Belajar Membuat Games Bersama Kelas Coding For Kids Educourse

 


" Cita-cita: Gamers atau Pegawai Negeri ", Jawaban cita-ciat Kezia saat pendataan siswa kenaikan kelas tahun lalu. Ya, gamers salah satu cita-cita Kezia kini dan mungkin anak-anak lainnya juga. Saat membaca cita-cita Kezia saya hanya bilang mengangguk dan kembali menanyakannya Hmm,, oke, tapi bener Zia mau jadi gamers?".  Iya aku mau jawabnya penuh keyakinan. 


Memang tidak bisa dipungkiri, berawal dari 2 tahun lalu saat saya pulang kerja dari luar kota saya mendapatkan Shakila dan Kezia bermain games Mobile Legend yang sedang hype saat itu. Saya sendiri bingung dari mana awalnya mereka bisa tahu games itu tapi ya kita sebagai orang tua harusnya paham betul bahwa dunia digital kini tanpa batas semua bisa akses informasi yang kita inginkan hanya lewat jaringan internet dan smartphone. 


Awalnya takut kecanduan tapi makin kesini saya makin coba memahami bagaimana menyikapi digital parenting untuk anak-anak saya dan bagaimana caranya saya memberikan jalur positif untuk anak-anak. 


Mengarahkan ke lebih baik, ini yang sedang saya lakukan dan tentunya harus melalui proses yang cukup panjang. Sampai akhirnya saya bilang ke Kezia gimana kalau bukan hanya main games aja tapi mencoba buat games? Alhamdulillah disambung semangat oleh Kezia dan dia menyatakan bersedia untuk mengikuti kelas coding for kids bersama EDUCOURSE. 


Kelas Coding for Kids Bersama  EDUCOURSE



Coding, saat mendengarnya sudah menjelimet banget ya apalagi untuk anak-anak. Ternyata oh ternyata tidak sesulit itu belajar coding bersama Educourse. Ya, Alhamdulillah sudah beberapa pekan Kezia mengikuti kelas coding lewat zoom meeting bersama Miss Zia. Karena diadakan secara online tentunya koneksi internet dan menyediakan 2 deviced agar Kezia lebih mudah belajarnya jadi HP untuk zoom meeting dan laptop untuk membuat games. 


Membuat games bersama Educorse ini menggunakan Scratch yaitu sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis. Yups, pemograman ini visual dan sangat mudah dimengerti oleh anak-anak karena codingnya itu lewat warna dan kata jadi anak lebih mudah saat menyusun coding untuk membuat games. Meskipun terlihat mudah namun anak-anak harus teliti.


Jujur saja saat Kezia mengikuti kelas coding saya tidak mendampingi sepenuhnya karena saya juga kerja jadi hanya sesekali melihat Kezia mengikuti arahan Miss Zia. Kezia sendiri termasuk yang exited banget mengikuti kelas coding ini hanya 2 kali absen karena kita saat itu saya sekeluarga dirawat di RS karena covid jadi tidak bisa mengikuti kelas coding. 


Meski begitu Alhamdulillah selama beberapa pekan mengikuti kelas coding Kezia sudah bisa membuat games sederhana dan berikut beberapa games yang dibuat Kezia bersama Educourse. 







Memang setiap games belum begitu sempurna karena mungkin Kezia kurang teliti jadi harus kembali mengulang memperbaiki codingnya namun sebagai orang tua saya cukup bangga karena selain ada kemauan belajar Kezia juga termasuk anak yang bisa mengikuti arahan. Hihihi dengan Kezia mengikuti kelas coding saja saya juga cukup bahagia sebagai orang tua. 


Kezia sekarang sudah tahu dasar membuat games melalui scartch berkat Miss Zia dan akhirnya Kezia mencoba membuat games baru lewat youtube hihi senang rasanya dia bisa mengeksplore lebih banyak lagi belajar membuat games sederhana. 


Oh ya, jadi setiap pertemuan kelas coding itu selama 1 jam dan setiap pertemuan itu juga anak-anak brlajar membuat 1 buah games. Saya berterima kasih banget sama Miss Zia yang sangat sabar menjawab pertanyaan dari anak-anak yang mengikuti kelas coding ini. 


Miss Zia yang interaktif dan anak yang aktif jadi setiap kelas pun terasa lebih menyenangkan. Setiap selesai mengikuti kelas coding Kezia juga cerita apa yang dia pelajari tadi bersama Miss Zia entah itu codingnya yang kehapus jadi harus ngulang atau kurang masukan codingnya. 


Banyak hal positif yang didapat dari kelas coding for kids bersama Educourse : 


  • Menambah Teman Baru
Selama pandemi ini jujur saja Kezia itu sangat terbatas berinteraksi dengan temannya bahkan hanya bermain sama kakaknya saja. Untuk sekolah online pun hanya sesekali belajarnya jadi interaksi dengan teman tuh jarang banget. Nah saat mengikuti kelas coding Kezia bertemu teman-teman baru jadi dia merasa happy. 

  • Menambah Rasa Percaya Diri
Kezi termasuk orang yang pemalu jadi saat zoom meeting pun lebih banyak off camera hihi entahlah. Meski begitu bersyukur banget kalau ada yang ketinggalan menempatkan coding atau kurang apa Kezia langsung tanya Miss Zia. Dengan bertanya seperti ini rasa percaya diri Kezia tuh bertambah. 

  • Mendapatkan Ilmu Baru
Belajar pemrograman atau coding ini tentunya hal baru bagi Kezia yang awalnya memang sama sekali tidak pernah kenal scratch atau istilah coding. Nah dengan mengikuti kelas coding ini wawasan Kezia semakin bertambah dan mengerti tentang coding. 



Sesungguhnya masih banyak manfaat lainnya selama mengikuti kelas coding for kids bersama Educourse ini. Secara tidak langsung anak-anak dilatih untuk mengenal bahasa pemrograman sederhana lewat cara yang menyenangkan yaitu membuat games sederhana. Oh ya, untuk Coding for Kids di Educourse ini mulai dari anak usia 5 tahun lho. So, buat bunda yang ingin mengisi waktu luang untuk si Kecil boleh banget nih ikutan kelas coding bersama Educourse. 








   

13 komentar

  1. keren banget!! aku mah denger kata coding aja udah merinding dot kom, mundur pelan-pelan, kemudian lari tancap ga. wakakakakakaka
    keren deh beneran minat anaknya Mbak Amel ini. semoga cita-cita kezia bisa terwujud. semoga setelah ini mbak amel sekeluarga selalu diberi kesehatan ya. aamiin

    BalasHapus
  2. Semangat Kezia belajar codingnya, terus berkembang dan yang tekun ya, nantinya bisa otak atik blog juga hehe. Apalagi udah bisa membuat games.

    BalasHapus
  3. Kerennn.. Coding ini ilmunyang terus berkembang dan sangat dibituhkan sampe kapanpun
    Dari kecil sudah diberikan dasar ilmunya saat dewasa tinggal dikembang saja. Mantap nih

    BalasHapus
  4. Seneng banget ya bisa belajar coding trus dibikin game... Anak-anak jadi gak cuma bisa main game aja ya...tapi buat juga bisa.

    BalasHapus
  5. sekarang anaku masih 4 tahun dan nanti kalau udah bisa baca tulis coba saya ikutkan deh biar dia tahu hal2 yg bapaknya g tau, sapa tau bs jadi developer di IT kan ya

    BalasHapus
  6. Saya tuh paling senang lihat anak belajar coding, hal yang orang dewasa anggap sulit tapi bisa diterima oleh anak-anak. Mungkin karena codingnya game ya sehingga sambil belajar keselip harapan jadi gamer yang sukses

    BalasHapus
  7. Seru ya anak sekarang udah belajar coding sejak kecil. Aku pas SMA gak ngerti sama sekali. Huhu

    BalasHapus
  8. Aku iri sama anak-anak sekarang, udah belajar coding dari kecil. iri :') ingin juga

    BalasHapus
  9. Sekarang kelas coding udah ada untuk anak-anak ya mba, iri jadinya! Aku dapat pelajaran komputer pas kelas 6 malah hehe

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah Selma juga ikutan trial Coding bersama Educourse ini, senang banget dia jadi tau bikin games, miss-nya juga baik banget

    BalasHapus
  11. Coding ini penting banget sih, kalau buat anak-anak apalagi bisa ngelatih logika mereka sejak dini. Keren banget Kezia bisa ikut kelas Coding sejak dini

    BalasHapus
  12. Seru banget ya mbak kelas coding games buat anak nya. Sara sempat ikut trialnya tapi mungkin karena masih 5 tahun jadi harus kudampingi.

    BalasHapus
  13. Mengajarkan anak coding,pasti sangat menyenangkan.
    Anak anak memang harus dipersiapkan sejak dini, supaya nanti banyak ilmu yang ia pelajari salah satunya coding ini.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉