Peluang Bisnis Merchandise K-Pop Untuk Generasi Milenial

 

Merchandise Kpop


"Hah 100.000 cuma kipas tangan doang?", kaget mendengar ucapan Adel salah satu keponakan saya pemilik kipas tangan bergambar salah satu member BTS.

"Iya Rp 100.000 , ini ori lho teh beli waktu konser di Indonesia , beli langsung di official storenya, tuh yang lebih mahal  Album BTS yang punya teteh tuh" jawab Adel.  


Mendengar penjelasan Adel saya masih tidak percaya masa iya sih kipas tangan biasa seharga Rp 100.000?  Apakah semahal itu, padahal kalau dilihat hanya kipas atangan plastik biasa dengan gambar member BTS disalah satu sisi. Sekilas tiba-tiba pikiran saya menerawang "Oh, mungkin karena langsung dari Korea kali ya makanya malah sama ongkirnya juga, atau mungkin karena langsung beli dari Official Store".


Fenomena Korean Wave 


BTS salah satu group musik K-POP ( Korea Pop ) yang sanhgat di gandrungi oleh generasi milenials salah satunya keponakan saya. Tidak bisa dipungkiri bahwa budaya Korea saat ini berkembang pesat beberapa tahun terakhir di Indonesia yang menjadi sebuah fenomena sering di sebut Korean Wave atau Hallyu.


Seiring perkembangan zaman yang menyajikan komunikasi tanpa batas, dunia digital yang makin berkembang memudahkan budaya Korea mudah masuk dan berkembang di Indonesia. Tidak hanya produk musiknya saja, produk skincare, make up, makanan, bahkan cara penyajian makanan ala Korea ini sudah banyak diberbagai penjuru ibu kota. Melihat hal ini saya menilai bahwa pemerintah Korea sukses mengenalkan budaya mereka ke berbagai negara di penjuru dunia. 


Berbicara mengenai Korea saya adalah salah satu yang teracuni korean wave ini mulai dari beberapa skincare dan make up saya pakai produk asal dari negeri gingseng tersebut dan yang paling lama mempengaruhi saya hingga membuat jatuh cinta yaitu drama Korea. Jika diingat, saya mulai suka drama Korea itu saat SMA, saat itu saya dan teman-teman menyewa paketan CD untuk menonton bersama. 


Peluang Bisnis Merchandise K-Pop


Fenomena Korean Wave ini tidak pernah padam dalam beberapa tahun terakhir bahkan jika kita lihat Twitter, hampir setiap hari pembicaraan tentang Korea ( terutama K-POP) menjadi trending topik.  Melihat hal ini tidak salah memang kalau Indonesia menjadi salah satu fan base terbesar serta loyal terhadap musik K-Pop. 


Banyaknya generasi milenial yang sangat antusias sekali dengan K-Pop tentunya bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan  misalnya saja bisnis Merchandise K-Pop dengan berbagai macam jenis dan inovasi yang menarik tentunya. Kenapa menjanjikan? contohnya saja Adel keponakan saya yang rela membeli kipas tangan plastik dengan harga yang tidak murah. 


Tidak salah memang jika seseorang ngefans dengan idola pasti akan mengumpulkan yang berhubungan dengan sang idola mulai dari poster, photocard, dan lainnya. Menari, berinovasi dan terjangkau ini menjadi poin penting dimana tidak semua generasi milenial yang ngefans K-Pop mampu membeli merchandise melalui official store untuk itu dengan kita membuka bisnis merchandise K-Pop keinginan mereka memiliki hal yang berkaitan dengan sang idola bisa terpenuhi. 


Lalu apa saja sih merchandise K-Pop yang bisa jadi ide untuk berbisnis? 


  • Kipas Tangan Plastik


Saat ini kipas tangan plastik masih menjadi produk yang cukup laris dan tentunya bermanfaat sekali karena mudah dibawa kemana pun kita pergi. Kipas plastik sendiri banyak yang jual polos ( tanpa gambar) kita bisa membeli secara grosir dengan harga yang murah lalu tinggal pasang stiker wajah para member K-Pop atau custom pembeli.

  • Photocards

Photocards bisa jadi pilihan yang tepat dan banyak peminatnya juga karena jika seseorang kagum dengan idola K-Pop maka dia akan mengumpulkan photocards para member jadi peluang pembeli tidak hanya membeli satu buah photocards saja. Untuk bahan photocards sendiri yaitu dari art carton yang sering digunakan untuk photocards official maupun non official. 


  • Hologram

Merchandise hologram tidak jauh berbeda dengan photocards karena hologram ini berbahan photocards namun dengan penampilan fotografis 3D sehingga lebih mengkilap dan menarik tentunya.


  • Mug Custom
Mug custom K-Pop juga masih banyak diminati karena serasa makan bareng sang idola hehe. Yups, saat ini bahan mug banyak dijual polos dengan beraneka bahan tentunya. Ada mug biasa dengan bahan keramik yang untuk pengaplikasiannya print design dengan printer yang sudah disediakan kertan injelk kemudian ditempelkan lalu menggunakan teknik press suhu panas ( ada alat press ).

  • Gantungan Kunci
Saat ini bentuk gantungan kunci sangat beragam karena terbuat dari berbabagi macam bahan juga namun jika ingin simple tinggal membuat gantungan kunci minimalis dengan harga yang murah tentunya. Membuat gantungan kunci ini juga cukup mudah tinggal print member K-Pop yang diinginkan lalu dilaminating dan kemudiang dipasangkan gantungan kunci.
  • Kaos Sablon
Kaos sablon bisa menjadi pilihan menarik untuk berbisnis, tahapam membuatnya juga cukup udah tinggal siapkan design ( bisa print wajah member K-Pop ) atau custom dalam bentuk animasi para member. Kalau tidak ingin ribet sablon sendiri kita bisa ke tempat penyedia jasa sablon. 
  • Tote bag 
Tote bag adalah tas yang bisa dibilang banyak peminatnya untuk generasi milenial karena simple dibawa dan banyak pilihan bahannya juga. namun bahan tote bag yang paling banyak peminatnya yaitu terbuat dari kanvas. Agar lebih menarik dan menjadi merchandise keren K-Pop kamu bisa tambahkan gambar custom pelanggan atau potongan lirik lagu K-Pop dengan huruf Hangul.


Yups, diatas tadi bisa jadi ide untuk bisnis merchandise K-pop. Kalau dilihat dari jenis merchandise diatas ada hal yang tidak bisa lepas yaitu gambar para member K-Pop yang akan menempel di produk tersebut. Kualitas gambar salah satu kunci produk akan dilirik calon pelanggan untuk itu kita harus menghasilkan gambar yang lebih bagus dan tajam. 

Untuk menghasilkan gambar dengan kualitas bagus tentunya kita juga harus menggunakan printer yang memumpuni salah satunya yaitu HP Laser Jet Pro M428fdn Pinter paling bagus untuk cetak foto yang cocok banget untuk bisnis. 


Keunggulan HP Laser Jet Pro M428fdn 




Saat ini bisnis melalui digital  paling dominan karena perkembangan zaman yang era digitalisasi. Para pebisnis memanfaatkan sosial media dan platform e-commerce untuk memperkenalkan bisnis dan menjual produk mereka secara luas. Untuk bisnis merchandise K-Pop yang membutuhkan hasil foto dengan hasil yang maksimal dibutuhkan Printer Multifungsi, printer yang memiliki banyak kegunaan mulai dari print, scan, copy and fax, ADF , Duplex .


Printer Multifungsi ini juga memiliki keunggulan yang benar-benar memudahkan dalam menjalankan bisnis karena kita bisa print from mobile device , yups HP Laser Jet Pro M428fdn Wireless Printer dimana kita bisa print lewat mobile device, gimana cukup keren bukan?.Scan to emaill  dan two side scanning ini juga ada di HP Laser Jet Pro M428fdn yang tentunya menjadi nilai plus juga.



Kecepatan scan, print dan penanganan media cetak juga tidak diragukan lagi karena printer ini terbaik. Untuk harganya sendiri pasarannya yaitu Rp 9.240.000 mungkin terlihat mahal namun untuk bisnis lebih lancar printer awet, bagus memiliki banyak keunggulan dan menghasilkan foto yang cukup bagus. 


Yups, itu adalah printer yang mungkin bisa digunakan untuk menjaankan bisnis agar lebih mudah dan cepat. By the way apakah kamu punya ide lain untuk merchandise K-Pop kalau ada yuk sharing dikolom komentar :)

29 komentar

  1. peluang bisnis yg menarik, scra di Indonesia fans KPOP sangat byk dan mnjdi salah satu fans base yg paling diperhitungan di Dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya peluang bisnis yang cukup menjanjikan kak kalau ditekuni dan kenal seluk beluknya hehe.

      Hapus
  2. HAhhaaa, bener banget Amel..
    Bisnis merchandise itu anakku suka jualan juga, entahlah sama mentemennya, sampe photocard aja lumayan mihil banget, trus kadang barteran tapi beli juga, duuh emang menggemaskan ya mereka.
    NAh setuju banget kualitas poto or gambar kudu jelas dan bagus agar ga mengecewakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihhh anaknya teh Ncie keren banget euyy udah mulai bisnis dan bener banget photocard itu lumayan mihil kalau beli di official storenya.

      Hapus
  3. Dih bisa jadi ide bisnis ya ternyata. Memang deh kalau punya printer multifungsi, mau bikin apa aja jadi mudah ya prosesnya...
    Terimakasih inspirasi nya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya printer multifungsi ini tentunya sangat membantu untuk lebih mudah dan cepat.

      Hapus
  4. merchandise K-pop ini memang lahan basah ya mba, apalagi merchandise ori harganya bikin jantungan, solusinya banyak yang beli beginian deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lahan basah banget apalagi fan base di Indonesia bisa dibilang cukup besar dan loyal.

      Hapus
  5. hmm ini mah diburu anak-anak muda, eh sekarang banyak yang dewasa suka Kpop juga ya mba jadi kayanya sangat menjanjikan deh bisnis ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe aku juga suka Kpop sih tapi ga terlalu seperti kaya drama korea nya hehe.

      Hapus
  6. Ide yg kreatif plus super duper mantuull
    apalagi pas pandemi gini, makin banyak yg terjebak HALLYUnisasi :D
    Otomatis, calon konsumen bakal makin buanyaaaakk nih Mak.
    Kece!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pandemi gini memang harus kreatif ya mak apalagi saat ini untuk bisnis bisa dipasarkan lewat sosmed dan platform ecommerce juga.

      Hapus
  7. Tapi namanya nge-fans harga seberapapun pasti dong dibeli ya, kan.

    Wah perangkat satu ini, printer banget dibutuhkan ya sebagai pendukung segala macam bisnis usaha. Di rumah akupun menyediakan printer sebagai sarana pendukung kegiatan belajar anak-anak dan pekerjaan kami

    BalasHapus
  8. itu mah pasti diburu banget mak, jangankan merchantnya, artisnya aja dimimpi2in wkwkwk
    boljug tuh ide bisnisnya, kuy kembangin

    BalasHapus
  9. ide bisnis yang oke secara pangsa pasar k-pop fans di Indonesia cukup banyak yaaa, plus ya modal itu pasti cepet baliknya kok kalo memang kita jeli melihat peluang

    BalasHapus
  10. Bisnis kayak gini laris lo. Di tempatku ada yang punya usaha poster artis KPOP gitu banyak banget yang pesen

    BalasHapus
  11. Demam Koreaan emang luar biasa ya, Meeel. Aku suka korean foodnya tapi kalau drakornya ga kuku buat ngikutin hihihi... Itu kipasnya mayan banget ya. Aku jadi bayangin keuntungan yang berlibat yang bisa dimanfaatkan dari demam Korea-an ini

    BalasHapus
  12. Setuju bangeett..
    Kita biasanya PO buat dapetin merchant keshayangan dari idol.
    Kaya para ARMY ini banyak bangeett dan mereka solid banget juga..

    BalasHapus
  13. K-POp di kalangan anak2 milenial, eh maupun emak2 emang udah kyk makanan sehari2 haha bagi yg suka sih
    Tp bener kalau bisnis di bidang ini lg naik daun ya
    Krn mereka kalau mengidokalan ido tu mau aja beli koleksinya banyak2

    BalasHapus
  14. Wah bener banget, aku liat para fans kpop tuh suka banget merchandise yang sudah disebut itu. Apalagi kalo pas mau konser ke indo, itu pasti makin laris manis ya

    BalasHapus
  15. Bemer bamget ini..karena anakku kolekai pritulan kpop. Apalagi yang ori harganya mahal ya dan tetap lalu. Belum lama anakku beki albumnya kalau ga salah sudah diskon harganya jadi 250an

    BalasHapus
  16. laris siihh karena kpopers itu sangat engage dan mau loh keluar duit untuk beli gift dengan embel2 idolanya. album2nya yang mahal juga dibeliii.. ori pulaaa

    BalasHapus
  17. Peluang bisnis banget ini..apalagi fans KPop kan banyak nih. Kayak anakku sulung dia joinan ma temennya jualan esticker KPop via online juga. Lumayan lah hasilnya buat nambah-nambah uang jajan.

    BalasHapus
  18. Temenku ada lho yang bisnis merchandise kpop gini dan hasilnya lumayan banget. Bisa buat dia renovasi rumah segala. Peluang bagus nih. Aku juga kadang beli hihihi

    BalasHapus
  19. Wah ide bisnis yang bagus banget ya untuk saat ini. Penggemar Kpop tuh udah di seluruh pelosok tanah air deh kayanya. Cusss jalankannn dengan bantuan printer HP Laser Jet Pro :)

    BalasHapus
  20. Ide yang bagus dan aplikatif. Memang bisnis yang sangat bagus, kalau menyangkut KPOP. Generasi milenial kita banyak yang teramat suka pada mereka dan ingin selalu dekat.

    BalasHapus
  21. Bisnis jual merchandise ini lagi hits ya, kalau mencetaknya pakai printer HP pasti kualitas gambar terjamin dan pembeli puas!

    BalasHapus
  22. Bener banget peluang usaha percetakan merchandise kaya gini menguntungkan banget, pas di moment para remaja yang lagi gandrung BTS, apalagi didukung hasil cetak yang bagus dari printer HP

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉