Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan Teknologi CPC Efektif Mengurangi Virus SARS-CoV-2

 


"Covid-19 itu nyata dan benar adanya jadi jangan menganggap remeh atau abai, kadang suka heran masih aja banyak orang yang males pakai masker saat ngumpul-ngumpul. Mereka harusnya ke rumah sakit lihat bagaimana keadaan disana banyak pasien yang nafas aja harus pakai mesin", kakak sepupu yang juga sebagai nakes disalah satu Rumah Sakit Jakarta. 


Selama pandemi ini saya bertemu dengan kakak sepupu yang seorang nakes bisa dibilang sangat jarang dalam 9 bulan hanya 3 kali ketemu dan ketemunya pun setelah hasil swab beliau keluar. Untuk ngobrol pun kami berjauhan dan dia tetap pakai masker karena takut dan untuk berjaga-jaga. Saya hanya jadi pendengar saat dia merasa miris melihat masih banyak orang yang tidak peduli protokol kesehatan saat pandemi seperti ini. Kalau dia sudah cerita begitu saya hanya bilang, sabar dan berdoa aja yang penting kita harus jangan abai. 


Akhir November, keluarga dekat saya meninggal karena covid-19 ( beliau sudah usia lanjut dan memiliki penyakit jantung jadi lebih rentan) lalu belum lama adik sepupu juga kena dan sampai saat ini dia isolasi mandiri karena beberapa RS juga penuh. Sedih dan ada rasa takut juga sebenarnya karena saya dan papa juga masih harus ke Rumah Sakit untuk kontrol kesehatan beliau. Bismillah, yang penting tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lengah. 



Berbicara mengenai covid-19, beberapa waktu lalu saya menghadiri webinar peluncuran Pepsodent Active Defense Mouthwash yang menghadirkan 4 narasumber : 


  • drg. Ratu Mirah Afifah, GCClindent, MDSc , Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation (UIF)
  • drg. Tritarayati, SH, MHKes., Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 
  • Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M Kes selaku Dokter gigi dan Peneliti
  • dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M Kes. Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) 

Saat ini covid-19 berdasarkan data total kasus di Indonesia sendiri sudah lebih dari 570.000 dengan angka kematian tertinggi di Asia Tenggara yaitu lebih 17.500 orang. Melihat hal ini tentunya kita harus ekstra waspada dan hati-hati  dimana harus menerapkan 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak dan, Mencuci tangan pakai sabun. Kalau dilihat memang jumlah yang positif ini terus meningkat maka dari itu dibutuhkan kerjasama berbagai pihak untuk menekan transmisi virus ini dan solusinya juga adalah kesadaran masyarakat.



drg. Tritarayati, SH, MHKes "Saat pandemi ini belum terkendali dengan baik, solusimya adalah kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan tidak kalah penting adalah kolaborasi pemerintah dengan sektor swasta untuk melawan covid-19. Ditengah ketidakpastian pandemi ini kapan berakhir masyarakat juga masih belum paham betul mengenai risiko penularan covid-19".


Ketahuilah penyebab utama penularan sars Cov-2 ini adalah melalui droplet pernafasan. Selain dari saluran pernafasan beberapa penelitian ini virus ini juga terdapat di dalam rongga mulut orang yang terinfeksi virus tersebut. 



Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M Kes "CDC dan WHO menyatakan bahwa virus ini berada dibawah rongga mulut orang yang terinfeksi dan di air liur kita itu banyak sekali virus". Untuk penularannya sendiri melalui droplet dan droplet sendiri keluar pada saat kita berbicara dan sebenarnya ada ukuran 3 partikel yang keluar saat kita berbicara : 


  • Spletter : Keluar saat berbicara atau bernyanyi sangat bersemangat kadang suka muncrat nah itu partikel besar yang keluar dengan jangkauan 1 meter.
  • Droplet : partikel droplet ini keluar saat kita batuk atau bersin nah itu partikel yang keluar lebih kecil dengan jangkauan 1,5 meter dan kecepatannya secara teori yaitu 10 m/detik.
  • Aerosol : partikel paling kecil keluarnya ketika kita bersin , pada saat bersin kecepatannya bisa 50 m/detik jadi ketika bersin jangkauannya bisa 6 meter. Nah yang paling ditakutkan dari aerosol adalah ketika dia di udara bertahan sekitar 3 jam. 

Jangkauan partikel ini terutama partikel kecil aerosol makanya kita harus tetap aware pakai masker karena bertahan di udara sampai sekitar 3 jam lamanya. Makanya kita tidak boleh menyepelekan kesehatan rongga mulut.  Untuk menjaga kesehatan rongga mulut tidak cukup dengan sikat gigi saja.




drg. Ratu Mirah Afifah " Unilever melalui brand Pepsodent ikut berpartisi dalam diskusi ilmiah medis dan global seputar potensi penggunaan mouthwash sebagai tindakan tambahan mengurangi penularan virus yang dipercaya bisa melawan virus Sars Cov-2 , untuk itu pepsodent menginisiasi study ilmiah untuk mengukur efektifitas beberapa jenis mouthwash termasuk inovasi terbaru Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi CPC dalam mengurangi jumlah virus termasuk virus SARS- CoV-2 .

Hasil study secara In-Vitro membuktikan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi cetylpyridinium chloride (CPC) efektif mengurangi virus SARS-CoV-2 hingga 99% dengan waktu kontak 30 detik. Virus yang berada di saliva berkurang secara signifikan dan efektif sampai 6 jam. 




Pepsodent berkomitmen untuk turut berpartisipasi mengurangi transmisi covid-19 dan melalui study awal ini Pepsodent mendonasikan 50.000 produk Pepsodent Active Defense Mouthwash ke berbagai Rumah Sakit Rujukan di wilayah Jabodetabek dan Wisma Atlet Kemayoran guna memberikan perlindungan tambahan kepada tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan.

dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M Kes "Rumah sakit adalah tempat yang paling risiko nomer 1 penularan Covid-19, kami harap donasi ini dapat membantu pihak Rumah Sakit dalam melindungi tenaga medis dan pasien dari penyebaran virus".




Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi CPC ini bukan obat namun bisa jadi pelengkap tambahan penerapan 3M ( Mencuci tangan, Memakai Masker , Menjaga Jarak )  sebagai langkah pencegahan untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19. 

Seperti diketahui bahwa virus itu banyak terdapat di dalam alat pernafasan dan rongga mulut itu berpotensi virus ini untuk berkembang biak . Perlu diketahui juga nih bahwa dalam 1 ml air liur dapat mengandung jutaan kuman, 1x batuk 200 juta partikel virus keluar, dalam 1x membuang nafas droplet air liur dapat menyebar lebih 1 meter, dan belakang tenggorokan adalah tempat bersarangnya virus maka dari itu penting sekali kita menjaga jarak, memakai masker agar tidak tertular. Maka mulai lah dengan 3M+ 

  • Mencuci tangan
  • Memakai masker
  • Menjaga jarak
  • Berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC

 Pepsodent Active Defense Mouthwash




Perlindungan tambahan menurut saya memang diperlukan, untuk membunuh jutaan virus dan kuman di alat pernafasa dan rongga mulut ini tidak cukup hanya dengan sikat gigi saja maka dari itu perlu menggunakan mouthwash yang mengandung CPC. Pepsodent Active Defense Mouthwash memiliki 2 ukuran 300 ml dan 150 ml. 

Manfaat Pepsodent Active Defense Mouthwash :

  • Memiliki anti virus
  • Mempunyai efek pada plak 
  • 99% antibacterial
  • Menjaga kesehatan rongga mulut 
  • Melindungi gigi dan gusi 
  • Mencegah bau mulut
  • Mengandung Menthol



Pepsodent Active Defense Mouthwash tidak mengandung alkohol dan untuk pemakaiannya pun cukup mudah jadi setelah sikat gigi, langsung kumur-kumur selama 30 detik, gunakan dua kali sehari dan hanya bisa digunakan untuk anak usia minimal 12 tahun. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk ini bisa baca di https://www.tanyapepsodent.com/mouthwash-cpc.html . Produk ini bukan obat dan bukan otomatis setelah menggunakan produk ini kita jadi kebal, tidak ya tidak hrhe pastikan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Semoga pandemi cepat berlalu, semoga kita semua kuat melewatinya dan sehat selalu. 




39 komentar

  1. HUhuuu, makin kesini makin banyak yang terpapar kopit masuk ke circle terdekat kita ya Mel. Semoga kita makin meningkatkan prokes, apalagi ada produk pepsodent yang baru nih, bisa menjadi tambahan menjaga kebersihan rongga mulut. Ahh, aku mauu lirik2 di mini market depan rumah udah ada belom yaaa.

    BalasHapus
  2. Mouthwash ini sebenernya sebelum pandemi pun udah aku pake, cuman ga rajin hehehe tp semenjak pandemi mah mouthwash emang wajib ya mba. Tetanggaku yg kena covid pun sama dojternya diwajibkan pake mouthwash. Dan mouthwash pepsodent emang yg paling pas di mulut aku sih, ga bikin kepedesan.

    BalasHapus
  3. keren nih, aku jadi inget pernah baca artikel juga kalau mouthwash antiseptic gini emang bisa membantu mencegah virus. apapun iut, kita upayakan ya agar bisa menghalau virus dari tubuh kita

    BalasHapus
  4. Teknologi CPC kece ini mbak, selalu suka deh sama inovasi dari pepsodent, sangat banyak banget dan semua selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat jadi tambah loyal deh ya para customer pepsodent.. segala upaya wajib dilakukan agar terhindar dari virus corona ya mbak

    BalasHapus
  5. saya selalu sedia mouthwash di rumah, daripada capek bola balik gosok gigi terus terutama klau udah gosok gigi terus makan sesuatu lg nah disitu sy pake mouthwash, kalau tenggorokan gatel bs diatasi jg lo pake mouthwash

    BalasHapus
  6. penting juga ya berkumur pakai mouthwash gini, karena memang virus dan bakteri itu banyak bersarang d dalam mulut kit

    BalasHapus
  7. Inovasi pepsodent memang luar biasa ya, membantu banget di masa kayak gini, banyak virus dari luar, bisa juga udah dari dalam, tapi kumur dengan mouthwash ini jadi bikin virus bisa dihilangkan dan kesehatan lebih terjaga, terlebih memang mulut tuh sering jadi sarang virus ya :)

    BalasHapus
  8. di masa pandemi ini ruang untuk periksa gigi berkurang karena pemeriksaan mulut itu riskan apalagi di masa pandemi ini.. terobosan baru dari pepsodent yaa jadi pengen coba mouthwash-nya. ^-^

    BalasHapus
  9. Bantuan Pepsodent Active Defense Mouthwash merupakan bentuk perhatian dan cinta kasih terhadap team medis.

    Berawal dari mulut bisa jaga kesehatan dan kebersihan hati

    BalasHapus
  10. Baru tahu Pepsodent Active Defense Mouthwash mempunyai manfaat yang luar biasa, terutama untuk mencegah virus covid-19 ya mbak. Memang mulut menjadi salah satu tempat bersarangnya kuman penyakit. Makanya kesehatan mulut penting banget dan harus benar2 diperhatikan.

    BalasHapus
  11. kita harus lakukan semu ahal yang bisa membantu kita tetap sehat dan bisa mencegah penyebaran virus Coronaaa ya mba

    BalasHapus
  12. Aku juga ruitn berkumur pakai mouthwash beberapa jam sekali biar fresh & kuam2 hilang gitu aja sih. Aku udah cobain juga Pepsodent Defense Mouthwash nih Amel

    BalasHapus
  13. Bagus nih kalau tiap orang punya kesadaran untuk membunuh bakteri dan virus dari mulutnya masing-masing. Kayak gini kan tanda adanya kepedulian terhadap kesehatan bagi diri sendiri maupun orang lain.

    BalasHapus
  14. Setuju banget.
    Perkuat ikhtiar dengan menjaga kebersihan badan dan rongga mulut menggunakan Pepsodent Active Defense Mouthwash. Inovasi terkini dan terbaik dari Pepsodent.

    BalasHapus
  15. Biasa pakai mouth wash merk lain jadi baru dengar ternyata pepsodent juga punya produk mouth washnya. Btw kalau di minimarket tempatku tinggal belum ada nih.

    BalasHapus
  16. Pepsodent ini tau banget apa yang masyarakat butuhkan ya mba, yang udah mulai beraktifitas di luar rumah harus punya ini buat kumur2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, mending dari diri kita sendiri mulai menjaga kesehatan tubuh ya, tak terkecuali pada mulut. Bagus nih berkumur dengan mouthwash secara teratur untuk membunuh kuman yang ada pada mulut kita.

      Hapus
  17. Wah bagus nih inovasi terbaru dari Pepsodent jadi dengan berkumur-kumur dengan mouthwashnya ini ampuh juga ya Mbak untuk melawan virus corona

    BalasHapus
  18. Mantap ni bisa punya manfaat anti virus Pepsodent defence nya, apalagi Dimasa sekarang ya. Auto aku pengen coba juga stok dirumah buat keluarga

    BalasHapus
  19. Yihaa sistem kekebalan mulut kita jadi makin aman ya mba Mel, dengan adanya pepsodent kumur ini. AKu belum pernah coba sih yang kumur ini. Kapan-kapan coba ah

    BalasHapus
  20. Moutwash bisa jadi salah satu pelengkap dalam menerapkan pola hidup sehat. Apalagi di keadaan seperti sekarang, harus lebih ekstra

    BalasHapus
  21. Wah ada CPC nya jadi Makin Aman ya. Saya perlu nih soalnya zaman pandemi gini banyak resiko kan.mesti extra protection

    BalasHapus
  22. Sekarang kalau kemana-mana selain bawa masker, handsanitizer, desinfektan, juga bawa Pepsodent Active Defense ini, apalagi kalau mau ketemu sama orang tua. Kita nggak tahu juga kalau kita carrier atau OTG kan.

    BalasHapus
  23. Protokol kesehatan harus selalu kita terapkan dalam aktivitas sehari2 dengan berkumur memakai Pepsodent Active Defense perlindungan terhadap Virus covid 19 jadi dobel nih cuzz ah mau stok di rumah biar bsa langsung kumur2

    BalasHapus
  24. Mouthwash yang Mengandung CPC ternyata penting sekali ya untuk menghilangkan virus. Wajib ada di rumah nih

    BalasHapus
  25. Semoga virus covid cepat berakhir ya. Dan semoga pepsodent active defense ini bisa menekan penyebaran covid or at least mengurangi.

    BalasHapus
  26. Perlu banget kayaknya sedia Pepsodent Active Defense Mouthwash ini. Tapi tetep sih, yang waras ngalah pakai masker aja ke mana-mana :( soalnya masih banyak yang nggak peduli. Yang batuk dan meludah sembarangan pun masih banyak >.<

    BalasHapus
  27. selain menerapkan 3M, sepertinya bawa pepsoden active defense mouthwash ini juga perlu ya
    sekarang semua kudu waspada diri, pokoknya bawa aja barang yang bisa menghalau penulaan virus ini, kayak masker contohnya, hand sanitizer juga

    BalasHapus
  28. inovasinya keren juga nih pepsodent, dirumah juga pakai pepsodent tapi yang herbal ituloh, nanti mau coba juga ah variant terbaru ini ^^

    BalasHapus
  29. Produk Pepsodent selalu inovatif ya..
    Penting banget saat Pandemi ini menjaga kesehatan tidak terkecuali kesehatan juga kebersihan gigi serta mulut

    BalasHapus
  30. Keren nih mba artikelnya. Emang bener kita harus menjaga kesehatan baik waktu pandemi ataupun setelah pandemi usai, Aamiin. Menjaga kesehatan itu bisa kesehatan badan dan mulut karena bakteri bisa masuk dari mana saja. Aku jadi pengen coba Pepsodent Active Defense mouthwash ini deh mba .....

    BalasHapus
  31. Mouthwash Pepsodent Active ini ditunggu² banget lhoo krn ampuh melawan Covid-19. Kereenn

    BalasHapus
  32. Terima kasih ya, sama Inovasi dari Pepsodent jadi ada perlindungan ekstra untuk memutus rantai penularan Covid-19. Karna kita tahu, sekarang sudah banyak orang2 terdekat kita yg terkena virus ini ya Mbak.

    BalasHapus
  33. sebagai keluarga pepsodent wajib nyobain produk barunya ini. ibu saya kalau ga pakai pepsodent pasta giginya pasti ga mau pakai. sekarang ada mouthwashnya pasti ibu pengen nyobain juga

    BalasHapus
  34. Aku dari dulu udah biasain untuk kumur pakai mouthwash kak, soalnya memang baik untuk sehari-hari

    BalasHapus
  35. Makasiiih banyak i fonya mbak amel,ternyata rutin melakukan mouthwash juga bisa membantu mencegah penularan covid ya, aku mau coba mulai rutin pakai juga deh kalau gitu

    BalasHapus
  36. aku pengguna setia pepsodent wajib nyobain produk barunya ini. males kalau bukan pepsodent, apalagi ini ngeluar produk yang bermanfaat dimasa sekarang ini

    BalasHapus
  37. Cairan kumur-kumur jenis ini baru saya kenal saat sudah SMA atau bangku kuliah, dan rasanya memang segar. Benar, bahwa mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati ^_^

    BalasHapus
  38. Aku belum pernah pakai Pepsodent mouthwash. Kalau aku cuma pakai Pepsodent pasta gigi aja dari dulu sampai sekarang.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉