dalam mengenal coding sekaligus belajar praktek langsung. Jadi saat dewasa nanti tidak kaget dengan pelajaran-pelajaran koding

    BalasHapus
  19. Anak-anak sekarang pinter-pinter ya. Cepet nangkap sesuatu. Menguasai coding sejak dini memang penting untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin besar.

    BalasHapus
  20. Saya tertarik juga nih Mbak belajar coding tp apa daya aktivitas harian kadung mendera hihi...bs posting blog aja udah syukur Alhamdulillah. Tfs ya Mbak jd ngerti info Coding Bee Academy

    BalasHapus
  21. Aku juga tertarik lho mbak belajar coding. Kayak penasaran pingin tahu gitu. Apakah ada juga kelas dewasa ya?

    BalasHapus
  22. Coding Bee Academy ini smart banget, hadir dijaman now yang serba teknnologi digital bikin Coding is Fun. Dan manfaatnya itu loh, setuju pisaaan bikin anak-anak mampu belajar menggunakan logika, problem solving, kreativitas dan kepercayaan diri.

    BalasHapus
  23. saya punya teman yg jg pendiri sekolah coding. wkt awal merintis pernah ngobrol beberapa kali. dan skrg, sdh brp tahun kemudian, saya msh blm ngerti 😂

    BalasHapus
  24. Kebayang yaa...bahagianya anak-anak kalau sudah ketemu sama passionnya begini.
    Aku lihatnya jadi ikutan excited.

    BalasHapus
  25. Saya pengen anak saya bilang coding is fun. Beneran....

    Kayaknya sh memang bersahabat dengan perangkat gawai dan pinter logika matematika. Tapi saya tak bisa memastikan karena tak ada kelas coding di sini. Hhuhuhu... inilah tak enaknya tinggal di rumah yang sangat kecil.

    BalasHapus
  26. dapatkan berbagai macam pilihan permainan disini hanya di situs judi qq online terpercaya : kartuqq

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉