Wisata Budaya Kampung Sindangbarang Bogor

 

    
 
Wisata budaya, inilah yang saya lakukan jika berkesempatan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia. Ya, meski belum begitu banyak daerah yang saya kunjungi tapi Alhamdulillah setidaknya lebih dari 20 kota atau daerah yang saya kunjungi sampai saat ini. Meski tidak begitu banyak namun saya bersyukur bisa diberikan kesempatan wisata budaya ke daerah tersebut. 

Jika ke suatu daerah atau tempat wisata entah kenapa saya lebih suka menjelajah ke daerah pelosoknya bukan ke kota atau mall di sana hehe. Iya ada sensasi kepuasan tersendiri jika kita bisa wisata budaya di berbagai pelosok. Mungkin karena saat ini saya tinggal di kota besar kali ya jadi rasanya bosan saja kalau harus mengunjungi Mall atau tempat hiburan kota lainnya. 

Wisata budaya saya menyebutnya, bertemu dengan penduduk yang ramah, makanan khas daerah, rumah tradisional, aktifitas warga inilah yang saya nikmati saat berkunjung ke sebuah daerah. Tidak hanya memanjakan mata dan pikiran saja saat berwisata,  namun ada rasa kebanggaan tersendiri menjadi bagian rakyat Indonesia dan lebih mencintai negeri. Salah satu tempat wisata budaya yang saya kunjungi yaitu Kampung Sindang Barang Bogor yang tidak jauh dari ibu kota Jakarta. 




Kampung Budaya Sindang Barang Bogor ini bisa dibilang cukup strategis namun untuk menuju ke tempat ini sangat butuh perjuangan karena letaknya agak sulit dimana kita harus naik turun bukit menggunakan kendaraan. Untuk kamu yang ingin kesana juga tidak perlu khawatir mengenai tempat parkir ya karena beberapa ratus meter itu tersedia lahan parkir yang cukup luas. 

Saat memasukin Kampung Sindang Barang kita langsung disambut oleh tabuhan angklung alat musik sunda yang dimainkan oleh para sesepuh disana. Suasana Sunda benar-benar sangat kental, ya sebagai orang sunda saya sangat menikmati ketika menginjak kawasan tersebut. 




Saya salut banget para pemain alat musik sunda nampak sangat semangat memberikan hiburan untuk kami. Mereka tak henti tersenyum dan seakan mengajak agar bergabung. Alunan musiknya membuat saya rindu kampung halaman Tasikmalaya. 

Tidak hanya musik angklung tetapi beragam kesenian sunda pun ditampilkan misalnya saja tarian merak, jaipong dan pencak silat. Sungguh luar biasa benar-benar mengobati rindu. Para anak kecil bersuka cita memainkan perannya, salut banget sejak kecil para anak-anak disini dikenalkan kebudaya para leluhur sebagai pondasi dimana mereka bisa yakin bahwa leluhur mereka kaya dan patut dilestarikan. 




Kampung adat ini dibuka untuk umum disini kita tidak hanya menikmati kesenian saja tapi juga kita bisa tahu mengenai sejarah Kerajaan Pajajaran dimana dekat Kampung Sindang Barang ini terdapat beberapa situs sejarah Pakuan Sindangbarang. Kita juga bisa foto-foto dengan rumah adat dan properti lainnya lho. Kampung Sindangbarang ini tidak hanya wisatawan lokal saja tetapi banyak juga wisatawan asing yang berkunjung kesini.

Sebagai orang yang mengalir darah sunda saya sangat bangga bahwa ada Kampung adat daerah saya. Saya juga salut dengan penduduk sekitar dimana masih sangat peduli melestarikan budaya artinya ikut menjaga lingkungan kekayaan Indonesia. Ya, Indonesia sangat kaya, Keanekaragaman Budaya Indonesia seperti Kampung Sindangbarang ini perlu dilestarikan agar anak cucu kita tahu kalau Indonesia itu kaya budaya. 

Saat mengunjungi suatu tempat atau berwisata budaya ada adab-adab yang harus diperhatikan : 
  • Bersikap Sopan Santun
Saat berkunjung ke suatu derah atau manapun mohon jaga tata krama dan sopan santun, karena disitu langit dijunjung. Kita harus tahu adab dimana tidak berbicara kotor, kasar , sembarangan atau berprilaku tidak sopan terhadap masyarakat sekitar maupun lingkungan disana.
  • Jangan Buang Sampah Sembarangan
Biasakan bawa kantong plastik sampah, nah ini yang saya lakukan. Jadi jika di suatu tempat atau daerah tidak ada tempat sampah atau kesulitan membuang sampah biasanya sampah kita itu dimasukan ke kantong plastik yang kita bawa agar lingkungan tersebut tetap rapih, bersih dan terjaga. 
  • Jangan Asal Petik
Nah ini dia, biasanya kita selalu gemas kalau liah hal yang bagus dan lucu, tapi tolong ya teman-teman jika berkunjung ke suatu tempat atau daerah jangan main asal petik tanaman atau bunga yang ada disana karena bisa merusak lingkungan. 
  • Tidak Merusak
Tidak merusak disini adalah mengkotori tempat atau situs peninggalan sejarah dengan cara mencoret-coret atau menuliskan hal yang tidak penting. Hmm,, kalian pasti sering lihat kan banyak situs sejarang yang kotor oleh para tangan jahil. Nah kalian jangan seperti itu ya. 
  • Selalu Bertanya dan Minta Izin
Nah ini yang harus dipahami dimana setiap tempat, adat, atau istiadat daerah yang terkadang ada yang boleh di eksposed atau tidak. Jadi kita ingin foto atau mengambil video setidaknya bertanya kepada pemangku adat atau guard yang ada disana apakah boleh ambil foto di tempat tersebut atau tidak. 


Yups, itulah adab ketika berwisata, karena menurut saya berwisata itu tidak hanya untuk memenuhi kepuasan tersendiri saya tapi juga memahami adat tersebut untuk menjaga kelestarian budayaya yuk mari berwisata tanpa merusak alam. 

Sebagai orang yang senang sekali berwisata budaya saya berharap bahwa di setiap daerah ada seperti Kampung Adat Sindangbarang karena dengan begitu Kekayaan Budaya Indonesia akan terus ada sampai kapan pun. Semoga saja, saya bisa mengunjungi berbagagai Kampung Adat dipelosok Indonesia. 



8 komentar

  1. berarti untuk akses masuk kesitu harus jalan kaki dong

    BalasHapus
  2. kangen Bogor jadinya Mel semoga nanti bisa mudik huhu

    BalasHapus
  3. duhhh lokasinya bagus banget ya. Sangat terasa sekali Budaya Kampung Sindangbarang Bogor. Keadaannnya masih asri dan kita juga ikut dalam kebudayaan masyarakat di kampung nya. Seru banget nih liburan kesini

    BalasHapus
  4. wah gak jauh dari jakarta nih ya. Kalau mau kesini harus booking dulu atau bisa langsung datang kak?

    BalasHapus
  5. Wah jadi pengen berkunjung ke kampung adat sindangbarang juga . Seruuuuu ..

    BalasHapus
  6. Aku juga lebih suka tuh berwisata ke tempat yang ada atraksi budaya gini. Belajar juga sejarah dari tempat tersebut. Jadi makin dekat dengan perjalanan leluhur kita di masa lalu rasanya yaaa...

    BalasHapus
  7. Wah seru banget nih wisata budaya begini ya mbak. Aku suka banget wisata mengenali budaya begini apalagi bisa ajak-ajak keluarga seru banget jadinya

    BalasHapus
  8. Suka dengan suasana Kampung Budayanya. Kapan-kapan harus ekplor Bogor supaya makin banyak tau nggak sekadar stasiun sama Kebun Raya Bogor aja

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉