Women Empower Women Saling Support Dengan Segala Keunikannya Agar Terus Maju Bebaskan Langkah, Berani !

 



"Mama, ini gimana ya caranya?"

"Ma, nanti bikin lumpia atau donat kayaknya enak deh buat cemilan"

"Ma, tugasnya harus dikumpulkan sebelum jam 12" 



Kalimat yang bisa dibilang sering mewarnai setiap hari saya selama anak-anak belajar daring. Sejak pagi kita sudah siap dengan tugasnya masing-masing, kakak dan adik harus sudah stand by depan gadget mereka, pun dengan saya yang kadang ada zoom meeting atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Pagi, disibukan dengan berbagai macam pekerjaan dan siang saatnya antar-antar tugas anak-anak ke sekolah meski dilakukan seminggu 3x. 



Luar biasa memang apalagi saya harus mengantarkan ke-2 sekolah anak-anak yang letaknya lumayan jauh. Mulai dari bekerja, mengajarkan anak-anak, antar tugas, mengerjakan pekerjaan rumah dalam waktu bersamaan saya lakukan sendiri. Dulu awalnya kaget saat menjadi seorang ibu tapi makin kesini saya semakin terbiasa karena perempuan atau ibu sudah diciptakan multitasking dan keadaan itulah yang memaksa kita harus serba bisa dan terbiasa.



Memang perempuan kerap kali dituntut untuk selalu kuat, tegar dan bugar karena bisa dibilang perempuan dalam keluarga memiliki peran penting apalagi yang sudah menjadi seorang ibu. Seperti masa pandemi saat ini kita harus pintar membagi waktu pekerjaan, rumah dan tentunya anak yang hingga kini masih belajar secara online. Semua itu pasti memiliki tantangan tersendiri apalagi seorang single moms dimana harus tetap berkarya, berdaya dan kuat menopang semua beban yang ada. 



Sesama perempuan harus saling mendukung tentunya dalam hal kebaikan. Syukur Alhamdulillah sudah beberapa tahun terakhir kenal sama komunitas Single Moms Indonesia dimana kita saling support, sharing dan lainnya sehingga memberikan inspirasi positif serta makin terbentuknya empati satu sama lainnya. 



Berbaur dengan lingkungan yang positif memacu kita untuk terus melakukan hal positif, berkarya dan berdaya juga karena mendapatkan inspirasi dari lingkup tersebut. Sejak mulai open minded dan bangkit dari keterpurukan karena kegagalan saya masih terus mencari berbagai kisah inspirasi karena itu memberikan energi positif untuk saya. 





Kegiatan positif yang belum lama saya ikuti yaitu saat menghadiri Women's Gathering secara virtual bersama FWD Insurance beberapa waktu lalu dalam rangka Rayakan Hari Perempuan Indonesia pada tanggal 8 Maret 2021.



Ladies Talk International Women's day kali ini bertemakan Women Empower Women. Narasumber acara kali ini yaitu 4 pemimpin perempuan di jajaran manajemen FWD Insurance yaitu Maika Randhini Chief Marketing Officer FWD Insurance, Maria Magdalena Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan FWD Insurance , Indrayana Agustsaputra Chief Bancassurance Officer FWD Insurance, dan Carol Mary Chief of Operation Officer FWD Insurance.



Empat perempuan hebat dibelakang FWD Insurance ini berbagi cerita mengenai banyak hal yang related banget dengan kehidupan perempuan yang memiliki multi peran dimana sebagai pekerja dan juga sebagai ibu rumah tangga yang tetap mengurus rumah dan anak-anaknya. 





Pada tahun 2020 dimana pandemi mulai ada para wanita karir yang biasa bekerja di kantor melakukan WFH (Work From Home ) dimana pasti ada banyak perubahan. Selama 2020 wanita karir dan sekaligus ibu rumah tangga pasti menghadapi tantangan baru. Tantangan mengatur waktu dimana harus tetap kerja sebagai wanita karir dan mengurus anak yang masih kecil juga dan itu semua harus seimbang. 



Covid situation juga ada tantangan juga hadir dari luar dimana banyak suara-suara dari luar yang menuntut perempuan harus tetap prima karena perempuan memiliki peran penting di keluarga. 



Perempuan itu hebat, masing-masing perempuan memiliki keunikan dan keistimewaan mereka masing-masing jadi sudah saatnya kita saling dukung, berpegangan tangan, sama-sama menguatkan serta tentunya berkaya dan berdaya. Tidak ada lagi mom war atau women war tentang latar belakang yang berbeda karena perempuan itu memiliki keunikan tersendiri. 





Jangan pernah mudah men-judge satu sama lain karena kita tidak pernah tahu apa yang mereka alami, bagaimana keadaan mereka apalagi saat keadaan sulit seperti sekarang ini dimana banyak sekali tantangan serta perubahan kecil maupun besar. 



Sudah saatnya perempuan harus bangga dengan diri sendiri serta keunikan yang mereka miliki. Dalam rangka Rayakan Hari Perempuan Indonesia juga FWF Insurance meresmikan FWD Community Ladies Talk  semua perempuan bisa gabung di FWD ComeUnity yang ada di aplikasi FWD Max. 



4 perempuan hebat dibelakang #FWDInsurance juga ada di FWD ComeUnity yang tentunya banyak kegiatan positif didalamnya seperti womens talk, inspirasi dan juga support system yang tentunya membantu perempuan untuk memberdayakan dan mendukung satu sama lain agar dapat terus maju  Bebaskan Langkah, Berani! Keluar dari comfort zone, keluar dari sesuatu yang buru-buru dan mulai mencoba hal baru yang sesuai passion kita. 


Pokoknya kita harus berani keluar dari itu semua dan berani menghadapi perubahan serta tantangan dan merayakan hidup kita. 





Salut sama wanita-wanita yang menginspirasi diatas, mereka mendukung satu sama lain dan tidak hanya itu saja ada beberapa poin yang saya ambil dari sharing mereka mengenai Tips mengatur keuangan yang sehat. 


  • Mengetahui prioritas karena perempuan memanage keuangan keluarga ( kita harus tau pengeluaran yang menjadi prioritas itu apa saja nah makanya harus segera menyisihkannya).

  • Memiliki asuransi, ya memiliki asuransi ini penting karena bisa dibilang untuk berjaga-jaga.

  • Investasi, untuk investasi bisa deposito, tabungan emas, reksadana atau yang lainnya. 

  • Membeli apa yang kita perlukan dan butuhkan. Yups, kita harus bijak nih jadi jangan apa saja di beli jadi belilah apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.



Sharing mengenai kehidupan yang related banget serta memberikan tips keuangan yang sehat dan berkali-kali mereka memberikan semangat kepada kita semua yang hadir itu benar-benar memberikan energi positif. Mereka sangat menginspirasi. Tak hanya itu saja dalam kesempatan tersebut saya mendapatkan insight tentang Self Leadership seni mengelola pikiran, emosi dan tindakan diri sendiri yang dibawakan oleh Laurencia Lina.



  • Kenali Diri 


Selalu menyadari pikiran dan emosi apa yang muncul. 


  • Kenali Sekitar 


Terbuka dan dengarkan dengan netral tanpa judgements.


  • Kelola Diri


Amati respon yang kita berikan disetiap situasi.


  • Kelola Hubungan


Hadirkan diri yang penuh kepedulian.



Poin terakhir dengan hadirkan diri yang penuh kepedulian penting banget mengelola sebuah hubungan, kita saling peduli satu sama lain. Jadi jika ingin menjadi leader bagi orang lain kita harus menjadi leader untuk diri kita sendiri. 



Yups, beruntung banget mengikuti #FWFCommunity Ladies Talk kali ini saya juga jadi tau bahwa para ke-empat narasumber memaknai women empower women itu adalah dengan saling support dengan segala keunikan serta kelebihannya, saling mengerti, menebarkan energi positif untuk yang lainnya. 



Jadi, sekali lagi stop  women war ya karena setiap manusia berjuang dengan masalahnya sendiri, jangan pernah dengan mudah judgement orang lain karena kita ga pernah tau apa yang sedang mereka alami. Yang bisa kita lakukan bagi diri kita sendiri adalah baik sama orang lain.



#FWDInsurance

#RayakanHariPerempuanIndonesia

#FWDCommunityLadiesTalk

#BebaskanLangkah, berani!


















40 komentar

  1. Jangan pernah mudah men-judge satu sama lain karena kita tidak pernah tahu apa yang mereka alami, bagaimana keadaan mereka apalagi saat keadaan sulit seperti sekarang ini dimana banyak sekali tantangan serta perubahan kecil maupun besar.

    Nah setuju banget Mbak Amel ... misalnya di antara sesama kita kan, ada yang ambil job sana atau job sini ya sudah dimaklumin saja kalau kitanya gak mau ambil, jangan diributkan.

    BalasHapus
  2. Sesama perempuan harus saling mendukung tentunya dalam hal kebaikan, ini bener banget mbak. Suka miris kadang yang menjatuhkan perempuan, terkadang sesama perempuan juga. Sedih kadang. Semoga kita saling bercermin untuk instrospeksi diri sebelum mendikte orang lain ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, apalagi di medsos, ya ampun itu jari kayaknya enteng banget ya ngasih komentar :( padahal seharusnya sesama wanita lebih mengerti dan saling support ya

      Hapus
  3. Daripada ngurusi masalah yg ga jelas, mending berkarya aja sehingga menghasilkan ya. Stop mom war. Perbanyak silaturahmi dan kolaborasi sehingga hidup semakin berlimpah berkah dan manfaat

    Aamiin....

    BalasHapus
  4. Iya. Tiap orang pasti punya potendi untuk dikembangkan, ya. Tinggal kita yang harus jeli dan menjalaninya dengan tepat. Dengan dukungan sekitar, pasti jadi karya cemerlang

    BalasHapus
  5. Aaakk, inspiring banget nihh, gerakan Women empower Women!
    Memang kita semua kudu saling dukung yhaa
    Aku sukaaa para narasumber yg bercerita mengenai banyak hal yang related banget dengan kehidupan perempuan yang memiliki multi peran, baik sebagai pekerja dan sebagai ibu rumah tangga yang tetap mengurus rumah dan anak-anaknya.

    BalasHapus
  6. wuah iya, women kudu support women jugak, jangan malah menjatuhkan

    btw, mbak. ada yang bikin aku ngakak. hahaha
    paragraf kedua terakhir
    ada kalimat "saya juga jadi tahi"
    tulung typonya, haha

    BalasHapus
  7. Semua wanita punya masalahnya masing-masing. Betul. Paling malas kalau orang lain ikut mencampuri urusan sendiri. Eh, iya kalau menyelesaikan masalah. Biasanya cuma mengkritik dan solusi. Huehue.

    BalasHapus
  8. Suka banget, betul sekali, sesama wanita harusnya lebih saling memahami, memaklumi, membantu, bukan malah menjudge.

    Btw, selama pandemi ini, luar biasa peran wanita, seolah pandemi hadir untuk menyuarakan bahwa wanita juga penting dalam semua aspek kehidupan :)

    BalasHapus
  9. Women empower women ini sangat menginspirasi sekali. Kalau bukan dari kita sesama perempuan, siapa lagi yg paling memahami dan mengerti wanita ya.
    Tetap berpikir positif, bukan hanya pada yg hanya dikenal sepintas, bahkan perempuan yg kita kira sudah kenal dekat pun kita ga tahu persis apa saja yg sudah dilalui hatinya.

    BalasHapus
  10. Perempuan sebetulnya sosok yang tangguh. Terkadang suka ada beberapa yang saling menjatuhkan. Padahal ya kalau saling support, saya yakin deh akan semakin banyak yang berdaya

    BalasHapus
  11. sosok wanita memang tangguh dari aslinya, ada yg tangguh karena keadaan yg memaksa dan masih abnyak lagi

    BalasHapus
  12. Aku sependapat banget dengan tulisan Mbak Amel. Aku bangga dengan diri sendiri and I love my self. Semoga kita semua bisa senantiasa menghargai satu sama lain, ya.

    BalasHapus
  13. Program yang sangat mendukung perempuan sehingga Women empower women.
    Semoga saling support dan no judgement ini bisa terus dilakukan secara kontinyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari senantiasa memberikan yang terbaik untuk orang lain.
      FWD sering banget yaa...mengadakan acara insightfull begini... Kereen~

      Hapus
  14. Perempuan tuh kalo udah gak ada kerjaan,ngatain org deh haha, biasanya korban nya sesama perempuan, tak jarang ada bumbu fitnah nya juga. Alhamdulillah ya kita berusaha menyibukan diri biar gak punya waktu ngurusin org lain.

    BalasHapus
  15. Wah seru webinarnya mbak, aku tu paling suka temanya soal perempuan2 gini dengan kekuatan masing2 serta saling mendukung pasti bisa maju bersama ya?
    Tp seringnya yg terjadi di masyarakat keknya yg menjatuhkan perempuan ya perempuan juga huhu
    Moga kita dijauhkan dr hal gtu2 yaa

    BalasHapus
  16. Saya selalu percaya bahwa memag perempuan perempuan tuh hebat. Beneran bisa berasa dalam berbagai situasi dan cukup andal

    BalasHapus
  17. Yes tanteee sesama perempuan saling support! Trus ya perempuan kalau bersatu itu KUAT lho!
    Aku dan teman segrup Kepenulisan kolaborasi bikin project buku saat pandemi. Alhamdulillah jadiii

    BalasHapus
  18. Setuju banget. Sesama perempun harus saling sulungnya apalagi mendukung dalam hal keberdayaan.

    BalasHapus
  19. Kita harus saling mendukung, bukan malah judging. Jika supporting sekitar kuat maka women empowering akan meningkat sehingga kemaslahatan untuk sekitar semakin banyak. Semangat wahai para perempuan.

    BalasHapus
  20. Programnya sangat mendukung para wanita ya, Mel. sungguh bermanfaat ini yang meningkatkan power perempuan karena semua perempuan itu hebat, hanya kadang tidak saling support

    BalasHapus
  21. betul sekali mba, karena kebiasaan nyinyir sendiri muncul akibat terlalu reaktif kaum wanita sama sesuatu yang terjadi. Jadi memang mengelola diri dan lingkungan ini sangat diperlukan ya mba.

    BalasHapus
  22. Women empower women, atau kalau yang pernah saya ikuti, ibu bantu ibu. Ini bisa jadi aktivitas bahagia, apalagi jika saling menguatkan.
    Andai saya ikut acaranya... saya penasaran dengan materi tentang keuangan dan asuransi.

    BalasHapus
  23. Bener banget, kalo liat di sosmed seringkali liat woman war atau mom war mulai dari topik ibu RT vs ibu bekerja hingga ibu menyusui dan sufor. Seharusnya memang sesama wanita saling mendukung dalam kebaikan.

    BalasHapus
  24. Semoga perempuan dapat terus mendukung perempuan! Bukan waktunya lagi untuk saling nyinyir, apalagi melalui media sosial.

    BalasHapus
  25. program Women Empower Women Saling Support ini kece banget sih menurutku. karena yang mengerti wanita pasti wanita lainnya. Apalagi sekarang banyak posisi atau kerjaan yang tak terbatas gender, ini jadi jalan lebar untuk perempuan terus berdaya

    BalasHapus
  26. Bener bamget, karena kita tuh berharga, kita layak diperlakukan dengan baik dan dapat layanan2 spesial ya mbak, hihihi

    BalasHapus
  27. setuju banget niih,keren banget deh program empower woman saling support ini, emang sesama wanita wajib saling support sih yaaaa,

    BalasHapus
  28. Wah bagus ya Self Leadership. Bikin kita sebagai perempuan terasah empatinya, pimpin diri sendiri dulu sebelum ngatur orang lain, hehe. Dan setuju banget, jauhi mom warrrr hehehe.

    BalasHapus
  29. Makasih mbaa amel, ada resumnya begini seru jadi ikutan nyerap ilmunya.
    Perempuan harus berkarya dan berdaya ya. Semangat kita

    BalasHapus
  30. Kita bisa maju dan bangkit kalau saling mendukung dan mendoakan. "Semangat ya mba" Dukungan sederhana tapi bisa membakar jiwa kita ketika lagi teepuruk

    BalasHapus
  31. Sepakat banget mba harusnya woman suport woman. Bukan malah saling menjatuhkan. Apalagi kondisi sekarang ga mudah dijalani semua orang. Keep positif ya semua nya

    BalasHapus
  32. Can't agree more... emang sudah seharusnya sesama perempuan saling mendukung ya. Tiap perempuan punya perjuangan masing-masing, jadi sebaiknya tidak cepat-cepat memberikan penilaian, apalagi kalau penilaiannya cenderung negatif. Jauh-jauh deeehh...

    BalasHapus
  33. Wah aku suka banget deh pembahasan woman empowering tuh, dijaman kaya gini, kita perempuan tuh memang harus lebih berdaya sih dengan selalu upgrade personal development yang sesuai dengan passion kita

    BalasHapus
  34. Para perempuan kalau bersatu menjadi kekuatan yang besar pastinya. Makanya acara seperti yang dilangsungkan oleh FWD semoga dapat terus berkelanjutan agar perempuan semakin berdaya

    BalasHapus
  35. Setuju, perempuan juga bisa melakukan hal yang laki-laki lakukan. Tidak ada bedanya. Semoga perempuan Indonesia bisa memaksimalkan apa yg mereka punya dan selalu bs menginspirasi sesama

    BalasHapus
  36. Women support women, slogan yang paling sering digaungkan ya sekarang ya mba. Tapi, pada kenyataannya masih banyak yg ngga support secara nyata. Semoga dengan adanya webminar ini jadi banyak perempuan yang tercerahkan untuk saling support

    BalasHapus
  37. Disebutkan memiliki asuransi dalam perencanaan keuangan, hmm ini mulai kupertimbangkan nih agar minimal hal yang penting itu tercover. Baca ini menjadi motivasi sendiri untuk lebih sebagai seorang perempuan

    BalasHapus
  38. Memang sudah seharusnya sesama perempuan saling menguatkan dan mendukung ya. Kadang suka miris aja kalo ada yg julid2, sih.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉